Jerawat di Punggung: Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegahnya

Jerawat di Punggung – Jerawat meski umumnya tumbuh pada bagian kulit wajah, namun pada area tubuh yang lain jerawat juga kerap muncul loo. Seperti pada bagian leher, perut serta punggung. Penyebab munculnya jerawat pada bagian punggung dan anggota tubuh lainnya umumnya sama dengan penyebab munculnya jerawat pada wajah.

Masalah yang kita hadapi juga sama dengan jerawat pada wajah. Jerawat di punggung juga dapat membuat rasa percaya diri berkurang terutama bagi kaum wanita akan kesulitan ketika menggunakan gaun yang sedikit terbuka

Untuk itu menjaga kebersihan tubuh memang menjadi sangat penting untuk membantu mencegah jerawat di punggung. Namun jika jerawat di punggung sudah terlanjur muncul ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu menyembuhkan jerawat di punggung tersebut.

Jerawat di punggung

Jerawat di punggung

Namun sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan jerawat di punggung sebaiknya kita lihat dulu beberapa dampak negatif munculnya jerawat di punggung serta beberapa penyebab munculnya jerawat di punggung seperti berikut ini:

Penyebab jerawat di punggung

Penyebab munculnya jerawat pada umumnya hampir sama baik pada bagian wajah maupun pada bagian tubuh lainnya. Hanya letak pertumbuhannya saja yang berbeda. Berikut beberapa penyebab munculnya jerawat di punggung seperti berikut ini:

  • Salah memilih pakaian: pakaian yang anda kenakan akan sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat seperti penggunaan pakaian yang tidak menyerap keringat yang akan bercampur dengan bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat akan mudah muncul pada punggung. Belum lagi penggunaan pakaian yang ketat juga akan semakin mempercepat pertumbuhan jerawat di punggung
  • Kelenjar sebase: kelenjar sebasea merupakan kelenjar yang merangsang produksi sebum atau minyak berlebih yang menjadi penyebab munculnya jerawat. kelenjar ini paling banyak terdapat pada bagian punggung sehingga bagian punggung akan sangat mudah ditumbuhi jerawat
  • Keringat berlebih: kelebihan keringat akan berpotensi munculnya bakteri. Bakteri yang terkontaminasi dengan keringat dan sebum akan membuat jerawat mudah tumbuh pada punggung
  • Kurang terjaga kebersihan: kebiasaan buruk seperti jarang mandi akan membuat kotoran menumpuk pada punggung dan menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat jerawat mudah tumbuh pada area tersebut.

Artikel terkait lainnya: Penyebab Timbulnya Jerawat yang Wajib Anda Ketahui!

Bahaya jerawat di punggung

Tahukah anda sebenarnya munculnya jerawat di punggung memberikan beberapa pertanda adanya gangguan dan pertanda bahaya adanya yang salah dengan tubuh anda. dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai bahaya munculnya jerawat di punggung seperti berikut ini:

  • Kulit mengalami iritasi: munculnya jerawat pada punggung anda bisa jadi merupakan indikasi adanya iritasi pada kulit anda akibat beberapa hal seperti penggunaan pakaian yang ketat, pakaian yang tidak menyerap keringat, serta penggunaan sabun yang kurang cocok dengan jenis kuli anda.
  • Pertanda punggung menanggung beban terlalu berat: biasanya beban yang sering ditanggung punggung adalah penggunaan tas ransel yang kelebihan beban. Hal ini akan membuat jerawat mudah muncul pada punggung anda. untuk itu ketika anda menggunakan tas ransel sebaiknya kurangi beban yang akan ditanggung punggung atau kurangi bawaan anda. selain itu luka pada punggung juga bisa terjadi akibat kelebihan beban tersebut
  • Kelainan hormon: munculnya jerawat di punggung akan menjadi hal wajah jika dalam beberapa hari jerawat tersebut sembuh namun jika jerawat tersebut terjadi dalam jangka panjang atau permanen anda bisa saja mengalami gangguan hormon
  • Gejala terbentuknya limpoma: limpoma atau sejenis lemak yang tumbuh secara lambat diantara lapisan otot dan kulit. Anda harus bisa membedakan antara limpoma dan jerawat. Secara kasat mata kedua hal ini terlihat sama namun sebenarnya berbeda. Hal yang membedakannya adalah limpoma jika dipencet bisa berpindah-pindah sedangkan jerawat tetap pada satu titik. Jadi bisa saja jerawat yang tumbuh pada punggung anda merupakan limpoma.
  • Terbentuknya abses: munculnya jerawat pada punggung juga bisa disertai dengan tumbuhnya abses. Abses ini bentuknya juga menyerupai jerawat dimana terdapat benjolan berisi nanah pada bagian tubuh tertentu salah satunya bagian punggung. Abses biasanya akan menyebabkan infeksi yang cukup serius karena adanya pertumbuhan bakteri disana. Pemeriksaan dokter perlu dilakukan jika jerawat tersebut diindikasikan adanya pertumbuhan abses.
  • Faktor kelainan genetika: jerawat di punggung yang anda alami juga bisa disebabkan adanya kelainan genetik yang anda alami. kelainan ini memiliki tanda neurofibromatosis dimana terdapat benjolan menyerupai jerawat pada bagian kulit tertentu salah satunya area punggung. Terjadinya mutasi gen yang mengganggu pertumbuhan sel ini bisa berupa tumor jinak, namun tidak menutup kemungkinan akan berubah menjadi ganas
  • Gangguan kesehatan kulit: munculnya jerawat di punggung bisa jadi mengindikasikan adanya gangguan kesehatan pada kulit. Seperti pityriasis capitis dan seborhheic dermatitis dimana terdapat jerawat parah pada bagian punggung .

Jangan lewatkan juga: 44 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Cara mengobati jerawat di punggung

Setelah mengetahui apa saja penyebab dan bahaya munculnya jerawat di punggung sebaiknya kita lakukan berbagai cara mengobati jerawat di punggung agar jerawat tersebut tidak semakin banyak dan berbahaya bagi kesehatan seperti berikut ini:

1. Menggunakan sabun antibakterial

Jerawat  muncul akibat adanya peranan penting dari bakteri penyebab jerawat, oleh sebab itu kita dapat menghilangkan jerawat dengan menggunakan sabun antibakterial dimana sabun tersebut akan membunuh bakteri yang melekat pada kulit. Dengan begitu masalah jerawat juga akan diatasi dengan mudah.

2. Menggunakan daun sirih

Selain menggunakan sabun antibakterial kemasan anda juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat menggunakan bahan alami seperti daun sirih. Kandungan antiseptik dan antibakterial pada daun sirih sangat tepat digunakan untuk membunuh dan membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu jika jerawat tersebut disebabkan adanya alergi, kandungan antiseptik pada daun sirih juga dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Caranya

  • Ambil 10 lembar daun sirih kemudian cuci bersih
  • Setelah itu rebus daun sirih menggunakan 1 gayung air bersih
  • Biarkan beberapa saat hingga air mendidih
  • Setelah mendidih angkat lalu campurkan ke dalam air mandi anda
  • Setelah itu mandilah menggunakan air yang dicampur dengan rebusan air sirih tersebut

3. Menggunakan masker putih telur

Masker putih telur bukan hanya dapat membantu mengencangkan kulit saja namun juga dapat menjadi obat jerawat dan komedo yang cukup efektif. Kandungan eksfoliate pada masker putih telur akan membantu mengatasi masalah minyak berlebih dan membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga masalah jerawat juga akan diatasi dengan mudah.

Caranya

  • Ambil 1 butir telur ayam kampung
  • Setelah itu ambil bagian putihnya saja
  • Kemudian aduk sambil beri sedikit kocokan
  • Setelah itu oleskan pada punggung yang berjerawat
  • Biarkan selama 30 menit
  • Terakhir basuh hingga bersih

Simak juga: 21 Cara Membuat Masker Putih Telur untuk Perawatan Wajah, Rambut dan Kulit Cantik Alami

4. Menggunakan masker tomat

Kandungan lycopene yang merupakan antioksidan tinggi akan membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu melawan virus dan bakteri. Salah satunya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. selain itu berbagai kandungan nutrisi pada tomat seperti  vitamin A, C, K, E, dan B kompleks akan membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak berlebih dan sel kulit mati sehingga masalah jerawat akan teratasi dengan cepat

Caranya

  • Haluskan 1 buah tomat segar
  • Kemudian oleskan pada jerawat
  • Biarkan hingga tomat mengering
  • Setelah kering basuh punggung menggunakan air hangat

5. Menggunakan lemon

Lemon memiliki kandungan zat asam yang akan membantu menghilangkan minyak berlebih pada punggung. Selain itu kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan dapat membantu melawan dan membunuh bakteri penyebab jerawat serta mencegah peradangan jerawat. selain itu vitamin C nya juga berperan dalam memutihkan dan mencerahkan punggung anda.

Caranya

  • Ambil 1 buah lemon lalu belah menjadi 2 bagian
  • Kemudian gosokkan irisan lemon tersebut pada punggung yang berjerawat
  • Biarkan selama 30 menit
  • Setelah 30 menit berlalu basuh punggung hingga bersih
  • Lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat benar-benar hilang

6. Bawang putih

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika bawang putih tinggi kandungan antibakterialnya yang baik dalam membasmi bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya juga sangat mudah pertama ambil 1 siung bawang putih, kemudian haluskan.

Oleskan bawang putih tersebut pada punggung yang ditumbuhi jerawat tersebut. Lalu diamkan beberapa saat. Langkan terakhir basuh punggung hingga bersih menggunakan air dingin.

7. Menjaga kebersihan tubuh

Sebelum melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan jerawat ada hal mudah yang perlu anda lakukan untuk membantu menyembuhkan jerawat di punggung yaitu selalu menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandilah secara teratur minimal 2 kali sehari. Jangan lupa gunakan sabun antibakterial ketika mandi

8. Rajin melakukan scrub

Melakukan scrub secara teratu akan membantu membersihkan kulit hingga ke pori-pori terdalam. Berbagai kotoran, debu, sel kulit mati dan minyak berlebih akan diangkat dengan mudah ketika anda melakukan scrub.

Dengan begitu berbagai masalah penyebab munculnya jerawat akan dihilangkan dengan mudah. lakukan scrub secara teratur 1 minggu sekali agar masalah jerawat akan teratasi dengan mudah.

9. Menggunakan kulit jeruk

Kandungan vitamin C pada jeruk juga terdapat pada kulit jeruk. Oleh sebab itu kulit jeruk juga dapat membantu menyingkirkan jerawat dengan mudah. cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama keringkan kulit jeruk secukupnya lalu haluskan.

Setelah halus tambahkan 1 sendok susu lalu campur lagi dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk seperti pasta. Lalu oleskan pasta tersebut pada punggung yang berjerawat. Setelah kering basuh punggung menggunakan air bersih.

Cara mencegah jerawat di punggung

Sebenarnya jerawat di punggung bisa dicegah pertumbuhannya dengan melakukan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Hindari pemakaian tas ransel yang terlalu berat. Hal ini akan mencegah pertumbuhan jerawat dan luka yang cukup efektif. Sebaiknya bawa ransel sesuai dengan kemampuan tubuh anda.
  • Ketika anda menggunakan pakaian yang sudah basah oleh keringat sebaiknya segeralah ganti pakaian agar keringat tersebut tidak bercampur dengan bakteri dan menyebabkan munculnya jerawat
  • Hindari pemakaian baju ketat yang membuat pori-pori sulit bernapas dan menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung
  • Gunakan perlengkapan tidur yang bersih agar tidak menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri
  • Mandilah secara rutin minimal 2 kali seminggu menggunakan sabun kesehatan atau sabun anti bakteri

Demikianlah pembahasan mengenai jerawat di punggung, semoga memberi anda sedikit informasi yang sedang anda butuhkan. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga 21 Tips Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Leave a Reply