Daftar Tanda Kehamilan 1 Minggu yang Harus Anda Ketahui!

Tanda kehamilan 1 minggu pada dasarnya amat sangat sulit untuk diidentifikasi. Dalam kebanyakan kasus, kehamilan baru disadari saat seorang wanita mengalami telat menstruasi. Artinya, di waktu tersebut usia kehamilan telah memasuki minggu ke empat (perhitungan usia kehamilan dilakukan mengacu pada hari terakhir menstruasi).

Walaupun sulit untuk diidentifikasi, banyak pasangan rumah tangga yang ingin mengetahui ciri hamil 1 minggu. Hal ini memang tidak mengherankan, mengingat kehamilan merupakan salah satu berita gembira yang sangat ditunggu – tunggu.

Lantas, apakah tanda kehamilan 1 minggu sama sekali tidak dapat diidentifikasi? Jika bisa, bagaimanakah cara untuk mengidentifikasinya?

Tanda Kehamilan 1 Minggu via Hellosehat

Tanda Kehamilan 1 Minggu via Hellosehat

Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan untuk Anda:

Perhitungan Usia Kehamilan

Sebelum masuk ke pokok bahasan utama, yaitu mengenai ciri kehamilan 1 minggu, pertama – tama kami akan membahas sedikit informasi mengenai perhitungan usia kehamilan terlebih dahulu.

Penting untuk diketahui, untuk mempermudah proses perhitungan usia kehamilan, para ahli di dunia medis telah sepakat untuk menggunakan hari pertama haid terakhir sebagai hari pertama kehamilan.

Jika mengacu pada aturan di atas, maka bisa dibilang pada minggu pertama, wanita belum bisa dibilang benar – benar hamil.Kehamilan baru dianggap terjadi di akhir minggu ke 2 atau awal minggu ke tiga.

Saat ovulasi, ovarium akan mengirim sel telur ke area tuba fallopi. Untuk bisa hamil, sel telur harus bertemu sel sperma di area tuba fallopi tersebut.

Berangkat dari mekanisme tersebut, bisa dibilang siklus ovulasi memegang pernanan yang besar dalam penentuan tanggal pembuahan.

Menurut hasil statistik sendiri, proses pembuahan paling sering terjadi pada hari ke 13 sampai dengan hari ke 20 setelah hari pertama haid terakhir (HPHT).

Walaupun begitu, proses ovulasi ini juga sangat bergantung pada lama siklus haid seorang wanita. Pasalnya, ada kaum wanita yang memiliki siklus haid kurang dari 28 hari atau malah lebih dari 28 hari.

Tanda Kehamilan 1 Minggu

Walaupun sangat sulit untuk diidentifikasi, ciri hamil 1 minggu sebenarnya tetap ada. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

#Payudara Terasa Bengkak dan Sensitif

Tanda kehamilan 1 minggu yang pertama adalah payudara akan terlihat bengkak dan sangat sensitif.

Mirip seperti menjelang fase menstruasi, di masa – masa awal kehamilan, tubuh kaum wanita akan mengalami banyak perubahan, termasuk salah satunya di area struktur hormon.

Perubahan struktur hormon tersebut acap kali menimbulkan berbagai macam permasalahan kesehatan, termasuk salah satunya adalah organ payudara yang terasa bengkak dan sensitif saat disentuh.

Oleh sebab itu, jika sekitar satu minggu yang lalu Anda baru saja berhubungan intim, dan saat ini payudara Anda terasa bengkak dan sensitif, bisa jadi Anda telah berada dalam kondisi hamil 1 minggu.

#Perut Terasa Mual

Tanda kehamilan 1 minggu yang kedua adalah perut mulai terasa mual. Dalam kebanyakan kasus, rasa mual biasanya baru akan timbul setelah usia kandungan mencapai beberapa minggu.

Walaupun begitu, dalam sejumlah kasus ditemui pula kondisi dimana seseorang mengalami mual meskipun usia kehamilannya baru satu minggu.

Sama seperti halnya rasa nyeri dan sensitif pada organ payudara, mual yang terjadi di fase awal kehamilan ini juga turut ditengarai oleh hormon kehamilan.

#Areal Pinggang Bagian Bawah Terasa Sakit

Di masa – masa awal kehamilan, tidak jarang kaum wanita mengalami rasa sakit di area sekitar pinggang bagian bawah.

Rasa sakit ini biasanya akan terus berlanjut dan mengalami peningkatan intensitas hingga persalinan.

Sebagai langkah antisipasi, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin sehat untuk ibu hamil dan mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan kalsium.

#Pendarahan Ringan

Tanda kehamilan 1 minggu yang satu ini sering kali disalahartikan oleh banyak kaum wanita.

Saat mengalami pendarahan ringan, mayoritas kaum wanita biasanya berpikir bahwa mereka sedang mengalami menstruasi.

Padahal, darah yang keluar dari organ vagina sebenarnya tidak melulu darah menstruasi.

Di masa – masa awal kehamilan pun, kaum wanita terkadang juga turut mengeluarkan darah dari organ vagina.

Dalam dunia kedokteran darah ini dikenal dengan nama implantasi.

Pendarahan implantasi ini biasanya akan terjadi setelah 6 hari sejak pembuahan dan akan berhenti dalam kurun waktu 1 sampai 3 hari.

Dalam beberapa kasus, fenomena implantasi ini sering dikait – kaitkan dengan fenomena hamil tapi menstruasi.

#Ingin Buang Air Kecil secara Terus Menerus

Sering buang air kecil biasanya baru dialami oleh ibu hamil setelah kehamilannya mulai masuk ke trimester kedua.

Walaupun begitu, dalam sejumlah kasus ada juga kaum wanita yang sudah mengalami hal ini sejak usia kandungan mereka baru satu minggu.

Tanda kehamilan 1 minggu ini biasanya ditengarai pertumbuhan janin dan perubahan area rahim yang menekan kandung kemih.

Ketika kandung kemih tertekan, secara otomatis kaum wanita akan terus merasa seperti ingin buang air kecil.

#MoodSwing

Selain menjadi salah satu tanda menstruasi, moodswing juga bisa menjadi ciri hamil 1 minggu lho!

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, di masa – masa awal kehamilan, tubuh kaum wanita akan mengalami perubahan struktur hormon.

Nah, perubahan struktur hormon tersebut biasanya akan menimbulkan banyak permasalahan, termasuk salah satunya adalah suasana hati yang berubah – ubah alias moodswing.

#Tubuh Cepat Terasa Lelah

Tanda kehamilan 1 minggu yang selanjutnya adalah tubuh menjadi lebih cepat terasa lelah.

Berbagai macam hal yang terjadi di masa – masa awal kehamilan biasanya akan terakumulasi dan menyebabkan tubuh menjadi terasa lemah.

Dalam sejumlah kasus, hal ini bahkan sampai membuat kaum wanita menjadi tak sadarkan diri alias pingsan.

Agar terhindar dari kemungkinan tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih dan makan makanan yang sehat.

#Susah BAB

Selain ditengarai oleh rendahnya angka konsumsi serat, susah BAB ternyata juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan 1 minggu lho!

Biasanya, di fase awal kehamilan, tubuh akan mengalami peningkatan kadar hormon progesteron dan estrogen.

Peningkatan kadar hormon tersebut akan membuat usus besar menjadi lebih lambat untuk berproses.

Dampaknya, feses akan menjadi keras dan ibu hamil pun akan menjadi susah BAB.

****

Itulah sedikit informasi mengenai tanda kehamilan 1 minggu yang bisa kami bagikan kepada Anda.

Penting untuk diingat, mengetahui usia kehamilan mungkin memang penting. Namun ada hal yang jauh lebih penting dari hal tersebut, yaitu upaya untuk menjaga kehamilan itu sendiri.

Sebisa mungkin jagalah kesehatan janin dalam kandungan Anda dengan cara mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dan menjalankan olahraga dan senam ibu hamil secara rutin setiap hari.

Dengan begitu, proses tumbuh kembang janin di kandungan Anda bisa berjalan dengan lebih maksimal.

Akhir kata, semoga tulisan mengenai tanda kehamilan 1 minggu ini bisa bermanfaat untuk Anda ya! Artikel terkait: 10 Tanda Menstruasi akan Segera Datang

Leave a Reply