15 Cara Menghilangkan Telur Kutu yang Menempel di Rambut Secara Alami

Cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut – Saat rambut terserang kutu jika tidak segera ditangani dengan cepat maka akan mengakar dan berkembang biak di rambut. Kutu rambut merupakan hama yang bersarang di kepala. Kutu berkembang biak dengan cara berlelur.

Perkembangan kutu sangat cepat 1 indukan bisa bertelur sebanyak 6 butir perhari. Bagaimana jika ada 7 indukan di kepala anda maka telur yang dihasilkan juga semakin banyak. Sebaiknya segera hilangkan kutu dari kepala serta telurnya.

Cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut memang sedikit sulit karena telur kutu memiliki lem perekat yang membuat telur melekat erat pada rambut. Kutu bisa membuat kepala terasa gatal tapi ternyata telur kutu juga bisa membuat kepala menjadi gatal.

Hal itu tentu akan membuat kegiatan kita terganggu belum lagi rambut akan terlihat kotor dengan banyaknya telur yang melekat di rambut. Menghilangkan kutu sampai ke telur-telurnya memang harus segera dilakukan untuk mencegah kutu menular ke orang lain.

Cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut

Cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut

Sebelum itu pahami dulu cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut agar bisa membasmi kutu sampai ke akarnya. Hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan diri serta perabotan rumah sangat penting untuk membantu menghilangkan kutu beserta telurnya.

Cara Menghilangkan Telur Kutu yang Menempel Di Rambut

Saat rambut tertular kutu maka sebaiknya lakukan pengobatan untuk menghilangkannya, namun menghilangkan telur kutu juga tak kalah pentingnya untuk mencegah perkembangbiakan kutu agar kutu bisa dibasmi dengan mudah. berikut ini beberapa cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut seperti:

1. Menghilangkan telur kutu dengan cuka

Cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut yang pertama adalah dengan menggunakan cuka. Kandungan pada cuka dapat menghilangkan lem perekat yang ada pada telur kutu. Sehingga menggunakan cuka sebagai obat menghilangkan telur kutu merupakan pilihan yang tepat karena telur kutu akan lepas dengan sendirinya dari rambut.

Cara membuat dan menggunakannya

  • Jangan menggunakan cuka saja untuk menghilangkan kutu rambut karena efek samping yang ditimbulkan bisa menyebabkan iritasi. Tambahkan sedikit air pada cuka untuk mengurangi resiko iritasi
  • Anda juga bisa menambahkan cuka dan air dengan berbandingan 1:1 pada air mandi yang anda gunakan setelah itu mandi seperti biasa dan jangan lupa membasihi rambut anda.
  • Anda juga bisa mengoleskan cuka yang ditambah air secukupnya pada kepala lalu tunggu selama 10 menit
  • Setelah itu ambil sisir kutu atau serit lalu sisir rambut anda, maka telur yang ada di kepala akan berjatuhan dengan sendirinya.
  • Setelah itu mandi menggunakan sampho seperti biasa. Jika sekiranya telur masih banyak yang melekat pada rambut sebaiknya ulangi cara ini seminggu sekali selama 2 bulan agar mendapatkan hasil yang maksimal

2. Menghilangkan telur kutu dengan obat kumur

Obat kumur juga bisa digunakan untuk menghilangkan telur kutu. Gunakan listerine original agar hasil yang didapatkan maksimal. Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama ambil listerine original setelah itu oleskan pada rambut sampai rata, pastikan listerine tersebut membasahi seluruh rambut setelah itu tutup rambut menggunakan shower cap.

Biarkan rambut selama 30 menit, setelah menunggu beberapa saat bilas rambut menggunakan air hangat. Lalu gunakan serit untuk memaksimalkan perontokan telur kutu.  Lakukan segera cara ini agar telur yang ada pada rambut berubah menjadi kutu yang  akan memperbanyak jumlahnya setiap saat.

3. Memotong rambut

Memotong rambut biasa dilakukan para orang tua saat anak-anaknya terserang kutu rambut. Ternyata cara ini cukup efektif mengurangi jumlah telur kutu yang melekat di rambut. Penyebaran telur kutu yang sangat luas yaitu dari pangkal sampai ke ujung rambut sehingga memotong rambut juga bisa menjadi pilihan yang cukup efisien.

Untuk anak laki-laki anda bisa mencukur habis rambutnya atau dibotak, tapi untuk anak perempuan sebaiknya memotong sebatas bahu saja

4. Gunakan serit

sisir khusu kutu ini juga bisa menghilangkan telur kutu. Bentuknya yang bergerigi rapat membuat telur ikut terlepas saat menyisit rambut. Cara ini juga tidak menimbulkan efek sampaing. Menggunakannya sesering mungkin tidak masalah tapi justru lebih bagus agar telur kutu bisa dihilangkan dengan cepat

olesi rambut anda menggunakan leave-in condisioner sebelum menyerit agar rambut tidak kusut dan rambut tidak ikut tertarik atau rontok.

5. Menghilangkan telur kutu dengan minyak zaitun

Minyak zaitun cukup ampu merawat rambut dan kulit. Ternyata minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan telur kutu. Minyak zaitun sangat baik digunakan sebagai obat pembasmi kutu dan telurnya. Kutu akan kesulitan bernapas karena saluran napasnya sudah disumbat oleh minyak zaitun, serta telur akan terlepas dengan sendirinya karena lem perekatnya sudah dihilangkan.

Simak juga 19 Cara Membuat Masker Minyak Zaitun

Cara membuat dan memakainya

  • Ambil minyak zaitun secukupnya
  • Setelah itu oleskan minyak zaitu sampai rata pada tiap helai rambut
  • Beri sedikit pijatan di kepala untuk melancarkan darah dan untuk relaksasi
  • Langkah selanjutnya tutup rambut menggunakan handuk atau kain
  • Biarkan semalaman lalu keesokan harinya bilas rambut

6. Menghilangkan telur kutu menggunakan minyak kelapa

Cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut juga bisa dilakukan menggunakan minyak kelapa. Manfaat dan cara kerja minyak ini hampir sama dengan minyak zaitun. Kutu dan telurnya akan mati dan terlepas dengan sendirinya. Penggunaan serit juga bisa digunakan untuk mempermudah perontokan telur kutu.

7. Menghilangkan telur kutu menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih selain digunakan untuk menghilangkan masuk angin ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan telur kutu yang melekat di rambut. Cara membuat dan memakainya juga sangat sederhana.

Pertama tuangkan minyak kelapa ditelapak tangan setelah itu oleskan pada rambut dan kulit kepala, setelah itu tutup dengan shower cup selama 3 jam, setelah itu sisir rambut menggunakan serit selama 5 menit kemudian baru bilas rambut menggunakan air hangat.

8. Menghilangkan telur kutu menggunakan bawang merah

Bawang merah merupakan umbi-umbian yang sangat ampuh membunuh kutu beserta telurnya. Kandungan sulfur putih pada bawang merah inilah yang dapat membantu menghilangkan dan membasmi kutu beserta telurnya

Cara membuat dan menggunakannya

  • Kupas 5 buah bawang merah lalu bersihkan
  • Lalu tumbuh bawang merah sampai halus
  • Setelah halus oleskan pada rambut sampai benar-benar rata
  • Langkah berikutnya tutup rambut menggunakan shower cup
  • Setelah itu tidur dan biarkan semalaman
  • Keesokan harinya keramas sampai bersih

9. Baby oil

Baby oil sama seperti manfaat minyak lainnya yaitu dapat menjadi pelicin yang dapat melepaskan perekat pada telur kutu dengan mudah. cara menggunaknnya juga hampir sama dengan minyak alinnya

Ambil baby oil secukupnya lalu ratakan di rambut dari pangkal sampai ke ujung rambut, beri pijatan pada kulit kepala, lalu ambil sisir khusus kutu yaitu serit lalu gunakan untuk menyisir rambut. Setelah itu bilas rambut menggunakan sampho yang biasa anda gunakan.

10. Bawang putih

Bawang putih memiliki sejuta manfaat salah satunya dapat membasmi telur kutu. Sifat anti bakteri pada bawang putih dapat membantu menghilangkan kutu beserta telurnya. Bawang putih akan membantu melonggarkan daya cengkram telur kutu.

Cara membuat dan menggunakannya

  • Siapkan 5 siung bawang putih, kupas lalu cuci bersih
  • Haluskan bawang putih
  • Setelah halus oleskan dari pangkal sampai ujung rambut
  • Langkah berikutnya tutup rambut mneggunkanan handuk panas
  • Biarkan selama 1 jam lalu bilas
  • Gunakan serit untuk mempermudah pelepasan telur kutu

11. Minyak almond

Minyak almond merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu membasmi telur kutu. Menggunakan minyak almond secara teratur bukan hanya dapat membasmi kutu beserta telurnya tapi juga dapat menyehatkan dan memperindah rambut anda.

Cara membuat dan menggunakannya

  • Siapkan beberapa bahan berikut ¼ gelas minyak almond dan 5 sendok air jeruk nipis
  • Lalu ambil wadah dan masukkan kedua bahan tersebut
  • Aduk sampai keduanya tercampur
  • Setelah itu ratakan pada rambut dan kulit kepala
  • Biarkan minyak tersebut bekerja selama 2 jam
  • Setelah 2 jam cuci rambut sampai bersih

12. Menghilangkan telur kutu menggunakan jus lemon

Telur kutu yang bersarang di rambut juga bisa dibasmi menggunakan jus lemon atau perasan air lemon. Zat asam pada lemon inilah yang dapat membantu menghilangkan telur kutu. Selain itu lemon juga baik merawat rambut dan bisa menghilangkan ketombe dengan mudah.

Cara membuat dan menggunakannya

  • Oleskan air perasan lemon pada pangkal sampai ujung rambut serta kulit kepala
  • Setelah itu tunggu selama 1 jam
  • Setelah 1 jam cuci rambut sampai bersih
  • Anda juga bisa menggunakan serit untuk menghilangkan telur kutu dengan maksimal

13. Menghilangkan telur kutu menggunakan lidah buaya

Lidah buaya selain dapat merawat rambut dan kulit ternyata juga bisa dijadikan obat kutu beserta telurnya. Penggunaan bahan alami ini secara teratur akan membuat rambut anda bebas masalah termasuk masalah telur kutu.

Cara membuat dan menggunakannya

  • Kupas 2 lembar daun lidah nuaya dan ambil dagingnya saja
  • Aetelah itu cuci sampai bersih
  • Lalu haluskan menggunakn blender sampai berbentu seperti bubur
  • Lalu oleskan pada rambut dan kepala
  • Biarkan lidah buaya kering selama 1 jam lalu bilas

14. Menghilangkan telur kutu dengan cara keramas

Cara yang paling ampuh membunuh kutu beserta telurnya adalah mencuci rambut dengan rajin minimal 2 kali seminggu. Jika kebersihan rambut dan tubuh terjaga maka kuman, bakteri dan hama seperti kutu dan telurnya enggan bersarang di kepala kita.

15. Menghilangkan telur kutu menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel juga bisa menghilangkan kutu beserta telurnya dengan mudah. oleskan cuka sari apel secukupnya pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan. Lalu biarkan selama 1 jam. Setelah itu sisir rambut menggunakan serit untuk mempermudah pelepasan telur kutu setelah itu bilas rambut menggunakan air bersih.

Tips mencegah kutu dan telurnya datang kembali

Setelah menggunakan obat dan cara tradisional tersebut maka kutu dan telurnya akan berkurang dan lama akan habis, tapi anda jangan lengah kutu bisa datang dan menyerang rambut anda kembali. Sebaiknya lakukan beberapa cara ini untuk mencegah kutu beserta telurnya datang kembali seperti berikut ini :

  • Setelah melakukan serangkaian perawat di atas sebaiknya pastikan denga jelas apakah kutu beserta telunya benar-benar habis. Anda bisa mencari telur kutu secara langsung dengan bantuan teman atau saudara
  • Jangan lupa keramas atau cuci rambut menggunkanan sampho yang susia dengan rambut anda, dan jangan mengganti-ganti sampho terlalu sering
  • Hindari kontak langsung antar kepala dengan orang yang memiliki kutu
  • Hindari juga berbagi barang yang berhubungan langsung dengan rambut seperti sisir, bantal, selimut, handuk, topi, syal, dan jilbab
  • Perhatikan kebersiha sekitar seperti kebersihan rumah, kasur, sofa, dan perabotan rumah.

Itulah 15 cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut. Segera lakukan beberapa perawatan di atas jika sekiranya rambut anda terserang kutu. Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lewatkan juga 43 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen, Terbukti Ampuh!

Leave a Reply