Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami

Cara Mengobati Kaki Pecah Pecah – Kaki yang mulus menjadi salah satu aset utama anda dalam meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu pula, kaki yang mulus tentu saja bebas dari masalah kaki yang pecah – pecah di sekitar area tumit. Kaki yang mengalami masalah demikian, tentu saja akan menggangu rasa percaya diri anda, terlebih tidak bisa secara bebas memiliki model sepatu atau sandal sesuai keinginan, yang mana anda mesti memilih model sepatu yang mentupi kaki pecah – pecah anda.

Memang, kaki pecah-pecah terlihat sederhana dan tidak terlalu penting karena terletak di bagian bawah dan jarang orang melihatnya apalagi kalau sedang pakai sepatu. Namun, apa jadinya kalau sedang tidak pakai sepatu atau sedang beraktivitas telanjang kaki? Tentu akan membuat percaya diri kita drop. Kira-kira, bagaimana cara mengobati kaki pecah pecah?

Ada banyak cara mengobati kaki pecah pecah yang bisa kita lakukan. Mengobati kaki pecah – pecah bisa dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah diperoleh disekitar anda. biasanya bahan – bahan alami ini, merupakan salah satu bahan yang mengandung air, sehingga bisa membantu melembapkan kulit kaki anda.

Penyebab Kaki Pecah Pecah

Sebelum kita bahas apa saja cara mengobati kaki pecah pecah tersebut, ada baiknya kalau kita mengetahui penyebab kaki pecah pecah. Berikut ini beberapa penyebab kaki pecah pecah yang wajib anda ketahui:

  • Penyebab tumit kaki pecah pecah yang pertama adalah akibat aktivitas yang berlebihan dengan kaki.
  • Selanjutnya, berdiri terlalu lama juga dapat menjadi salah satu menyebabkan tumit retak.
  • Anda memiliki berat badan over? Nah, ini juga bisa menjadi pemicu kaki pecah pecah. Hal ini dikarenakan berat badan berlebih akan memberikan tekanan pada pada tumit, sehingga menyebabkan kulit melebar kesamping. Jika kulit tidak memiliki fleksibilitas, tekanan pada kaki bisa menyebabkan tumit pecah-pecah .
  • Ada beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan kaki pecah pecah, diantaranya adalah Eksim, penyakit tiroid, diabetes, dan beberapa kondisi kulit lainnya juga dapat menyebabkan tumit pecah-pecah.
  • Sering beraktivitas di air yang menyebabkan kaki terkena air terus menerus juga dapat mengakibatkan kaki pecah pecah, apalagi kalau sambil berjalan karena hal ini dapat mengakibatkan kaki kehilangan minyak alami kulit, dan dapat meninggalkan kulit kering dan kasar.
  • Berdiri lama di tempat lembab seperti kamar mandi juga bisa menjadi penyebabnya.
  • Faktor usia juga bisa menjadi pemicu kaki pecah pecah, hal ini dikarenakan kulit kita sudah kehilangan elastisitasnya sehingga kulit terkadang bersisik, tebal, kering, kita bisa memperlambatnya dengan mengkonsumsi nutrisi untuk kulir.
  • Penyebab kaki pecah pecah yang terkahir adalah karena kekurangan vitamin, mineral, zat besi dan seng
Cara mengobati kaki pecah pecah

Cara mengobati kaki pecah pecah

Gejala Awal Kulit Pecah Pecah

Berikut ini beberapa gejala yang timbul:

  • Kulit Merah dan bersisik – Gejala kaki pecah pecah yang pertama adalah kulit merah dan bersisik, jika kondisi ini diabaikan maka kondisi bisa semakin memburuk. Kulit kering juga menjadi lebih rentan terhadap infeksi, dan penting untuk segera diatasi.
  • Kulit mengelupas – Kulit mengelupsa juga bisa menjaadi indikasi kaki pecah pecah. Kulit mengelupas dan mulai pecah-pecah adalah tanda bagi Anda untuk segera melakukan langkah pengobatan. Hindari menarik potongan-potongan kulit kering ini, karena bisa merusak kulit yang masih melekat. Jika Anda merasa perlu untuk membuangnya, bisa menggunakan gunting kecil atau pisau kecil, lakukan secara perlahan-lahan dan hati-hati
  • Kulit gatal – Gejala kulit pecah pecah selanjutnya adalah timbulnya rasa gatal, hal ini bisa diakibatkan oleh menyusutnya lapisan kulit bagian atas yang kering. Penyusutan yang berlebihan ini akan menyebabkan peregangan pada kulit bagian bawah dan sekitar daerah yang terkena, yang menyebabkan ketidaknyamanan dan gatal. Anda harus membuang lapisan atas kulit yang mati sebelum Anda melakukan pengobatan untuk tumit kering dan pecah-pecah.
  • Pendarahan – Gejala kaki pecah pecah yang terakhir adalah terjadinya pendarahan dari retakan pada tumit adalah masalah yang sangat serius, karena hal ini menunjukkan bahwa keretakan sudah menembus lapisan bawah jaringan. Celah-celah di tumit ini akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit di daerah ini. Memakai sepatu yang tertutup tanpa kaus kaki karena tumit kering dan pecah-pecah hanya akan lebih meningkatkan risiko infeksi dan jamur, karena sepatu yang tertutup akan memberikan ruang yang baik bagi pertumbuhan jamur dan infeksi .

Cara mengobati kaki pecah pecah

Nah itu dia penyebab serta gejala kaki pecah pecah yang mesti anda waspadai, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengobati kaki pecah pecah, silahkan simak berikut ini:

1. Minyak zaitun

Cara mengobati kaki pecah pecah yang pertama adalah dengan menggunakan olive oil atau minyak zaitun. Minyak ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan alami. Untuk lebih jelasnya sudah kami bagikan pada tulisan: Manfaat minyak zaitun untuk kulit

Untuk mengatasi kaki pecah pecah, kita hanya cukup mengoleskan minyak ini dibagian yang pecah secara rutin setiap hari sampai kulit kita benar-benar kembali normla dan halus kembali. Memang, minyak ini bisa dibilang cukup sulit untuk mendapatkannya.

Karena minyak zaitun selain baik untuk kulit, manfaat minyak zaitun untuk rambut juga sudah tidak diragukan lagi.

2. Cara mengobati kaki pecah pecah dengan Madu

Selain dengan minyak zaitun, kaki pecah pecah juga bisa diatasi dengan menggunakan madu. Sama halnya dengan minyak zaitu, madu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan alami. Baca juga cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu

Oleskan madu pada bagian tumit kaki yang pecah pecah secara rutin. Dengan cara ini maka kaki pecah pecah akan lebih cepat meregenerasi sel baru yang akan menggantikan bagian kulit yang pecah pecah.

3. Menggunakan mentimun

Mentimu selain bermanfaat untuk menghaluskan wajah juga bermanfaat untuk mengatasi tumit kaki pecah pecah. Kandungan air yang terdapat di dalam timu berkhasiat untuk melembapkan kulit kaki yang kering dan pecah – pecah. Caranya, pertama haluskan mentimun secukupnya, kemudian lakukan pijatan di area kaki dengan mentimun yang sudah dihaluskan tersebut, lakukan secara teratur.

4. Menggunakan jeruk nipis

Cara mengatasi kaki pecah-pecah selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya yaitu dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis ini ke seluruh bagian kaki, dan untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa melakukannya secara teratur.

5. Ramuan pisang

Jika anda memiliki buah pisang di rumah, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan buah ini untuk menghaluskan kaki pecah pecah anda. Caranya yaitu dengan menghaluskan pisang menjadi krim, kemudian oleskan ke bagian kaki seraya memijatnya secara perlahan. Diamkan sekitar 10 -15 menit lalu bilas dengna air dingin.

6. Krim pelembab

Anda juga bisa mengatasi kaki pecah pecah dengan menggunakan pelembab kulit. Oleskan krim pelembab ini secara teratur untuk mendapatkan kulit yang lembab dan bebas dari pecah – pecah. Untuk mengoleskannya, sebaiknya lakukan setelah anda mandi, agar hasilnya lebih maksimal.

7. Air mawah dan gliserin

Campuran antara air mawar dengan gliserin ini sendiri, merupakan salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kaki yang pecah – pecah secara alami, dengan cara melembabkan bagian kulit kaki anda. oleskan pada bagian kulit kaki sebelum tidur, dan juga pada saat bepergian, sebaiknya pergi dengan menggunakan kaos kaki.

8. Buah Alpukat

Cara mengobati kaki pecah peh selanjutnya dengan memanfaatkan buah alpukat. Caranya sangat mudah sekali, kita cukup menghancurkan buah alpukat yang sudah masak sampai lembut, kemudia oleskan masker tersebut pada tumit. Memang, agak sayang rasanya, tidak perlu semuanya, karena sebagiannya bisa kita nikmati sebagai jus :D.

Dengan cara ini kaki pecah pecah bisa kembali halus dan lembut.

9. Batu Apung

Cara mengatasi kaki pecah pecah selanjutnya adalah dengan menggunakan batu apung. Caranya yaitu, pertama silahkan rendam kaki anda dengan menggunakan air hangar 10 menit, kemudian gosok dengan batu apung. Cara ini terbukti ampuh untuk menyingkirkan sel kulit dengan cepat serta mengembalikan kulit halus seperti semula.

10. Masker Buah Lemon

Kita juga bisa mengatasi kaki pecah pecah dengan menggunakan masker buah lemon. Caranya silah

Khasiat Lemon Juice memang Bukan Hanya Untuk Minuman namun Bisa juga Dipakai Sebagai Alat Perawatan Kecantikan. Silakan Buat Jus Lemon Dalam Jumlah Cukup banyak dan Rendam Kaki Anda. Kalau Saran Saya Gunakan Air Hangat Agar Lebih Terasa Khasiat Terapinya

11. Bersihkan Kaki

Selanjutnya, untuk mendapatkan kulit yang halus seperti semula, anda sebaiknya rajin membersihkan kaki menjelang tidur. Kebiasan ini dapat mencegah kaki pecah pecah.

12. Minyak Nabati Untuk Kaki

Selanjutnya, untuk menghaluskan kaki pecah pecah anda sebaiknya mengoleskan minyak nabati menjelang tidur. Jika anda rutin melakukannya, maka kaki pecah pecah anda akan kembali halus dalam beberapa minggu.

13.  Terapi Air Hangat

Cara mengobati kaki pecah pecah yang terakhir adalah dengan terapi air hangat. Terapi ini selain untuk mengatasi kaki pecah pecah juga dapat merelaksasi pikiran, menghilangkan stress dan kembali merechage energi dari dalam.

Nah, kira-kira cara mengobati kaki pecah pecah yang mana yang akan anda coba. Perawatan rutin tentu akan memberikan hasil maksimal. Semoga bermanfaat. Baca juga Cara mengatasi kulit belang

Leave a Reply