15 Pewarna Rambut Alami yang Bisa Kita Buat Sendiri di Rumah

Pewarna rambut alami  – Mengganti warna rambut berkali-kali saat ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Hal itu bukan hanya menjangkiti kalangan remaja saja namun anak-anak dan para lansia sudah banyak yang mengikuti tren mewarnai rambut.

Cara paling praktis mewarnai rambut biasa dilakukan di salon kecantikan. Namun sadarkah anda bahwa pewarna rambut yang dipakai mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut jika digunakan terus-menerus?

Pewarna rambut kimia dapat mengambil keindahan dan kesehatan rambut anda. Apa lagi jika bahan kimia yang digunakan mengandung bahan kimia berbahaya. Jika digunakan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker kulit.

Dengan begitu untuk mengimbangi tren dunia fashion saat ini Tipscantika.com memberikan solusi pewarnaan rambut yang tepat. Pewarna rambut yang akan kami rekomendasikan saat ini adalah pewarna rambut dari bahan alami.

Pewarna rambut alami yang digunakan tidak menyebabkan kerusakan pada rambut. Justru bahan yang digunakan mengandung nutrisi yang dapat memperindah rambut anda. Selain itu kandungan nutrisinya mampu menyehatkan dan menyuburkan rambut.

Pewarna rambut alami

Ilustrasi: Pewarna rambut alami

Dengan begitu pewarna rambut alami sangat tepat digunakan berbagai kalangan. Penggunaan jangka panjang dan terus menerus tidak akan memberikan efek samping berbahaya justru akan memberikan warna rambut yang indah.

Pewarna Rambut Alami

Pemilihan pewarna rambut alami memiliki banyak manfaat seperti menggunakan bahan ramah lingkungan, murah dan mudah didapat, memberikan hasil yang memuaskan tanpa efek samping buruk serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Artikel terkait: 18 Merk Shampo Penumbuh Rambut Alami

Mari kita lihat beberapa bahan pewarna rambut alami seperti berikut ini:

1. Pewarna rambut alami coklat dengan kopi hitam dan teh hitam

Teh dan kopi bukan hanya sedap diminum di pagi hari namun teh dan kopi hitam bisa anda jadikan pewarna rambut alami untuk memberi kesan warna coklat tua atau coklat gelap. Cara membuatnya juga sangat mudah.

  • Pertama siapkan kopi dan teh hitam secukupnya, kemudian sedu dengan air panas. Biarkan selama beberapa saat hingga kopi mengental dan dingin. Setelah itu tuangkan teh dan kopi hitam pada rambut sambil diremas-remas.
  • Biarkan selama 30 menit. Terakhir basuh rambut hingga bersih. Jika menginginkan warna yang lebih awet lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

2. Pewarna rambut alami coklat dengan cengkeh dan kemangi

Salah satu bahan alami yang memberikan kesan warna coklat adalah perpaduan antara cengkeh dan kemangi. Warna coklat memang masih menjadi pilihan banyak wanita karena memberikan kesan elegan.

Kemangi dan cengkeh akan memberika warna cokla yang anda inginkan. Selain itu kemangi akan membuat rambut anda menjadi wangi. Rebuslah kemangi dan cengkeh secukupnya selama 1 jam. Kemudian biarkan hingga air dingin.

Gunakan air tersebut untuk keramas. Lalu diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit basuh rambut anda hingga bersih.

3. Pewarna rambut alami coklat muda dengan bubuk kayu manis dan cengkeh

Cengkeh memang berguna sebagai pewarna rambut alami. Cengkeh juga dapat dikombinasikan dengan bubuk kayu manis untuk memberi warna coklat muda pada rambut anda. Cara membuat dan menggunakannnya juga sangat sederhana.

Pertama siapkan bubuk cengkeh dan bubuk kayu manis masing-masing 3 sendok. Kemudian sedu menggunakan air hangat. Biarkan selama 30 menit, lalu gunakan air campuran tersebut pada rambut hingga rata. Biarkan selama 1 jam. Terakhir cuci rambut seperti anda keramas biasa.

4. Pewarna rambut alami coklat muda dengan teh chamomile dan lemon

Salah satu bahan alami yang dapat membuat rambut kamu berwarna coklat muda adalah kombinasi antara teh chamomile dan lemon. Kombinasi keduanya selain memberikan warna yang menawan juga akan membuat rambut anda menjadi lebih indah dan sehat, sebab kedua bahan tersebut mengandung nutrisi yang baik bagi kulit kepala dan rambut.

Caranya

  • Siapkan teh chamomile secukupnya
  • Lalu masukkan ke dalam gelas
  • Sedu teh tersebut menggunakan air panas
  • Kemudian tambahkan 3 sendok air perasan lemon
  • Aduk keduanya hingga tercampur rata
  • Biarkan beberapa saat hingga air menjadi dingin
  • Lalu oleskan air tersebut pada rambut sambil diremas agar meresap hingga ke setiap helai rambut
  • Biarkan selama 30 menit lalu basuh rambut hingga bersih

5. Pewarna rambut alami merah dengan bunga sepatu dan kelopak mawar

Jika anda menginginkan rambut berwarna merah atau pirang maka anda bisa menggunakan perpaduan antara bunga sepatu dan kelopak mawar. Keduanya akan memberikan warna merah alami pada rambut anda.

Pertama siapkan kelopak bunga mawar dan bunga sepatu. Kemudian cuci bersih. Lalu haluskan keduanya dengan cara digiling. Setelah halus tambahkan sedikit air lalu oleskan pada rambut hingga rata. Biarkan hingga kering.

Setelah kering basuh rambut hingga bersih. Jika menginginkan warna yang tahan lama dan maksimal sebaiknya lakukan pewarnaan ini seminggu sekali.

6. Pewarna rambut alami merah dengan buah bit dan paprika

Selai bunga mawar dan sepatu, jika anda menginginkan mengecat rambut warna merah anda juga bisa menggunakan buah bit dan paprika. Kombinasi keduanya akan memberikan kesan warna merah yang lebih pekat dari pada bunga mawar dan sepatu.

Dengan begitu hasil yang didapatkan juga akan lebih maksimal. Haluskan buah bit dan paprika secukupnya dengan cara diblender dengan sedikit air. Setelah halus saring lalu oleskan air tersebut pada rambut. Diamkan beberapa saat lalu bilas rambut hingga bersih.

7. Pewarna rambut alami merah keemasan dengan rosemery

Saat ini warna merah keemasan memang tengah digandrungi kalangan wanita. warna merah keemasan atau red gold akan memberikan kesan lebih muda dan modis. Untuk mendapatkan warna tersebut anda bisa menggunakan bunga rosemery.

Caranya

  • Cuci bersih bunga rosemery secukupnya
  • Lalu rebus dengan segelas air selama 1 jam
  • Kemudian angkat dan diamkan lagi selama 1 jam
  • Setelah air dingin gunakan air tersebut untuk keramas
  • Lalu diamkan lagi selama 30 menit.
  • Terakhir cuci rambut hingga bersih.

Baca juga yuk: Cara Membuat Shampo untuk Rambut Rontok Sendiri

8. Pewarna rambut alami merah dengan paprika merah, teh dan kembang sepatu

Jika anda menginginkan warna merah terang anda dapat mengkombinasikan ketiga bahan berikut ini teh, kembang sepatu, dan paprika merah. Rebus ketiga bahan secukupnya selama 1 jam. Kemudian dinginkan.

Setelah dingin gunakan ramuan tersebut untuk keramas dan biarkan selama 30 menit. Terakhir cuci rambut hingga bersih menggunakan air dingin. Dalam sekali pakai akan terlihat warna merah yang merona.

9. Pewarna rambut alami hitam dengan daun urang aring dan kacang walnut

Warna hitam alami rambut yang menjadi ciri khas orang indonesia ini terkadang cepat memudar dikarenakan kurang mendapat perawatan dan kurang asupan nutrisi. Jika anda ingin mengembalikan warna hitam alami rambut anda bisa menggunakan pewarna rambut alami yang terbuat dari campuran antara urang aring dan kacang walnut

Cara membuat pewarna rambut ini sangat mudah pertama masukkan 5 sendok bubuk kacang walnut dan 3 sendok bubuk urang aring. Setelah itu sedu menggunakan air panas. Setelah 1 jam ratakan pada rambut dan biarkan hingga kering. Setelah kering basuh rambut hingga bersih.  Untuk mendapatkan warna yang awet anda bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali.

10. Pewarna rambut alami blonde dengan kunyit

Warna pirang atau blonde saat ini menjadi incaran banyak orang. Warna pirang bisa kamu dapatkan dari bahan alami tanpa mengeluarkan biaya yaitu kunyit. Warna orange alami kunyit akan membuat rambut kamu menjadi pirang.

Caranya

  • Kupas 100 gr kunyit lalu cuci bersih
  • Haluskan kunyit dengan cara diblender atau digiling
  • Setelah lembut tambahkan sedikit air hangat
  • Lalu ratakan kunyit pada rambut dari akar hingga ke ujung rambut
  • Lalu biarkan selama 30 menit.
  • Langkah terakhir cuci rambut hingga bersih.

11. Bunga Calendula Memberikan Efek oranye kecoklatan

Pewarna rambut alami berikutnya adalah bunga calendula. Nama bunga ini mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Namun ternyata bunga ini mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Dengan perawatan menggunakan bunga ini maka akan memberikan efek oranye kecoklatan.

Kira-kira bagaimana caranya, pertama tumbuk dengan kelopak bunga hibiskus. Sediakan air 2 cangkir untuk tempat perendaman kedua bahan yang sudah ditumbuk, tunggu sampai 30 menit. Cairan ini kemudian bisa diaplikasikan ke rambut dan diamkan hingga mengering sebelum bisa dibilas.

Simak juga yuk: 13 Merk Cat Rambut dengan Kualitas Terbaik

12. Kemiri untuk warna hitam pekat

Bahan pewarna rambut alami selanjutnya adalah kemiri. Sebagai sudah diketahui oleh masyarakat kita secara luas, kemiri dapat memberikan warna hitam pada rambut. Selain hitam juga dapat melebatkan rambut secara alami.

Caranya yaitu pertama tumbuk hingga lembut teksturnya dan mengeluarkan minyak. Ambil minyak tersebut kemudian oles serta pijat-pijat pada kulit kepala maupun seluruh rambut. Biarkan sekitar 30 menit, lalu bilas. Atau anda bisa keramasan setelah perawatan ini. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu, selama beberapa minggu. 

13. Daun Pandan untuk warna kehijauan

Untuk anda yang ingin mendapatkan warna rambut kehijauan anda bisa mencoba perawatan dengan daun pandan. Caranya yaitu, pertama ambil daun pandan sebanyak 7 lembar saja, potong-potong lebih dulu dengan panjang 3 cm. Jangan lupa untuk merebusnya sampai mendidih sampai air mengalami perubahan warna agak kehijauan.

Selanjutnya saring sebelum didiamkan selama semalaman. Esoknya bisa Anda campurkan lebih dulu air pandan bersama jus mengkudu, kemudian oles ke rambut secara merata. Menggunakannya seminggu 3 kali akan memaksimalkan hasilnya, tapi ramuan tak boleh disimpan 2 minggu lebih.

14. Daun Jelatang untuk rambut cakelat

Bahan pewarna rambut alami selanjutnya adalah daun jelatang plus rosemary supaya rambut jauh lebih subur dan kuat. Ramuan ini akan memberikan warna cokelat pada rambut anda. Caranya yaitu: pertama ambil daun jelatang dan daun rosemary secukupnya, kemudian tumbuk sampai benar-benar halus.

Setelah halus lalu balurkan langsung ke permukaan rambut sampai menyeluruh. Sesudah itu tunggu beberapa jam sebelum Anda basuh dengan air. Ulangi beberapa kali lagi dalam waktu 1 minggu agar rambut coklat dapat diperoleh secara sempurna.

15. Cangkang Kenari

Cara mewarnai rambut secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan cangkang kenari. Dengan menggunakan cangkang kenari ini maka rambut anda akan lebih hitam, bahkan hitam pekat. Caranya yaitu: hancurkan cangkang kenari, lalu dididihkan kira-kira 30 menit. Aplikasikanlah pada rambut Anda setelah didihan cangkang kenari tersebut sudah dingin dan Anda saring. Seperti pada penggunaan teh hitam, Anda perlu mendiamkannya sekitar 1 jam lebih supaya teresap sempurna, lalu bilas dengan air.

Itulah beberapa bahan pewarna rambut alami yang bisa kita dapatkan disekitar kita tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu bahan alami yang digunakan tidak memberikan efek samping berbahaya bagi rambut. Selamat mencoba, semoga berhasil. Simak juga: Rekomendasi Merk Vitamin Rambut Terbaik yang Mudah Didapat!

Leave a Reply