Apa Penyebab Rambut Rontok dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab Rambut Rontok – Rambut menjadi salah satu penunjang penampilan. Dengan begitu tak heran jika rambut mendapatkan perawatan ekstra agar selalu tampil cantik. Namun rambut yang memiliki helaian tipis ini mudah sekali mengalami kerontokan.

Kerontokan yang  wajar terjadi adalah 50 hingga 100 helai perhari. Tapi rambut yang mengalami kerontokan wajah tidak akan mempengaruhi jumlah rambut kita, sebab bersama kerontokan juga akan tumbuh rambut baru.

Namun jika kerontokan terjadi melebihi jumlah rambut yang wajar rontok tentunya akan sangat berbahaya. Rambut anda bisa mengalami penipisan bahkan kerontokan parah bisa menyebabkan kebotakan.

Penyebab Rambut Rontok

Ilustrasi: Penyebab Rambut Rontok via alodokter

Kerontokan biasanya akan  terlihat ketika kita menyisir rambut sebab rambut akan tertarik dan tersangkut disela-sela sisir. Lalu apa sebenarnya penyebab rambut rontok yang sangat mengganggu itu? Penyebab kerontokan secara pasti dapat anda lihat dari artikel yang ditulis kali ini.

Simak juga: 22 Tips Perawatan Rambut Rontok yang Wajib Anda Lakukan

Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan yang meruakan hal wajar ini akan menjadi tidak wajar jika jumlah yang rontok lebih banyak dari pada jumlah yang tumbuh. Kerontokan memiliki banyak sekali penyebab. Penyebab rambut rontok dapat kita lihat dari beberapa hal berikut ini:

1. Stres

Berbagai masalah pada tubuh sebenarnya bisa dimulai dari strees.  Salah satu masalah yang disebabkan stress adalah kerontokan pada rambut.  Strees akan meningkatkan hormon estrogen sehingga berbagaia masalah kerap muncul.

Selain stres beberapa kondisi fisik dapat menyebabkan rambut rontok seperti pasca melahirkan, kecelakaan, stres berat, tekanan pekerjaan, perceraian atau lebih dikenal dengan kondisi telogen effluvium.

Kondisi ini dapat menyebabkan rambut rontok namun sebagian orang baru menyadari kerontokan setelah enam minggu hingga tiga bulan. Stres berat yang kita alami dapat merapuhkan akar rambut sehingga mempercepat kerontokan.

Cara mengatasi : butuh waktu sedikit lama untuk mengatasi kerontokan akibat stres. Buat pikiran anda nyaman terlebih dahulu, hilangkan stres, baru nanti kondisi rambut akan semakin membaik.

2. Faktor keturunan

Bukan hanya penyakit saja yang dibawa oleh gen tapi kerontokan juga dapat diwariskan pada keturunannya. Seseorang yang memiliki garis keturunan mengalami penipisan rambut akan lebih beresiko mengalami kerontokan dibanding yang tidak memiliki keturunan.

Kerontokan akibat faktor keturunan ini bisa mulai terlihat di usia 20-an namun akan semakin terlihat di usia 50 hingga 60 tahun. Pada kondisi rambut rontok akibat faktor genetik ini akan membuat helai rambut semakin hari semakin menipis sehingga lama-kelamaan akan berhenti tumbuh.

Cara mengatasi : solusi kerontokan rambut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat penumbuh rambut yang aman, serta mengkonsumsi makanan sehat.

3. Kelebihan vitamin A

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kelebihan vitamin A yang biasa didapat dari suplemen atau multi vitamin. Sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin A dari mengkonsumsi makanan sehat agar tidak menyebabkan kerontokan.

Cara mengatasi : semua yang berlebihan itu memang tidak baik, begitu juga dengan vitamin. Vitamin A yang berlebihan akan menimbulkan efek samping merontokkan rambut maka batasi konsumsi suplemen vitamin A dan menggantinya dengan makanan sehat kaya vitamin A seperti wortel.

Simak juga yuk: Rekomendasi Merk Vitamin Rambut Terbaik yang Mudah Didapat!

4. Kekurangan vitamin B

Sebagian kasus kerontokan terjadi akibat defisiensi vitamin B atau kekurangan vitamin B. vitamin B sebagai salah satu nutrsis penguat rambut sehingga kekurangan vitamin ini akan menyebabkan rambut mengalami kerontokan.

Cara mengatasi :  anda dapat mengatasi kerontokan dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin B seperti daging, kentang, labu, kacang polong dan masih banyak lagi jenis makanan lainnya setiap hari.

5. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping buruk bagi tubuh  salah satunya adalah menyebabkan kerontokan. Jika konsumsi obat tidak dihentikan maka dapat menyebabkan kerontokan parah bahkan kebotakan.

Cara mengatasi : hentikan mengkonsumsi obat-obatan tersebut atau batasi jumlahnya maka dalam beberapa waktu rambut akan pulih dengan sendirinya dengan ditunjang konsumsi makanan  sehat.

6. Kekurangan protein

Protein yang berperan sebagai penguat tulang, otot, ternyata juga dapat menguatkan akar rambut. Dengan begitu kekurangan protein akan membuat akar rambut menjadi rapuh. Kerapuhan akan mulai terlihat setelah 3 bulan mengalami penurunan asupan makanan yang mengandung protein.

Cara mengatasi : cara mengatasi rambut rontok akibat kekurangan protein ini sangat mudah yaitu dengan memenuhi kebutuhan protein setiap hari dengan mengkonsumsi makanan seperti telur, ikan, daging, kacang polong, tahu, tempe, serta biji-bijian.

7. Anemia

Salah satu gejala anemia yang cukup terlihat adalah mengalami kerontokan rambut yang cukup serius. Sebab anemia disebabkan tubuh kekurangan asupan zat besi, asam folat, serta vitamin B12 yang juga sangat dibutuhkan oleh rambut untuk tetap mempertahankan kekuatan akar rambut.

Cara mengatasi : pulihkan tubuh anda terlebih dahulu dari kondisi anemia dengan memenuhi kebutuhan zat besi dan lainnya seperti mengkonsumsi multivitamin penambah darah serta makanan kaya nutrisi agar kerontokan juga dapat teratasi dengan mudah.

8. Gangguan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid memiliki fungsi memperlancar metabolisme, menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Namun saat kelenjar tiroid terganggu maka  dapat menyebabkan hypotiroidisme.

Kondisi ini menyebabkan produksi kelenjar tiroid berlebih sehingga dapat membuat jantung berdebar-debar, mudah marah, kulit terasa lembab, gugup, serta lemah otot. Selain itu kondisi hypotiroidisme akan menimbulkan gejala fisik seperti kenaikan berat badan, kuku rapuh dan salah satunya juga menyebabkan rambut rontok.

Cara mengatasi : untuk gangguan atau kelebihan produksi kelenjar tiroid ini membutuhkan solusi dari dokter untuk mengembalikan kadar tiroid agar kembali normal dan menghindari kerontokan rambut.

9. Salah memilih shampoo

Untuk memperindah dan membersihkan rambut kita dianjurkan rajin mencuci rambut menggunakan shampoo. Namun ketika shampoo yang digunakan tidak cocok dengan jenis rambut kita maka dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Cara mengatasi : pilihlah shampoo yang cocok dengan jenis rambut kita. Selain itu hindari penggunaan shampoo dengan bahan kimia berbahaya sebaiknya gunakan shampoo yang mengandung bahan alami.

Simak juga yuk: 18 Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

10. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Salah satu kondisi autoimun adalah alopecia. Kondisi ini salah mengartikan rambut sebagai partikel asing sehingga akan dibuang oleh tubuh.

Dengan begitu rambut akan rontok dengan sendirinya. Autoimun dapat terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita. Bahkan jenis alopecia arenta dapat menyebabkan pitak atau kebotakan. Cara mengatasi : penyebab rambut rontok akibat autoimun ini dapat diatsi dengan berkonsultasi ke dokter untuk mencari solusi yang tepat. Dokter akan menganjurkan melakukan terapi dan pengobatan khusus.

11. Menderita penyakit lupus

Salah satu gejala atau cirri-ciri penyakit lupus sangat beragam salah satunya mengalami kerontokan rambut. Penyekit lupus menajdi salah satu penyakit gangguan sistem imun atau autoimun yang menganggap rambut sebagai partikel asing, sehingga kerontokan tidak dapat dihindari.

Cara mengatasi : lakukan pengobatan lupus agar kerontokan dapat pulih dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

12. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Beberapa gejala yang muncul akibat polycystic ovary syndrome adalah sebagai berikut kenaikan berat badan, resiko terserang diabetes, gangguan siklus menstruasi, ketidaksuburban, kista rahim, serta rambut rontok.

PCOS ditandai dengan kelebihan hormone androgen dimana terjadi gangguan ketidak seimbangan hormone s*ks wanita dan pria.

Cara menangani : pengobatan ke dokter sebaiknya segera anda lakukan. Penanganan yang dokter lakukan adalah memberikan pil kontrasepsi yang mengandung anti anti-androgen pemblokiran testosterone.  Selain itu obat spironolactone akan diberikan.

Artikel terkait: 17 Tips Mencegah Rambut Rontok yang Harus Dilakukan

13. Kulit kepala yang tidak sehat

Kurang terjaga kesehatan kepala dimana tempat tumbuh dan berkembangnya rambut tentunya turut beropengaruh terhadap kesehatan rambut. Rambut akan sulit untuk tumbuh sehingga anda akan mengalami kerontokan rambut yang cukup berat. Penyebab rambut tidak sehat adalah adanya infeksi jamur, dermatitis seboroik, serta psoriasis.

Cara mengatasi : penanganan dapat dilakukan dengan menggunakan obat anti jamur, shampoo untuk masalah dermatitis.

14. Terlalu sering menata rambut

Untuk tampil modis biasanya kaum wanita melakukan perawatan di salon dengan menggunakan peralatan panas dan menggunakan produk rambut berbahan kimia berbahaya. Semua cara tersebut sangatlah tidak baik bagi kesehatan rambut. Rambut akan mudah rontok dan patah akibat perawatan yang berlebihan tersebut.

Cara mengatasi : hindari perawatan menggunakan bahan kimia berbahaya dan produk elektronik panas agar rambut tetap sehat. Selain itu gunakan kondisioner untuk melindungi rambut.

15. Trichotillomania

Gangguan kontrol implus disebut trichotillomania dimana menyebabkan orang secara tidak sadar menarik atau mencabut rambutnya. Dengan begitu rambut akan mudah rontok dan patah. Kelainan ini dapat ditemukan pada pria maupun wanita.

Cara mengatasi : mengkonsumsi obat antidepresan bisa menjadi solusi yang cukup efektif.

16. Efek samping kemoterapi

Sudah bukan rahasia lagi jika kemoterapi menyebabkan rambut menjadi rontok. Kemoterapi ini dilakukan menggunakan obat-obatan keras sehingga tubuh akan mengalami efek samping seperti tubuh lemas, mual, muntah serta rambut rontok.

Cara mengatasi :  setelah kemoterapi sebaiknya pulihkan kondisi anda dengan mengkonsumsi makanan sehat kaya nutrisi agar masalah kerontokan bisa teratasi dengan sendirinya.

17. Kekurangan nutrisi

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kekurangan nutrisi. Kurangnya nutrisi yang masuk ke tubuh menyebabkan nutrisi untuk rambut juga berkurang sehingga kekuatan akan rambut akan berkurang sehingga akan mudah rontok.

Cara mengatasi : konsumsi makanan kaya nutrisi seperti perbanyak buah dan sayur.

18. Kekurangan cairan

Jangan sepelekan ketika tubuh merasa haus sebab itu sinyal alami yang ditunjukkan tubuh bahwa tubuh tengah kekurangan cairan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan masalah yang sangat serius salah satunya dapat menyebabkan kerontokan.

Cara mengatasi : penuhi kebutuhan cairan harian tubuh dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral sebanyak 8 hingga 10 gelas perhari.

19. Terlalu kencang mengikat rambut

Untuk membuat rambut telihat rapi biasanya wanita yang memiliki rambut panjang akan mengikat rambutnya.  Namun ketika anda mengikat rambut terlalu kencang akan menbuat rambut oatah dan menarik akarnya dengan kencang sehingga akan membuat rambut menjadi mudah rontok.

Cara mengatasi : kendurkan sedikit ikatan rambut anda agar tali pengikat rambut tidak menarik rambut terlalu kencang dan membuat rambut menjadi rontok.

Demikianlah beberapa penyebab rambut rontok yang bisa berhasil kami rangkum untuk anda. Hindari penyebab tersebut agar kesehatan dan kekuatan rambut anda tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan juga: Cara Membuat Shampo untuk Rambut Rontok Sendiri

Leave a Reply