Daftar Penyebab Jerawat Batu yang Harus Dihindari

Penyebab Jerawat Batu – Jerawat kerap muncul pada wajah yang kurang terjaga kebersihannya. Banyaknya minyak dan kotoran yang melekat pada wajah menyebabkan penyebab utama tumbuhnya jerawat. Selain kedua faktor utama tersebut masih banyak lagi penyebab munculnya jerawat.

Jerawat yang muncul pada wajah memiliki beberapa jenis salah satunya jerawat batu. Jerawat bisa dikatakan jerawat batu karena bentuknya yang lumayan besar seperti batu. Jerawat batu sangat mengganggu karena ukurannya yang sulit ditutupi dapat merusak penampilan. Belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Penyebab jerawat batu bisa sangat beragam baik yang berasal dari luar baik dari dalam. Jerawat batu biasanya kerap muncul pada masa remaja atau masa produktif dimana perubahan hormon masih kerap terjadi.

Munculnya jerawat batu memang membutuhkan perawatan ekstra untuk menghilangkannya. Belum lagi perawatan yang telaten harus dilakukan agar jerawat batu benar-benar hilang dari wajah.

Dari pada kita kesulitan menghilangkan jerawat batu dari wajah sebaiknya  kita menghindari hal-hal yang dapat memicu munculnya jerawat batu. Namun sebagian orang bertanya-tanya apa saja penyebab jerawat batu yang wajib kita hindari?

Penyebab jerawat batu

Penyebab jerawat batu

Namun saat ini anda tidak perlu khawatir lagi sebab Tipscantika akan memberikan beberapa informasi mengenai penyebab jerawat batu agar kita bisa menghindari tumbuhnya jerawat pada wajah kita.

Jangan lewatkan juga: 25 Tips dan Cara Mengatasi Jerawat Pasir Secara Alami

Penyebab jerawat batu

Jerawat batu menjadi salah satu masalah pada wajah yang membandel, kemunculannya sangat mengganggu terutama ketika pertumbuhannya sangat cepat dan banyak. Jerawat batu yang memenuhi wajah tentunya sangat merusak penampilan. Dan membuat rasa percaya diri semakin berkurang.

Simak juga: Jerawat di Punggung: Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegahnya

Kemunculan jerawat batu sebenarnya tanpa kita sadari berasal dari kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan. Berikut beberapa penyebab jerawat batu seperti berikut ini:

  • Penggunaan kosmetik yang berlebihan

Penggunaan kosmetik yang bertujuan untuk mempercantik penampilan jika dilakukan secara berlebihan justru akan menyebabkan munculnya jerawat yang akan membuat penampilan anda semakin memburuk. Apalagi jika kosmetik yang anda gunakan berasal dari bahan kimia berbahaya itu akan memperparah kondisi kulit wajah anda.

Sebenarnya penggunaan kosmetik tidaklah dilarang jika digunakan dalam porsi yang tepat dan bahan yang tepat. Pilihlah kosmetik berbahan dasar herbal yang tidak mengandung efek samping berbahaya bagi kulit dan kesehatan.

Jangan lewatkan seputar kosmetik: Cara Make up Natural yang Cantik dan Anggun

  • Sisa kosmetik

Selain harus menggunakan kosmetik sesuai porsinya, menjaga kulit agar tidak ditumbuhi jerawat juga harus dilakukan dengan cara jangan biarkan sisa kosmetik melekat pada kulit terutama di malam hari.

Bersihkan sisa kosmetik dengan benar menggunakan sabun khusus pembersih wajah atau menggunakan bahan alami yang dapat mengangkat sisa kotoran hingga ke pori-pori wajah seperti jeruk nipis atau lemon.

  • Kelebihan minyak pada wajah

Pertumbuhan jerawat batu akan semakin cepat jika anda memiliki jenis kulit yang berminyak. Minyak pada kulit wajah yang bercampur dengan debu dan kotoran akan membuat pori-pori tersumbat sehingga memicu pertumbuhan jerawat. Solusi untuk masalah kulit berminyak ini adalah dengan rajin membasuh wajah serta mencoba mengendalikan produksi minyak pada wajah menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis dan garam

  • Perubahan hormon

Penyebab jerawat batu juga bisa berasal dari dalam atau faktor internal yaitu terjadinya perubahan hormon. Perubahan hormon membuat kondisi tubuh dan kulit kurang stabil. Perubahan hormon terjadi pada masa pubertas, kehamilan, serta menoupose.

Itulah mengapa pada masa anak menginjak remaja wajahnya akan ditumbuhi banyak jerawat sebab perubhan hormon yang terjadi secara drastis membuat keseimbangan kulit kurang terjaga.

  • Pertumbuhan sel kulit ubnormal

Pertumbuhan sel kulit yang ubnormal bisa menjadi penyebab jerawat batu karena kulit yang tidak dapat meregenerasi dengan baik akan membuat sel kulit mati menutupi pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat. Belum lagi masalah bekas jerawat yang akan muncul akibat kulit tidak dapat meregenersi sel kulit yang baru akan semakin merusak penampilan dan sangat sulit dihilangkan. Artikel terkait: 21 Tips Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

  • Kelebihan sel kulit mati pada folikel rambut

Folikel rambut yang tertutup sel kulit mati bisa memicu tumbuhnya jerawat batu. Untuk itu perawatan wajah harus rutin dilakukan agar sel-sel kulit mati dapat terangkat dari wajah. Sebab sel kulit mati akan menimbulkan banyak masalah salah satunya jerawat dan wajah akan terlihat kusam.

  • Paparan sinar matahari

Sinar ultraviolet bukan hanya dapat menyebabkan penuaan dini dan kulit gelap tapi juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat batu. Terutama jika kulit anda tergolong sensitif maka terpapar sinar matahari akan membuat jerawat batu mudah tumbuh pada wajah. Untuk itu gunakan pelindung wajah atau pelindung kepala seperti payung atau topi ketika berada di luar ruangan dalam waktu yang relatif lama

  • Bakteri

Penyebab jerawat batu yang utama adalah bakteri. Bakteri yang bersarang pada wajah kemudian bercampur dengan kotoran dan minyak akan membuat jerawat batu tumbuh subur pada wajah. Gunakan sabun antibakterial atau antiseptik untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat yang bersarang pada wajah.

  • Memencet jerawat

Ketika jerawat muncul pada wajah biasanya tangan akan merasa gatal untuk memencetnya bukan? Sebaiknya hal itu saat ini anda hindari sebab memencet jerawat akan semakin memicu tumbuhnya jerawat batu. Apalagi jika tangan yang anda gunakan tidak steril atau mengandung bakteri maka bakteri tersebut akan melekat pada wajah dan membuat jerawat semakin banyak.

  • Debu

Debu yang banyak bertebaran di sekitar kita akan sangat mudah melekat pada wajah. Penumpukan debu tersebut akan membuat berbagai masalah kerap muncul pada wajah salah satunya jerawat batu.

Sebaiknya cuci wajah anda minimal 2 kali sehari agar debu dan kotoran yang melekat pada wajah dapat terangkat dengan benar.  Selain itu penggunaan penutup wajah seperti masker juga bisa digunakan untuk mencegah penumpukan debu pada wajah.

  • Jenis asap

Asap atau yang sering disebut polusi udara seperti asap rokok, asap kendaraan, serta asap pembakaran bisa menyebabkan munculnya jerawat batu, sebab asap tersebut merupakan racun yang akan merusak kesehatan dan kecantikan kulit terutama kulit wajah.

Sebaiknya anda menghindari paparan asap tersebut secara langsung agar terhindar dari masalah jerawat dan masalah kulit lainnya. Selain itu terpapar beberapa jenis asap tersebut juga dapat merusak kesehatan tubuh seperti dapat terserang sesak napas, asma, serta penyakit bronkitis lainnya.

  • Makanan

Makanan memang sangat dibutuhkan tubuh untuk bertahan hidup namun ketika makanan yang anda konsumsi mengandung banyak lemak dan toksin justru akan menimbulkan berbagai masalah baru salah satunya dapat menjadi penyebab jerawat batu.

Makanan yang mengandung banyak lemak jahat akan sangat sulit dicerna dan dibuang dengan begitu akan menumpuk di dalam tubuh dan menghasilkan toksin yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Selain makanan yang mengandung lemak jahat, makanan pedas juga dapat meningkatkan resiko tumbuhnya jerawat. Untuk itu mengkonsumsi menu diet sehat sebenarnya sangat ampuh mencegah pertumbuhan jerawat batu pada wajah

  • Kurang minum air putih

Air putih yang berfungsi memenuhi kebutuhan cairan tubuh ini memiliki peranan yang sangat penting salah satunya dapat memperlancar proses regenerasi sel kulit dan membuang racun atau toksin yang melekat pada kulit wajah.

Setiap hari dianjurkan mengkonsumsi 8 sampai 10 gelas air putih untuk mencegah munculnya jerawat batu dan mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh.

  • Kurang istirahat

Tubuh membutuhkan 7 sampai 8 jam istirahat dalam sehari. Hal itu bertujuan untuk mengistirahatkan seluruh organ agar bisa bekerja secara maksimal kembali. Istirahat yang cukup bukan hanya baik bagi tubuh namun juga baik bagi kulit. Salah satu manfaat istirahat yang cukup bagi kulit adalah dapat mencegah munculnya jerawat batu. Dengan begitu kurang istirahat akan menjadi salah satu penyebab jerawat batu.

Cara Mencegah Jerawat Batu

Jerawat batu yang kerap tumbuh pada wajah sebenarnya dapat dicegah dengan melakukan berbagai cara yang dapat kita lakukan sehari-hari seperti:

  • Bersihkan wajah secara teratur minimal 2 kali sehari
  • Gunakan kosmetik dengan bahan alami serta pastikan cocok dengan jenis kulit anda
  • Penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral 8 sampai 10 gelas perhari
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
  • Hindari makanan yang mengandung lemak trans serta makanan pedas
  • Bersihkan wajah menjelang tidur
  • Istirahat teratur
  • Gunakan sabun antibakterial dan antiseptik dengan bahan dasar herbal

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Jika jerawat batu tidak dapat dikontrol pertumbuhannya meski anda telah melakukan berbagai pencegahan dengan menjauhi penyebab jerawat batu anda bisa melakukan perawatan dengan bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat batu seperti berikut ini:

  • Jeruk nipis

Kandungan zat asam pada jeruk nipis dapat membantu mengangkat minyak berlebih dan kotoran yang melekat pada wajah sehingga akan sangat ampuh menghilangkan dan mencegah pertumbuhan jerawat.

Selain itu kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Oleskan jeruk nipis pada wajah kemudian biarkan selama 30 menit. Terakhir basuh wajah hingga bersih.

Baca juga: 10 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Mengatasi Masalah Wajah Secara Alami

  • Belimbing wuluh

Belimbing wuluh juga bisa menjadi bahan dasar untuk membersihkan wajah secara alami dari sisa kosmetik, minyak, serta debu yang melekat pada wajah. Dengan begitu selain dapat menghilangkan jerawat dengan mudah, kulit wajah anda juga akan terlihat lebih segar dan cerah.

Parut belimbing wuluh secukupnya kemudian tambahkan sedikit garam. Aduk kedua bahan agar tercampur rata. Setelah itu ratakan belimbing wuluh pada wajah yang ditumbuhi banyak jerawat. Biarkan selama beberapa saat lalu cuci wajah hingga bersih

  • Mentimun

Iris tipis mentimun segar. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu, kemudian tempelkan irisan mentimun tersebut pada wajah hingga rata. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan wajah dan cuci bersih.

Cara ini akan membantu anda terbebas dari masalah jerawat serta membuat wajah anda terlihat lebih segar dan cerah.

Cek juga: 11 Manfaat Masker Mentimun untuk Perawatan Kecantikan Kulit Wajah

  • Kentang

Kentang memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi selain itu kentang juga bersifat anti peradangan. Dengan begitu kentang sangat cocok digunakan untuk merawat dan menghilangkan jerawat. Selain itu kentang juga membantu menghilangkan peradangan yang disebabkan jerawat batu.

Ambil 1 buah kentang kemudian cuci bersih. Parut kentang lalu oleskan pada wajah. Setelah rata biarkan kentang tersebut kering dengan sendirinya. Setelah kering cuci wajah hingga bersih.

Jangan lewatkan juga: http://tipscantika.com/cara-membuat-masker-kentang-untuk-merawat-kulit-wajah/10 Cara Membuat Masker Kentang Untuk Merawat Kulit Wajah Bersih dan Cantik Alami

Demikianlah beberapa penyebab jerawat batu yang wajib kita hindari agar jerawat tersebut tidak tumbuh pada wajah. Semoga tulisan tersebut dapat menambah informasi yang anda butuhkan. Semoga bermanfaat. Simak juga: 17 Tips Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

Leave a Reply