Lipstik Untuk Bibir Hitam & Tips Menjaganya Agar Cerah

Lipstik Untuk Bibir Hitam – Sebagai wanita, kita diharuskan untuk selalu memperhatikan keindahan bagian-bagian tubuh kita. Baik itu adalah rambut, wajah, mata, hidung, bahkan bibir. Bibir adalah organ tubuh kita yang patut untuk kita rawat keindahannya. Karena bagaimanapun juga keindahan bibir juga menjadi salah satu aspek penilaian orang terhadap kita.

Cara Tepat Dalam Membeli Lipstik Untuk Bibir Hitam

Banyak orang mengalami kesulitan ketika pertama kali mencoba mengenakan produk pemoles bibir seperti lipstik ataupun lipgloss dan semacamnya. Karena tidak semua produk bisa cocok terhadap jenis kulit orang tertentu.

Bisa jadi kulit orang tersebut hanya cocok menggunakan lipstik dengan tekstur nude dan berasal dari jenis merk terkenal. Ada juga yang hanya cocok menggunakan lip gloss saja dan mengalami kekeringan pada bibir jika mencoba menggunakan produk lipstik.

Jika Anda adalah seorang gadis yang beranjak dewasa, mungkin sampai saat ini Anda masih bertanya-tanya jenis lipstik apakah yang pantas dan sesuai dengan bentuk serta warna kulit bibir Anda. Jika iya, maka sekumpulan informasi di bawah ini akan membantu Anda dalam memutuskan jenis lipstik yang sesuai dengan bibir Anda.

Lipstik Untuk Bibir Hitam via Womantalk

Lipstik Untuk Bibir Hitam via Womantalk

Mengenal Berbagai Jenis Pemoles Bibir

Pemoles bibir wanita sangatlah beragam. Dari jenisnya, ada tujuh jenis pemoles bibir, diantaranya lip butter, lip balm, lip gloss, lipstick, lip cream, lip tint, dan lip liner. Kesamaan diantara ketujuh jenis pemoles tersebut adalah pada embel-embel “lip” yaitu bibir. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis :

1. Lip Butter

Lip butter memiliki tekstur yang hampir sama dengan lip balm, namun kandungan minyak dalam lip butter lebih banyak. Produk lip balm cocok digunakan pada tekstur bibir yang kasar dan pecah-pecah. Kandungan minyak dan nutrisi yang ada di dalamnya akan meresap ke dalam kulit bibir dan menutrisi bibir dari dalam.

Kebanyakan produk lip butter tidak akan meninggalkan warna apabila diaplikasikan ke bibir karena tidak mengandung pigmen warna.

2. Lip Balm

Lip Balm adalah sebuah jenis produk pemoles bibir yang mengandung vitamin E dan SPF yang bisa menutrisi bibir. Produk lip balm bertekstur seperti salep dan kandungan minyaknya tidak sebanyak produk lip butter.

Lip balm dibuat untuk menjaga kelembutan bibir. Biasanya produk lip balm tidak meninggalkan warna jika dipalikasikan ke bibir kita.

3. Lip Gloss

Lip Gloss adalah sebuah jenis produk pemoles bibir yang akan meninggalkan rona warna pastel di bibir sesaat setelah diaplikasikan. Kandungan minyak yang ada di dalam lip gloss cukup tinggi.

Namun begitu, kandungan nutrisi yang ada di dalam produk lip gloss tidak berfungsi efektif seperti lip balm dan lip butter. Lip gloss juga biasa diaplikasikan setelah lipstick karena bisa menambahkan kesan glowing.

4. Lipstick

Produk lipstick memiliki tekstur yang lebih padat dan memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit dari lip gloss. Warna yang ditawarkan pun beragam dan biasanya lebih pekat dari lip gloss.

Hingga saat ini sudah ada puluhan bahkan ratusan varian warna pada lipstick. Glossy, satin, dan matte menjadi efek warna pada lipstick yang bisa dipadupadankan dengan even yang ingin dihadiri.

5. Lip Cream

Produk lip cream memiliki tekstur yang hampir sama dengan lipstick. Perbedaannya adalah jika produk lipstick memiliki tekstur yang padat dengan varian warna yang pekat dan beragam, namun produk lip cream memiliki tekstur yang lebih kental atau creamy.

6. Lip Tint

Produk liptint hampir sama dengan produk lip cream dan produk lipstick, namun produk lip tint tidak memiliki kandungan lilin dan minyak, namun memiliki fungsi yang sama dengan keduanya. Kebanyakan produk lip tint memiliki tekstur cair dan mudah mengering jika diaplikasikan ke bibir.

7. Lip Liner

Produk lip liner tidak seperti sebelumnya yang berupa cairan, batangan atau cream, namun berbentuk seperti pensil alis. Lip liner berfungsi untuk membentuk garis pada bibir yang nantinya akan digunakan sebagai bingkai untuk berbagai jenis pemoles bibir yang telah disebutkan sebelumnya.

Jenis-jenis Lipstik

Jenis-jenis lipstik sendiri ada beragam, seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini :

1. Jenis Lipstik Glossy

Tampilan lipstik glossy pada umumnya mengkilat karena mengandung banyak minyak dan nutrisi yang dibutuhkan kulit bibir. Bibir yang tampak mengkilat disebabkan oleh lipstik glossy disebut glossy lip.

Memang sekitar awal tahun 2000-an tren make-up glossy menjadi salah satu primadona karena membuat bibir tampak lebih seksi. Lipstik dengan jenis ini juga bisa digunakan sebagai sentuhan akhir dan pembungkus dari lipstik yang digunakan sebelumnya, karena bisa membuat bibir tampak segar dan lembab.

2. Jenis Lipstik Matte

Lipstik jenis matte banyak disukai oleh kaum wanita karena bisa memberi kesan penuh (full lips) pada bibir dan bebas kilau. Lipstik jenis ini juga mampu memberikan kesan elegan.

Namun kekurangan lipstik jenis ini bisa membuat bibir cepat kering. Bibir harus berada dalam kondisi yang lembab agar bisa menjadi tempat polesan yang sempurna untuk lipstik jenis matte.

3. Jenis Lipstik Creamy

Lipstik jenis creamy menjadi solusi baru untuk wanita yang ingin menggunakan efek lipstik kombinasi dari lipstik glossy dan matte sekaligus. Hasilnya akan seperti lipstik matte namun sedikit lembab, dan tidak terasa kering di bibir.

4. Jenis lipstik Satin

Tektur lipstik jenis ini tidak selembut lipstik jenis creamy, namun masih terasa lembut di bibir. Warna yang digunakan juga bisa mengkilat, tidak seperti jenis lipstik matte. Formula lipstik satin hampir serupa dengan lipstik velvet, namun kesan matte akan lebih terasa pada jenis lipstik velvet.

5. Jenis Lipstik Velvet

Tekstur lipstik jenis ini merupakan perpaduan antara tekstur lipstik glossy, creamy, dan matte. Lipstik ini bisa dibilang lipstik semi matte.

6. Jenis Lipstik Sheer

Jenis lipstik sheer menghadirkan tekstur natural, tidak terlalu glossy namun juga tidak terlalu matte. Warnanya cenderung transparan, namun masih lebih pekat dari warna lipgloss. Warna yang dihadirkan pun juga cerah dan cocok untuk digunakan sehari-hari.

7. Jenis Lipstik Metalik

Hasil akhir lipstik metalik menghasilkan kesan unik karena kandungan glitter atau shimmer-nya. Hasil akhirnya berkilau dan mengkilat. Kesan bold, unique, dan anti-mainstream akan menjadikan Anda berbeda dan menonjol.

Wajib anda baca: Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

Tips Memilih Lipstick Berdasarkan Warna Kulit

Semua orang di dunia memiliki jenis dan warna kulit yang sama sekali berbeda. Di Indonesia sendiri ada ratusan jenis kulit bibir dengan warna dan sensitivitas yang berbeda-beda. Ratusan merek lipstik seakan berlomba menjadikan perbedaan tersebut sebagai peluang bisnis dengan membuat ribuan jenis lipstik yang cocok untuk kulit orang Indonesia.

Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda memilih jenis dan warna lipstik yang Anda butuhkan, mari kita simak panduan di bawah ini :

1. Jenis dan warna lipstik untuk orang berkulit putih

Orang yang dianugerahi kulit putih bisa memilih berbagai jenis dan warna lipstik yang Anda inginkan, mulai dari lipstik berwarna terang hingga nude.

Pilihan warna seperti pink, peach, orange,cokelat, merah, emas, atau warna lipstik lain dan yang mengandung glitter bisa cocok untuk jenis kulit putih. Jika ingin menampakkan kesan sensual, Anda bisa memilih menggunakan lipstik bertekstur glossy yang mengkilap dan memantulkan cahaya.

2. Jenis dan warna lipstik untuk orang berkulit putih pucat

Jenis kulit putih pucat biasanya terlihat berbeda dari kebanyakan orang, dan hampir seperti penderita albino. Warna pastel maupun warna terang sama-sama cocok untuk digunakan pemilik kulit putih pucat.

Warna pastel seperti merah muda, oranye muda, dan coklat muda serta warna merah terang, coklat terang, dan warna yang mencolok lainnya bisa menjadi pilihan.

3. Jenis dan warna lipstik untuk orang berkulit kuning langsat

Jenis kulit kuning langsat banyak dijumpai pada penduduk negara Asia. Jenis kulit ini memiliki warna kuning dengan pigmen cerah, sehingga terlihat segar dan tidak pucat.

Red cherry, dark berry, red maroon, dan orange bata bisa menjadi pilihan warna lipstik bagi orang yang memiliki jenis warna ini. Disarankan untuk memilih lipstik glossy karena untuk memberi kesan segar pada bibir. Hindari menggunakan lipstik dengan warna nude karena akan membuat bibir terlihat kusam dan pucat.

4. Jenis dan warna lipstik untuk orang berkulit sawo matang

Orang Indonesia kebanyakan memiliki jenis kulit ini. Dan beruntunglah kita jika memiliki warna kulit sawo matang, karena jenis kulit ini bisa cocok dengan varian warna apapun pada lipstik yang Anda kenakan.

5. Jenis dan warna lipstik untuk orang berkulit gelap.

Orang berkulit gelap cenderung cocok dengan warna lipstik yang terang maupun gelap. Namun, hindari menggunakan lipstik glossy atau yang memiliki warna pastel. Hal ini dikarenakan bisa membuat bibir tampak lebih kusam dan kulit tampak menjadi lebih gelap. Sangat disarankan memilih lipstik warna merah dan merah tua.

Pilihan Warna Lipstik Untuk Bibir Hitam

Pemilik bibir hitam akan cenderung susah menentukan jenis dan warna lipstik yang cocok. Jika lipstik untuk bibir hitam terlalu glossy akan membuat bibir tampak lebih gelap, namun jika terlalu nude akan membuat bibir tampak kusam. Berikut ini adalah rekomendasi pilihan warna lipstik untuk bibir hitam yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan :

1. Lipstik warna Mauve

Warna lipstik mauve menggabungkan antara warna abu-abu, coklat, pink, dan ungu. Lipstik untuk bibir hitam dengan warna mauve cocok untuk semua warna kulit, dan bisa membuat kulit bibir yang gelap menjadi segar.

2. Lipstik warna Deep Brown atau Cocoa

Warna coklat gelap dan cocoa termasuk warna yang akan membuat bibir hitam terlihat eksotis. Pilih lipstik jenis matte untuk mengaplikasikannya.

3. Lipstik warna Deep Red

Warna deep red termasuk cocok sekali digunakan sebagai warna lipstik untuk bibir hitam. Selain karena bisa menimbulkan kesan tegas pada bibir, bisa membuat bibir tampak lebih terang. Warna ini juga termasuk warna yang pekat dan super pigmented, karena tidak perlu memulaskannya berkali-kali untuk mendapat warna yang diinginkan.

4. Lipstik warna Cherry Red

Lipstik untuk bibir hitam kebanyakan menggunakan warna merah sebagai dasarnya. Lipstik dengan warna ini bisa membuat bibir tampak lebih hidup dan berisi, serta bisa membuat warna bibir menjadi merah dalam sekejap.

5. Lipstik warna Plum

Warna plum menggabungkan antara warna ungu dengan warna pink yang khas dan akan membuat pemakainya terlihat feminim. Lipstik warna ini termasuk lipstik untuk bibir hitam yang cocok dan menjadi solusi jika Anda tidak menginginkan salah satu dari warna pink maupun ungu.

6. Lipstik warna Brown Nude

Kebanyakan jenis lipstik nude tidak selalu cocok untuk memoles bibir yang berwarna hitam. Namun lipstik untuk bibir hitam yang berwarna brown nude bisa menjadi salah satu pilihan ditengah ketidakcocokan pemilik bibir hitam dengan jenis lipstik nude.

7. Lipstik warna Dark Peach

Warna coral serta dark peach dinilai cocok sebagai lipstik untuk bibir hitam. Anda bisa mencoba mengaplikasikan warna peach yang agak tua dan mudah keluar warnanya karena lipstik warna peach yang agak muda akan membuat warna bibir menjadi kusam.

8. Lipstik warna Red Maroon

Lipstik untuk bibir hitam yang berwarna merah maroon cocok digunakan dalam segala kondisi. Merah marooh juga memberi kesan tegas dan elegan pada bibir. Disarankan memilih jenis lipstik matte untuk warna ini. Sebagai pelengkap, coba kurangi porsi riasan yang menghias wajah Anda agar warna yang ditampilkan tampak maksimal.

9. Lipstik warna Fuchsia Pink

Lipstik ini memberi kesan berani pada para pemakainya. Berbeda dengan lipstik warna pink yang memberi kesan segar. Warna ini cocok menjadi pilihan warna lipstik untuk bibir hitam.

Contoh-contoh lipstik dengan warna diatas menjadi rekomendasi bagi Anda yang kesulitan menentukan warna lipstik untuk bibir hitam. Memang sulit untuk mendapatkan bentuk bibir seperti yang diidam-idamkan orang. Kebanyakan iklan make-up menggunakan model yang berwajah sempurna untuk mempromosikan produk.

Pada kenyataannya, ada ribuan jenis kulit di dunia ini yang tidak semuanya cocok menggunakan jenis, warna dan produk tertentu. Apalagi orang Indonesia tidak jarang terlahir dengan warna bibir gelap dan tidak lembut. Oleh karena itu kita harus pandai memadu padankan warna sehingga hasilnya cocok dengan bibir kita.

Bibir berwarna hitam bisa disebabkan oleh kesalahan kita sendiri. Kebanyakan bibir hitam disebabkan oleh lamanya kulit terpapar oleh sinar UV, bisa juga dari kebiasaan merokok, dan sering minum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Namun ada juga yang memang memiliki pigmen kulit berwarna gelap.

Cara Menjaga Agar Bibit Tetap Cerah

Untuk menjaga warna bibir agar tetap cerah, ada beberapa langkah alami yang bisa kita terapkan sebagai berikut :

1. Melakukan terapi peluruhan sel kulit mati pada bibir

Proses ini biasa disebut dengan eksfoliasi. Ada berbagai jenis produk yang bisa digunakan sebagai eksfoliator, namun bagi yang memiliki kulit bibir lebih tipis akan berakibat fatal. Oleh karena itu lebih baik melakukan proses eksfoliasi pada bibir menggunakan bahan-bahan alami seperti gula dan madu.

2. Rutin melembabkan kulit bibir.

Produk yang biasa digunakan untuk melembabkan kulit bibir adalah lip balm. Namun jika kulit bibir Anda sensitif, lebih baik menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun dan minyak almond sebagai pelembab bibir.

3. Menghentikan kebiasaan merokok

Kegiatan merokok merupakan perbuatan yang dilakukan secara sengaja yang bisa mengakibatkan kerusakan pada pigmen kulit bibir. Kandungan nikotin pada rokok bisa membentuk melanin di kulit bibir Anda.

Sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok dan lakukan terapi pada bibir Anda menggunakan produk-produk yang bisa mengembalikan warna kulit bibir.

****

Demikianlah ulasan mengenai pilihan lipstik untuk bibir hitam dan tips menjaganya agar tetap cerah. Semoga bermanfaat ya sist. Jangan lewatkan juga: Cara Membuat Scrub Bibir Alami & Aman

Leave a Reply