Tips Perawatan Rambut Rontok Secara Alami dan Medis

Cara Merawat Rambut Rontok – Rambut merupakan mahkota nya manusia. Kenapa dikatakan begitu, karena rambut terletak di bagian paling atas dari tubuh manusia, yaitu di atas kepala, tempat yang sama dimana mahkota raja di letak kan.

Karena terletak di atas kepala, rambut merupakan satu dari beberapa bagian tubuh manusia yang dianggap “normal” untuk diperlihatkan ke orang lain.

Dalam praktek nya, rambut terkadang juga diatur sedemikian rupa sehingga dapat membuat penampilan seseorang menjadi tampal lebih menarik.

Sayang nya, karena berbagai macam alasan, rambut terkadang dapat mengalami kerontokan parah. Jika rambut sudah mengalami kerontokan parah dan dibiarkan begitu saja, maka tinggal menunggu waktu saja sampai kebotakan menghampiri.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, ketika Anda mengalami permasalahan rambut rontok, Anda harus bisa menjalankan prosedur perawatan yang benar.

Pertanyaan nya, bagaimana sih cara merawat rambut rontok yang benar?

Berikut jawaban lengkap nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda.

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum masuk ke topik utama mengenai cara merawat rambut rontok, pertama – tama kami akan membahas sedikit informasi mengenai berbagai macam hal yang dapat menjadi pemicu terjadi nya rambut rontok.

Pada dasar nya, rambut rontok merupakan hal yang wajar. Hal ini dikarenakan rambut memang memiliki beberapa fase, yaitu fase tumbuh yang juga disebut dengan istilah anagen, fase istirahat yang juga disebut dengan istilah katagen, dan fase kerontokan yang dikenal dengan istilah telogen.

Normal nya, ketika berada dalam telogen, rambut akan cenderung lebih mudah rontok ketimbang biasa nya. Fase ini normal nya berjalan dalam kurun waktu 3 – 4 bulan saja setelah fase tumbuh (yang berjalan sekitar 2 – 5 tahun) dan fase istirahat (yang berjalan sekitar 2-4 minggu) berjalan.

Nah, jika rambut Anda mengalami kerontokan selama lebih dari 3 – 4 bulan, maka kemungkinan besar ada sesuatu yang tidak wajar pada kondisi rambut Anda.

Dalam hal ini, ketidakwajaran tersebut, dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Kurang asupan nutrisi
  • Faktor psikologis
  • Kondisi hormon yang tidak seimbang
  • Efek samping penggunaan obat – obatan
Cara Merawat Rambut Rontok

Cara Merawat Rambut Rontok

Ragam Alternatif Cara Merawat Rambut Rontok

Jika rambut Anda mengalami kerontokan selama lebih dari 3 – 4 bulan, pertama – tama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyebab terjadi nya rambut rontok yang Anda alami.

Setelah penyebabnya berhasil ditemukan, selanjutnya Anda dapat mengatasi nya dengan cara menjalankan salah satu atau pun beberapa alternatif cara merawat rambut rontok di bawah ini:

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Sama seperti hal nya tubuh, rambut membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Jika asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut tidak terpenuhi dengan baik, maka rambut akan berpotensi mengalami kerontokan dan berbagai macam permasalahan lain nya.

Untuk mengatasi nya, Anda harus selalu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut Anda dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E serta memperbanyak penggunaan bahan alami yang bagus untuk rambut, seperti lidah buaya, santan, minyak zaitun, dll.

2. Hindari Berpikir Terlalu Keras

Jika penyebab utama terjadi nya kerontokan para rambut Anda adalah karena Anda suka berpikir terlalu keras, maka alternatif cara merawat rambut rontok yang paling pas untuk Anda adalah dengan mengurangi kebiasaan berpikir terlalu keras.

Ketika Anda berpikir terlalu keras, secara otomatis otak akan bekerja lebih keras dari biasa nya.

Dampak nya, peredaran darah di sekitar organ otak Anda akan berjalan lebih cepat dari biasa nya.Selain itu, suhu kepala pun akan cenderung lebih panas dari biasa nya.

Nah, karena suhu kepala menjadi lebih panas, rambut akhirnya menjadi lebih mudah rontok dan jika hal ini terus berlanjut, maka terjadi nya kebotakan hanya tinggal menunggu waktu saja.

Maka dari itu, jika Anda tidak ingin mengalami kebotakan, Anda sebaiknya tidak terlalu memporsir kepala Anda untuk terus berpikir keras dalam kurun waktu yang lama.

3. Hindari Penggunaan Penutup Rambut dalam Kurun Waktu yang Terlalu Lama

Ketika menggunakan penutup rambut seperti topi, lobe, peci, dan jilbab, suhu kepala akan cenderung lebih panas. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya paparan udara secara langsung yang mengarah ke permukaan rambut.

Nah, untuk mengatasi nya, sebisa mungkin hindari lah penggunaan penutup rambut dalam kurun waktu yang terlalu lama.

Khusus untuk kaum wanita yang beragama Muslim, Anda dapat menanggalkan jilbab Anda ketika berada di rumah, sehingga suhu kepala Anda bisa lebih normal dan rambut Anda pun tidak mudah mengalami kerontokan.

4. Rajin Keramas Menggunakan Santan dan Urang – Aring

Alternatif cara merawat rambut rontok yang selanjutnya adalah dengan rajin keramas dengan menggunakan santan murni dan ekstrak urang – aring.

Santan dan urang – aring sangat kaya akan ragam vitamin dan mineral bermanfaat.

Jauh sebelum produk – produk perawatan rambut bisa didapatkan dengan mudah seperti sekarang ini, santan dan urang aring sudah digunakan oleh leluhur kita untuk merawat rambut.

Sayang nya, karena produk perawatan rambut siap pakai saat ini mudah untuk didapatkan, penggunaan santan dan urang – aring pun akhirnya mulai ditinggalkan.

Padahal jika dibandingkan dengan sampo siap pakai, santan tentu nya jauh lebih berkhasiat.

Cara merawat rambut rontok dengan santan dan urang – aring tergolong cukup mudah.

Anda hanya perlu menggunakan campuran santan murni dan daun urang – aring yang sudah dihaluskan untuk melumuri seluruh permukaan rambut seperti ketika Anda sedang keramas. Diamkan selama 20 – 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Rajin Menggunakan Masker Rambut dari Yoghurt

Alternatif cara merawat rambut rontok yang selanjutnya adalah dengan rajin menggunakan masker rambut dari yoghurt.

Yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan rambut. Ketika digunakan dalam bentuk masker, yoghurt diyakini dapat menutrisi rambut sampai ke bagian akar, sehingga rambut bisa menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Dalam praktek nya, untuk merawat rambut rontok menggunakan yoghurt, Anda hanya perlu menggunakan santan layak nya ketika sedang menjalankan creambath di salon.

Cukup oleskan yoghurt ke seluruh permukaan rambut Anda dari pangkal hingga ujung, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Hindari Penggunaan Sisir Bergigi Rapat

Alternatif tips perawatan rambut rontok yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sisir bergigi jarang.

Sisir bergigi rapat cenderung akan menarik rambut. Jika digunakan dalam kurun waktu yang lama, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, yaitu rambut akan mengalami kerontokan atau pun rambut akan mengalami patah di tengah.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, Anda kami sarankan untuk menghindari penggunaan sisir bergigi rapat dan menggantinya dengan sisir bergigi jarang.

7. Pakai Lidah buaya – aloe vera

Lidah buaya sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya untuk perawatan rambut. Ternyata selain bermanfaat untuk menghitamkan rambut, lidah buaya juga memiliki manfaat lain yaitu dapat mengatasi rambut rontok secara alami.

Perawatan rambut dengan menggunakan gel lidah buaya ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut baru dari akar, memperbaiki sel/jaringan rambut yang rusak, dan mampu menghitamkan rambut secara alami.

Untuk mendapatkan semua manfaat dari lidah buaya ini, anda tidak perlu membeli produk perawatan lidah buaya, tapi anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduannya berikut.

Cara merawat rambut rontok dengan lidah buaya

  • Pertama ambil lidah buaya segar kemudian ambil gelnya.
  • Aplikasikan gel lidah buaya ke seluruh kulit kepala setelah keramas.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, atau sampai kering.
  • Bilas dengan memakai air dingin sampai bersih sempurna.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silahkan lakukan perawatan minimal 3 kali seminggu.

8. Menggunakan Teh Hijau dan Daun Seledri

Perawatan rambut rontok berikutnya adalah dengan menggunakan teh hijau dan daun seledri. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa teh hijau ini sangat kaya kandungan antioksidannya. Nah, antioksidan pada teh hijau ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala.

Sementara daun seledri yang selama ini digunakan untuk bumbu masak ini ternyata kaya akan vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang terbukti dapat menguatkan rambut dari akarnya. 

Nah, dengan mengkombinasikan kedua bahan ini akan membuat rambut anda lebih hitam berkilau dan bebas dari kerontokan serta akan merangsang pertumbuhan rambut lebih baik lagi.

Cara merawat rambut rontok dengan daun seledri dan teh hija

  • Pertama, silahkan anda rendam handuk dengan air lemon hangat
  • Selanjutnya, handuk tersebuk di peras dan dipakai untuk menutup kepala selama 10 menit.
  • Berikutnya, tetesi rambut anda dengan menggunakan seduhan daun seledri dan teh hijau.
  • Lakukan pijatan ringan supaya ramuan meresap sempurna.
  • Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

9. Pakai Kemiri

Kemiri selama ini dikenal dapat digunakan untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Ternyata memang, kemiri yang kaya dengan zat besi, kalium, kalsium, dan sebagainya ini bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Berikut ini panduan merawat rambut rontok dengan menggunakan kemiri.

Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri:

  • Anda bisa menggunakan minyak kemiri yang dijual di pasaran atau dengan membuatnya sendiri.
  • Untuk membuat minyak kemiri sendiri, pertama silahkan anda sangrai kemiri secukupnya, lalu haluskan sampai keluar minyaknya.
  • Teteskan minyak kemiri merata keseluruh bagian rambut yang sudah bersih. 
  • Diamkan 1-2 jam sampai meresap sempurna, kemudian bilas air dingin.

10. Gunakan Minyak Essensial

Perawatan rambut dengan menggunakan minyak essensial juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak essensial ini kaya akan nutrisi yang penting untuk rambut, beberapa diantara nutrisi tersebut seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan lainnya yang terbukti menguatkan rambut sampai ke akarnya.

Beberapa minyak essensial yang bisa anda gunakan seperti: 

  • Minyak kelapa
  • Minyak wijen
  • Minyak zaitun 
  • Minyak lavender

Perawatan rambut rontok dengan minyak essensial ini juga cukup mudah, silahkan ada oles pada rambut dan kulit kepala, setelah itu beri pijatan ringan. Perawatan ini dilakukan 1-2 jam setelah keramas, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

11. Aplikasikan Santan Kelapa

Santan selain digunakan untuk memasak gulai ternyata juga bisa kita jadikan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok.

Kandungan nutrisi di dalam santan berupa protein, vitamin B, zat besi, kalsium, dan sebagainya ini bermanfaat untuk menguatkan akar rambut serta menutrisi agar rambut lebih sehat lagi. 

Cara merawat rambut rontok dengan santan kelapa

  • Pertama ambil sekitar 1 gelas santan
  • Sebelum mengaplikasikan santan kelapa ini, silahkan anda bersihkan rambut anda terlebih dahulu
  • Sudah bersih? Silahkan anda aplikasikan santan ke seluruh bagian kulit kepala.
  • Biarkan sekitar 30-60 menit sambil anda membalutkan rambut anda menggunakan handuk hangat.
  • Terakhir bilas rambut anda dengan air dingin sampai bersih.

12. Pakai Rempah Jahe, Bawang, dan Jeruk Nipis

Cara merawat rambut rontok selanjutnya adalah menggunakan rempah dari jahe, bawang dan jeruk nipis. Ramuan ini bermanfaat juga untuk membunuh kutu, membersihkan rambut, hingga menghilangkan uban.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bawang, jahe, dan nipis:

  • Pertama, giling jahe dan bawang hingga halus kemudian berikan perasan jeruk nipis hingga encer.
  • Selanjutnya, aplikasikan ramuan tersebut ke seluruh bagian kulit kepala, berikan pijatan lembut agar meresap sampai ke akar-akarnya.
  • Biarkan sekitar 1-2 jam, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali saja seminggu

13. Masker alpukat dan kentang

Selanjutnya, anda bisa menggunakan masker alpukat dan kentang untuk mengatasi rambut rontok yang anda alami. Kombinasi kedua masker ini terbukti ampuh dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut baru, menghitamkan rambut, menjaga kelembaban rambut, dan bahkan mampu mengkilaukan rambut kusam.

Silahkan anda simak:

14. Aplikasikan Fenugreek

Cara mengatasi rambut rontok dengna cepat berikutnya adalah dengan menggunakan biji fenugreek. Biji fenugreek ini mengandung protein dan asam nikotinik yang bermanfaat untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Selain dua nutrisi tersebut, biji fenugreek ini juga memiliki hormon antecedents yang akan menjaga kesehatan sel folikel pada rambut, sehingga rambut akan tetap sehat dan tidak mudah rontok.

Bagaimana cara perawatannya? Silahkan anda ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama silahkan anda sediakan 1 mangkok biji fenugreek
  • Kemudian rendam semalaman
  • Ke eseokannya, silahkan tiriskan lalu haluskan biji fenugreek tersebut.
  • Selanjutnya silahkan anda olesi kulit kepala anda dengan menggunakan biji fenugreek yang telah dihaluskan
  • Biarkan sekitar 30-40 menit.
  • Terakhir, cuci rambut anda hingga bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda sebaiknya melakukan perawatan ini secara rutin.

15. Cobalah Perawatan dengan Bawang Merah

Bawang merah? Ya, ternyata bawang merah sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan bawang merah ternyata mengandung sulfur yang sangat tinggi.

Dari kandungan sulfur yang tinggi ini akan memperkuat folikel rambut dan juga memicu regenerasi sel folikel rambut, sehingga nantinya rambutmu akan tetap sehat.

Selain kandungan senyawa sulfur, bawang merah juga memiliki senyawa anti-bakteri yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi di kulit kepala dan rambut rontok.

Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini panduannya:

  • Pertama silahkan anda sediakan siung bawang merah secukupnya.
  • Cuci bersih, kemudian blender hingga membentuk jus, tambahkan air secukupnya.
  • Setelah membentuk jus, silahkan anda aplikasikan jus bawang merah tersebut ke rambutmu.
  • Biarkan sekitar 30 menit. Pastikan tidak mengenai mata ya
  • Terakhir, gunakan shampoo untuk mencuci rambutmu.

16. Cobalah Pakai Indian Gooseberry

Amla atau Indian Gooseberry bermanfaat untuk menguatkan rambut akan terhindar dari rambut rontok. Kenapa amla ini bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok?

Ternyata amla mengandung vitamin C yang sangat tinggi, kekurnagan vitamin C merupakan salah satu penyebab rambut rontok.

Selain kaya akan vitamin C, amla juga memiliki sifat anti-bakteri, antioksidan, anti-inflammasi, dan eksfoliate. Zat tersebut bermanfaat untuk memperkuat rambut dan juga menghilangkan bakteri yang dapat mengiritasi sel folikel rambut. Hasilnya, tentu saja rambutmu tidak akan rontok lagi.

Bagaimana cara menggunakan amla? Silahkan anda ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama, ambil 1 sendok teh sari buah amla.
  • Aplikasikan sari buah amla tersebut ke area kulit kepala sebelum tidur. Setelah itu, diamkan semalaman.
  • Keesokan harinya cucu rambut anda dengan air dan juga shampoo yang biasa kamu anda gunakan.

17. Coba juga dengan Bawang Putih

Bawang putih juga memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Sama halnya dengan bawang merah. Selain untuk memperkuat sel folikel rambut dan memicu pertumbuhan sel folikel rambut, juga untuk mengatasi berbagai bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di kulit kepala, karena bawang putih juga memiliki sifat anti bakteri

Cara Menggunakannya sama dengan bawang merah:

  • Pertama, sediakan beberapa siung bawang putih kemudian buat jus dengan diblender.
  • Setelah menjadi jus, olesi kulit kepala anda, biarkan sekitar 30 menit.
  • Bilas kulit kepala anda menggunakan air dan shampoo yang biasa anda gunakan.

18. Manfaatkan Madu

Madu selain menyehatkan tubuh ternyata juga bisa menyehatkan rambut lo. Madu bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontoj. Madu memiliki banyak sekali nutrisi dan juga antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi di kulit kepala.

Berdasarkan hasil riset yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, bahwa menggunakan madu untuk perawatan rambut ini bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan juga gatal-gatal pada kulit kepala.

Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini panduannya:

  • Pertama ambil 1 sendok teh madu dan juga air, kemudian campurkan kedua bahan tersebut.
  • Olesi ke kulit kepala, biarkan sekitar 30 menit.
  • Terakhir, cuci bersih rambut dengan menggunakan shampoo dan juga air biasa.

19. Daun Neem

Mungkin sebagian kita masih asing dengan daun ini. Padahal daun neem ini merupakan salah satu herbal untuk mengatasi rambut rontok. Daun ini kaya akan antibakteri dan juga antijamur yang akan membasmi segala bakteri dan juga jamur yang berpotensi akan menginfeksi kulit kepala dan membuat rambut menjadi mudah rontok.

Selain untuk mengatasi rambut rontok, daun neem ini juga bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala, sehingga sel folikel rambut akan tetap kuat dan rambut menjadi tidak mudah rontok.

Berikut ini panduan untuk merawat rambut dengan daun neem:

  • Pertama, ambil daun neem secukupnya
  • Cuci bersih kemudian haluskan.
  • Setelah halus, campur dengan air
  • Langkah selanjutnya yaitu mengaplikasikan daun neem tersebut ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit.
  • Kemudian cuci bersih rambut anda.

Cara Merawat Rambut Rontok dengan Obat

Berikut ini beberapa obat rambut rontok yang ada di apotek:

20. Minoxidil

Selain dengan cara alami, anda juga bisa menggunakan obat rambut rontok yang tersedi di apotek-apotek di sekitar anda.

Salah satunya adalah Minoxidil yang biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kebotakan, baik pada pria maupun wanita.

Obat ini bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah ke sel folikel rambut. Jika peredaran darah di kulit kepala lancar, maka tentu saja sel folikel rambut akan mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dengan kuat dan sehat.

Silahkan anda konsultasikan dengan dokter atau pakar kecantikan, biasanya obat ini dioleskan pada kulit kepala paling tidak sebanyak 2 kali dalam sehari.

Efek obat ini memang agak lama, setidaknya butuh waktu sekitar 16 minggu hingga tampak perubahannya. Efek samping yang mungkin terjadi saat menggunakan minoxidil antara lain iritasi di kulit kepala dan juga meningkatnya detak jantung.

21. Finasteride

Obat rambut rontok berikutnya adalah finasteride. Obat ini bukan obat oles melainkan obat konsumsi. Finaseride ini berfungsi untuk berubah hormon testosteron menjadi hormon DTH, yang merupakan hormon penyebab kebotakan.

Anda baru akan merasakan perubahan setelah 3 bulan masa pemakaian. Obat ini memiliki efek samping berupa menurunnya gairah s8ks. Obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil, karena akan memberikan dampak yang membahayakan bagi janin.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Melalui Kebiasaan

Pola hidup sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan didapatkan. Maka dari itu, ada baiknya jika kita merubah kebiasaan buruk mungkin selama ini kita jalankan. Berikut ini beberapa hal yang harus menjadi perhatian:

1. Olahraga Secara Rutin

Kebiasaan yang harus kita lakukan yang pertama adalah merutinkan olahraga. Olahraga secara rutin tidak hanya menyehatkan jantung atau paru-paru dan tubuh secara umum, tetapi juga baik untuk kesehatan rambutmu lo.

Tahukah anda, jika rajin berolahraga maka otak akan memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin ini akan memberikan rasa bahagia di dalam dirimu, sehingga kadar stress bisa menurun.

Dengan menurunnya tingkat stres maka sirkulasi darah ke kulit kepala akan semakin lancar. Jikaperedaran darah lancar maka sel folikel rambut pun akan semakin kuat dan rambut yang rontok pun akan semakin sedikit.

2. Jangan Stres

Stres selain akan membawa masalah untuk kesehatan juga akan membuat rambut anda mudah rontok. Sebaiknya anda mengendalikan stres akan tidak berlebihan. Mulailah untuk melakukan kebiasaan kecil yang terkesan sepele seperti mandi dengan air hangat, memancing, bersepeda, jogging, membaca humor lucu dan lain sebagainya.

Jika anda tidak stres maka sirkulasi darah ke seluruh tubuh akan tetap lancar. Jika sirkulasi darah ke seluruh tubuh lancar, maka tentu saja kulit kepala akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika sudah begitu, maka tentu saja rambutmu akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

3. Jangan Gunakan Pengering Rambut

Biarkan rambut anda kering dengan sendirinya, sebisa mungkin hindari pemakaian hair dryer. Selain dengan pengering rambut, kebiasaan menggosok rambut juga sebaiknya dihindari.

Tips-Tips Tambahan Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Selain cara-cara yang telah disebutkan diatas, masih ada lagi tips-tips sederhana untuk mengatasi rambut rontok. Penasaran apa sajakah tips-tips sederhana tersebut? Berikut ulasannya.

  • Perlakukanlah rambutmu dengan lembut. Jangan menggosok rambut secara kasar dengan menggunakan handuk ataupun tangan. Selain itu, sisirlah rambut secara pelan dan teratur.
  • Pakai sisir yang halus dan betuknya melebar. Menggunakan sisir dengan sikat yang kasar akan membut rambutmu mudah patah dan rontok.
  • Hindari menyisir rambut ketika masih basah. Biarkan kering dengan sendirinya.
  • Pilih sampho yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Jangan menggunakan shampoo yang bertipe keras, tetapi pilihlah shampoo yang bertipe mild. Artikel terkait: Cara Membuat Shampo untuk Rambut Rontok Sendiri
  • Batasi mengkonsumsi kafein.
  • Potong rambut jika terlalu panjang.
  • Minum air minimal 2 gelas sehari.
  • Jangan mengikat rambut terlalu kuat, jangan terlalu sering juga mengikat rambut
  • Jangan keramas terlalu sering. Karena terlalu sering keramas mengakibatkan minyak alami rambut hilang.
  • Berikan pijatan rambut dengan lembut. 
  • Konsumsi makanan yang kaya akan protein dan vitamin B12 agar rambut ternutrisi dari dalam.
  • Jangan terlalu sering terkena polusi, debu, dan sinar matahari selama proses perawatan rambut rontok diatas.
  • Hindari membilas rambut dengan air panas dan penggunaan obat kimia berbahaya lainnya.

Simak juga: Cara Mencegah Rambut Rontok

Itu lah sedikit informasi mengenai cara merawat rambut rontok yang bisa kami bagikan kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: Apa Penyebab Rambut Rontok dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Leave a Reply