Penghilang Bekas Jerawat yang Aman

Penghilang bekas jerawat belakangan ini sudah bisa didapatkan dengan cukup mudah. Beberapa diantaranya bahkan sudah bisa dibeli di apotek dan toko obat tanpa menggunakan resep dokter sama sekali.

Bagi Anda para penyandang gelar “jerawatan” di wajah, Anda pasti sangat paham akan sulitnya menghilangkan jerawat dan bekas yang ditimbulkan nya.

Konon, karena sulitnya menghilangkan jerawat dan bekasnya, banyak orang yang berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mencari obat jerawat dan obat penghilang bekas jerawat yang ampuh.

Nah, pada kesempatan kali ini, Tipscantika akan menjabarkan secara gamblang beberapa produk penghilang bekas jerawat yang banyak direkomendasikan oleh dokter spesialis kulit.

Penghilang Bekas Jerawat

Penghilang Bekas Jerawat

Obat Penghilang Bekas Jerawat Rekomendasi Dokter Kulit

Berikut merupakan beberapa produk penghilang noda hitam bekas jerawat yang terbukti ampuh dan banyak direkomendasikan pada dokter:

1. Melanox

Melanox

Melanox

Melanox merupakan produk obat berbentuk salep yang dibuat secara khusus untuk membantu menghilangkan bekas luka, menghilangkannoda hitam, dan meratakan warna kulit.

Obat ini tergolong ke dalam obat keras yang mana untuk bisa mendapatkan nya dibutuhkan resep khusus dari dokter kulit.

Disamping itu, obat ini juga mengandung zat hidrokuinon dengan tingkat persentase yang bervariasi.

Jika kulit Anda merupakan tipe kulit sensitif, Anda kami sarankan untuk memilih produk Melanox dengan kadar hidrokuinon rendah.

Selain itu, jika Anda hendak beraktivitas di ruang terbuka pada siang hari, Anda sebaiknya juga turut menggunakan krim sun block / spf.

2. Bio Oil

Produk penghilang bekas jerawat yang satu ini dibanderoli dengan harga jual yang agak sedikit mahal, yaitu sekitar 145 ribu rupiah untuk ukuran 60 ml.

Meski pun harga nya mahal, namun manfaat yang bisa didapatkan dari produk ini juga cukup sebanding.

Hanya dengan menggunakan produk ini, Anda akan bisa mendapatkan lima manfaat sekaligus, yaitu penghilang bekas luka, penghilang stretch mark, mengatasi permasalahan kulit kering, mencegah terjadinya penuaan dini, dan mengatasi permasalahan warna kulit tidak merata.

Berbeda dengan produk penghilang bekas jerawat yang sebelumnya, Bio Oil tidak tergolong sebagai obat keras dan bisa didapatkan dengan mudah di apotik dan toko obat.

3. Activ Clear Nutrica

Produk penghilang bekas jerawat yang satu ini diproduksi dengan menggunakan ekstrak minyak pohon teh alami.

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau (sekitar 30 ribu rupiah per 15 gr pcs), produk ini diklaim dapat membantu mengatasi permasalahan jerawat sembari menghilangkan bekas luka dan noda hitam yang ditinggalkan nya.

Sama seperti Bio Oil, produk Activ Clear Nutrica tergolong ke dalam obat bebas yang bisa didapatkan dengan cukup mudah di apotik dan toko obat.

Selain itu, obat ini juga tidak tergolong ke dalam obat keras, sehingga relatif cukup aman untuk diaplikasikan pada semua jenis kulit.

4. Acnes Sealing Jell

Krim jel penghilang bekas jerawat yang satu ini pada dasarnya adalah krim penghilang jerawat. Namun begitu, karena kandungan nutrisi bermanfaat yang terdapat di dalam nya, produk ini juga bisa digunakan sebagai krim penghilang bekas jerawat.

Menurut klaim dari produsen pembuat nya, produk ini dapat membantu mengatasi berbagai macam permasalahan kulit yang timbul karena jerawat, seperti: noda dan flek hitam, bekas luka, dan sel kulit rusak.

Meski pun produk ini tidak tergolong ke dalam obat keras, namun penggunaan nya sebaiknya tidak disambi dengan penggunaan produk perawatan kulit lain nya.

Hal ini dikarenakan produk ini memiliki sifat hipersensitif terhadap beberapa komponen produk kosmetik tertentu.

5. Mederma

Sama seperti hal nya Melanox, obat penghilang bekas jerawat yang satu ini sebenarnya adalah obat khusus untuk menghilangkan bekas luka.

Namun begitu, karena kandungan nutrisi bermanfaat yang terdapat di dalam nya, obat ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan berbagai macam permasalahan yang timbul akibat jerawat, seperti kulit belang, bopeng, noda hitam, dll.

Berkat zat aktif yang dimiliki nya, mederma diklaim dapat membantu membuat area kulit bekas luka menjadi lebih halus, lebih lembut, lebih elastis dan lebih rata.

6. Madecassol 1 %

Madecasool 1 % adalam obat penghilang bekas jerawat yang tergolong ke dalam obat keras. Produk obat ini dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, luka bekas jerawat, dan jerawat menghitam yang ada pada wajah.

Dibanderol dengan harga sekitar 167 ribu rupiah per kemasan 10 gr, obat penghilang bekas jerawat yang satu inibiasa nya hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter saja.

7. Verile Acne Blemish Cream

Produk penghilang bekas jerawat yang satu ini sangat kaya akan ekstrak vitamin B3, vitamin E, dan ekstrak Aloe Vera.

Berkat tiga ekstrak bahan natural tersebut, produk ini dapat dipakai untuk menghilangkan noda dan flek hitam, meratakan kulit wajah yang bopeng, melembutkan kulit dan menutrisi permukaan kulit wajah.

Karena tergolong sebagai obat bebas, obat ini cenderung sangat aman untuk diaplikasikan pada hampir semua jenis kulit.

Terakhir, untuk urusan banderol harga, produk ini juga tergolong sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar 29 ribu rupiah saja untuk kemasan ukuran 10 gr.

8. Acnes Spot Care 12 gr

Acnes Spot Care 12 gr

Acnes Spot Care 12 gr

Acnes Spot Care merupakan produk khusus yang ditujukan untuk membantu mengatasi permasalahan jerawat dan bekas nya.

Produk ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap, seperti Allantoin, Vitamin B6, Vitamin E, Isoprpyl methyl phenol, dan salicylic acid.

Berkat kandungan nutrisi super lengkap yang terdapat di dalam nya, produk obat penghilang bekas jerawat yang dibanderoli dengan harga 42 ribu rupiah ini diklaim dapat memberikan beberapa manfaat sekaligus, seperti:

  • Menghilangkan bakteri penyebab jerawat
  • Mencegah terjadi nya penyumbatan pada pori – pori kulit
  • Menyamarkan noda hitam bekas jerawat
  • Melembutkan dan meratakan permukaan kulit
  • Menjaga tingkat kelembaban kulit, dll

9. Pimplex

Pimplex merupakan krim sulfur anti jerawat yang memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap.

Ketika diaplikasikan pada kulit wajah, krim Pimplex diklaim dapat membantu membasmi tumpukan bakteri penyebab jerawat di wajah sekaligus merawat jaringan sel kulit rusak yang timbul akibat bekas jerawat.

Dibanderol dengan harga sekitar 107 ribu rupiah per kemasan 15 gr, Pimplex saat ini sudah dapat dibeli dengan cukup mudah di toko obat dan apotik yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat

Selain dengan menggunakan obat yang tersedia di apotek, anda juga bisa memanfaatkan bahan alami yang sudah tebrukti ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini beberapa bahan alami penghilang bekas jerawat yang cukup mudah untuk di dapat yang terbukti ampuh:

1. Perasan Air Lemon

Bahan alami penghilang bekas jerawat yang pertama adalah perasan air lemon. Perasan air lemon ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah kita secara alami.

Caranya sangat mudah sekali, silahkan anda ambil perasan air lemon tambahkan dengan air biasa sedikit lalu anda aleskan pada bekas jerawat saja, bagian kulit lain tidak perlu. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan wajah anda. Segera gunakan pelembap karena asam sitrat pada lemon bisa membuat kulit sangat kering.

2. Menggunakan Cuka Apel

Cuka sari apel juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat lho! Karena cuka apel ini mengandung antimikrobial yang bermanfaat untuk menghalau kuman penyebab jerawat, plus juga memiliki kandungan komponen antiinflamasi yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada bekas jerawat serta membantu menghilangkannya.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, setelah anda memiliki cuka apel, silahkan anda tambahkan madu atau air biasa, kemudian aplikasikan pada wajah yang sudah anda cuci. Diamkan sekitar 15 menit. Lalu cuci bersih. Untuk mendapatkan hasil optimal sebaiknya anda rutin melakukan perawatan ini, minimal 2 kali seminggu.

3. Aplikasikan Lidah buaya

Di rumah anda memiliki tanaman lidah buaya? Nah, anda bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan alami penghilang bekas jerawat yang membandel.

Kandungan di dalam gel lidah buaya ini bermanfaat untuk mengatasi iritasi pada kulit dan mengatasi bekas jerawat. Selain itu, perawatan wajah dengan menggunakan gel lidah buaya ini juga akan membuat kulit wajah kita lebih segar dan terhidrasi.

Daripada beli mending bikin sendiri. Silahkan anda petik tanaman lidah buaya, kemudian ambil bagian gel-nya. Lalu, aplikasikan pada wajah sambil memberi pijatan ringan. Untuk hasil optimal anda bisa mengaplikasikannya sekitar 20 menit sebelum dibilas.

4. “Si Ajaib” Baking Soda

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan pembuat kue ini bukan? Ya, baking soda. Baking soda ini bermanfaat sebagai eksfoliator kulit dan meminimalisir bekas jerawat.

Menggunakan baking soda ini juga sangat mudah, silahkan anda buat past baking soda dengan sedikit air, kemudian aplikasikan ke wajah.

Eiiits, tunggu dulu, sebelum anda aplikasikan, pastikan kulit anda tidak alergi ya. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit pasta baking soda tadi ke tangan, biarkan beberapa saat, apakah tangan anda panas atau menunjukan reaksi alergi? Kalau tidak maka lanjutkan!

5. Coba Pakai Madu

Madu sangat terkenal dengan beragam khasiatnya untuk kesehatan juga untuk berbagai perawatan tubuh. Nah, salah satu khasiat madu yang bisa kita peroleh adalah dapat menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Madu memiliki kandungan antiinflamasi yang bermanfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak dan mencegah kemunculan jerawat-jerawat berikutnya.

Perawatan dengan madu ini memiliki manfaat berlapis, selain dapat menghilangkan bekas jerawat juga akan menghaluskan jaringan kulit yang terluka dan mempercepat penyembuhannya.

Caranya cukup dengan mengoleskan madu murni ke wajah anda. Jangan terkejut kalau wajah anda nanti akan semakin kinclong ya!

Baca selengkapnya: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu

6. Minyak kelapa

Bahan alami penghilang bekas jerawat berikutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa ini memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan, vitamin E dan K yang membantu memperbaiki kulit dan mendorong pertumbuhan jaringan kulit sehat. Jerawat baru pun bisa dipastikan tidak muncul lagi berkat kandungan antiinflamasi dan antimikrobialnya.

Cara mengaplikasikan minyak kelapa ini juga cukup mudah. Silahkan anda pada kedua telapak tangan kemudian tepukkan pada wajah terutama pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat lakukan perawatan ini malam hari, kemudian keesokan harinya bilas bersih wajah anda.

7. Manfaatkan Air Perasan Jeruk Nipis

Bahan alami penghilang bekas jerawat berikutnya adalah air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis sendiri memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel pada kulit wajah kita, terutama bekas jerawat.

Caranya sangat mudah, pertama silahkan anda ambil perasan jeruk nipis. Bersihkan wajah anda. Lalu olesi wajah anda secara merata dengan perasan jeruk nipis tersebut. Biarkan hingga 25 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Coba Aplikasikan Bengkuang

Bengkuang selama ini sudah sangat banyak dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan dan memutihkan kulit.

Bengkuang ini juga dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Nah, jika kita lakukan perawatan wajah dengan menggunakan bengkoang, selain dapat menghilangkan bekas jerawat juga dapat mencerahkan kulit lo.

Bengkuang memilik kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka juga senyawa beta-karoten dan vitamin A nya pun berfungsi sebagai antioksidan.

Silahkan anda sediakan buah bengkuang seukupnyanya, lalu kupas. Cuci bersih lalu anda tumbuk hingga halus. Bersihkan wajah anda, lalu tempelkan hasil tumbukan bengkuang tadi ke wajah. Biarkan sekitar 15 menit lalu bersihkan wajah anda.

*****

Itu lah beberapa produk penghilang bekas jerawat yang bagus dan banyak direkomendasikan dokter plus bahan alami yang bisa kita buat sendiri di rumah untuk menghilangkan bekas jerawat.

Penting untuk diingat, beberapa produk yang kami sebutkan di atas ada yang tergolong ke dalam obat keras. Maka dari itu, Anda tidak disarankan untuk menggunakan obat di atas secara berlebihan tanpa mengikuti aturan penggunaan.

Tidak hanya itu, penggunaan beberapa produk di atas sebaiknya juga didampingi dengan penggunaan krim tabir surya di siang hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menangkal efek radiasi sinar UV di kulit wajah yang cenderung lebih sensitif pasca penggunaan obat penghilang bekas jerawat. Artikel terkait: 17 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat yang Ampuh!

Leave a Reply