Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Kering

Cara Mengatasi Rambut Kering – Rambut memang tidak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat bagus untuk menunjang penampilan. Maka dari itu, orang-orang berbondong-bondong merawat dan menjaga kesehatan rambut agar senantiasa indah plus mudah diatur.

Sayangnya, ekspektasi tak selalu senada dengan realita. Ada beberapa orang yang memiliki bawaan rambut yang mudah rusak sehingga berbagai masalah rambut sering dihadapi, misalnya saja rambut kering.

Pada dasarnya, rambut kering merupakan rambut yang kehilangan produksi minyaknya. Selain disebabkan oleh bawaan, rambut kering juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Apalagi mengingat berbagai jenis rambut yang memang berbeda-beda.

Nah, kira-kira apa aja sih yang harus kita ketahui tentang rambut kering? Lalu bagaimana pula cara mengatasi rambut kering agar bisa kembali normal? Oke deh, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini. Check this out!

Cara Mengatasi Rambut Kering dengan Seledri

Ilustrasi: Cara Mengatasi Rambut Kering dengan Seledri

Penyebab Rambut Kering

Sebelum kita ulas mengenai cara mengatasi rambut kering, yuk kita ulas dulu mengenai penyebabnya. Rambut kering disebabkan karena kurangnya produksi minyak yang bertugas membuat rambut tetap lembab.

Kondisi ini tentu membuat lapisan luar rambut akhirnya mengelupas sehingga rambut akan terlihat kering dan kusam. Penasaran dengan berbagai penyebab yang menjadikan rambut kering? Tidak usah berlama-lama, simak saja 6 faktornya dibawah ini!

1. Faktor Lingkungan

Penyebab masalah rambut yang satu ini adalah lingkungan. Bukan perilaku lingkungannya, melainkan karena keadaan fisik lingkungan tersebut. Misalnya saja polusi, kotoran, dan cuaca panas yang dapat membuat rambut rusak. Paparan sinar UV yang ekstrem juga bisa lho.

Itu mengapa wanita Indonesia sering mengalami masalah rambut kering.Keadaan iklim tropis negara ini membuat tingkat resiko mengalami rambut kering menjadi lebih tinggi daripada resiko yang dihadapi wanita di negara 4 musim.

2. Cara Keramas yang Salah

Apa kalian termasuk orang-orang yang beranggapan jika keramas setiap hari itu baik untuk rambut? Jika iya, maka sudah bisa dipastikan rambut Anda mengalami kerusakan. Pasalnya, anggapan ini sangatlah keliru. Selain karena mengurangi kesehatan kulit kepala, ada beberapa jenis rambut yang memang tidak cocok dengan bahan sampo.

Keramas setiap hari menyebabkan kulit kepala kehilangan kelembaban alami lho. Selain itu, menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya.

3. Alat Styling Penghantar Panas

Alat-alat styling, katakan saja hairdryer, catokan maupun pengeriting memang menjadi sumber masalah utama untuk kerusakan rambut. Di satu sisi, alat-alat ini memang menolong mereka untuk tampil bergaya, rapi, dan indah.

Tapi tahukah kamu di sisi lain, alat ini juga menyebabkan rambut kering? Hal ini dikarenakan alat-alat ini sejatinya membuat kandungan lemak yang ada di dalam kulit kepala mengering dan akhirnya membuat rambut tidak bisa mengontrol kelembabannya lagi.

4. Menggunakan Pewarna Rambut

Fakto satu ini seringkali diabaikan sebagai penyebab rambut kering. Padahal, keseringan mewarnai rambut dapat membuat rambut kehilangan minyaknya.

Hal ini disebabkan karena pewarna rambut mengandung bahan kimia yang cukup keras yang untuk dapat membuat minyak alami rambut hilang dan akhirnya kulit kepala tidak lembab.

5. Kurang Asupan Air Putih

Seperti yang kita tahu, air putih berkontribusi banyak dalam menyehatkan tubuh kita. Perlu diketahui juga, kesehatan rambut termasuk di dalamnya.

Itulah mengapa saat tubuh merasakan kecukupan konsumsi air putih, maka akan direspon dengan maksimalnya kinerja, misalnya saja rambut yang berkilau. Tapi bagaimana jika tubuh kekurangan asupan mineral?

Maka sudah bisa dipastikan, tubuh akan terlihat tidak segar. Rambut misalnya, tidak akan berkilau melainkan akan kering dan rusak. Maka dari itu, konsumsilah air putih sebanyak mungkin.

Kalian pasti sudah sering mendengar bukan tentang ungkapan sebaiknya tubuh diberi asupan air mineral 2 liter per harinya? Nah, ikutilah ungkapan itu. Minum air putih yang cukup agar tubuh bisa menghidrasi sel-sel di rambut dan kuku sehingga kita juga bisa menghindari kekeringan dan kerusakan rambut serta organ lainnya.

6. Kurang Nutrisi

Sama seperti asupan mineral, orang yang kurang nutrisi akan merasakan masalah dalam tubuh, misalnya saja rambut kering. Apalagi jika kamu sedang diet tidak sehat yang artinya hanya mengurangi porsi makan tanpa menjaga nutrisi. Wah… sudah bisa dipastikan jika kondisimu tidak akan prima deh. Apalagi rambut.

Nah… dengan mengetahui 6 penyebab rambut kering, semoga kalian bisa lebih aware lagi ya guys. Tentu kita tidak mau kan jika mengalami rambut rusak, rontok, dan mengganggu penampilan?

Cara Mengatasi Rambut Kering yang Ampuh

Sekarang kan kalian sudah mengetahui apa penyebab rambut kering, jadi bahasan selanjutnya adalah tentang bagaimana cara mengatasinya. Secara umum, ada 5 trik untuk membantu mengatasi rambut kering, yaitu :

1. Pilih Hair Treatment yang Tepat

Tidak hanya sampo, sebenarnya merawat rambut kering juga bisa dengan bahan yang ada di alam. Misalnya nih, produk rambut yang kamu gunakan boleh mengandung pisang, sheabutter, minyak zaitun, hingga minyak argan. Bahan-bahan tersebut selain memiliki kemampuan untuk melindungi kelembaban rambut, juga mampu untukmenutrisi rambut.

2. Hindari Bahan yang Memicu Rambut Kering

Salah satu cara merawat rambut kering adalah yakni dengan tidak menggunakan produk yang mengandung silikon dan alkohol. Silikon berakibat menghalangi penyerapan nutrisi dan kelembaban, sementara alkohol bisa untuk membuat rambut ‘dehidrasi’.

Selain kedua bahan tersebut, rambut juga tidak boleh dikeramasi dengan bahan yang mengandung sulfat karena akan membuat rambut lebih kering dan dapat menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala. Lebih baik, pakailah produk rambut yang mengandung bahan organik yang pasti aman untuk merawat rambut.

3. Hindari Mencuci Rambut Terlalu Sering

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, mencuci rambut terlalu sering berakibat sangat buruk untuk kesehatan rambut. Maka dari itu, atasilah rambut kering dengan tidak mencuci rambut setiap hari. Cuci saja rambut setiap 2-3 hari sekali agar dapat mempertahankan minyak alami pada kulit kepala.

4. Gunakan Masker Rambut

Memakai masker rambut sejatinya juga bisa untuk mengatasi rambut kering. Penggunaan masker bertujuan agar rambut kasar bisa menjadi lembut. Selain itu, masker berguna untuk menambah kelembaban. Disarankan, pakailah masker rambut paling tidak 1 sampai 2 kali seminggu.

Caranya, oles masker setelah keramas dan ratakan ke seluruh rambut hingga 20 hingga 30 menit. Barulah kamu bisamembilasnya setelah masker didiamkan. Masker juga tidak harus dari bahan kimia. Pakailah masker dari bahan alami agar perawatan semakin berkhasiat.

5. Gunakan Kondisioner dengan Benar

Tidak hanya dengan sampo saja, perawatan rambut kering juga sangat bergantung pada penggunaan kondisioner. Saat kamu sedang memakai sampo, jangan hanya mengeramasi bagian luar saja, tapi bersihkanlah seluruh rambut dan kulit kepala.

Lakukan hal tersebut di bilasan pertama dan baru di bilasan kedua, kamu bisa mengeramasi bagian akar rambut saja. Bukan tanpa alasan lho hal ini dilakukan. Tujuannya tentu agar minyak rambut terkonsentrasi.

Sedangkan untuk pemakaian kondisioner, cukup pakaikan di ujung rambut dan sebisa mungkin hindari mengolesi bagian pangkalnya karena dapat membuat akar rambut menjadi berminyak.

6. Potong Ujung Rambut

Terakhir, cara melakukan hair treatment untuk rambut kering adalah dengan memotong ujung rambut secara rutin agarmemiliki tampilan yang lebih sehat. Pasalnya, salah satu karakter masalah rambut kering bisa dilihat dari  ujungnya.

Jika ujung rambut bercabang, maka sudah bisa dipastikan deh kamu mengalami masalah ini. Untuk pemotongan, kamu bisa melakukannya sendiri atau di salon setidaknya tiap dua hingga tiga bulan sekali.

Simak selengkapnya: 23 Perawatan Alami Agar Rambut Tidak Kering

Berbagai Masalah Lain pada Rambut dan Cara Mengatasinya

Nah, setelah mengikuti 6 cara perawatan rambut kering di atas, apa kini pikiranmu sudah terbuka? Apakah kamu sudah merasa bisa mengatasi masalah rambut kering yang kamu alami? Jika sudah, ada baiknya nih kamu juga mengetahui masalah-masalah rambut selain rambut kering.

Selain memperbanyak informasimu, mengenali berbagai masalah selain rambut kering tentu juga berguna untuk berjaga-jaga dan mencegahnya, bukan? Kalau begitu, yuk langsung saja simak ulasannya!

1. Ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang sering terjadi pada manusia, entah itu pada pria ataupun wanita. Sebenarnya ada banyak penyebab masalah kulit satu ini, namun salah satunya adalah kesehatan. Apalagi jika kamu merupakan seorang wanita yang menggunakan kerudung.

Tapi tenang… sangat mudah kok untuk menghilangkan ketombe yang terasa gatal dan juga panas tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe atau bisa juga dengan memakai bahan-bahan alami.

2. Rontok

Kerontokan rambut pasti pernah dialami banyak orang, tidak hanya pria dan wanita. Rata-rata, kerontokan ini terjadi lantaran kondisi kulit kepala yang memang kurang mendapat nutrisi sehingga rambut tidak bisa tumbuh dengan kuat.

Selain itu, kerontokan juga bisa disebabkan oleh kondisi psikis, misalnya saja stress atau tekanan batin hingga menyebabkan disfungsi di sebagian tubuhnya. Ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi penyebab kerontokan.

Nah, cara mengatasinya yakni cukup dengan menggunakan vitamin secara rutin dan sebisa mungkin hindari makanan yang berlemak. Bisa juga kamu berolahraga agar beban dan pikiran menjadi ringan.

3. Kotor

Apapun yang kotor tentu berakibat tidak baik, bukan? Nah, hal ini berlaku juga untuk rambut. Kondisi kulit kepala dan rambut yang penuh dengan kotoran tentu akan menyebabkan masalah rambut.

Hal ini sangat wajar mengingat rambut memiliki tekstur layaknya bulu yang berfungsi untuk menyaring berbagai kotoran yang hinggap di kepala. Bayangkan apabila kotoran ini tidak dibersihkan dan terus menempel dan mengendap disela kulit kepala.

Nah, cara untuk mengatasi rambut kotor sangatlah mudah. Cukup keramas saja dengan rutin sebanyak 3 kali dalam 1 minggu. Yang pasti, jangan terlalu sering karena akan membahayakan kulit kepala.

4. Rambut Putih

Rambut putih memang wajar dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Tapi bagaimana jika rambut putih tumbuh kala kamu masih berusia muda?

Tentu selain menimbulkan kepanikan, hal ini juga sangatlah mengganggu penampilan. Pasalnya, warna rambut putih memang terlihat kontras dengan warna rambut lainnya, terutama para pria yang memang cenderung berambut pendek dan terlihat jelas perbedaannya.

Tidak hanya malu, bahkan kadang rambut putih juga menimbulkan rasa gatal dan panas pada kulit kepala. Cara mengatasinya yakni dengan mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan rambut, dan mengubah pola hidup yang buruk.

5. Rambut Keriting

Masalah rambut ini bukan karena rambut yang memang asli keriting, melainkan karena bentuk rambut sehat yang berubah menjadi keriting dan hanya beberapa helai saja. Biasanya, rambut ini bertekstur keras dan kasar apabila dibandingkan dengan helaian rambut lainnya.

Penyebabnya memang masih tidak jelas, tapi cara mengatasinya yakni kamu bisa mencabutnya saja agar kulit kepala sehat karena tidak digaruk-garuk lantaran rasa gatal yang diakibatkan si rambut tersebut.

6. Lepek dan Berminyak

Rambut lepek dan beminyak tentu menjadi masalah rambut yang menyebabkan rasa kepercayaan diri menurun. Lepek pada rambut akan menyebabkan tatanannya menjadi aneh dan lengket. Selain itu, lepek akan membuat rambut menjadi tidak bervolume lantaran kandungan minyaknya yang hendak diproses sangat tinggi.

Tidak cukup sampai disitu, lepek juga menjadi penyebab masalah kulit kepala lainnya, yakni kotor dan berketombe. Nah, untuk menghindari masalah kulit satu ini, seringlah berkeramas. Bisa juga kamu mengakali dengan menggunakan tonik rambut agar minyak berlebih bisa ditekan.

7. Bau

Masalah rambut yang selanjutnya adalah bau. Siapa sih orang yang suka berdekatan dengan mereka yang memiliki rambut bau? Tentu saja tidak ada, bukan? Nah, oleh sebab itu jagalah kondisi rambutmu. Bau pada rambut bisa disebabkan oleh banyak hal, yakni jarang keramas, kekurangan serum dan vitamin, atau juga lantaran keringat yang diproduksi sangat tinggi.

Apalagi rambut tidak bekerja seperti kulit tubuh yang cepat kering apabila terkena angin. Rambut sejatinya memiliki helaian padat sehingga jika rambut bau, maka rambut akan bau sampai kamu membersihkannya.

8. Kutu

Masalah rambut satu ini sangat berkaitan dengan masalah rambut kotor. Pasalnya, rambut yang kotor akan menyebabkan munculnya organisme parasit yang sangat membuat tidak nyaman. Apalagi jika organisme itu hidup dan bergerak di kepala dan rambut. Wah, rasanya tidak menyenangkan, bukan?

Nah, oleh sebab itu… rambut yang kotor dan menjadi sarang kutu haruslah segera dibersihkan. Meski pada dasarnya semua makhluk hidup yang berambut bisa terserang kutu, tapi kemungkinan manusia terserang kutu hanya sekitar 8-10 hari saja dengan sistem peranakan yang cepat.

Tanpa diketahui kutu tiba-tiba bisa menyebar. Selain tidak nyaman, kutuan juga merupakan masalah yang paling ditakuti banyak wanita karena bisa membuat malu. Nah, untuk membasmi kutu, kita bisa membeli obat kutu yang banyak dijual di apotek.

Selain itu, hindari penggunaan barang-barang bersama dengan orang lain karena kutu bisa disebarkan lewat sisir, handuk, hingga bantal.

Bagaimana guys? Sudah lengkap sekali bukan informasinya? Disini kamu bisa belajar dan mengetahui jika banyak sekali ya penyebab masalah rambut pada manusia.

Meski masalah-masalah tersebut juga menyebabkan kepanikan, namun jangan takut… banyak cara untuk menghilangkan berbagai masalah rambut diatas, terutama rambut kering. Tentunya, kamu juga harus pandai merawat dan menjaga kebersihan serta kesehatan rambut.

Tak jarang, masalah rambut akan kembali apabila kamu lalai dalam menjaganya. Bukankah rambut adalah karya Tuhan yang harus dijaga? Selain itu, tanpa rambut tentu kita tidak bisa tampil indah dan lengkap.

Apalagi sekarang ini banyak dijual aksesoris rambut yang sangat cantik. Tentu malu ya memakai aksesories tersebut jika rambut kering, ketombean, atau bahkan kutuan. Wah, jangan sampai deh!

****

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi rambut kering. Semoga bermanfaat. Artikel terkait: Cara Mengatasi Rambut Mengembang Secara Alami

Leave a Reply