Cara Mengobati Ketombe yang Terbukti Ampuh

Cara Mengobati Ketombe – Di tulisan kali ini TipsCantika akan membahas sedikit informasi mengenai cara mengobati ketombe yang ampuh. Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut dan kulit kepala yang paling sering dialami oleh manusia.

Ketika rambut dan kulit kepala dipenuhi dengan ketombe, rambut dan kulit kepala akan terasa gatal. Tidak hanya itu, ketombe juga membuat penampilan rambut menjadi kurang maksimal. Hal ini dikarenakan ketombe akan tampak seperti butiran debu putih yang menempel pada rambut.

Itu lah mengapa, ketika rambut dipenuhi ketombe, setiap orang akan berusaha untuk mengatasi nya.

Cara Mengobati Ketombe

Ilustrasi: Cara Mengobati Ketombe

Ketombe Itu Makhluk Apa Sih?

Sebenarnya ketombe itu apa sih? Ketombe sendiri merupakan keadaan dimana kulit dibagian kepala mati dan mengering. Wajar saja sebenarnya ada kulit kepala yang mati dan mengelupas. Namun pada beberapa orang, masalah ini menjadi semakin parah dan menyebabkan kepala terasa gatal.

Apabila seseorang memiliki masalah kulit kepala, ketombe, biasanya akan setali tiga uang dengan kulit kepala gatal, rambut mudah rontok dan rambut menjadi kering. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe membandel?

Penyebab Munculnya Ketombe di Rambut dan Kulit Kepala

Sebelum masuk ke pokok pembahasan utama mengenai cara mengobati ketombe, kami akan membahas tentang beberapa hal yang menjadi pemicu / penyebab munculnya ketombe di rambut dan kulit kepala.

Pada dasar nya, ketika lahir, rambut manusia cenderung bersih dari ketombe. Namun begitu, karena berbagai macam hal, rambut dan kulit kepala akhirnya mulai berketombe.

Beberapa penyebab utama munculnya ketombe di rambut dan kulit kepala adalah:

  • Permukaan kulit kepala yang kering
  • Tumpukan sel kulit mati di kulit kepala
  • Tumpukan jamur malasseiza di kulit kepala
  • Radang yang terjadi di kulit kepala
  • Produksi asam lemak berlebihan di sekitaran kulit kepala

Jika Anda ingin terhindar dari ketombe, Anda harus bisa menghindari beberapa penyebab munculnya ketombe di atas.

Namun begitu, jika kepala Anda sudah terlanjur dipenuhi oleh ketombe, maka mau tidak mau Anda harus mengobatinya, baik itu dengan menggunakan obat ketombe alami mau pun dengan menggunakan obat ketombe buatan yang banyak tersedia di apotek.

Baca selengkapnya: Penyebab dan Tips Mengatasi Ketombe Parah Secara Alami

Ragam Alternatif Cara Mengobati Ketombe yang Ampuh

Setidaknya, ada dua alternatif cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda terapkan. Ke dua alternatif cara tersebut adalah:

A. Cara Mengobati Ketombe dengan Obat di Apotek

Saat ini ada banyak sekali produk obat ketombe siap pakai yang dijual secara bebas di apotek.

Karena sifat produk ini adalah obat penyembuh, maka bisa dikatakan obat ketombe di apotik merupakan alternatif terbaik yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe di rambut dan kulit kepala.

Berikut merupakan beberapa produk obat ketombe siap pakai yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek:

1. Selsun Blue

Obat ketombe yang satu ini diproduksi oleh Rohto Laboratories. Dipasarkan dengan banderol harga sekitar 25 ribu rupiah untuk ukuran 50 ml, produk ini diklaim dapat membantu menghilangkan ketombe di rambut dan kulit kepala dalam kurun waktu yang singkat.

Tidak hanya itu, selain membasmi ketombe di rambut dan kulit kepala, produk ini juga diklaim dapat membantu mengatasi permasalahan rambut rontok dan permasalahan jamur di kulit kepala.

Ketika diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, produk ini akan menimbulkan efek samping berupa rambut kering dan berminyak.

Tidak hanya itu, jika terkena mata, produk ini juga dapat menimbulkan iritasi berupa mata merah dan perih.

2. Ketomed Gel

Dipasarkan dengan banderol harga 37 ribu rupiah per kemasan 15 gr, produk obat ketombe yang satu ini diklaim dapat mengatasi berbagai macam permasalahan rambut dan kulit kepala yang berkaitan dengan ketombe, seperti:

  • Mengatasi masalah ketombe membandel
  • Mengatasi dan mencegah terjadi nya kerontokan pada rambut
  • Mengatasi tinea cruris, tinea pedis, tinea versikolor, dan tinea corporis

Saat dalam masa penggunaan, obat ketombe yang diproduksi oleh PT. Surya Dermato Medica Laboratories ini biasa nya akan menimbulkan efek samping berupa rasa gatal di kulit kepala dan kotoran berupa pengelupasan ketombe di kulit kepala.

3. Peditox

Dibandingkan dengan dua produk obat ketombe yang sebelumnya, obat ketombe yang satu ini memiliki banderol harga yang jauh lebih terjangkau, yaitu hanya 10 ribu rupiah per kemasan 50 ml.

Meski pun murah, produk ini diklaim tidak kalah berkhasiat ketimbang dua produk obat ketombe yang sebelumnya.

Dengan kandungan hexachlorocyclohexane 0,5 persen yang terdapat di dalam nya, produk ini diklaim dapat membantu mengatasi permasalahan ketombe dan kutu rambut.

Sayang nya, ketika diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, produk ini cenderung menimbulkan efek samping berupa rasa gatal di sekitaran kulit kepala.

4. Mylea Hair Tonic

Produk obat ketombe yang satu ini diproduksi oleh PT Ikapharmindo Putramas.

Dijual dengan harga 20.000 rupiah per kemasan 100 ml, produk ini diklaim dapat mengatasi berbagai macam permasalahan rambut, seperti ketombe, rambut kusam, dan rambut rontok.

Diproduksi dengan menggunakan ekstrak bunga arnika dan piroctone olamine, ketika diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, obat ketombe yang satu ini cenderung tidak menimbulkan efek samping yang menyiksa.

Satu – satu nya efek samping yang timbul akibat penggunaan produk ini adalah permukaan rambut yang menjadi agak sedikit kering.

B. Cara Mengobati Ketombe dengan Bahan Alami

Alternatif cara ke dua yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ketombe di rambut dan kulit kepala adalah dengan menggunakan obat ketombe dari bahan – bahan alami.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat ketombe alami adalah sebagai berikut:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat terkenal akan khasiat nya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain dapat digunakan sebagai bahan perawatan kulit, minyak zaitun ternyata juga bisa dipakai untuk membasmi tumpukan ketombe di rambut dan kulit kepala.

Untuk menghilangkan tumpukan ketombe menggunakan minyak zaitun, Anda hanya perlu mengolesi seluruh permukaan kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin setiap beberapa hari sekali.

2. Cuka Apel

Alternatif obat ketombe dari bahan alami yang ke dua adalah cuka apel. Cuka apel memiliki tingkat keasaman yang dapat membantu menetralisir tingkat pH di kulit kepala.

Ketika diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, cuka asam dipercaya dapat membantu mengikis tumpukan ketombe dan jamur yang menyerang kulit kepala.

Tidak hanya itu, penggunaan cuka apel sebagai obat ketombe ternyata juga bisa membuat rambut menjadi tampak lebih segar dan lebih kuat.

Bila Anda berminat untuk mencoba, Anda hanya perlu mengolesi bagian permukaan kulit kepala Anda dengan menggunakan cuka apel secara rutin setiap beberapa hari sekali.

3. Jeruk Lemon

Berkat kandungan vitamin C nya yang tinggi beserta dengan tingkat keasaman yang dimiliki nya, jeruk lemon dapat dimanfaatkan sebagai obat ketombe alternatif.

Dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi, jeruk lemon diklaim dapat membantu menormalkan tingkat pH di kulit kepala. Dampak nya, tumpukan ketombe dan jamur yang ada di kulit kepala bisa teratasi dengan segera.

Hebat nya lagi, karena kadar vitamin C nya yang tinggi, jeruk lemon juga dapat menguatkan rambut dan membasmi tumpukan bakteri dan jamur penyebab rambut patah dan rontok.

Jika Anda berminat untuk mencoba obat ketombe dari jeruk lemon, Anda hanya perlu mengolesi seluruh permukaan kulit kepala Anda dengan menggunakan air perasan jeruk lemon secara rutin setiap beberapa hari sekali.

4. Lidah Buaya

Cara mengobati ketombe alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Perawatan ketombe dengan lidah buaya tentu saja akan memberikan manfaat lain selain untuk menghilangkan ketombe, yakni dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala sekaligus.

Selama ini mungkin lidah buaya lebih dikenal sebagai bahan alami untuk melebatkan dan menghitamkan rambut, ternyata juga bisa kita gunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe.

Dengan memberikan manfaat untuk mendinginkan dan menyegarkan kulit kepala, perawatan dengan lidah buaya ini juga sangat mudah sekali. Silahkan anda ambil bagian daging lidah buaya kemudian lumat hingga halus.

Setelah halus, aplikasikan gel tersebut ke permukaan kulit kepala. Agar lebih cepat meresap, beri pijatan ringan, kemudian biarkan sekitar setengah jam. Terakhir, bilas rambut anda hingga bersih ya.

5. Jeruk Nipis dan Santan

Anda bisa mengkombinasikan antara jeruk nipis dengan santan untuk mengobati ketombe yang membandel. Kombinasi kedua bahan ini merupakan salah satu obat terbaik ketombe yang bisa anda buat. Caranya yaitu, silahkan anda campurkan santan secukupnya dengan perasan jeruk nipis. Campuran kedua bahan ini kemudian anda aplikasikan ke rambut dan pastikan menyentuh kulit kepala, beri sedikit pijatan biar ramuan cepat meresap.

Baca juga: Manfaat Santan untuk Rambut

Diamkan selama setengah jam. Setelah setengah jam, kini saatnya untuk membersihkannya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa menerapkan cara ini minimal 2 kali dalam seminggu.

Simak selengkapnya: Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

6. Daun Pandan

Siapa sangka daun pandan yang biasanya dijadikan sebagai bahan pengharum makanan ini juga dapat kita jadikan sebagai obat ketombe alami.

Bagaimana cara mengobati ketombe dengan menggunakan daun pandan?

Silahkan anda ambil daun pandan secukupnya, kemudian bersihkan. Setelah bersih selanjutnya anda haluskan, bisa dengan menumbuknya. Setelah halus, selanjutnya silahkan sedikit air hangat dan bilas kepala dengan air perasan daun pandan.

7. Kangkung

Anda suka makan sayur kangkung? Kangkung memang sering dijadikan sebagai tumis untuk menemani kita makan. Tapi siapa sangka ternyata kangkung ini juga bermanfaat untuk mengobati ketombe. Caranya yaitu silahkan anda rebus daun kangkung secukupnya dengan 2 gelas air, biarkan sampai sisa 1 gelas air, kemudian biarkan sampai dingin, gunakan air rebusan ini untuk mencuci rambut dan kepala.

8. Bawang Merah

Kalau tadi sayur kangkung, kini kita juga akan menggunakan bawang merah untuk mengobati ketombe. Caranya yaitu silahkan anda haluskan bawang merah, atau cukup belah bawang merah menjadi dua. Kemudian oleskan pada kulit kepala.

9. Daun Neem

Selanjutnya, obat ketombe yang juga terbukti ampuh untuk mengatasi ketombe yaitu daun neem. Caranya yaitu silahkan anda merebus 2 lembar daun neem dengan satu gelas air, sisakan setengahnya. Biarkan hingga dingin, kemudian pakai air hasil perasan untuk mencuci permukaan kulit kepala kita.

10. Tea Tree Oil

Cara mengobati ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan Tea tree oil yang memiliki sifat anti jamur atau fungi. Caranya yaitu masukkan satu sendok makan tea tree oil dan dicampur dengan satu secangkir air hangat. Kemudian semprotkan pada area kepala.

11. Garam

Sebagai bumbu untuk mengasinkan aneka makanan, garam uga bermanfaat untuk mengobati ketombe membandel. Caranya yaitu, pertama silahkan basahi rambut anda terlebih dahulu. Selanjutnya taburi sedikit garam dan gosokkan pada kulit kepala. Garam ini berfungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Kemudian bilas dan shampoan hingga bersih.

Simak selengkapnya: Cara mengobati ketombe dengan garam

12. Minyak Almond

Cara mengobati ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak almond. Bagaimana caranya? Silahkan anda oleskan secara merata minyak almond pada kulit kepala kita. Berikan sedikit pijatan lembut. Biarkan selama 20-30 menit. Selanjutnya bersihkan.

13. Baking Soda

Baking soda selain sudah terkenal sebagai bahan untuk membuat kue, ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe.

Karena baking soda cukup “keras”, maka sebaiknya anda menggunakannya sedikit saja. Bagaimana caranya? Silahkan anda campurkan baking soda dengan air hangat. Kemudian aplikasikan pada kulit kepala.

14. Minyak Kemiri

Minyak kemiri selain bermanfaat untuk menghitamkan dan melebatkan rambut juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya dengan mengaplikasi minyak kemiri ke kulit kepala kita.

15. Cuka

Cuka makan yang biasnaya dimanfaatkan untuk menambah rasa sedap pada makanan juga bisa kita gunakan sebagai obat ketombe. Cuka makan ini merupakan zat yang bersifat abrasif, dengan penggunaan cuka kita akan mudah untuk menghilangkan kulit mati yang terkelupas. Anda harus berhati-hati saat menggunakan cuka putih. Jangan terlalu banyak dalam penggunaannya. Aplikasikan sedikit saja cuka makan ini pada kulit kepala anda.

16. Penuhi Asupan Nutrisi

Terakhir, untuk mengatasi ketombe dari dalam, penuhilah kebutuhan nutrisi tubuh anda, terutama kebutuhan nutrisi rambut anda, baik dari makanan dan minuman yang kita konsumsi atau bisa juga dengan menggunakan nutrisi rambut instant yang banyak di jual di apotek atau mall-mall.

***

Itulah sedikit informasi mengenai ragam alternatif cara mengobati ketombe yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya. Baca juga: 16 Shampo Anti Ketombe yang Aman dan Ampuh

Leave a Reply