10 Tanda Menstruasi akan Segera Datang

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit informasi mengenai tanda menstruasi. Seperti yang telah kita ketahui bersama, menstruasi merupakan tamu wajib bulanan untuk kaum wanita.

Umumnya, menstruasi akan datang secara rutin setiap bulan yang didahului dengan fase Pra Menstruasi (sering disingkat dengan PMS).

Walaupun terkadang gejala PMS terasa cukup menyiksa, namun hal ini dapat dijadikan sebagai patokan untuk “meramal” kapan menstruasi akan terjadi.

PMS sendiri tidak dialami oleh semua wanita. Karena itu, tidak semua wanita bisa memprediksi kapan mereka akan dikunjungi oleh “tamu bulanan” mereka.

Tidak jarang hal ini membuat kaum wanita menjadi kurang persiapan, terutama saat menstruasi terjadi di waktu yang kurang tepat.

Nah, untuk membantu Anda menhindari terjadinya hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai tanda menstruasi.

Tanda Menstruasi akan Segera Datang

Tanda Menstruasi akan Segera Datang via Satujam

Langsung saja, berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Tanda Menstruasi akan Segera Datang

Berikut merupakan beberapa hal yang menjadi tanda bahwa Anda akan segera mengalami menstruasi:

#1. Perut Terasa Kram

Tanda menstruasi akan segera datang yang pertama adalah kram pada area sekitar perut.

Rasa kram ini biasanya akan muncul sekitar 1 sampai dengan 2 hari sebelum menstruasi.

Dalam kondisi tertentu, rasa kram yang dialami mungkin akan menimbulkan sedikit gangguan.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, rasa kram ini biasanya akan hilang begitu menstruasi terjadi.

#2. Jerawat

Selain ditengarai oleh faktor kebersihan, jerawat ternyata juga bisa ditengarai oleh faktor perubahan hormon yang terjadi sesaat sebelum haid lho!

Peningkatan kadar hormon kewanitaan yang terjadi sebelum masuk waktu haid terkadang akan memicu kulit wajah untuk memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya.

Nah, jika tidak segera ditangani, peningkatan jumlah sebum tersebut akan menimbulkan sumbatan para pori – pori dan pada akhirnya akan memicu keluarnya jerawat.

#3. Nyeri pada Organ Payudara

Tanda menstruasi akan segera datang yang selanjutnya adalah rasa nyeri pada organ payudara.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, sesaat sebelum haid, tubuh kaum wanita akan mengalami peningkatan kadar hormon kewanitaan, termasuk salah satunya adalah hormon prolaktin (hormon yang berguna untuk mengoptimalkan proses produksi ASI).

Nah, peningkatan kadar hormon prolaktin ini acap kali membuat organ payudara terasa nyeri, berat, dan terlihat agak bengkak, terutama di bagian sisi terluarnya.

Untuk itu, jika payudara Anda terasa nyeri secara tiba – tiba, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda awal bahwa Anda akan segera mengalami menstruasi.

#4. Susah Tidur

Gejala insomnia alias susah tidur terkadang juga dapat menjadi tanda awal datangnya menstruasi lho!

Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh wanita biasanya akan membuat emosi menjadi kurang stabil yang pada akhirnya akan menimbulkan perasaan stres.

Nah, ketika stres sudah terjadi, pikiran akan menjadi kacau, dan mata pun akan menjadi lebih sulit untuk dipejamkan / diajak tidur.

#5. Perut Kembung

Selain menjadi gejala masuk angin, perut kembung ternyata juga bisa menjadi tanda menstruasi lho!

Biasanya gejala perut kembung yang menjadi tanda menstruasi akan segera tiba tetap terjadi walaupun Anda telah makan teratur.

Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk mengurangi angka konsumsi garam dan memperbanyak asupan makanan berbentuk buah dan sayur.

#6. Sakit Kepala

Perubahan kadar hormon estrogen yang terjadi sesaat sebelum menstruasi terkadang dapat memicu terjadinya sakit kepala.

Hal ini ditengarai oleh hormon estrogen yang mengganggu kadar hormon di otak.

Ketika kadar hormon di otak terganggu, maka sakit kepala pun tidak akan bisa dihindari.

#7. Emosi Tidak Stabil

Tanda menstruasi akan segera datang yang selanjutnya adalah emosi menjadi tidak stabil.

Jika Anda mengalami perubahan emosi secara tiba – tiba tanpa dipicu oleh alasan yang jelas, maka kemungkinan besar Anda akan segera mengalami menstruasi.

Perubahan emosi secara tiba – tiba ini biasanya ditengarai oleh perubahan kadar hormon.

#8. Gangguan Pencernaan

Menjelang haid, tubuh kaum wanita akan mengalami peningkatan hormon prostaglandin dan progesteron.

Peningkatan kadar hormon prostaglandin ini dapat memicu terjadinya kontraksi pada usus yang pada akhirnya akan menyebabkan diare.

Di lain sisi, peningkatan hormon progesteron telah terbukti dapat memicu terjadinya sembelit.

#9. Kelelahan

Tanda mesntruasi akan datang berikutnya adalah terjadinya kelelahan. Selain itu, anda biasanya juga akan malas melakukan sesuatu, bahkan Mager di tambah ngantuk.

#10. Mood Berubah

Tanda menstruasi akan segara datang yang terakhir adalah perubahan suasana hati atau mood. Kamu biasanya akan mudah meledak-ledak tanpa terkontrol. Akan mudah merasa sangat sedih atau senang tanpa alasan yang jelas. Tidak heran kalau para pria menganggap kita seperti macan saat sedang PMS, mending dijauhi aja, daripada ngamuk. Hehehe!

Tanda Menstruasi Tidak Normal

Selain mengetahui tanda menstruasi akan segera datang, kaum wanita juga harus mengetahui tanda menstruasi tidak normal.

Hal ini penting untuk diketahui, karena menstruasi dapat dijadikan sebagai salah satu indikator untuk menilai sehat atau tidaknya sistem reproduksi di tubuh kaum wanita.

Lantas, seperti apa sih haid yang dikategorikan tidak normal itu?

#1. Volume Menstruasi Meningkat

Mayoritas kaum wanita mengeluarkan darah haid sekitar 30 sampai dengan 40 ml per bulan. Beberapa wanita ada juga yang mengeluarkan darah haid hingga 60 ml.

Nah, jika volume menstruasi Anda melebihi angka tersebut, maka kemungkinan menstruasi yang Anda alami tergolong sebagai menstruasi yang tidak normal.

Peningkatan volume menstruasi ini dapat ditengarai oleh beberapa hal berikut ini:

  • Keguguran atau kehamilan yang tidak normal
  • Efek samping penggunaan IUD dan spiral
  • Penyakit kanker rahim
  • Polip rahim
  • Fibroid rahim
  • Radang panggul
  • Gangguan penggumpalan darah

#2. Menstruasi Terlambat atau Berhenti (Amenorea)

Tanda menstruasi tidak normal yang kedua adalah menstruasi terlambat terjadi atau berhenti terlalu cepat.

Menstruasi dikategorikan terlambat datang jika seorang wanita masih belum mengalami menstruasi setelah berusia 15 tahun.

Di lain sisi, menstruasi dikategorikan berhenti terlalu cepat jika terjadi sebelum usia 40 tahun.

Jika Anda mengalami salah satu permasalahan ini, Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

#3. Nyeri Haid Secara Berlebihan

Nyeri haid ternyata juga bisa menjadi tanda menstruasi tidak normal lho!

Ya, jika nyeri haid yang dirasakan terlalu parah, maka bisa jadi ada “sesuatu” yang salah atau tidak normal dalam sistem reproduksi Anda.

Beberapa permasalahan kesehatan yang berpotensi memicu terjadinya nyeri haid secara berlebihan adalah: radang panggul, kanker rahim, kanker serviks, endometriosis, fibroid, dll.

#4. Mengalami Pendarahan Ketika Sedang Tidak Haid

Pendarahan ketika sedang tidak haid dapat dipicu oleh banyak hal, seperti: luka pada organ vagina, kanker, dan berbagai macam gangguan sistem reproduksi lainnya.

Dalam kebanyakan kasus, pendarahan yang terjadi di luar masa haid selalu terkait dengan permasalahan sistem reproduksi. Untuk itu, ketika mengalaminya, Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau tim medis.

****

Itulah sedikit informasi mengenai tanda menstruasi akan segera datang dan tanda haid tidak normal yang bisa kami bagikan kepada Anda.

Penting untuk diingat, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, jika Anda mengalami tanda haid tidak normal, Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Akhir kata, semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: 10 Cara Menghilangkan Nyeri Haid yang Ampuh

Leave a Reply