Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

Cara Mengatasi Bibir Hitam – Bibir kita adalah sebuah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada setiap manusia dan  yang ada di dunia ini. Bibir memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai alat komunikasi terhadap manusia lainnya.

Namun banyak yang mengalami kerusakan struktur pada bibir karena tidak bisa menjaga kesehatan bibir. Oleh karena itu kami akan memberitahu Anda semua tentang bibir dan manfaatnya, penyebab bibir hitam, dan berbagai cara mengatasi bibir hitam bagi pria dan wanita.

Cara Mengatasi Bibir Hitam via Maklonkosmetikacom

Cara Mengatasi Bibir Hitam via Maklonkosmetika.com

Bibir dan Fungsinya

Sebutan bibir adalah untuk bagian dari organ tubuh kita yang terletak di wajah. Letak bibir adalah di bawah hidung dan di atas dagu. Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara bibir dengan mulut. Bibir adalah sebutan untuk bagian luar dari mulut yang bisa dilihat oleh orang lain. Sedangkan mulut adalah bagian yang terletak di sebelah dalam dari bibir.

Mulut berisikan organ-organ yang berfungsi sebagai alat komunikasi maupun alat untuk menampung dan menghancurkan makanan. Isi dari mulut tak lain adalah gigi, lidah, air liur, dan lain sebagainya. sedangkan fungsi bibir adalah untuk alat komunikasi bersama dengan anggota mulut lainnya. Bibir juga berfungsi untuk melakukan fungsi seksual seperti berciuman.

Definisi Bibir Indah Menurut Penelitian

Bibir yang indah merupakan idaman semua orang. Hal ini dikarenakan ketika berkomunikasi dengan orang lain, bibir kita akan menjadi pusat perhatian secara disengaja ataupun tidak. Memiliki bibir yang indah akan berdampak pada psikologis juga. Bibir yang indah bisa membawa pemiliknya untuk merasa sangat percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Berikut ini adalah pendapat kebanyakan orang tentang definisi bibir yang indah. Journal Cranio-Maxillofacial Surgery, sebuah lembaga survei telah melakukan penelitian terhadap 1000 orang di 35 negara. Hasilnya, kunci agar bibir dianggap indah adalah pada kesimetrisan bentuknya.

Responden yang mereka teliti sebanyak 60% beranggapan bahwa bibir indah adalah bibir yang memiliki rasio 1:1 antara bibir atas dengan bibir bawah. Situs independent.co.uk juga menyebutkan bahwa bentuk bibir yang paling diminati adalah bentuk bibir yang mirip dengan artis Kylie Jenner.

Memang tren kecantikan akan berubah seiring waktu. Munculnya Hallyu Wave yang membawa budaya Korea ke Indonesia juga lambat laun membuat Korea sebagai kiblat kecantikan di negara kita. Banyak orang yang melakukan perawatan demi mendapatkan wajah yang sempurna seperti artis Korea.

Sedangkan menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Kepala Harley Street Facial Cosmetics di London, Dr. Julian de Silva, menyatakan bahwa bibir yang indah adalah bibir yang seperti milik penyanyi asal Amerika Taylor Swift.

Posisi bibir tertentu bisa menarik perhatian orang banyak. Seperti contoh posisi bibir cemberut milik Taylor Swift, adalah posisi bibir yang dianggap seksi dan terlihat sangat sensual. Selain itu menurut Julian de Silba, bibir dengan bentuk busur panah juga menjadi minat bagi kebanyakan orang.

Hal ini dikarenakan bentuk bibir busur panah meninggalkan kesan tegas bagi para pemiliknya. Bentuk bibir lain juga yang tak kalah banyak peminatnya adalah bibir yang memiliki bentuk tipis pada bibir atas dan tebal di bagian bibir bawah. Kombinasi tebal-tipis ini bisa membuat orang yang melihatnya gemas karena bentuknya yang indah. Artis yang memiliki bentuk bibir seperti ini adalah Julia Robert.

Julian de Silva mengatakan, bibir seseorang akan mulai berubah ukurannya sekitar umur 28 tahun. Produksi haliuronat dan asam kolagen yang menurun dapat menyebabkan bibir sedikit menyusut. Untuk menjaga bentuk bibir, orang-orang banyak yang rela mengeluarkan banyak uang seerta menjalani prosedur yang sangat menyakitkan.

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa mengurangi ketebalan maupun ukuran bibir kita. Gaya hidup yang tidak sehat, kebiasaan merokok, gemar minum minuman keras, serta penggunaan lip plumper atau pengisi bibir agar terlihat tebal dan seksi yang terlalu sering bisa mengakibatkan bibir perlahan-lahan mengalami kerusakan. Perubahan pada bentuk bibir pun tidak jarang terjadi dikarenakan oleh hal-hal tersebut.

Penyuntikan bibir menggunakan filler dan juga lip plumper akan menimbulkan efek samping pada bibir. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan produk-produk untuk permak bibir, maka sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan konsultasi kepada dokter kecantikan yang terpercaya.

Sebenarnya ada banyak bentuk kerusakan pada bibir yang kehadirannya sangat dihindari oleh semua manusia. Tidak hanya masalah ukuran bibir yang menyusut, namun masih ada banyak lagi kerusakan bibir yang perlu Anda ketahui.

Berbagai Macam Kerusakan pada Bibir

Kesehatan bibir harus selalu kita jaga demi penampilan kita dan untuk menjaga fungsi bibir itu sendiri. Banyak jenis-jenis kerusakan bibir yang dikarenakan pemiliknya tidak rajin melakukan perawatan untuk bibirnya. Dan akhirnya tanpa disadari bibir mulai mengalami kerusakan.

Berikut ini adalah beberapa jenis kerusakan bibir dan penyebabnya :

1. Bibir pecah-pecah

Musim dan cuaca yang dingin bisa menyebabkan kulit kekurangan cairan atau yang sering disebut dengan dehidrasi. Dehidrasi memicu kekeringan pada bibir. Namun bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh alergi. Bisa juga dikarenakan oleh pengaruh lipstik yang tidak cocok untuk kulit Anda.

Jika memang penyebab bibir Anda mengalami pecah-pecah adalah disebabkan oleh alergi, segera kunjungi dokter karena bisa berbahaya bagi kesehatan jika tidak kunjung ditangani.

2. Bibir terasa kering atau bersisik

Kondisi bibir yang kering juga dipicu oleh kekurangan cairan pada tubuh Anda. Bentuk bibir kering dan bersisik memang sekilas hampir sama dengan bibir pecah-pecah. Namun bedanya bibir kering dan bersisik jarang menimbulkan rasa sakit.

Jika pada bibir pecah-pecah terdapat retakan pada bibir yang bersifat membelah daging bibir, beda halnya dengan bibir kering dan bersisik. Bibir kering dan bersisik hanya akan menampakkan tekstur bibir yang tidak rata dan ada banyak sel kulit mati pada bibir yang hampir terkelupas.

3. Bibir terasa perih seperti terbakar

Umumnya rasa perih pada bibir bisa diakibatkan sebagai efek samping bibir kering dan pecah-pecah. namun ada juga yang mengalami sensasi bibir terbakar dikarenakan kerusakan saraf yang menjalar ke bibir. bisa juga sebagai efek samping setelah bibir terbentur sesuatu.

Ketika Anda merasa bibir Anda terbakar, usahakan untuk tidak menyentuh bibir sama sekali. Karena ketika tangan kita yang tidak steril menyentuh luka yang ada di bagian manapun pada tubuh Anda akan menyebabkan infeksi dan memperparah rasa sakit tersebut.

4. Virus herpes pada bibir

Virus herpes ditularkan melalui air liur. Hal ini bisa terjadi ketika Anda melakukan kontak bibir dengan orang lain, atau Anda menggunakan alat perias bibir yang sama dengan orang lain. Sangat dianjurkan untuk menghindari kebiasaan ini, karena hal ini bisa membuat kita terinfeksi oleh virus dari tubuh orang lain.

5. Bibir berubah warna menjadi kehitaman

Warna bibir yang berubah adalah efek samping dari hiperpegmentasi. Perlu kita tahu, hiperpegmentasi adalah kondisi kulit yang mengandung banyak melanin sehingga mempengaruhi warna kulit. Hiperpegmentasi bisa terjadi di mana saja, termasuk di wajah, leher, ataupun bibir.

Kondisi hiperpegmentasi ini seringkali dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya kebiasaan merokok, minum-minuman keras, dan lain sebagainya. Berikut ini akan kami bahas beberapa faktor penyebab bibir hitam dan cara mengatasi bibir hitam secara alami.

Simak juga yuk: 21 Cara Menipiskan Bibir Tebal

Faktor Penyebab Bibir Hitam

Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab bibir hitam :

1. Bibir kering dan pecah-pecah

Retak yang terjadi akibat kekeringan yang terjadi pada bibir bisa menimbulkan luka dan terasa sangat perih. Apalagi kondisi bibir yang selalu mengalami kontak dengan air liur, menyebabkan luka tersebut menjadi perih.

Setelah luka mengering, pada bibir akan terdapat beberapa bekas luka yang bisa mengakibatkan kulit bibir mengalami rona kehitaman. Sangat disarankan untuk tidak dengan sengaja mengelupas bekas luka pada bibir karena akan meninggalkan bekas pada bibir dan hal ini akan sulit dihilangkan.

Cek selengkapnya: 34 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

2. Kebiasaan merokok

Tak hanya pria, sebagian kecil wanita juga gemar merokok. Padahal hal ini sangat buruk bagi penampilan terutama pada wanita. Bibir perokok berwarna gelap karena ketika merokok bibir mengalami penggelapan kulit.

Rokok bisa mengakibatkan pembentukan melanin pada jaringan kulit bibir. tumpukan melanin inilah yang selanjutnya menjadi penyebab bibir berwarna ungu kehitaman.

3. Minuman keras

Konsumsi minuman keras yang berlebihan bisa mengakibatkan tubuh kekurangan cairan dan bibir menjadi pecah-pecah dan menghitam.

4. Hiperpegmentasi oleh sinar UV

Sinar matahari mengandung ultra violet (UV) yang bisa membahayakan kulit. Tipisnya lapisan atmosfer menyebabkan sinar matahari dapat terjun bebas langsung ke permukaan bumi. Sudah banyak sekali korban dari sinar radiasi.

Tidak jarang orang mengalami kanker kulit karena terlalu sering memanaskan kulitnya di bawah sinar matahari secara langsung. Sama dengan kulit bibir. Dianjurkan untuk memakai pelindung bibir dari sinar UV saat berpergian ke tempat-tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

5. Minum minuman yang mengandung kafein

Minuman berkafein seperti teh dan kopi sebenarnya bisa mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. Zat diuretik yang terkandung di dalam minuman berkafein bisa menyebabkan seseorang mudah buang air kecil.

Karena terlalu sering mengeluarkan air kencing dari tubuh maka kemungkinan besar tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

6. Menggunakan kosmetik yang tidak cocok

Banyak wanita yang sering berganti-ganti kosmetik untuk mencari kosmetik apa yang paling ocock untuk kulitnya. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok atau bahkan kosmetik yang sudah lewat tanggal kadaluarsa bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit. Hal ini bisa membuat kulit bibir lebih cepat menggelap.

7. Gejala keracunan

Hal yang paling parah, penyebab bibir hitam adalah keracunan. Jika tubuh Anda keracunan bahan-bahan yang berbahaya hingga bersifat korosif dan mematikan, hal ini akan langsung tampak dari warna bibir Anda.

Beberapa penyebab bibir hitam selain keracunan akan mengubah warna bibir secara perlahan-lahan, namun beda halnya dengan keracunan. Perubahan warna bibir akan terjadi hanya dalam hitungan jam atau bahkan menit.

Oleh karena itu jika secara tiba-tiba bibir Anda mengalami perubahan warna secara mendadak, langsung pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

Setelah mengetahui berbagai jenis kerusakan bibir serta penyebab bibir hitam, berikut ini akan kami bahas tentang bagaimana cara mengatasi bibir hitam secara alami:

1. Mengoleskan madu

Cara mengatasi bibir hitam menggunakan madu merupakan cara alami yang lumayan ampuh untuk mengembalikan lagi warna bibir. Madu memang mengandung segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk mencerahkan kembali warna bibir kita.

Kita cukup mengoleskan madu pada bibir, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Simak selengkapnya: Apa Saja Khasiat Madu untuk Bibir Cantik dan Seksi?

2. Mengoleskan masker gula pada bibir

Gula memiliki tekstur kasar yang bisa secara perlahan mengangkat sel kulit mati pada bibir. Gula termasuk cara mengatasi bibir hitam secara  alami yang bisa mencerahkan kembali warna bibir. selain berfungsi untuk mencerahkan kembali warna kulit bibir, gula juga berfungsi untuk melembabkan kembali kulit bibir.

Sehingga apabila Anda melakukan terapi masker gula pada bibir Anda, bibir akan kembali menjadi indah. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu:

  • Campurkan 3 sendok gula dengan 2 sendok mentega
  • Lalu aduk hingga setengah halus.
  • Usahakan butiran gula masih sedikit utuh.
  • Lalu gosok-gosokkan pada bibir.
  • Jika dirasa cukup, bilas dengan air hangat.

3. Mengoleskan lemon pada bibir

Anda semua mungkin sudah tahu bahwa kandungan perasan lemon atau jeruk nipis. Dalam buah lemon atau jeruk nipis, ada banyak sekali kandungan vitamin C yang bisa membantu mencerahkan wana kulit.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, yaitu:

  • Belah buah lemon atau jeruk nipis, lalu peras.
  • Pisahkan perasan lemon atau jeruk nipis dengan bijinya, lalu oleskan air perasannya ke bibir Anda.
  • Air perasan lemon atau jeruk nipis ini juga bisa digunakan sebagai campuran ketika mengaplikasikan dua jenis masker bibir yang sebelumnya.
  • Lalu biarkan mengering, dan bilas dengan air hangat.
  • Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengoleskan masker kunyit pada bibir

Cara mengatasi bibir hitam dengan masker bibir yang terbuat dari kunyit mungkin belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat. Kebanyakan mengira bahwa kunyit hanya bisa dijadikan sebagai bahan makanan atau bumbu masakan. Tetapi ternyata kunyit juga bisa mencerahkan warna bibir.

Cara mengaplikasikannya pun tidak terlalu sulit. Berikut ini panduannya:

  • Kupas kulit yang membungkus badan kunyit.
  • Lalu tumbuk atau haluskan blender kunyit hingga membentuk tekstur yang halus.
  • Lalu campurkan dengan sedikit susu untuk menambah khasiatnya.
  • Usahakan susu yang digunakan adalah susu murni.
  • Lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan bibir disertai dengan gerakan memijat agar masker terserap secara sempurna oleh kulit bibir.
  • Setelah dirasa cukup, bilas dengan air hangat.

5. Mengoleskan ekstrak air mawar

Tidak hanya berasal dari buah-buahan dan madu saja, ternyata masker bibir bisa menggunakan bahan dasar bunga mawar. Bunga mawar memang sudah mulai dikenal sebagai bunga untuk terapi kecantikan.

Kandungan zat-zat tertentu yang ada di dalam kelopak bunga mawar bisa membantu mencerahkan dan menutrisi kulit kita. Cara mengaplikasikan ekstrak air mawar ini adalah sebagai berikut :

  • rendam kelopak bunga mawar merah di dalam air susu.
  • Usahakan susu yang digunakan adalah susu murni.
  • Lalu teteskan sedikit madu.
  • Oleskan cairan mawar ini pada bibir dan tunggu hingga mengering.
  • Lalu bilas dengan air hangat.

****

Berbagai cara diatas merupakan cara mengatasi bibir hitam secara alami. Walaupun sekarang sudah ada banyak produk kecantikan yang diklaim mampu membantu mencerahkan warna kulit secara instan, akan lebih baik jika kita mengutamakan menggunakan produk-produk asli dari alam.

Karena sejak awal alam sudah menyediakan semuanya untuk kita, sehingga akan lebih baik bagi kita juga untuk menyerahkan solusi kecantikan kepada alam.

Artikel terkait: Masker Bibir Alami yang Ada di Sekitar Kita!

Leave a Reply