Penyebab Jenis & Cara Menghilangkan Tanda Lahir

Cara menghilangkan tanda lahir dapat digolongkan menjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan medis. Cara ini biasanya cukup repot dan memakan dana yang tidak sedikit.

Hal ini berbeda dengan kelompok cara yang kedua, yaitu menggunakan bahan alami. Selain praktis, biaya yang dibutuhkan untuk bisa menghilangkan tanda lahir dengan bahan alami biasanya juga sangat murah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, beberapa orang ada yang dilahirkan dengan membawa tanda lahir di beberapa bagian tubuh. Tanda lahir ini biasanya terlihat seperti bercak warna dengan ukuran yang bervariasi.

Mayoritas tanda lahir biasanya cenderung tidak berbahaya. Namun begitu, keberadaannya akan membuat penampilan fisik menjadi kurang menarik. Terlebih bila letaknya berada tepat di bagian wajah.

Cara Menghilangkan Tanda Lahir

Ilustrasi: Cara Menghilangkan Tanda Lahir

Penyebab Munculnya Tanda Lahir

Sampai saat ini penyebab munculnya tanda lahir pada bayi masih belum diketahui secara pasti.

Namun begitu, beberapa pakar medis berpendapat bahwa penyebab utama munculnya tanda lahir adalah karena pembuluh darah yang berkumpul di satu titik tubuh tertentu.

Akibat pemusatan pembuluh darah tersebut, kulit akhirnya memiliki pigmen tambahan. Nah, pigmen tambahan ini lah yang terlihat seperti bercak warna dan kita sebut sebagai tanda lahir alias tompel.

Jenis-jenis Tanda Lahir

Jenis tanda lahir sendiri terbagi menjadi 2, yaknitanda lahir pigmen dan tanda lahir vaskuler. Tanda lahir pigmen muncul dikarenakan adanya kelebihan pigmen, sedangkan tanda lain vaskuler muncul karena terdapat pembuluh darah yang abnormal di bawah kulit.

  • Tanda Lahir Pigmen

Untuk tanda lahir pigmen sendiri ada 3 jenis, yaitu tahi lalat, bintik café au lait atau noda kopi susu, dan bercak Mongol (Mongolian spot). Tanda lahir berupa tahi lalat umumnya berukuran kecil, berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan. Tanda lahir jenis ini biasanya tidak berbahaya, tapi perlu diwaspadai jika terasa gatal, berdarah, atau tampak berbeda dengan tahi lalat lainnya.

Untuk tanda lahir yang berwarna cokelat muda atau hitam biasanya bentuknya oval. Untuk tanda lahir jenis ini bisa hilang sendiri biasanya seiring pertumbuhan tubuh kita.

Nah, untuk tanda lahir bercak Mongol biasanya berwarna biru kelabu dan muncul di bagian punggung dan bokong. Tanda lahir ini bisa membuat warna kulit menjadi lebih gelap, terkadang terlihat layaknya memar di tubuh. Bercak Mongol bisa memudar dengan sendirinya, namun bisa juga menetap seumur hidup.

  • Tanda Lahir Vaskuler

Selanjutnya, tanda lahir jenis vaskuler, tanda lahir jenis ini biasnaya dijumpai dalam bentuk bercak makula, hemangioma, dan port-wine stain (nevus flammeus). Pada tanda lahir bercak makula, ditandai dengan munculnya bercak berwarna kemerahan pada kulit. Umumnya tanda lahir ini ditemui di bagian dahi, kelopak mata, belakang leher, bibir bagian atas dan hidung.

Untuk tanda lahir hemangioma, tanda ini muncul setelah bayi anda lahir, kemudian ukurannya akan membesar seiring berjalannya waktu tapi mungkin selanjutnya bisa menyusut kembali. Tanda lahir jenis ini tiadk berbahaya, jadi anda tidak perlu khwatir, karena bisa menghilang ketika anak memaski umur 5 hingga 10 tahun, namun kemungkinan meninggalkan bekas.

Untuk jenis port-wine stain atau nevus flammeus ditandai dengan munculnya bercak seperti warna minuman anggur yaitu merah muda hingga merah keunguan. Umumnya tanda lahir ini ditemui dibagian wajah namun bisa juga ditemui di bagian tubuh lainnya, dan cenderung menetap hingga dewasa.

Cara Menghilangkan Tanda Lahir Secara Alami

Jika Anda memiliki tanda lahir di bagian tubuh yang sering terlihat, berikut merupakan beberapa alternatif cara menghilangkan tanda lahir secara alami yang bisa Anda coba untuk terapkan:

1. Coba Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin dan zat senyawa aktif yang dapat membantu menghaluskan kulit dan mempercepat proses regenerasi jaringan sel kulit.

Berkat kemampuannya tersebut, minyak zaitun diyakini dapat membantu menghilangkan atau paling tidak menyamarkan keberadaan tanda lahir di bagian wajah dan bagian – bagian tubuh yang lainnya.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan tanda lahir menggunakan minyak zaitun tergolong cukup simpel. Anda hanya perlu mengolesi tanda lahir yang ingin Anda hilangkan dengan minyak zaitun secara rutin 3 kali sehari.

2. Coba Kompres dengan Es Batu

Suhu dingin yang dimiliki oleh es batu dapat membantu mengecilkan pori – pori dan membuat proses peredaran darah di kulit Anda menjadi lebih lancar.

Ketika proses peredaran darah di kulit Anda bisa berjalan dengan lancar, maka kemungkinan besar tumpukan pembuluh darah yang sudah terlanjur menggumpal menjadi tanda lahir dapat berkurang dan hilang secara perlahan – lahan.

Nah, dalam prakteknya, cara menghilangkan tanda lahir dengan es batu bisa dilakukan dengan cara mengoleskan es batu secara rutin ke bagian tanda lahir setiap hari.

3. Pakai Jeruk Lemon

Jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Berkat kandungan vitamin C nya tersebut, jeruk lemon diyakini dapat membantu memutihkan kulit, mencerahkan kulit, dan menghilangkan flek hitam yang ada pada kulit.

Nah, karena tanda lahir juga dapat digolongkan sebagai flek hitam, maka jeruk lemon juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkannya. Caranya, Anda hanya perlu rutin mengolesi tanda lahir yang ada di tubuh Anda dengan menggunakan air perasan jeruk lemon.

Nantinya, selain akan menyamarkan tanda lahir secara bertahap, penggunaan jeruk lemon juga akan membantu memutihkan dan mencerahkan jaringan sel kulit di sekitar tanda lahir tersebut.

4. Coba Gunakan Buah Tomat

Cara menghilangkan tanda lahir dengan buah tomat tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan masker buah tomat (dapat dibuat dengan cara dihaluskan) secara rutin setiap 2 sampai dengan 3 hari sekali.

Jika digunakan secara rutin, kandungan anti oksidan yang terdapat dalam buah tomat akan membantu mengurangi dampak negatif yang timbul akibat penumpukan pembuluh darah di area sekitar tanda lahir.

5. Menggunakan Ekstrak Vitamin E

Ekstrak vitamin E diyakini dapat membantu menekan serangan zat radikal bebas yang berpotensi menyebabkan terjadinya penumpukan pembuluh darah di area sekitar tanda lahir.

Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin, vitamin E juga diklaim dapat membantu menyehatkan kulit dan mengurangi ukuran tanda lahir yang ada di bagian tubuh Anda.

Untuk bisa menghilangkan tanda lahir dengan menggunakan vitamin E, Anda hanya perlu mengonsumsi ekstrak vitamin E secara rutin setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan yang kaya akan vitamin E.

6. Coba Gunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan tanda lahir yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel.

Cuka apel memiliki sifat asam yang sangat tinggi. Berkat sifat asam yang dimilikinya, bahan makanan yang satu ini diyakini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit, seperti bintik dan flek hitam, tahi lalat, tanda lahir, dll.

Untuk bisa menghilangkan tanda lahir menggunakan cuka apel, Anda hanya perlu mengolesi tanda lahir yang ada pada tubuh Anda dengan menggunakan sari cuka apel secara rutin setiap hari.

7. Olesi dengan Minyak Jarak

Minyak jarak dapat memberikan efek panas pada kulit. Berkat efek panasnya yang ditimbulkannya tersebut, minyak jarak diklaim dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kulit, termasuk salah satunya adalah permasalahan tanda lahir.

Cara menghilangkan tanda lahir menggunakan minyak jarak tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu mengolesi tanda lahir yang ingin Anda hilangkan menggunakan minyak jarak secara rutin setiap hari sesaat sebelum tidur. Di pagi hari, begitu bangun, Anda tinggal membilasnya dengan air bersih.

8. Menggunakan Lidah Buaya

Selain bagus untuk rambut, lidah buaya ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan tanda lahir.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan zat senyawa aktif yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah, berkat kandungan vitamin dan zat senyawa aktif yang dimilikinya tersebut, lidah buaya bisa digunakan untuk menghilangkan tanda lahir atau pun flek hitam pada wajah.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengolesi tanda lahir di wajah Anda dengan menggunakan gel lidah buaya secara rutin setiap hari.

Nantinya, selain akan menghilangkan tanda lahir secara perlahan, penggunaan lidah buaya ini juga akan membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam yang ada di sekitar kulit wajah Anda.

9. Getah Bunga Kamboja

Cara menghilangkan tanda lahir yang selanjutnya adalah dengan menggunakan getah bunga Kamboja.

Getah bunga Kamboja memiliki zat senyawa triterpenoid amyrin, kautscuk dan lupeol. Saat diaplikasikan pada kulit, ketiga zat senyawa tersebut akan bekerja secara aktif untuk mempercepat proses regenerasi jaringan sel kulit. Dampaknya, jaringan pigmen kulit yang sudah mati pun akan segera tergantikan dengan jaringan sel kulit yang baru.

Untuk bisa menghilangkan tanda lahir dengan menggunakan getah bunga Kamboja, Anda hanya perlu mengolesi bagian kulit Anda yang ada tanda lahirnya dengan menggunakan getah daun kamboja.

Biasanya, beberapa saat setelah dioleskan ke kulit, getah kamboja akan membuat kulit Anda menjadi luka. Begitu lukanya sembuh, tanda lahir yang ada di kulit Anda pun akan langsung hilang dan tergantikan dengan jaringan sel kulit baru.

10. Manfaatkan Buah Pepaya

Cara menghilangkan tanda lahir selanjutnya bisa anda lakukan dengan menggunakan buah pepaya. Buah pepaya yang kaya akan enzim papain ini bermanfaat untuk mengelupaskan kulit dan menggantikannya dengan kulit baru.

Nah, dengan demikian, anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan tanda lahir di kulit anda. Tanda lahir anda akan mengelupas dan digantikan dengan kulit baru yang berwarna lebih terang.

Bagaimana caranya? Silahkan anda sediakan pepaya yang sudah matang, lalu anda haluskan. Aplikasikan pada kulit yang terdapat tanda lahir sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Atau kalau anda tidak mau repot, anda bisa mengunakan sabun atau krim yang memiliki bahan dasar pepaya.

11. Coba dengan Bawang Putih

Cara menghilangkan tanda lahir secara alami juga bisa lakukan dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih yang merupakan salah satu bahan masakan ini bermanfaat untuk menghilangkan tompel secara alami.

Bagaimana caranya? Silahkan anda ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama, silahkan haluskan bawang putih dengan cara diulek.
  • Lalu, aplikasikan pada area kulit yang terdapat tompel.
  • Agar tidak berantakan gunakan plester untuk menutupinya.
  • Gunakan cara ini pada waktu mau tidur malam dan diamkan semalaman.

12. Aplikasikan Buah Nanas

Cara menghilangkan tanda lahir berikutnya adalah dengan menggunakan buah nanas. Selain meyehatkan untuk dikonsumsi, buah nanas yang kaya akan vitamin C ini bisa kita manfaat untuk memperbaiki sel kulit.

Cara menghilangkan tanda lahir dengan nanas :

  • Pertama, sediakan buah nanas matang, lalu kupas dan potong
  • Haluskan dengan blender.
  • Silahkan anda gosokkan pada tompel.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari hingga tompel memudar.

Artikel terkait: Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Aman

13. Padukan Jeruk Nipis dan Delima

Cara menghilangkan tompel atau tanda lahir selanjutnya juga bisa dilakukan dengan mengkombinasikan jeruk nipis dengan delima. Caranya yaitu:

  • Pertama silahkan anda sediakan buah delima yang sudah ranum kemudian ambil bijinya secukupnya.
  • Blender biji delima tersebut sampai halus
  • Begitu halus, silahkan tambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis.
  • Aplikasikan campuran kedua bahan tersebut ke bagian tompel.
  • Biarkan semalaman agar ramuan benar-benar meresap ke dalam kulit.
  • Bilas dengan air bersih keesokan harinya

14. Manfaatkan Madu

Cara menghilangkan tanda lahir yang terakhir adalah dengan memanfaatkan adu. Madu selain bermanfaat untuk merawat wajah dan jerawat ternyata juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan tompel atau tanpa lahir.

Cara menghilangkan tanda lahir dengan madu sangat mudah, silahkan anda oleskan madu ke bagian tompel sebelum tidur. Biarkan semalaman, keesokan paginya bersihkan. Lakukan cara ini setiap malam ya.

Cek juga yuk: 11 Merk Sabun Pemutih Wajah yang Aman dan Ampuh!

Masalah yang Mungkin Timbul Karena Tanda Lahir

Selain dapat mengurangi rasa percaya diri si empunya, tanda lahir terkadang juga dapat menimbulkan masalah, berikut ini beberapa hal yang bisa memicu masalah akibat tanda lahir, yaitu:

  • Pertama adalah noda port wine yang berada di dekat mata dan pipi terkadang dikaitkan dengan masalah penglihatan seperti glaukoma atau sindrom Sturge-Weber.
  • Hemangioma berukuran besar (tergantung berada di mana) dapat mengganggu saat kamu makan, melihat, atau bernapas. Hemangioma terkadang dapat tumbuh secara internal, dan dapat mengancam kesehatan organ tubuh.
  • Jikan anda memiliki tanda lahir di tulang belakang bagian bawha, ketahuilah bahwa tanda ini dapat meluas di bagian bawah kulit, sehingga memengaruhi saraf dan aliran darah ke sumsum tulang belakang.
  • Selanjutnya tanda lahir berjenis mol yang besar, rupanya memiliki risiko tinggi berubah menjadi kanker.
  • Beberapa tanda lahir yang menonjol dan mengganggu penampilan, juga dapat mengganggu psikis anak dari waktu ke waktu. Hal ini juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Ada baiknya jika anda memiliki tanda lahir menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi saat berada di luar ruangan untuk mencegah timbulnya komplikasi.

***

Demikianlah beberapa alternatif cara menghilangkan tanda lahir yang bisa Anda coba untuk terapkan. Penting untuk diingat, mayoritas tanda lahir memang tidak berbahaya. Namun begitu, ada juga beberapa tanda lahir yang berpotensi menimbulkan bahaya. Tanda lahir seperti ini biasanya memiliki ciri – ciri dapat mengembang / melebar / tumbuh.

Jika Anda memiliki tanda lahir seperti ini, Anda kami sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Akhir kata, selamat mencoba cara di atas dan semoga berhasil ya! Jangan lewatkan juga: 17 Cara Mengatasi Pori Pori Besar Secara Alami

Leave a Reply