Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat – Banyak orang, baik itu tua atau muda, pasti ada yang pernah mengalami salah potong rambut. Ada yang parah, ada yang hanya beberapa salah sedikit saja. Apapun itu, kesalahan potong rambut pasti menyebabkan menurunnya tingkat kepercayaan diri.

Bahkan ada juga yang malu keluar rumah dan bingung sendiri harus bagaimana. Wah, lalu kira-kira apa ya solusinya? Bagaimana sih cara memanjangkan rambut dengan cepat agar kepercayaan diri kembali seperti semula?  Atau rambut anda tergolong lambat panjang? tenang saja guys, disini kita akan membahasnya pada ulasan berikut. Check this out ya!

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat via Grid

Jenis Rambut dan Cara Perawatannya

Agar kamu tidak salah dalam memberikan perawatan pada rambut cantikmu, maka tidak ada salahnya kita mengetahui terlebih dahulu apa aja sih jenis dan karakter rambut yang dimiliki manusia. Pada umumnya, ada 6 jenis karakter rambut yang bisa kamu ketahui, yaitu :

1. Rambut Ikal

Rambut ikal merupakan rambut yang sering dimiliki wanita Indonesia. Namun, permasalahan rambut satu ini ada pada sisik kutikula yang biasanya tidak tersusun rapi.

Nah, untuk menjaga jenis rambut ini agar selalu terlihat sehat, maka kamu bisa menggunakan jenis sampo dan kondisioner yang kaya pelembap. Selain itu, biasakan untuk mengganti sampo dan kondisioner setiap 6 bulan secara berkala dengan merk yang sama.

Hal ini sangat penting agar rambut tidak terkejut karena berganti-ganti merk perawatan sehingga akan berakibat buruk. Agar hasil semakin baik, keringkan rambut ikal dengan alami namun jangan sampai menyisirnya kala sudah kering karena rambut akan menjadi frizzy.

2. Rambut Keriting

Rambut satu ini disebut rambut afro karena konturnya yang kering dan kasar. Lantaran karakternya seperti itu, maka rambut keriting lebih mudah patah dan rusak.

Makanya, untuk menjaga kondisi agar helaiannya lebih halus dan elastis, kamu bisa memijat bagian kulit kepalamu dengan memakai kondisioner sebelum keramas agar dapat merangsang kelenjar sebaceous.

Gunakan pula kondisioner yang formulanya kaya pelembap sehingga mudah dan terhindar dari masalah rambut kusut. Kala menyisirinya, gunakan sisir bergigi jarang.

3. Rambut Lurus

Rambut lurus sangat mudah dirawat. Selain itu, kondisinya cenderung selalu sehat dan prima. Rambut juga sering tampak halus dan berkilau.

Maka dari itu, perawatannya hanya cukup dengan sampo dan kondisioner saja sesuai kebutuhan. Menggunakan hair serum juga boleh agar kekuatan rambut tetap terjaga dan terhindar dari masalah rambut bercabang.

4. Rambut Kasar

Rambut kasar biasanya mudah terlihat kering dan kusut meskipun setelah dikeramasi. Maka dari itu, perawatannya yang baik adalah dengan mencuci rambut memakai sampo dan kondisioner kaya pelembap. Jangan lupa, pakai serum atau leave-in conditioner saat beraktivitas di luar ruangan agar rambut tetap rapi.

Simak juga yuk: 17 Tips Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

5. Rambut Halus

Rambut halus biasanya cenderung terlihat kurang bervolume dan mudah lemas plus lepek. Kondisi ini akan semakin parah jika kamu merawatnya dengan kondisioner. Satu-satunya cara agarhelaian rambut lebih bervolume yakni dengan menggunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk volume rambut.

6. Rambut Diwarna

Bagi mereka yang memiliki rambut diwarna, pasti pernah mengalami kering dan patah. Agar tidak semakin buruk, kamu bisa memakai perawatan tepat guna seperti sampo dan kondisioner dengan formula rehydrating. Gunakan pula sampo dan kondisioner yang dikhususkan untuk rambut diwarnai agar kelembaban dan keelastisitasan rambut terjaga.

Alasan Rambut Sulit Cepat Panjang

Meski sepertinya menunggu rambut panjang itu hanya menghitung bulan saja, tapi ternyata ada juga yang rambutnya memang sulit tumbuh.

Nah, kira-kira apa ya yang menyebabkan rambut sulit panjang? Jangan lama-la, simak ulasan berikut ini yang membahas tentang beberapa penyebab yang membuat pertumbuhan rambut terganggu. Check it out!

1. Menyisir Rambut dalam Keadaan Basah

Seperti yang sudah dikatakan banyak orang, tidak bagus menyisir rambut saat basah memang ada benarnya. Hal ini karena rambut akan mudah patah dan rapuh dalam keadaan basah.

Ketahuilah guys… rambut yang masih basah enderung lebih rapuh sehingga apabila disisir, hanya akan menyebabkan rambut menjadi kasar.

Oleh karena itu jika kamu melakukan kebiasaan ini dalam jangka waktu lama, tidak mengherankan jika nantinya akar rambutmu jadi rusak dan patah. Selain itu, bukan tidak mungkin akan berakibat pada masalah rambut lainnya, yakni rambut berketombe dan rontok.

Untuk itu apabila rambutmu basah, kamu tidak perlu menyisirnya. Cukup keringkan dengan cara ditepuk-tepukkan secara perlahan dengan handuk.

2. Malas Mengaplikasikan Kondisioner

Rambut yang lembab tidak mudah kering dan rapuh. Maka dari itu, aplikasikan kondisioner pada ujung rambut seusai keramas secara rutin. Disarankan untuk menggunakan kondisioner dengan kandungan air yang tinggi.

Aplikasikan kondisioner mulai dari tengah hingga ujung rambut. Lalu, diamkan beberapa menit untuk memberi waktu pada kutikula rambut menyerap seluruh nutrisi yang terkandung dalam kondisioner.

3. Malas Merawat Ujung Rambut

Bukan hanya akar rambut saja lo guys yang perlu dirawat. Kamu juga harus memperhatikan ujung rambut sama intensnya. Pasalnya, tidak rutin mengaplikasikan kondisioner pada ujung rambut juga akan menyebabkan rambut sulit menjaga kelembabannya.

Jika sudah begitu, rambut yang dalam keadaan kering dan pecah-pecah tersebut akan sulit panjang. Nah, selain dengan kondisioner, ujung rambut juga bisa kamu rawat dengan pemakaian minyak, entah itu minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak lainnya.

Jangan lupa, kala memilih minyak usahakan memilih minyak yang jenisnya sesuai dengan tekstur dan kondisi rambutmu.

4. Sirkulasi Rambut tidak Maksimal

Rambut yang sehat tentunya adalah rambut yang bisa bebas “bernapas”. Bukan bernafas seperti manusia lho ya, tapi bernafas disini artinya rambut tidak mengalami tekanan, ikatan, atau beban berat yang bersarang di sekitar kepala.

Terutama untuk wanita berhijab, menjaga sirkulasi rambut wajib hukumnya. Tentu kalian tidak mau bukan jika rambutmu berketombe dan tidak sehat? Nah, salah satu cara menjaga kesehatan rambut yang tertutup rapat sepanjang hari adalah dengan berusaha mengurangi kadar kelembabannya.

Agar rambut tidak mudah patah dan beraroma kurang sedap, maka pastikan rambut selalu dalam kondisi kering. Hal ini berlaku sebelum berhijab ya.

5. Rambut Sering Terpapar Bahan Kimia dan Alat Elektronik

Rambut yang sering terkena hair dryer, pelurus rambut, atau obat-obat kimia lainnya, pasti akan mengalami kerusakan. Selain rambut gampang rapuh dan mudah patah, rambutmu pun akan mulai menipis dan cenderung botak lho. Ih, menakutkan ya.

Untuk itu, sebaiknya keringkan rambut secara alami tanpa hair dryer. Kurangi juga penggunaan pelurus rambut dan obat kimia ya.

Ini Dia! Cara Cepat Memanjangkan Rambut

Permasalahan rambut memang sangat menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Pasalnya selain dianggap sebagai salah satu sumber kecantikan, rambut juga bisa meningkatkan kepercayaan diri pemiliknya. Apalagi kalau sampai salah haircutting, wah bisa malu ya guys.

Masalahnya, banyak sekali wanita dan pria yang menyukai rambut panjang. Namun, harapan memang tidak sesuai kenyataan. Banyak sekali faktor, entah itu dari luar atau dalam diri yang sering menjadi penyebab menurunnya kesuburan rambut.

Pada umumnya, rambut bisa tumbuh sekitar seperempat sampai setengah inci per bulannya. Namun tentunya pertumbuhan tersebut akan sedikit mengalami kelambatan jika ada gangguan genetik atau masalah lainnya. Lalu bagaimana mereka yang tetap ingin memanjangkan rambutnya?

Jangan khawatir… sekarang ini informasi sudah beragam. Untuk itu, kami telah merangkumnya seperti dibawah ini!

1. Menggunakan Masker Rambut

Salah satu cara termudah untuk memanjangkan rambut adalah dengan memakai masker rambut. Selain itu, masker rambut berguna untuk menjaga agar rambut tetap terlihat indah dan tumbuh lebih cepat. Maskernya pun masker alami ya, bukan masker kimia.

Jadi rambut juga diharapkan bisa lebih bersinar, sehat, dan indah. Nah, inilah cara memanjangkan rambut dengan cepat memakai masker, yaitu :

a. Telur, Madu, dan Minyak Zaitun

Siapkan mangkuk kecil dan masukkan 1 butir kuning telur, satu sendok makan madu, satu sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok makan Vodka. Campur semua bahan tersebut hingga menjadi pasta lalu oleskan pada kulit rambut.

Pijit-pijit kepala dengan handuk dan tunggu sekitar tiga puluh menit. Setelahnya, keramasi rambut dan lakukan perawatan ini secara teratur. Paling tidak, lakukan setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali ya.

b. Minyak Kelapa, Minyak Almond, dan Madu

Jika kamu tidak suka menggunakan kuning telur karena amis, maka kamu bisa nih menggunakan cara cepat lainnya, yakni dengan masker minyak kelapa.

Siapkan saja minyak kelapa, minyak almond manis dan madu dalam satu wadah lalu campur bersama. Oleskan masker dan pijit-pijit lalu diamkan selama tiga puluh menit baru kemudian dikeramasi.

2. Mengkonsumsi Protein

Cara kedua untuk memanjangkan rambut dengan cepat adalah mengkonsumsi protein. Pasalnya, apa yang tubuhmu makan juga akan berguna untuk kebutuhan asupan tubuh lainnya sehingga akan menghasilkan rambut yang indah. Maka dari itu, pastikan untuk mengkonsumsi telur, kacang-kacangan, ayam, hingga daging merah secara seimbang.

3. Sering Menyisir Rambut

Salah satu cara termudah untuk memanjangkan rambut adalah dengan sering menyisirinya. Sisirlah rambut dengan lembut sebanyak dua kali sehari. Paling tidak, lakukan selama dua menit agar merangsang sirkulasi darah yang ada di kulit kepala sehingga membuat penyebaran minyak merata.

Pasalnya, sirkulasi darah yang sehat penting untuk pekerjaan folikel rambut. Harap diingat, jangan sekali-kali menyisir rambut dalam keadaan basah karena dapat menyebabkan kerusakan.

Gunakan saja sisir yang lebar dengan ujung bulat, halus dan tidak sakit di kepala. Sisirlah setiap pagi dan malam agar sirkulasi kulit kepala terangsang sempurna.

4. Memijat Kulit Kepala

Cara lain memanjangkan rambut selain ketiga hal diatas adalah dengan memijat kulit kepala. Kala kamu memijat kulit kepala, kamu akan merasakan nyaman karena aliran darah mengalir. Untuk memijat, lakukan dengan perlahan dan gunakan jari-jari tangan.

Pijat dan urut kepala selama satu atau dua menit saja agar merangsang aliran darah dan mampu memanjangkan rambut dengan cepat.

5. Gunakan Kentang

Pasti heran ya, kenapa kentang bisa cepat memanjangkan rambut? Jangan heran guys… Pasalnya, kentang memang memiliki manfaat untuk memanjangkan rambut.

Caranya, blender 2 buah kentang dengan campuran 1 sendok makan madu murni dan 1 buah kuning telur.Oleskan hasil blenderan ini pada rambut, terutama di akarnya. Tunggu selama setengah jam baru kemudian keramas.

6. Merawat Kulit Kepala

Salah satu cara cepat untuk memanjangkan rambut yakni dengan memberi perhatian lebih pada kulit kepala. Berbagai macam informasi tentang kesehatan kulit kepala harus kamu ketahui, salah satunya adalah tentang kondisioner yang tidak boleh diaplikasikan langsung ke akar rambut.

Sudah tahu belum? Alasannya, kondisioner yang langsung dioleskan pada akar akan menyebabkan volume rambut hilang sehingga rambut akan menjadi sangat berminyak. 

Terlebih lagi kandungan kondisioner berupa wax dan silicons. Apabila dioleskan pada kulit kepala, wah tidak menjamin deh kalau kandungan kimia tersebut tidak akan menyumbat pernapasan dan menyumbat pori-pori kulit kepala. Jadi jika ingin mengoleskan kondisioner, oleskan pada batang rambut saja ya.

7. Menggunakan Minyak Hangat

Selain mengurut dengan tangan, mengurut kepala dengan tambahan minyak hangat juga bergunauntuk cepat memanjangkan rambut lho. Cukup panaskan saja minyak dan aplikasikan ke kulit kepala langsung.

Minyak yang dipakai bisa bermacam-macam, bisa minyak linen, minyak zaitun, minyak kelapa, hingga minyak argan. Bagi yang belum tahu cara memanaskan minyak, kamu bisa mengikuti cara berikut ini, yaitu dengan merebus minyak sampai hangat saja, jangan sampai mendidih.

Lalu oleskan pada kulit kepala dan pijat dengan lembut melewati akar rambut. Gunakan gerakan melingkar lalu tunggu sekitar 30 menit, baru kemudian keramasilah rambutmu. Lakukan perawatan secara berkala agar rambut panjang dan mengkilap.

8. Buang Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

Agar rambutnya cepat panjang, kamu harus bisa membuang kebiasaan burukmu yang tanpa sengaja merusak rambut. Misalnya, berhenti tidur dalam keadaan rambut terikat, jangan mengepang rambut dengan ketat, atau jangan membiarkan rambut kusut tidak tersisir.

Hal ini berbahaya karena dapat menghambat pertumbuhan rambutmu dan dapat menyebabkan kerusakan parah. Selain itu, usahakan tidur dengan sarung bantal yang bermaterial lembut seperti sutra agar tidak menyebabkan gesekan pada rambut.

Selain itu, sarung bantal yang bermaterial lembut juga bisa mencegah keriput di wajah agar tidak cepat muncul.

9. Minyak Jarak

Cara lain untuk menumbuhkan rambut adalah dengan mengoleskan minyak jarak. Pijatan di rambut dengan memakai minyak jarak dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Lakukan sebelum tidur dan biarkan semalaman hingga dikeramasi keesokan harinya. Minyak yang memang sudah dikenal untuk menebalkan rambut dan alis mata ini juga sangat cocok untuk membuat rambut sehat dan ternutrisi. Selain itu, minyak ini juga sudah digunakan nenek moyang sebagai obat alami.

10. Membilas Rambut dengan Cuka Apel

Satu lagi cara untuk bisa mempercepat rambut agar panjang, yakni dengan cuka apel. Bahan ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan polusi yang ada dan menempel di rambut. Selain itu, cuka apel juga mampu menghilangkan residu yang tadinya ditinggalkan oleh produk perawatan rambut yang kamu pakai.

Cuka juga tidak hanya membantumu mempercepat pertumbuhan rambut, tapi juga bisa berfungsi sebagai deterjen alami. Nah, ingin tahu bagaimana menggunakan cuka apel sebagai cara cepat memanjangkan rambut, tenang… disini ada caranya.

Kamu hanya perlu menambahkan 2 sendok makan cuka ke dalam 1 liter air. Setelah itu, bilas rambut dan lakukan perawatan ini berulang hingga rambutmu memanjang seperti yang kau inginkan.

Sebagai tambahan, jika kamu tidak menyukai bau cuka, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam cuka sari apel. Kamu juga bisa mencampurnya dengan jus lemon dan air.

Demikian ulasan kali ini mengenai cara cepat memanjangkan rambut. Bagi kamu yang masih ingin rambut panjang, langsung aja dipraktekkan ya. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait: 25 Cara Menghilangkan Rambut Rontok Secara Alami & Medis

Leave a Reply