Penyebab Kenapa Perut Buncit dan Solusinya!

Kenapa Perut Buncit – Perut merupakan bagian dari tubuh kita yang berisi banyak organ-organ vital, seperti usus, hati, ginjal, dan lambung. Selain berfungsi sebagai penyimpan organ dalam yang cukup vital, perut juga merupakan salah satu standar seseorang bisa dikatakan memiliki badan ideal atau tidak.

Badan yang ideal merupakan suatu hal yang penting bagi seseorang, karena diakui atau tidak fisik merupakan penilaian pertama yang menentukan kesan seseorang terhadap orang lain.

Apabila seseorang memiliki bentuk tubuh yang terawat, orang akan suka mendekat kepadanya. Juga sebaliknya, jika seseorang memiliki bentuk tubuh yang seperti tidak terurus, orang lain juga akan merasa malas untuk berurusan dengannya.

Oleh karena itu kita harus terus menjaga kebersihan dan keindahan tubuh kita agar senantiasa dipandang baik oleh orang lain. Itulah kenapa perut buncit selalu menjadi hal yang dihindari oleh seseorang baik itu pria maupun wanita, karena perut buncit menandakan seseorang tidak mau merawat tubuhnya sendiri.

Perut buncit pun juga bisa mendatangkan banyak penyakit terhadap tubuh sehingga banyak orang yang berusaha menghilangkan kondisi perut yang seperti itu.

Kenapa Perut Buncit via Istockphoto

Kenapa Perut Buncit via Istockphoto

Bentuk Perut dan Pinggang Ideal Bagi Kebanyakan Orang

Bentuk tubuh memang tergolong hal yang sensitif untuk diperbincangkan. Bagi sebagian orang, bentuk tubuh dianggap tidak menjadi penilaian penting ketika berhadapan dengan seseorang. Namun bentuk badan ideal melambangkan tingkat kesadaran kita untuk mengurus tubuh kita.

Apabila tubuh kita tidak indah, kita akan dianggap tidak becus dalam mengurus urusan internal tubuh. Karena tidak bisa dipungkiri bentuk badan yang tidak indah disebabkan kelalaian kita untuk mengurus tubuh.

Banyak orang beranggapan bentuk badan yang kurus adalah bentuk badan yang ideal, padahal tidak demikian adanya. Bisa jadi bentuk tubuh yang kurus adalah akibat penyakit yang diderita seseorang.

Karena tidak jarang adanya suatu penyakit dalam tubuh seseorang bisa mengakibatkan massa otot tubuh berkurang dan penyakit menggerogoti badannya dari dalam tubuh. Oleh karena itu, kurus tidaknya seseorang tidak bisa menjadi patokan apakah seseorang memiliki tubuh yang ideal sekaligus sehat.

Jika berbicara tentang bentuk perut, pasti kita juga akan berbicara tentang pinggang. Bentuk perut juga ikut turut andil dalam menentukan ukuran pinggang. Wanita dan pria memiliki standar ukuran pinggang tertentu agar bisa dikatakan sebagai tubuh yang ideal.

Semakin kecil lemak yang tertimbun di dalam perut, akan semakin kecil pula ukuran pinggang seseorang. Lemak yang tertimbun di dalam perut juga akan melebar menuju daerah pinggang. Inilah sebabnya apabila seseorang memiliki perut buncit, hal itu juga akan berdampak ke pinggang yang ia miliki.

Bagi kebanyakan orang, bentuk perut dan pinggang yang ideal adalah yang berukuran kurang dari 90 cm. Apabila lingkar pinggang sudah melebihi 90cm, itu berarti ada yang salah dengan tubuh anda.

Kadar lemak di tubuh bisa mempengaruhi ukurang pinggang kita. Kita bisa mengukur kadar lemak tubuh menggunakan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT), yaitu nilai berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan (m) dengan satuan tinggi badan yang dikuadratkan.

Jika nilai IMT lebih dari 25, maka badan anda dianggap memiliki kadar lemak tubuh yang berlebih dan membutuhkan diet tertentu.

Namun ada cara lebih mudah untuk mengetahui kadar lemak tubuh anda berlebih atau tidak, yaitu dengan cara mengukur lingkar pinggang anda menggunakan meteran baju.

Bagi wanita, standar ukuran lingkar pinggang adalah 80 cm, sedangkan bagi pria adalah 90 cm. Apabila lingkar pinggang anda melebihi ukuran tersebut, maka ada yang perlu ditanyakan tentang kesehatan anda. Bisa jadi, kelebihan lemak tubuh menjaid gejala penyakit kronis seperti diabetes, dan lain sebagainya.

Beberapa Alasan Kenapa Perut Buncit

Perut buncit memang identik dengan kadar lemak berlebih yang menumpuk di jaringan sekitar perut kita. Lemak tersebut menyebabkan perut memiliki tumpukan-tumpukan lemak yang bisa membuat perut menjadi terlihat jelek bahkan dalam keadaan lapar sekalipun.

Banyak penyebab perut buncit yang sudah diketahui orang, namun jarang sekali ada yang mau menghindari penyebab perut buncit tersebut. Berikut ini adalah penyebab perut menjadi buncit:

1. Tidak adanya asupan serat dalam tubuh

Serat berupa sayuran dan buah-buahan merupakan hal yang harus dikonsumsi oleh manusia jika menginginkan sistem pencernaan yang sehat dan lancar. Serat berfungsi untuk membantu proses pembuangan feses. Dengan adanya serat, tubuh akan mudah mencerna makanan dan mengonversinya dalam bentuk lain yaitu feses.

Jika tubuh kekurangan serat, maka proses ini akan menjadi terganggu. Oleh karena itu, banyak makanan yang akhirnya tertumpuk di usus dan tidak kunjung keluar dalam bentuk feses. Hal inilah yang menyebabkan perut terlihat buncit.

2. Tidak Pernah Berolahraga

Banyak sekali orang yang merasa tidak bersemangat ketika harus mengeluarkan keringat ketika berolahraga. Olahraga sangat perlu agar tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Olahraga yang rutin juga bisa menyehatkan jantung karena terus-terusan dipacu ketika melakukan olahraga.

Untuk mengecilkan perut, lakukan sit up dan pull up secara rutin selama minimal 15 hingga 20 kali sehari. Kedua jenis olahraga ini mampu membantu mengencangkan otot perut dan mengecilkan perut buncit. Namun jangan terlalu banyak melakukan sit up dan pull up karena akan mengakibatkan kram.

3. Banyaknya Bakteri dan Racun di Usus

Usus adalah tempat mencerna makanan bersama dengan seperangkat organ sistem pencernaan lainnya seperti lambung. Usus merupakan jalur lewatnya makanan, sehingga bakteri yang ada dalam makanan pun juga akan ikut melewati usus.

Bahayanya, jika usus kita tidak diberi perlakuan detoksifikasi, banyak racun yang akan menempel di dinding usus. Jika usus dipenuhi bakteri, hal ini akan menyebabkan usus kita menjadi kotor dan sistem pencernaan kita akan terganggu.

Banyaknya racun juga bisa mengakibatkan sembelit. Ketika mengalami sembelit, seseorang akan susah mengeluarkan kotoran yang ada di dalam perutnya sehingga kotoran-kotoran tersebut menumpuk di dalam perut dan mengakibatkan perut menjadi melar dan buncit. Hal ini tentu saja dapat sangat mengganggu penampilan anda.

4. Bertambahnya Usia

Semakin bertambah usia seseorang, akan semakin rendah tingkat energi yang dimiliki oleh seseorang. Semakin tua seseorang, maka tubuh orang tersebut akan perlahan-lahan kehilangan kemampuan untuk mencerna makanan yang masuk.

Dan semakin tua seseorang, akan semakin bertambah pula nafsu makannya karena tubuh cenderung mengalami stres serta beban pikiran saat memasuki usia tua. Walau terkadang banyak orang yang mengalami penurunan nafsu makan, namun ada juga yang mengalami peningkatan nafsu makan seperti itu.

Berkurangnya massa otot yang dialami oleh orang berusia lanjut juga mengakibatkan peningkatan kadar lemak dalam tubuh. Peningkatan kadar lemak serta peningkatan jumlah sel lemak dalam tubuh akan mengakibatkan perut buncit. Oleh sebab itulah kenapa perut buncit selain dialami oleh orang yang berusia muda, juga bisa menyerang orang berusia lanjut.

5. Faktor Berhentinya Menstruasi

Seluruh wanita di dunia ini akan dianggap normal apabila mengalami menstruasi di masa-masa suburnya. Menstruasi terjadi sebulan sekali.

Namun proses menstruasi ini tidak berlangsung selamanya. Menstruasi hanya akan terjadi hingga seorang wanita menginjak usia 60 tahun. Rata-rata wanita di dunia ini akan berhenti mengalami menstruasi ketika hamil dan menginjak usia mendekati 60 tahun. Proses berhentinya menstruasi pada seorang wanita disebut sebagai menopause.

Banyak penelitian mengatakan banyak wanita yang telah melewati masa menopause, setidaknya setahun setelahnya, akan mengalami peningkatan kadar lemak dalam tubuh dan rawan mengalami perut buncit.

Hal itu dikarenakan hormon estrogen pada tubuh wanita tersebut mengalami penurunan jumlah yang sangat drastis, sehingga darah tidak bisa lagi memukul rata jumlah lemak yang disebarkan ke seluruh tubuh.

Lemak akan disimpan di dalam perut, di sekitar tempat makanan dicerna oleh sistem pencernaan. Hal ini menjadi faktor penting kenapa perut buncit bisa terjadi pada seorang wanita yang telah mengalami menopause.

6. Pasca Kehamilan

Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan pengantin baru ataupun yang sudah lama menikah. Kedatangan bayi ke dunia ini lewat perut ibunya merupakan berkah yang sangat diharapkan oleh pasangan orangtua. Kehamilan bisa menyebabkan bentuk tubuh seorang wanita berubah.

Hal ini dikarenakan selama kehamilan, otot perut akan mengalami pemekaran yang sangat drastis. Sehingga ketika bayi telah berhasil keluar dan dilahirkan oleh sang ibu, maka otot perut wanita yang merupakan ibunya tersebut juga akan mengecil. Proses mengecilnya kembali perut ibu tersebut tidak selalu berjalan mulus.

Hal ini tidak seperti anda mengempeskan sebuah balon yang tidak akan menimbulkan bekas. Selama pasca kelahiran sang bayi, sang ibu harus rutin merawat kondisi perutnya agar bekas kerutan stretchmark tidak lagi berbekas.

Hal ini biasanya diatasi dengan penggunaan stagen pada perut ibu yang sudah melahirkan demi mengencangkan kembali otot perut. Apabila otot perut tidak diberi perlakuan seperti itu setelah menikah, maka otot perut akan menjadi kendur dan itulah sebab kenapa perut buncit bisa dialami oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan.

7. Sindrom PCOS pada Wanita

PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome adalah sebuah sindrom dimana seorang wanita mengalami gangguan pada fungsi ovariumnya di masa subur. Ketika mengalami sindrom ini, seorang wanita akan mengalami ketidak seimbangan fungsi hormon di dalam tubuhnya.

Sehingga fungsi sel tubuh yang mengatur kalori serta lemak di dalam tubuh juga akan terganggu. Sehingga seringkali peredaran lemak dalam tubuh terganggu dan bisa mengakibatkan perut menjadi buncit.

8. Stres Berlebihan

Semua orang pasti memiliki rasa stres akibat oleh tekanan hidup. Stres yang dialami setiap orang berbeda-beda kadarnya.

Namun ada juga orang yang pandai mengatur tingkat emosi dan stresnya walau stres yang dia alami cukup tinggi. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa peredaran lemak di dalam tubuh juga diakibatkan oleh rasa stres yang menyerang kita.

Rasa stres mampu meningkatkan nafsu makan sehingga orang yang stres cenderung memiliki pola makan berlebih daripada orang yang tidak stres. Mereka akan makan apapun walaupun sedang dalam keadaan perut penuh hanya untuk mengusir stres yang menyerangnya.

Selain itu, hormon kortisol atau hormon yang berfungsi untuk mengatur stres juga akan meningkat jumlahnya seiring tingginya tingkat stres yang kita alami. Sedangkan, hormon kortisol ini sendiri memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan melebarkan ukuran sel lemak dalam tubuh.

Itu artinya semakin tinggi tingkat stres yang seseorang alami, akan semakin banyak pula hormon kortisol yang dihasilkan oleh tubuh. Oleh karena itulah kenapa perut buncit bisa terjadi pada orang-orang yang memiliki tingkat stres tinggi.

Beberapa hal diatas merupakan sekelumit penyebab mengapa perut bisa menjadi buncit. Selain karena disebabkan oleh kemalasan kita untuk berolahraga, ternyata ada banyak alasan yang merupakan faktor eksternal maupun internal yang bisa menyebabkan kita menjadi perut buncit.

Cara Menghilangkan Perut Buncit

Kita telah mengetahui beberapa penyebab perut buncit. Kita juga telah mengetahui dampak dari perut buncit yang bisa mengakibatkan penampilan kita terganggu hingga menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Itu artinya kita harus  mencegah perut kita menjadi buncit dan mengatasi permasalahan perut buncit. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah perut buncit atau bahkan menghilangkan perut buncit :

1. Buatlah Jadwal Harian Anda

Gaya hidup yang tidak teratur seringkali mengakibatkan kita menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Jadwal kegiatan perlu dirancang agar kita bisa melakukan hal-hal yang seharusnya.

Selipkan jadwal untuk berolahraga minimal 15 menit setiap harinya agar tubuh kita terjaga kesehatannya. Hidup hanya sekali, gunakan waktu hidup anda sebaik mungkin dengan jadwal yang terencana.

2. Cukupkanlah Waktu Tidur

Banyak sekali orang yang memiliki hobi begadang. Hal ini sangat buruk bagi kesehatan karena kurangnya waktu tidur bisa menimbulkan stres. Stres diketahui telah menjadi penyebab kenapa perut buncit. Waktu tidur yang cukup akan menghindarkan kita dari stres. Apabila kita terhindar dari stres, pola makan kita juga akan lebih mudah untuk diatur.

3. Pola Makan sehat dan Teratur

Kedua aspek diatas merupakan aspek yang sangat penting, karena peredaran lemak dalam tubuh sebagian besar disebabkan oleh makanan yang masuk ke tubuh kita.

Apabila tubuh diberi pasokan makanan yang tidak bergizi, maka makanan tersebut hanya akan menjadi sampah yang menumpuk di dalam perut kita.

Makanan yang baik adalah makanan yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh dan mudah dicerna, sehingga tidak menjadi endapan racun di dalam usus. Apabila usus kita dipasok oleh makanan sehat, maka usus kita akan menjadi sehat dan kita akan terhindar dari kondisi perut buncit.

4. Penuhi Cairan Harian

Air merupakan faktor penting lain bagi tubuh untuk menghindari perut buncit. Hal ini karena satu-satunya hal lain yang akan masuk ke dalam tubuh selain makanan adalah minuman. Hindari minuman manis yang merusak lambung dan ginjal.

Sebaiknya konsumsi air mineral sebanyak 2 liter per hari, karena air akan membantu kelancaran sistem cerna anda. Air juga akan membantu tubuh untuk membakar kalori, sehingga kita perlu mengkonsumsi air setiap harinya.

****

Kita telah mengetahui dampak serta penyebab dari perut buncit. Beberapa cara untuk mengatasi perut buncit pun sudah dituliskan. Jika anda ingin menghilangkan perut buncit, anda sangat disarankan untuk melakukan hal-hal yang telah dicantumkan di atas.

Karena sangat penting bagi anda untuk menjaga bentuk perut demi keindahan penampilan sekaligus kesehatan tubuh anda. Yang terpenting, kita harus selalu menerapkan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari kondisi perut buncit.

Artikel terkait: Cara Menghilangkan Lemak Di Paha

Leave a Reply