16 Cara Alami Mengobati Panu yang Terbukti Ampuh!

Cara Mengobati panu pada dasarnya cukup mudah. Jika Anda mau Anda bisa menghilangkan panu dengan menggunakan / memanfaatkan bahan – bahan alami yang ada di rumah, seperti bawang putih, cuka apel, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Sama seperti hal nya mayoritas penyakit kulit yang lain nya, panu memang cenderung tidak menimbulkan ancaman pada kehidupan orang yang mengalami nya. Namun begitu, keberadaan panu di kulit akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Selain itu, dalam beberapa kasus, panu terkadang juga dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

Penyebab Timbulnya Panu Pada Kulit

Penyebab utama timbulnya panu pada kulit adalah karena serangan jamur malassezia furfur dan atau jamur pityrosporum ovale.

Ke dua jenis jamur kulit ini biasa nya akan timbul di bagian kulit yang kebersihan nya kurang terjaga.Selain itu, ke dua jamur ini juga cenderung akan lebih aktif ketika kulit berada dalam kondisi berkeringat, dipenuhi tumpukan minyak, terpapar sinar matahari secara langsung, dan ketika sistem imun tubuh sedang melemah.

Parah nya lagi, penyakit panu ini dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain nya melalui kontak kulit atau pun melalui penggunaan pakaian / handuk yang dilakukan secara bergantian.

Cara Mengobati Panu

Cara Mengobati Panu

Ragam Alternatif Cara Mengobati panu yang Terbukti Ampuh

Berikut merupakan beberapa alternatif Cara Mengobati panu secara alami yang terbukti ampuh:

1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang sangat tinggi.Ketika diaplikasikan pada bagian kulit yang terserang panu, bawang putih diyakini dapat segera menekan pertumbuhan jamur di area tersebut sekaligus membasminya.

Tidak hanya itu, penggunaan bawang putih di area sekitar panu juga diyakini dapat membantu menghilangkan rasa gatal yang timbul di area sekitar panu tersebut.

Untuk menghilangkan panu menggunakan bawang putih, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan beberapa siung bawang putih, lalu kupas dan cuci dengan air bersih
  • Tumbuk bawang putih hingga halus (bila mau, Anda juga bisa menggunakan blender)
  • Oleskan pada area kulit Anda yang terserang panu, lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah 30 menit, Anda tinggal membilasnya dengan air bersih

Untuk hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk mengulangi cara di atas secara rutin setiap hari hingga tumpukan panu di tubuh Anda hilang dengan sempurna.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya selama ini banyak dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk kesehatan rambut. Nah, ternyata selain bisa digunakan untuk menutrisi rambut, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit lho.

Ya, jika Anda mau, Anda bisa menggunakan bahan alami yang satu ini untuk menghilangkan bekas jerawat dan juga sebagai alternatif Cara Mengobati panu yang ampuh.

Untuk menghilangkan panu dengan menggunakan lidah buaya, Anda hanya perlu mengolesi bagian tubuh Anda yang terserang panu dengan jel yang ada pada bagian daging tanaman lidah buaya secara rutin setiap hari.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Selain menyehatkan tubuh, minyak kelapa ternyata juga ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif Cara Mengobati panu dan berbagai macam permasalahan kulit lain nya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, minyak kelapa memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Berkat kandungan nutrisi bermanfaat yang terdapat di dalam nya, minyak kelapa diyakini dapat menghindarkan tubuh kita dari serangan bakteri dan jamur.

Nah, untuk menghilangkan bercak panu menggunakan minyak kelapa, Anda hanya perlu mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan beberapa sendok minyak kelapa murni
  • Hangatkan hingga suhu sekitar 30 – 40 derajat selsius
  • Aplikasikan pada bagian kulit Anda yang ditumbuhi panu, lalu diamkan hingga mengering
  • Ulangi secara rtuin setiap hari hingga permasalahan panu di tubuh Anda hilang dengan sempurna

4. Menggunakan Kunyit

Alternatif Cara Mengobati panu dengan bahan alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit.

Kunyit memiliki kandungan zat anti biotik dan anti septik yang sangat tinggi. Ketika diaplikasikan pada bagian tubuh yang terserang panu, kunyit diyakini dapat membasmi tumpukan jamur dan bakteri penyebab panu yang ada di area tersebut.

Untuk menghilangkan panu secara alami menggunakan kunyit, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan beberapa rimpang kunyit yang masih segar, lalu haluskan menggunakan blender
  • Bersihkan kulit Anda yang terserang panu dengan air bersih, lalu keringkan
  • Aplikasikan kunyit halus yang telah disiapkan sebelumnya ke bagian kulit Anda yang terserang panu
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas bagian tersebut dengan air bersih
  • Ulangi secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari

5. Menggunakan Cuka Sari Apel

Sama seperti hal nya kunyit, cuka sari apel juga memiliki sifat anti biotik dan anti septik yang sangat tinggi. Oleh karena nya, bahan ini juga bisa digunakan sebagai alternatif Cara Mengobati panu yang ampuh. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 sendok makan larutan cuka sari apel murni
  • Larutkan dengan 5 sendok makan air bersih
  • Ambil kapas lalu basahi dengan larutan tersebut
  • Aplikasikan kapas tersebut ke bagian kulit Anda yang terserang panu
  • Diamkan hingga mengering, lalu bilas kulit Anda menggunakan air bersih
  • Ulangi secara rutin setiap hari hingga permasalahan panu di kulit Anda hilang dengan sempurna

6. Menggunakan Yoghurt

Yoghurt ternyata tidak hanya bermanfaat untuk sistem pencernaan saja. Lebih dari itu, yoghurt juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang timbul pada kulit, seperti kulit belang, jerawat dan juga panu.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, yoghurt memiliki kandungan pro biotik yang sangat tinggi. Ketika diaplikasikan pada kulit, kandungan pro biotik yang ada pada yoghurt diyakini dapat membasmi tumpukan bakteri jahat dan jamur penyebab timbulnya panu pada kulit.

Untuk bisa menghilangkan panu menggunakan yoghurt, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini:

  • Siapkan beberapa sendok yoghurt murni (yoghurt plain / tanpa gula)
  • Aplikasikan pada bagian kulit yang terserang panu hingga merata
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bersihkan dengan air bersih
  • Ulangi setiap hari hingga bercak panu di kulit Anda benar – benar hilang

7. Tea Tree Oil

Alternatif Cara Mengobati panu yang selanjutnya adalah dengan menggunakan ekstrak minyak pohon teh (tea tree oil).

Meski pun agak sedikit sulit untuk didapatkan, namun minyak pohon teh benar – benar sangat ampuh untuk dijadikan sebagai bahan alami penghilang panu. Pasal nya, minyak ini memiliki sifat anti jamur yang sangat kuat. Selain itu minyak ini biasa nya juga bisa meredam rasa gatal yang timbul akibat kehadiran panu di kulit.

Cara mengatasi panu menggunakan minyak ini juga tergolong sangat mudah. Dalam hal ini Anda hanya perlu mengolesi bagian kulit Anda yang terserang panu dengan ekstrak minyak ini secara rutin setiap hari.

8. Oleskan Minyak Oregano

Anda juga bisa mengaplikasikan minyak oregano untuk mengatasi panu yang sudah terbukti ampuh. Minyak yang terbuat dari bahan alami tumbuhan oregano ini dimanfaatkan pada bagian daun dan bunganya.

Di dalam minyak oregano ini memiliki kandungan senyawa carvacrol yang bermanfaat untuk membunuh atau mengurangi infeksi bakteri, infeksi jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal ini dikarenakan carvacro bekerja sebagai penangkal atau anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

Cara menggunakan minyak ini hanya dengan mengoleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena panu. Diamkan hingga kering dengan sendirinya.

9. Manfaatkan Belimbing Wuluh

Cara mengobati panu secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh yang sering digunakan sebagai bahan masakan ini ternyata mengandung glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.

Wah, sangat luar biasa sekali bukan? Belimbing wuluh ini juga memiliki sifat anti jamur yang tentu saja cocok untuk menghilangkan panu.

Bagaimana cara mengobati panu dengan belimbing wuluh? Silahkan anda cuci belimbing wuluh 1 buah saja, kemudian potong menjadi 4 bagian. Usapkan potongan belimbing wuluh tersebut pada bagian panu yang anda alami sekitar 5 menit. Biarkan mengering. Terakhir cuci bersih.

10. Cara Mengobati Panu dengan Jeruk Nipis

Cara mengobati panu secara alami selanjutnya bisa kita lakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis si mungil yang memiliki rasa asam ini terkenal kaya akan Flavonoid. Flavonoid sendiri merupakan antioksidan yang kuat.

Antioksidan ini ini bermanfaat untuk melindungi tubuh ktia dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C.

Bagaimana cara mengobati panu dengan jeruk nipis? Caranya silahkan anda belah dua jeruk nipis, kemudian peras. 1 sdm perasan jeruk nipis tersebut kemudian ditambahkan 1 sdm belerang yang sudah ditumbuk halus. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya zat keratolitik.

Aduk rata campuran bahan ini sehingga membentuk krim. Oleskan krim ini pada panu, diamkan sampai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.

11. Manfaatkan Bahan Masak Lengkuas

Cara mengobati panu secara alami selanjutnya bisa anda lakukan dengan menggunakan lengkuas. Lengkuas yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masak ini ternyata kaya akan sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi.

Wow, Amazing sekali bukan? Memang, lengkuas ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan menurut hasil penelitian dari ahli Korea mendapatkan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Lengkuas pun bisa Anda gunakan sebagai obat alami panu.

Bagaimana cara mengobati panu dengan lengkuas? Pertama silahkan ambil lengkuas serimpang saja atau secukupnya. Kemudian bersihkan dan kuas, setelah itu potong-potong lalu usap-usapkan pada panu, lakukan selama 5 menit. Lakukan ini dua kali sehari.

Kandungan flavonoid, amilum, dan kuersetin yang ada dalam lengkuas akan membasmi jamur penyebab panu.

Selain dengan mengusap atau menggosoknya, anda juga bisa menjadikannya sebagai ‘salep’. Caranya, silahkan anda haluskan 2 ruas jari lengkuas dengan 1 sdt garam, lalu oleskan pada panu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

12. Gunakan Produk Anti-jamur

Cara mengobati panu selanjutnya bisa dilakukan dengan produk anti jamur yang bisa kita jumpai dengan mudah di apotek seperti krim, losion, atau sampo yang memuat label anti-jamur untuk menyembuhkannya.
Anda bisa menggukan obat panu yang mengandung Ciclopirox, Clotrimazole, Miconazole, Terbinafine, Ketoconazole, atau Selenium sulfide.
Atau bisa juga menggunakan sabun yang mengandung Zinc pyrithione secara teratur juga merupakan salah satu cara menghilangkan panu dengan cepat.
Perlu diperhatikan sebelum anda menggunakan salep anti panu sebaiknya andamembersihkan area panu kemudian mengeringkannya.
Setelah kering barulah andan oles tipis-tipis 1-2 kali sehari selama (minimal) 2 minggu lamanya. Jika cara ini sudah juga anda tempuh sekitar 1 bulan namun tidak membuahkan hasil, maka segera konsultasi ke dokter.

13. Konsumsi Obat Panu

Selain menggunakan krim oles (obat topikal), mungkin sebaiknya anda mengkonsumsi obat panu. Konsumsi obat panu yang mengandung Fluconazole atau Itraconazole.
Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi obat panu dilakukan jika panu yang anda derita sudah masuk tahap yang parah, dimana panu sudah menyebar ke banyak tempat di bagian tubuh anda.
Pastikan juga anda sudah mendapatkna resep dari dokter. Biasanya meski pengobatannya sudah berhasil, namun warna kulit tetap belum bisa kembali seperti semula. Butuh waktu sekitar beberapa minggu atau bulan agar warna kulit dapat kembali normal.

14. Batasi Penggunaan Produk Berminyak

Sebaiknya anda juga mulai membatasi penggunaan produk berminyak. Kenapa? Karena jamur cepat berkembang di kulit lembab dan berminyak, maka kurangi atau jauhi pemakaian produk maupun kosmetik yang mengandung minyak supaya kondisi kulit tak semakin parah.

15. Hindari Pakaian ketat

Selain membatasi penggunanaan bahan berminyak, sebaiknya anda juga tidak menggunakan pakaian yang ketat apalagi bila daerah terinfeksinya ada pada bagian tubuh tertentu. Misalnya pada selangkangan atau lipat paha, lipatan payudara, dan sebagainya. Sebaiknya anda beralih menggunakan pakaian berbahan katun yang breathable, agar kulit bisa bernafas dan mengurangi produksi keringat.

16. Aplikasikan Sunscreen Setiap Keluar Rumah

Pastikan juga agar anda menggunakan sunscreen setiap keluar rumah.
****

Itu lah beberapa alternatif cara mengobati panu secara alami yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Simak selengkapnya: Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Leave a Reply