Penyebab & Daftar Makanan untuk Mengecilkan Perut Buncit!

Makanan untuk Mengecilkan Perut – Perut yang rata dan kurus menjadi idaman semua orang baik itu perempuan atau laki-laki. Semua orang mendambakan bentuk badan yang ideal. Mulai dari wajah yang kecil, perut yang rata dan kurus, kaki jenjang dan proporsional, dan juga badan yang bebas dari lemak.

Namun pola hidup yang tidak sehat tidak akan memunculkan bentuk badan ideal seperti yang diinginkan oleh banyak orang. Lalu bagaimanakah bentuk badan yang ideal? Dan bagaimana konsumsi makanan untuk mengecilkan perut? Simak uraiannya di bawah ini.

Makanan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Makanan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Bagaimanakah Bentuk Badan Ideal Itu?

Jika membahas tentang bentuk badan, hal ini termasuk hal yang sensitif, karena bentuk badan merupakan apa yang orang lain lihat pertama kali dari kita ketika berjumpa.

Tidak bisa dipungkiri, banyak pembullyan dan pelecehan secara verbal terjadi akibat bentuk badan yang dinilai kurang sempurna. Walaupun hanya mendapat komentar dari kata-kata, seseorang bisa langsung sakit hati dan putus asa begitu badannya dinilai tidak ideal oleh orang lain.

Tak pelak lagi, bahkan ada yang rela mengeluarkan kocek tidak sedikit hanya untuk mengusir lemak-lemak yang ada di tubuhnya. Bahkan ada yang tidak hanya sekedar mengusir lemak, namun juga memberanikan diri melakukan operasi untuk merubah bentuk badannya di area tertentu.

Semisal, seseorang merasa tidak senang dengan bentuk pinggulnya, maka ia akan melakukan operasi plastik untuk merubah bentuk pinggulnya. Memang terdengar aneh, namun hal ini adalah hal yang lumrah di abad ke-21 ini.

Standar kecantikan yang dianut oleh tiap negara memang berbeda-beda. Ada yang memandang sesuatu dengan pandangan yang positif, namun di sisi lain warga dari negara lain menganggap itu hal yang aneh. Lalu bagaimanakah bentuk badan ideal menurut pandangan masyarakat di berbagai negara di dunia?

1. Amerika Serikat

Menurut orang-orang di Amerika Serikat, bentuk badan yang hampir sempurna adalah bentuk badan mirip Kim Kardashian. Orang-orang Amerika Serikat menyukai bentuk tubuh yang curvy, seksi, namun ramping dan indah dipandang. Mereka juga menyukai bentuk tubuh semampai namun berisi sehingga elok dipandang.

Mereka juga menyukai bentuk badan yang tidak akan terlihat terlalu cungkring dan terlihat montok berisi apabila memakai bikini. Sedangkan kebanyakan laki-laki di Amerika Serikat memiliki tubuh yang tinggi besar.

Mereka juga menyukai image dewasa karena hal itu dipandang sebagai hal yang keren disana. Kebanyakan laki-laki disana juga rajin membentuk badannya sehingga memiliki bentuk tubuh yang berotot.

2. Cina

Kebanyakan orang Asia Timur seperti Jepang, Korea dan Cina memandang bentuk badan ideal adalah bentuk badan yang ramping, kurus, dan tidak memiliki lemak pada badan.

Mereka juga menyukai tipe kulit putih pucat karena itu melambangkan status sosial yang tinggi.  Bahkan mereka akan mengorbankan waktu dan tenaga untuk membakar semua lemak dan tidak jarang ada yang melakukan operasi sedot lemak dan melakukan suntik botoks dan sebagainya demi tampilan bentuk badan ideal.

Mereka juga seringkali menganggap operasi plastik adalah hal yang lumrah untuk merubah bentuk badan sesuai yang mereka inginkan.

Sedangkan tipe bentuk badan pria di kawasan Asia Timur kebanyakan memiliki postur tubuh yang tinggi dengan tinggi rata-rata sekitar 170-180 cm, dengan proporsi lebar tubuh yang sepadan dengan tinggi tubuh, namun tak terlalu kekar. Memang ada beberapa orang yang dengan sengaja membuat tubuh mereka tampak kekar, namun kebanyakan orang di sana lebih menyukai perawakan tinggi namun dengan bentuk badan tidak terlalu kekar.

3. Filipina

Jika kebanyakan wanita Amerika Serikat menginginkan bentuk tubuh berisi dengan pinggul yang juga lebar menyesuaikan lebar bahu, maka lain halnya dengan wanita Filipina. Mereka menyukai bentuk dada yang berisi namun menginginkan bentuk pinggul yang ramping seperti kebanyakan orang Cina dan Korea.

Jika menilik dari keinginan mereka, memang tergolong susah untuk memiliki keduanya dalam waktu yang bersamaan. Kebanyakan perkembangan ukuran dada dengan ukuran punggung berjalan beriringan. Namun bukan hal yang mustahil jika menginginkan bentuk tubuh yang berisi namun tetap terlihat kurus, yaitu dengan melakukan terapi di bagian tertentu atau bahkan melakukan operasi.

4. Mauritania

Jika di ketiga negara di atas para wanitanya menginginkan bentuk tubuh sempurna seperti boneka Barbie, lain halnya dengan di negara Mauritania. Di negara ini, siapa yang memiliki bentuk badan dengan berat berlebih adalah yang dianggap lebih cantik. Memang terdengar sangat aneh, namun inilah kenyataannya.

Seorang anak kecil berjenis kelamin perempuan yang terlahir di Mauritania, pastilah akan dipaksa mengkonsumsi berbagai jenis kalori. Sehingga ketika ia beranjak dewasa dan mengalami masa pubertas, berat badannya akan bertambah dengan pesat.

Hal ini disebabkan mereka menganggap jika wanita memiliki berat badan yang over, artinya wanita itu telah dewasa, matang, serta siap membina rumah tangga.

Setiap negara memang memiliki batasan atau standar kecantikan tersendiri. Mereka bisa memiliki obsesi yang sama dalam satu negara dikarenakan doktrin yang secara langsung disebarkan melalui sosial media atau media lain. Bisa juga tradisi yang menyebabkan standar kecantikan atau standar tentang bentuk badan ideal mereka berbeda dengan negara lain, atau bahkan cenderung aneh.

Namun sebagai sesama, kita harus menghargai keberagaman yang muncul di muka bumi ini. Contoh di atas merupakan sekelumit dari banyaknya kisah yang ada di dunia ini. Masing-masing negara akan memiliki pandangan yang berbeda-beda akan sesuatu. Dan kita tidak bisa memukul rata perbedaan itu. Kita harus menerima dan menerapkan toleransi.

Memang sebagian besar orang di dunia ini mendambakan bentuk badan yang ideal. Badan kurus, perut rata, dan kaki jenjang. Namun belakangan ini gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan impian itu hanya akan menjadi impian.

Banyak faktor yang bisa menjadikan perut kita menjadi buncit dan susah mendapat predikat “ideal”. Lalu bagaimanakah cara mengantisipasinya? Oleh karena itu, kita perlu mengetahui beberapa hal yang bisa membuat perut menjadi buncit.

Penyebab Perut Buncit

Banyak orang yang hidup seakan hidup ini boleh dinikmati dengan makan minum sembarangan dan melakukan pola hidup yang tidak sehat. Padahal itu adalah anggapan yang sangat keliru. Justru agar kita bisa terus menikmati hidup dengan umur yang panjang dan tidak sakit-sakitan, kita harus terus menjaga pola makan.

Pola makan yang buruk bisa membuat kita memiliki perut kita buncit, usus kita kotor, dan akhirnya tubuh dengan mudahnya terserang penyakit. Berikut ini adalah penyebab perut buncit yang sering diabaikan orang :

1. Konsumsi Minyak Berlebih

Minyak masuk ke tubuh bisa melalui makanan. Bagi Anda yang gemar makan makanan yang mengandung minyak, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan itu demi bentuk perut yang ideal. Minyak goreng mengandung lemak yang cukup tinggi. Apalagi lemak yang terkandung dalam gorengan.

Orang Indonesia terkenal suka sekali memakan gorengan. Namun sudah menjadi rahasia umum apabila gorengan mengandung minyak yang cukup banyak dan bisa menyebabkan timbunan lemak di perut. Alhasil, perut menjadi buncit dan seringkali bisa menimbulkan kembung serta rasa tidak nyaman di perut.

2. Konsumsi Gula Berlebih

Rasa manis memang disukai oleh semua orang. Sekarang ini ada banyak sekali jenis makanan dan minuman yang dicampur gula untuk menghasilkan rasa manis. Saking manisnya, sampai-sampai jika kita memakan sesuatu yang memiliki kadar gula rendah maka makanan itu akan terasa hambar, walau sebenarnya manis.

Rasa manis memang bisa menjadi candu. Namun, akibat yang disebabkan gula tak sebanding dengan nikmat sekejap yang bisa kita rasakan. Efek samping yang ditimbulkan gula memang sangat berbahaya. Penyakit diabetes dan berat badan berlebih adalah beberapa contoh dari dampak gula terhadap kesehatan.

Gula juga mampu membuat orang merasa kantuk berlebihan. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki bentuk perut yang tidak buncit, kurangilah konsumsi gula dalam tubuh Anda.

3. Konsumsi Garam Berlebih

Baik gula dan garam sama-sama menimbulkan hal negatif apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar. Banyak orang yang suka dengan makanan yang sangat manis, namun jarang sekali orang menyukai makanan yang sangat asin. Walau begitu, bukan berarti garam tidak menimbulkan efek lain.

Konsumsi garam dalam jumlah kecil namun dalam frekuensi terlalu sering juga bisa menimbulkan perut Anda menjadi buncit. Garam mengandung zat natrium yang merupakan zat yang sangat disenangi oleh air.

Natrium menyebabkan tubuh Anda melakukan retensi cairan dalam jumlah yang besar dan bisa menyebabkan tubuh kita terasa berat. Efek lain dari mengonsumsi garam secara berlebihan adalah tubuh terasa lemas dan lesu serta berat untuk melakukan kegiatan karena berat badan bertambah.

4. Konsumsi Karbohidrat Berlebihan

Akhir-akhir ini sedang marak sebuah meme yang menyindir kebiasaan orang Indonesia yang gemar memakan mie instan bersamaan dengan nasi putih. Hal ini memang benar adanya. Orang Indonesia memiliki keunikan tersendiri, yaitu tidak akan merasa kenyang jika tidak mengkonsumsi nasi putih.

Padahal mie instan mengandung bahan kimia dan karbohidrat yang cukup tinggi. Apabila mie instan dikonsumsi bersamaan dengan nasi putih, nilai karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita akan berlipat ganda.

5. Mengonsumsi Keju Secara Berlebihan

Budaya makan makanan yang sering dikonsumsi oleh orang barat telah merambah ke negara lain termasuk Indonesia. Keju adalah produk olahan susu yang difermentasi. Rasa keju yang nikmat membuat penggemarnya mampu memakan keju dalam porsi yang tidak wajar.

Kandugan lemak dalam keju cukup tinggi dan bersaing dengan kandungan lemak yang ada dalam minyak goreng. Hal ini disebabkan keju mengandung ragi dan sebagian besar komposisinya adalah susu. Keju bisa menyebabkan perut menjadi buncit, apalagi jika konsumsi keju dicampur dengan makanan lain yang mengandung gula.

6. Konsumsi Daging Berlemak Secara Berlebihan

Daging memang bermanfaat bagi tubuh kita. Namun tidak ada dokter atau ahli kesehatan yang mengatakan bahwa konsumsi daging secara berlebihan mampu membuat tubuh kita sehat.

Justru sebaliknya, konsumsi daging khususnya bagian daging yang mengandung lemak berlebih akan mengakibatkan tubuh mengalami tumpukan kolesterol. Daging juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi ketika dikonsumsi dalam waktu dekat serta jumlah yang tidak wajar.

Setelah mengetahui penyebab perut buncit, maka kita harus menghindari hal-hal yang telah disebutkan di atas. Memang bentuk badan ideal tidak selamanya melambangkan tubuh yang sehat. Namun bentuk badan yang ideal sudah jelas melambangkan ketidakbecusan kita dalam mengurus tubuh.

Perut buncit memang menjadi mimpi buruk bagi wanita maupun pria yang mendambakan perut yang kurus dan rata. Apalagi untuk seorang tokoh penting dalam masyarakat atau seorang publik figur, penampilan adalah hal yang harus diperhatikan. Untuk itu, kita perlu mengetahui berbagai jenis makanan untuk mengecilkan perut.

Berbagai Makanan Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Untuk memperoleh bentuk badan yang ideal, kita perlu mengonsumsi makanan yang tidak menimbulkan lipatan perut sekaligus makanan untuk mengecilkan perut. Dengan begitu, pola makan kita akan menjadi lebih efektif.

Banyak berbagai macam makanan yang tidak menimbulkan perut buncit, namun ada beberapa makanan yang fungsinya adalah sekaligus sebagai peluruh lemak yang ada di perut kita. Berikut ini adalah macam-macam makanan untuk mengecilkan perut :

1. Sayuran Hijau

Sayuran telah menjadi solusi kesehatan sejak jaman dahulu. Sayuran mengandung berbagai vitamin dan zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh. Hampir semua jenis vitamin seperti vitamin A, B, C, dan E dikandung oleh sayur-sayuran.

Sayuran juga bisa membuat pencernaan kita lancar. Kita akan terhindar dari sembelit dan usus kita akan bersih dari racun jika kita rajin mengkonsumsi sayuran secara rutin.

Namun sayuran jaman sekarang banyak yang disemprot menggunakan pestisida. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik kebersihan sayuran yang akan dikonsumsi. Atau lebih baik kita mengonsumsi sayuran organik daripada sayuran biasa. Kita juga bisa menanam sayuran sendiri yang nantinya hasilnya akan kita petik dan kita konsumsi secara pribadi.

2. Buah-buahan

Jika kita ingin mengkonsumsi sesuatu yang manis namun tidak membahayakan kesehatan tubuh, makanlah buah-buahan. Selain mengandung rasa yang manis alami, buah-buahan mengundang segudang manfaat bagi tubuh. Buah mengandung kandungan air yang cukup tinggi dan dapat menghidrasi kulit.

Mengonsumsi buah secara rutin di pagi hari mampu membuat kita merasa tahan lapar dan akhirnya memutuskan untuk menunda sarapan. Cobalah konsumsi sebutir apel dan satu buah pisang pada pagi hari. Maka Anda akan merasa kenyang dan buah tersebut menjadi pengganjal perut sebelum Anda mengonsumsi sarapan Anda yang sebenarnya.

3. Jeruk Nipis

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis tergolong sangat tinggi dibanding buah-buahan lainnya. Hal ini tercermin dari rasanya yang sangat kecut dan masam. Namun siapa sangka, dibalik rasanya jeruk nipis mengandung sejuta manfaat bagi tubuh.

Cobalah untuk rutin mengkonsumsi air jeruk nipis hangat pada pagi hari setelah tidur. Setelah mengkonsumsi air jeruk nipis hangat, usahakan tidak makan makanan selain buah-buahan hingga pukul 12 siang. Hal ini disebabkan kinerja sistem pencernaan memasuki fase santai sehingga belum bisa dimasuki makanan yang bersifat berat.

4. Biji-bijian

Karbohidrat tidak selalu berasal dari nasi. Kita bisa juga mendapat pasokan karbohidrat dari biji-bijian. Mengganti bahan pokok nasi menjadi biji-bijian bisa membuat kita kenyang tanpa harus mengkonsumsi makanan yang bersifat berat. Biji-bijian juga bagus dikonsumsi apabila Anda ingin menambah massa otot.

Beberapa hal diatas adalah hal yang berkaitan dengan makanan untuk mengecilkan perut. Kita harus membudayakan makan makanan yang sehat dan bergizi karena hal itu akan mempengaruhi kesehatan kita dalam jangka panjang.

Sebagai “hadiah” kita pun juga akan memiliki bentuk tubuh yang ideal jika menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi. Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang disarankan untuk mengecilkan perut secara rutin dan buktikan hasilnya.

****

Demikianlah ulasan mengenai penyebab perut buncit serta daftar makanan untuk mengecilkan perut yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait: Cara Menghilangkan Lemak Di Paha

Leave a Reply