16 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh

Penyebab bau badan – Heran ya kenapa kok udah rutin mandi tapi badan masih bau asem. Belum lagi masalah bau kaki akibat pemakaian sepatu justru memperparah keadaan. Serta  masalah keringat yang berlebih membuat badan semakin bau.

Hal tersebut terkadang menjadi pertanyaan apa sih penyebab abu badan?  pemakaian deodoran cukup efektif sih untuk menghilangkan bau badan namun penggunaan jangka panjang bisa berakibat buruk bagi kesehatan karena bagaimana pun pemakaian bahan kimia memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Bau badan cukup mengganggu ya? Biasanya orang akan menutup hidung saat berdekatan dengan kita.  jika hal tersebut terjadi akan membuat rasa percaya diri menurun. Orang juga enggan berdekatan dengan kita.

Penyebab bau badan

Penyebab bau badan

Jika kita merasa badan bau asem sebaiknya kita lakukan cara untuk menghilangkan bau badan. namun sebelum kita mencari cara menghilangkan bau badan sebaiknya kita tahu terlebih dahulu apa sih penyebab bau badan, agar pengobatan dapat dilakukan secara maksimal.

Penyebab bau badan

Masalah bau badan sebenarnya bukanlah masalah yang mematikan namun orang akan mati-matian berusaha menghilangkannya. Bau badan itu sendiri sebenarnya disebabkan oleh banyak hal, meski sebagian orang berpendapat bahwa keringat menjadi penyebab bau badan. sebenarnya itu persepsi yang keliru.Untuk lebih rincinya kita lihat saja beberapa penyebab bau badan seperti berikut ini:

  • Stres

Meski keringat bisa menyebabkan bau badan namun bukan semua keringat menyebabkan bau badan. hanya keringat yang dihasilkan akibat stres yang berlebihan-lah yang menjadi penyebab bau badan.

Saat stres maka ada sejenis senyawa kimia yang menyebabkan keluarnya keringat yang membuat badan kita bau. Senyawa kimia tersebut disebut kelenjar keringat apokrin atau kelenjar keringat yang kurang berair. Kemudian bercampur dengan bakteri dan protein maka terciptalah keringat yang baunya asem.

  • Kaki yang berbau

Bau badan yang menyengat juga bisa disebabkan kaki yang berbau. Bau kaki tersebut biasanya berasal dari penggunaan kaus kaki dan sepatu yang kurang bersih. belum lagi keringat yang ada di kaki bisa menjadi sarang bakteri lalu membuat kaki kamu berbau tak sedap.

Bau tak sedap tersebut akan membuat bau badan semakin tak sedap. Biasanya bakteri seperti micrococcuc sedentarius akan berkembang di kaki yang berkeringat lalu menghasilkan bau belerang.

  • Mengkonsumsi brokoli

Sayur brokoli memang sayur sehat kaya serat dan tinggi antioksidan. Namun mengkonsumsi brokoli secara berlebihan bisa menjadi penyebab bau badan. brokoli ini mengandung sulfur yang bisa menyebabkan bau yang berlebih.

Bau yang berasal dari sulfur akan mencegah bau tersebut berada di dalam aliran darah kemudian akan dikeluarkan melalui nafas, keringat dan urine.

  • Gangguan genetik

Ketika badan anda berbau seperti yang terjadi pada kerabat dekat anda berarti hal tersebut terjadi karena adanya faktor genetik. Faktor  genetik yang menyebabkan mutasi gen. Mutasi gen akan menciptakan kondisi yang disebut trimetilamina dimana tubuh tidak dapat memecah senyawa kimia.

Keadaan tersebut akan membuat bau yang menumpuk di dalam tubuh kemudian dilepaskan melalui nafas, urine, dan keringat. Hal tersebut akan menciptakan bau badan yang cukup menyengat.

  • Minuman beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat merusak kesehatan tubuh. Belum lagi masalah dehidrasi yang disebabkan minuman beralkohol. Selain itu minuman beralkohol juga bisa menyebabkan bau badan.

Keringat yang keluar saat anda mengkonsumsi alkohol akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Apapun jenis alkohol yang anda minum, aroma yang dikeluarkan bisa sama.

  • Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit dimana kadar gula di dalam darah meningkat yang disebabkan kurangnya jumlah insulin yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan insulin di dalam tubuh akan menghambat pembakaran lemak sehingga akan terbentuk keton di dalam tubuh.

Terjadi penumpukan keton akan menghasilkan bau badan yang cukup menyengat. Itulah mengapa diabetes menjadi salah satu penyebab bau badan. selain bau badan diabetes juga menyebabkan bau mulut.

Untuk penyebab bau badan yang satu ini anda perlu ke dokter untuk mendapatkan pengobatan diabetes. Saat kada gula di dalam darah kembali normal maka bau badan juga akan hilang dengan sendirinya.

  • Bakteri

Di dalam tubuh terdapat kelenjar keringat yang bisa menghasilkan banyak keringat terutama pada bagian ketiak karena pori-pori ketiak cukup besar. Kelenjar keringat tersebut dihasilkan oleh kelenjar apokrin.

Kemudian kelenjar tersebut bersama bakteri akan bersekresi dalam proses pembusukan. Jika hal tersebut terjadi maka akan menghasilkan bau yang kurang sedap pada badan. bau badan ini akan semakin aktif setelah masa pubertasi.

  • Kegemukan

Penyebab bau badan juga bisa disebabkan oleh faktor berat badan. kelebihan berat badan akan menyebabkan pori-pori ikut membesar. Pembesaran pori-pori tersebut dapat memicu produksi keringat berlebih.

Kemudian keringat tersebut akan bercampur dengan bakteri sehingga menyebabkan bau yang kurang sedap terutama pada bagian ketiak.

  • Hormon

Semua tubuh manusia memiliki hormon. Hormon tersebut bisa meningkat karena beberapa faktor seperti pubertasi, masa kehamilan, masa menstruasi, masa menoupose, stres dan kelelahan fisik.

Saat hormon tengah meningkat atau melonjak akan menghasilkan banyak keringat. Keringat tersebut akan bercampur dengan bakteri dan menghasilkan bau badan. jadi kelebihan hormon juga bisa menjadi bau badan.

  • Infeksi

Ketika anggota tubuh ada yang terluka dan mengalami infeksi maka bisa membuat luka tersebut membusuk dan mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Aroma yang kurang sedap tersebut juga akan mempengaruhi bau badan.

Bau badan akan semakin bertambah parah ketika luka yang terinfeksi tersebut kurang bersih, keringat berlebih, lembab.

  • Usia

Usia seseorang juga sangat berpengaruh terhadap bau badan. usia yang paling berpotensial mengeluarkan bau kurang sedap adalah ketika remaja. Peningkatan hormon terjadi ketika remaja kemudian akan menghasilkan banyak keringat.

Keringat tersebut akan menjadi sarang bakteri kemudian menyebabkan bau badan yang cukup menyengat. Terutama pada anak laki-laki karena memiliki aktivitas yang berlebih sehingga membuat keringat semakin banyak dan badan juga semakin bau.

  • Faktor kebersihan

Kebersihan sebenarnya menjadi penyebab utama bau badan. kebersihan tubuh yang kurang terjaga menyebabkan kotoran dan debu melekat di tubuh. Sehingga membuat tubuh menjadi berkeringat dan lembab. Berbagai keadaan tersebut akan mengundang bakteri berkembang biak.

Perkembangbiakan bakteri akan menimbulkan aroma yang kurang sedap pada tubuh. Sebaiknya jagalah kebersihan tubuh dengan cara mandi secara teratur menggunakan sabun antibakterial aga anda terhindar dari bau badan

  • Efek samping obat

Beberapa jenis obat-obatan tertentu yang dikonsumsi dalam jangka panjang juga bisa memberikan berbagai efek samping buruk bagi tubuh salah satunya dapat menyebabkan bau badan yang kurang sedap.

  • Gagal ginjal

Salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit gagal ginjal adalah masalah abu badan. masalah bau bandan yang satu ini tidak bisa ditangani dengan penggunaan deodoran atau bahan lainnya karena hanya bisa dihilangkan dengan cara mengobati penyakit yang tengah anda alami yaitu gagal ginjal.

Ketidakmampuan ginjal memisahkan nutrisi racun membuat seluruh tubuh terkontaminasi racun atau yoksin sehingga keringat pun akan mengeluarkan racun yang menimbulkan bau kurang sedap.

  • Bawang-bawangan

Sudah bukan rahasia lagi jika jenis bawang-bawangan bisa menyebabkan bau badan. hal tersebut terjadi akibat kandungan sulfur yang cukup tinggi menyebabkan bau badan kurang sedap. Sebaiknya batasi asupan bawang terutama bawang putih untuk menghindari bau badan.

Mengkonsumsi bawang bukan hanya menyebabkan bau badan yang menyengat tapi juga menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

  • Daging merah

Penyebab bau badan juga bisa berasal dari daging merah. Meski termasuk ke dalam makanan yang bernutrisi tinggi namun mengkonsumsinya terlalu berlebihan bisa membuat bau badan anda kurang sedap.

Daging merah yang sulit dicerna juga akan menyiksa lambung. batasi saja asupan daging merah untuk menghilangkan bau badan yang menyengat. Ternyata daging merah juga bisa membuat vagina anda mengeluarkan aroma yang kurang sedap

  • Makanan cepat saji

Di dalam makanan siap saji tidak memiliki nilai gizi sama sekali. sehingga jika dikonsumsi akan menumpuk racun di dalam tubuh. Racun tersebutlah yang bisa mengeluarkan aroma kurang sedap pada tubuh anda.

Makanan siap saji tersebut juga akan menumpuk lemak sehingga anda bisa mengalami kegemukan. Kegemukan juga bisa menyebabkan bau badan. sebaiknya anda memasak makanan anda sendiri agar nilai gizinya selalu terjaga dan anda bisa terhindar dari bau badan.

  • Makanan pedas

Makanana yang terlalu pedas sebaiknya anda hindari karena makanan tersebut dapat memicu kerusakan lambung dan meningkatkan kadar asam lambung. jika asam lambung meningkat maka nafas dan keringat juga akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Sehingga anda bisa mengalami bau mulut dan bau badan.

  • Makanan berlemak

Makanan berlemak tentunya sangat tidak baik bagi tubuh. Berbagai hal buruk bisa saja terjadi salah satunya darah tinggi, kolesterol dan obesitas. Obesitas akan membuat pori-pori kulit membesar sehingga produksi keringat juga akan meningkat.

peningkatan jumlah keringat akan lebih berpotensi menimbulkan bakteri sehingga bisa membuat bau badan anda mengeluarkan aroma yang menyengat alias bau badan

  • Merokok

Kebiasaan merokok sebenarnya adalah kegiatan yang kurang baik, selain hanya akan menghambur-hamburkan uang, kandungan zat adiktif pada rokok juga kan memicu pertumbuhan berbagai penyakit berbahaya.

Berbagai penyakit mematikan bisa saja bersarang di tubuh seperti asma, kanker tenggorokan, gangguan kahamilan dan janin, jantung, darah tinggi, impotensi, serta masih banyak penyakit kronis lainnya.

Bukan hanya penyakit di dalam tubuh saja yang bisa disebabkan kebiasaan merokok tapi masalah bau badan juga bisa dipicu karena merokok. Sebaiknya dan menghindari kebiasaan tersebut agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya dan masalah bau badan.

  • Bulu ketiak

Bulu ketiak yang kurang terawat bisa menjadi penyebab bau badan. bulu ketiak akan menjadi tempat mengendap kotoran dan debu atau disebut daki hal tersebut akan mengundang bakteri hidup dan berkembang biak disana. Perkembangan bakteri tersebutlah yang memicu meningkatnya bau badan yang kurang sedap.

Sebaiknya selalu cukur bulu ketiak agar tidak menyebabkan bau badan. Bulu ketiak yang panjang juga bisa membuat rasa percaya diri menurun terutama kaum wanita. Anda bisa melakukan cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen menggunakan bahan alami.

  • Penderita liver atau hati

Masalah kesehatan pada organ hati atau liver ini juga bisa membuat tubuh penderitanya mengalami bau badan. karena masalah ini ditimbulkan karena gangguan kesehatan maka untuk mengatasinya anda membutuhkan penanganan dokter atau penanganan medis

Cara menghilangkan bau badan

Banyak sekali bukan penyebab bau badan. meski begitu bukan berarti bau badan tidak bisa diatasi. Berbagai cara bisa dan lakukan untuk menghilangkan bau badan. berikut beberapa cara menghilangkan bau badan yang cukup efektif seperti :

  • Mandi secara teratur minimal 2 kali sehari
  • Setelah mandi pastikan tubuh anda kering dengan sempurna
  • Gunakan sabun atibakterial saat mandi untuk membunuh semua bakteri yang melekat di tubuh salah satunya bakteri penyebab bau badan
  • Cukurlah bulu ketiak secara rutin minimal seminggu sekali atau anda juga menghilangkan bulu ketiak secara permanen menggunakan bahan alami
  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Gunakan handuk yang bersih
  • Selalu gunakan baju yang bersih dan ganti baju setelah mandi
  • Hindari berbagai makanan dan minuman yang memicu timbulnya bau badan

Cara menghilangkan bau badan menggunakan bahan alami

Selain melakukan berbagai cara menghilangkan bau badan di atas anda juga bisa menggunakan bahan alami yang mengandung anti bakterial dan anti septik seperti berikut ini:

  • Cuka putih

Penggunaan cuka putih untuk menghilangkan bau badan memang cukup efektif. Cara menggunakannya seperti berikut ini ambil sebuah wadah kemudian beri sedikit cuka, lalu beri sedikit air. Setelah itu oleskan air cuka tersebut menggunakan kapas lalu biarkan selama 10 menit. terakhir basuh ketiak menggunakan air bersih

  • Jeruk nipis

Gosok jeruk nipis pada ketiak lalu biarkan selama 30 menit. setelah 30 menit basuh ketiak menggunakan air dingin. Kandungan ati bakteri pada jeruk nipis akan membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan

Artikel terkait: 10 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Mengatasi Masalah Wajah Secara Alami

  • Daun sirih

Bahan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan bau badan. berbagai kandungan penting pada daun sirih seperti antiseptik dan antibakterialnya sangat ampuh menghilangkan bakteri dan kuman.

Rebus beberapa lembar daun sirih kemudian gunakan air tersebut untuk mandi. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu agar bau badan anda cepat menghilang.

Itulah beberapa penyebab bau badan beserta cara menghilangkannya. Keringat bukanlah masalah utama bau badan namun kuman dan bakteri yang bercampur dengan keringatlah yang menjadi biangnya bau badan. sebaiknya hindari berbagai penyebab bakteri tumbuh di tubuh anda. Semoga bermanfaat. Simak juga: 36 Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis Tak Sedap

Leave a Reply