16 Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Kantung Mata – munculnya kantung mata di bawah mata kerap kali dianggap sebagai gangguan yang harus dihilangkan. Kantung mata membuat rasa percaya diri sebagai wanita berkurang. Kantung mata yang dibiarkan berlarut-larut tanpa perawatan akan membuat kantung mata semakin menebal dan menghitam.

Tak heran jika berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan kantung mata tersebut. Tapi sebenarnya apa sih yang menyebabkan kantung mata muncul di wajah? sebenarnya penyebab kantung mata bisa beraneka ragam.

Dengan kita mengetahui penyebab kantung mata akan memudahkan kita menghilangkannya serta mencegahnya muncul di wajah. kantung mata yang mengganggu tersebut bukan termasuk penyakit berbahaya. Meski bukan suatu penyakit yang berbahaya kantung mata memiliki pengaruh yang cukup besar bagi penampilan salah satunya akan membuat penampilan terlihat kuyu dan tidak segah.

Penyebab Kantung Mata

Ilustrasi: Penyebab Kantung Mata

Penyebab kantung mata

Kelopak mata bagian bawah yang membesar dan membentuk kantung tersebut sebenarnya memiliki banyak penyebab. Mari kita lihat beberapa penyebab kentung mata muncul di wajah seperti berikut ini:

1. Faktor genetik atau Keturunan

Faktor genetik atau keturunan menjadi penyebab utama kantung mata. Faktor keturunan memang membawa lebih dari 70% kesamaan. Jika kerabat dekat seperti ayah, ibu, kakak , paman dan bibi kamu memiliki mata yang berkantung itulah mengapa kamu memiliki mata yang berkantung pula.

Yang membedakan kantung mata akibat keturunan dan kantung mata karena penyebab lain adalah kantung mata ini akan ada sejak kamu lahir bukan terjadi tiba-tiba. Kantung mata yang diwarisi dari keluarga juga biasanya tidak menyebabkan mata kamu terlihat kuyu dan tidak segar.

Bentuk kantung mata juga biasanya tidak berpengaruh apa-apa terhadap penampilan karena bentuk tersebut sudah sangat cocok dengan bentuk wajah kamu karena kita semua diciptakan sudah sangat sempurna tanpa kekurangan.

2. Penyakit Tertentu

Penyebab kantung mata juga bisa karena tubuh mengalami gangguan kesehatan seperti gangguan ginjal yang membuat tubuh tidak dapat mengeluarkan cairan secara sempurna dan menyebabkan cairan tersebut menumpuk pada tubuh salah satunya bagian mata. Itulah mengapa saat anda mengalami kantung mata.

Kantung mata juga akan segera menghilang ketika anda sudah melakukan pengobatan terhadap penyakit tersebut. Setelah ginjal kembali normal maka kantung mata juga akan hilang dengan sendirinya.

Info menarik lainnya:11 Cara Menghilangkan Bulu di Wajah Secara Alami yang Terbukti Ampuh

3. Kelebihan garam

Garam beriodium sangat dibutuhkan tubuh guna mencegah penyakit gondok. Namun jika garam yang dikonsumsi berlebihan justru akan menyebabkan gangguan kesehatan dan kecantikan seperti tekanan darah tinggi dan kantung mata.

Kelebihan garam akan membuat retensi air sehingga terjadi penumpukan air di kelopak mata sehingga menjadikan kelopak mata berkantung. Sebaiknya konsumsi garam secara wajah agar kantung mata juga bisa menghilang dengan sendirinya.

4. Terlalu banyak minum air putih

Mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan guna menjaga kesehatan dan keseimbangan kerja tubuh. Air juga dapat menjaga kelembaban kulit sehingga kulit akan terlihat awet muda dan cantik.

Minum air putih dianjurkan 8 sampai 10 gelas per hari. Tapi saat anda minum air putih berlebihan dari anjuran maka berbagai hal buruk bisa terjadi seperti penumpukan cairan pada tubuh menyebabkan obesitas, kelebihan cairan pada otak bisa menyebabkan kematian dan kelebihan cairan akan menyebabkan kantung mata.

Semua hal yang dilakukan secara berlebihan dan kekurangan memang tidak baik sebaiknya minum air putih sesuai aturan agar anda terhindar dari berbagai penyakit dan kantung mata. Terutama selum tidur jangan minum air karena akan membuat air menumpuk di bagian mata dan menyebabkan katung mata.

5. Alergi

Alergi bisa menjadi salah satu penyebab kantung mata. Seperti alergi ter hadap makanan, minuman dan obat-obatan tertentu bisa membuat kelopak mata bagian bawah memiliki kantung yang akan merusak penampilan.

Alergi tersebut akan membuat pembuluh nadi dibawah mata mengalami peradangan dan membesar. Untuk penyebab yang satu ini menghubungi dokter sangat dianjurkan akar rasa nyeri akibat alergi bisa menghilang.

Kantung mata akibat alergi bisa ditandai dengan rasa nyeri dan gatal pada bagian mata dan bagian kulit lainnya. Tidak menutup kemungkinan hal ini akan membuat seluruh wajah membesar dan bengkak.

Saat anda merasa gatal jangan garuknya karena akan membuat kantung mata semakin membesar dan berubah warna. Sebaiknya minum obat yang diberikan dokter tang akan menghilangkan rasa nyeri dan gatal serta kantung mata tersebut.

Info terkait: 14 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami yang Terbukti Ampuh

6. Hidung tersumbat

Gangguan flu yang membuat hidung tersumbat juga akan menyebabkan pembuluh nadi dibawah mata membesar dan menghitam. Oleh sebab itu penyumbatan hidung akan membuat kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda.

Kantung mata akan menghilang dengan sendirinya ketika flu atau hidung tersumbat juga mereda. Sebaiknya perbanyak istirahat dan minum obat influenza agar hidung tersumbat sembuh dan kantung mata benar-benar menghilang.

7. Kurang vitamin dan nutrisi

Penyebab kantung mata bisa terjadi akibat kekurangan vitamin seperti vitamin B, C, dan K. Berbagai vitamin tersebut bisa anda dapatkan dari beberapa jenis buah dan sayur. Saat kekurangan beberapa jenis vitamin tersebut maka kelenjar akan mengalami kelelahan dan membuat mata memiliki kantung.

Vitamin tersebut juga bisa berkurang akibat stress, mengkonsumsi kafein, gula dan alkohol sehingga membuat wajah membengkak dan kantung mata membesar. Sebaiknya mulailah pola hidup sehat sebagai salah satu cara menghindari katung mata.

Hindari makanan yang digoreng, makanan berlemak, perbanyak buah dan sayur agar kelopak mata bagian bawah menjadi normal kembali.

8. Dehidrasi penyebab kantung mata

Kelebihan cairan bisa menjadi penyebab kantung mata, namun kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab kantung mata. Sebaiknya minum air sesuai takaran agar pembuluh darah tidak semakin melebar dan membesar.

Memenuhi kebutuhan cairan akan membuat tubuh sehat dan kantung mata menghilang dengan sendirinya. 

9. Kebiasaan Merokok membuat mata berkantung

Kebiasaan merokok memang sangat buruk bagi tubuh dan kulit. Berbagai penyakit kronis bisa menyerang tubuh bahkan kanker paru-paru bisa menyerang tubuh anda. serta masalah pembuluh darah juga bisa terjadi dan melebar dan menghitam.

Saat pembuluh darah melebar dan menghitam maka bisa menyebabkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata yang cukup serius. Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok agar tubuh menjadi sehat dan kantung mata menghilang. Selain itu merokok juga bisa menghambat aliran oksigen menuju kulit.

10. Hormon

Hormon yang terganggu dan tidak stabil seperti pada masa menstruasi, puber, menoupose dan kehamilan dapat menjadi penyebab kantung mata. Hal tersebut disebabkan karena adanya penyimpanan air dan PMS di mata bagian bawah atau kantung mata.

Perubahan hormon tersebut juga akan membuat pembuluh darah membengkak dan timbullah kantung mata tersebut. Saat hormon sedang tidak stabil sebaiknya jaga makan yang anda konsumsi seperti mengurangi konsumsi garam, karbohidrat, dan air yang berlebih untuk menghindari pembuluh darah membengkak.

11. Kurang tidur dan bergadang

Selain beberapa penyebab tanbahan di atas, kebiasaan begadang dan kurang tidur adalah penyebab utama kantung mata. Kulit yang kelelahan akan membuat pembuluh darah di bawah mata melebar dan membengkakkan bahkan menghitam atau mata panda.

Kurang tidur ini akan membuat katung mata dan mata opanda muncul di area sekitar mata dan membuat wajah terlihat kuyu, kusut, kurang segar dan pucat.  Sebaiknya hindari kebiasaan begadang dan tidur tepat waktu agar kantung mata menghilang dan tubuh menjadi lebih sehat.

12. Karena Penggunaan Kosmetik

Penyebab mata panda berikutnya mungkin hal yang remeh, karena penggunaan make up yang tidak proporsional seperti karena terlalu tebal sehingga mengakibatkan bagian bawah mata agak menebal. Selain cara make, bahan make up juga bisa mengakibatkan mata panda, misal karena bahan-bahan kimia yang dapat memberi efek samping buat kulit wajah termasuk juga di bawah mata. Untuk itu segera bersihkan bekas make up dengan pembersih dan penyegar yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda

13. Paparan sinar matahari Berlebihan

Penyebab kantung mata selanjutnya adalah karena paparan sinar matahari berlebihan. Terlalu banyak aktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari akan mengakibatkan meningkatnya produksi melanin. Melanin adalah penentu utama dari warna kulit. Kalau produksi melanin meningkat maka lingkaran gelap di bawah mata juga akan semakin terlihat jelas. Untuk itu saat beraktivitas di luar gunakan pelindung tubuh, seperti payung, topi atau kacamata hitam, agar paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet ini tidak mengenai kulit tubuh kita.

14. Akibat Menangis Terlalu Lama

Penyebab kantung mata berikutnya adalah karena terlalu lama menangis. Menangis terlalu lama dapat mengakibatkan penumpukan cairan air mata di bagian bawah mata. Sehingga setelah menangis akan muncul kantung mata hitam di area bawah mata. Tetapi munculnya kantung mata hitam akibat menangis ini biasanya lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya.

15. Akibat Mengkonsumsi minuman berkafein dan alkoh*l

Terlalu sering mengkonsumsi minuman berkafein dan alkoh*l juga merupakan penyebab kantung mata. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi juga. Sebab penyerapan tubuh terhadap kedua jenis minuman ini dapat terhambat, sehingga bisa menimbulkan kantung mata hitam juga. Maka kurangi meminum minuman berkafein dan beralkoh*l ini, dan perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari.

16. Faktor Usia/Penuaan

Faktor usia juga menjadi penyabab kantung mata. Hal ini tentu tidak bisa dihindari, namun kita bisa menundanya, yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan kolagen tubuh. Karena seiring bertambahnya usia maka kulit juga kehilangan cadangan kolagen dan rongga mata bagian bawah terlihat cekung, sehingga pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas dan menggelap atau menghitam.

Artikel terkait: 22 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Kantung Mata

Berikut ini beberapa cara mengatasi kantung mata yang bisa anda lakukan:

  • Cara pertama adalah dengan mengompres dengan air dingin.
  • Cara kedua adalah dengan mengatur posisi tidur. Usahakan agar posisi kepala lebih tinggi dibanding badan. Posisi kepala yang dinaikkan lebih tinggi mampu mencegah cairan mengumpul di area mata. Anda bisa memberi bantal tambahan.
  • Tidur yang cukup. Tidur delapan jam sehari akan mengurangi risiko kantung mata yang membesar sekaligus membuat Anda terhindar dari stress.
  • Kurangi makanan yang mengandung garam.
  • Atasi alergi Anda. Jika Anda alergi dengan sabun atau produk kosmetik lainnya dan ini mempengaruhi kantung mata, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.
  • Menghapus make-up sebelum tidur.
  • Gunakan sunblock. Sinar matahari dapat membuat kulit Anda kendur. Sunblock akan sangat berpengaruh untuk menangkal sinar matahari dari kulit Anda. Selain itu, gunakan juga kacamata hitam setiap Anda beraktivitas di bawah panas terik.
  • Terapi atau perawatan. Ada terapi yang dapat dicoba seperti laser resurfacing, peeling, dan filler dengan bahan kimia. Terapi ini mampu mengubah permukaan kulit wajah Anda.
  • Operasi kelopak mata atau blepharoplasty. Operasi ini dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan kantung mata. Hasilnya memang lebih cepat dibanding pilihan yang ada di atas, namun harganya lebih mahal dan prosesnya invasif karena melibatkan operasi.

Itulah 16 penyebab kantung mata yang wajib kita hindari agar kantung mata tidak muncul pada wajah yang sangat mengganggu penampilan. Jika kantung mata dibiarkan maka kantung mata tersebut akan  berubah warna menjadi hitam atau mata panda. Semoga ulasan di atas memberikan sedikit manfaat bagi anda. semoga berhasil. Jangan lewatkan juga 28 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami yang Terbukti Ampuh

No Responses to “16 Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya yang Wajib Anda Ketahui”

Leave a Reply