18 Tips Mengatasi Stretch Mark Secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Stretch MarkMemiliki kulit halus merupakan dambaan setiap orang, tidak hanya wanita tentu pria juga ingin memilikinya. Namun, ternyata ada beberapa kondisi yang tidak diinginkan terkadang muncul dan membuat kulit tidak semulus dahulu lagi. Salah satu masalah yang sering muncul dan mengakibatkan kulit kita tidak mulus adalah stretch mark.

Stretch mark adalah sebuah guratan-guratan putih, kemerah-merahan pada bagian tubuh yang memiliki panajang mulai dari millimeter (mm)sampai dengan belasan sentimeter (cm). Nah, kira-kira bagaimana cara menghilangkan stretch mark itu?

Sebelum kita bahas bagaimana cara menghilangkan stretch mark, ada baiknya kalau kita bahas terletbih dahulu penyebab stretch mark pada kulit kita. Pada dasarnya stretch mark muncul dapat diakibatkan karena elastisitas kulit melewati batasnya. Sehingga menyebabkan munculnya guratan-guratan tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami rangkum penyebab stretch mark yang mesti anda ketahui:

Penyebab Stretch Mark di Tubuh

Munculnya stretch mark di tubuh biasanya sangat sering dialami oleh wanita pasca melahirkan. Munculnya stretch mark pada ibu hamil ini sangatlah wajar sekali, sebab saat ibu sedang hamil kulit mengalami perenggangan yang cukup tinggi. Akibatnya setelah melahirkan munculan sebuah guratan-guratan putih agak kemerah-merehan.

Tidak hanya pada wanita pasca melahirkan saja, stretch mark juga dapat timbul pada anak-anak, remaja, sampai dengan orang dewasa. Untuk anak-anak dan remaja tidak perlu melakukan pengobatan strech mark, karena seiring dengan pertumbuhannya masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berikut ini beberapa penyebab stretch mark:

  • Penyebab stretch mark yang pertama adalah akibat perenggangan kulit secara berlebihan (contoh: ibu hamil)
  • Penyebab stretch mark yang kedua adalah karena mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid tinggi. Obat dengan kandungan senyawa tersebut dapat berpotensi merusak kolagen kulit, sehingga menyebabkan munculnya stretch mark.
  • Kekurangan konsumsi nutrisi, terutama vitamin A, E, dan C juga dapat menjadi penyebab stretch mark
  • Nah, stretch mark yang juga sering terjadi adalah karena kegemukan yang tiba-tiba kurus dengan cepat.
  • Selanjutnya, terlalu banyak konsumsi makanan-makanan berkalori dan berlemak tinggi juga dapat menyebabkan timbulnya stretch mark
  • Penyebab stretch mark yang terakhir adalah karena sebuah luka yang membuat sel kulit tidak mampu tumbuh (mati).

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Medis yang Aman

Nah, itu dia tadi beberapa penyebab stretch mark yang mesti anda ketahui, kini mari kita bahas bagaimana cara menghilangkan stretch mark tersebut?Menurut Dr. Amanda Lalita, Sp. KK, dermatologis dan venerologis kedua cara tersebut dengan berolahraga dan menghindari makanan-makanan tertentu.

Dr. Amanda Lalita, Sp. KK menyatakan bahwa olahraga merupakan cara menghilangkan stretch mark yang cukup mujarab secara tidak langsung. Saat berolahraga kulit secara otomatis akan lebih mengencang secara alami, akibatnya guratan-guratan itupun bisa hilang dengan mudah secara tidak langsung.

Untuk mengobati stretch mark secara langsung bisa dilakukan dengan menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi, mengubah gaya hidup sehat, menghindari rokok, memenuhi asupan gizi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara untuk mengobati stretch mark secara medis dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

1. Krim dan salep

Cara mengobati stretch mark yang pertama adalah denga krim dan salap. Cara ini cukup sering dilakukan oleh kebanyakan orang, ada banyak krim dan salep yang di jual di apotik yang dapat  menghilangkan stretch mark. Masing-masing merek tersebut mengklaim produknya mampu menghilangkan stretch mark dengan cepat dan aman. Namun faktanya, penggunaan krim atau salep sebenarnya hanya berguna untuk menyamarkan warna guratan dari strech mark tersebut.

2. Terapi dengan laser

Cara mengobati stretch mark yang kedua adalah dengan menggunakan laser. Cara ini memang bisa dibilang yang paling cepat dan efektif bahkan dalam hitungan detik saja. Namun ternyata cara ini hanya menyebabkan hilang sementara, setelah tidak melakukan pengobatan selama lebih dari 1 tahun guratan tersebut bisa muncul. Selain kurang efektif, pengobatan dengan laser juga memakan biaya cukup mahal.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Nah, beirkut ini beberapa cara menghilangkan stretch mark secara alami yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Memang, membutuhkan usaha ekstra dan waktu yang relatif lama, namun cara berikut ini lebih ampuh dan sifatnya lebih pemanen, silahkan coba cara berikut ini:

1. Menghilangkan Strech Mark dengan Lidah Buaya

Cara menghilangkan stretch mark yang pertama adalah dengan menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat untuk perawatan kecantikan alami tubuh kita. Salah satunya adalah untuk mengobati stretch mark.

Kandungan vitamin E, C dan A di dalam aloe vera bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark secara permanen. Caranya hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada bagian stretch mark, agar agar gel tersebut bisa meresap secara optimal beri pijatan secara lembut selama 10 menit dan diamkan selama 45 menitan. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

2. Menghilangkan Strech Mark dengan Coklat

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya dengan menggunakan coklat. Coklat tidak hanya enak untuk di makan tapi juga bisa dijadikan pasta untuk menghilangkan stretch mark. Caranya gunakan bubuk coklat asli untuk membuat pasta atau krim penghilang stretch mark. Kemudian oleskan merata pada bagian yang berstretch mark.

3. Menghilangkan Strech Mark dengan Putih Telur

Kandungan protein yang ada di dalam putih telur sangat baik untuk membantu menghilangkan stretch mark. Caranya dengan mengoleskan putih telur yang sudah di pisahkan dengan kuning telurnya pada bagian stretch mark merata dan sesering mungkin.

4. Menghilangkan Strech Mark dengan Minyak Zaitun

Selanjutnya, anda juga bisa mengobati stretch mark dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Selengkapnya: Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Nah, kandungan mineral dan vitamin A, D dan E pada minyak zaitun ini sangat cepat untuk menghilangkan stretch mark. Caranya cukup dengan cara mengoleskan rutin setiap hari pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark setiap harinya, lakukan selama 30 menit, lakukan juga pijatan ringan agar minyak zaitun meresap dengan baik. Terakhir cuci bersih.

5. Menghilangkan Strech Mark dengan Konsumsi Air Putih

Seperti yang telah saya jelaskan stretch mark dapat muncul disebabkan karena elastisitas kulit mengalamin penurunan. Untuk menjaga elastisitas kulit tersebut, silahkan kamu konsumsi air putih sebanyak mungkin. Usahakan minimal setiap hari konsumsi 8-10 gelas. Dengan konsumsi air putih secara rutin, maka elastisitas dan kelembaban  kulit kamu lebih terjaga secara alami.

6. Menghilangkan Strech Mark dengan Kopi

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah menggunakan kopi. Mungkin sudah banyak sekali yang share di dunia maya. Agar khasiat kopi semakin maksimal, silahkan gunakan biji kopi yang dihaluskan secara langsung. Hindari menggunakan kopi yang sudah diseduh, kopi manis, kopi yang sudah dicampur bahan-bahan tertentu, dan lainnya. Jadi, gunakan kopi yang masih alami saja. Caranya cukup campur kopi dengan air hangat sampai membentuk pasta, lalu oleskan secara rutin pada bagian guratan berwarna putih (stretch mark).

7. Menghilangkan Strech Mark dengan Cocoa Butter

Cara menghilangkan stretchmark selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaaatkan cocoa butter. Kokoa butter merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kokoa. Cocoa butter sekarang ini telah banyak digunakan oleh para produsen kosmetik untuk membuat produk perawatan kecantikan kulit, seperti salah satunya adalah lotion dan sun block.  Caranya cukup dengan mengoleskan sebelum tidur dan setelah bangun tidur minimal 2 kali sehari.

8. Menghilangkan Strech Mark dengan Minyak Jarak

Ternyata minyak jarak juga bisa kita menfaatkan untuk mengatasi stretch mark secara alami. Selama ini mungkin yang hanya kita tahu bahwa minyak ini bermanfaat untuk membuat kulit lebih awet muda, menghilangkan keriput, dan mencegah penuaan dini.

Minyak jarak mengandung kolagen dan mineral bermanfaat untuk mengobati stretch mark secara alami. Caranya cukup oleskan minyak tersebut secara merata pada bagian stretch mark selama 30 menit sehari., sembari memberi pijatan ringan agar minyak jarak meresap sempurna, setelah itu cuci bersih.

9. Menghilangkan Strech Mark dengan Kentang

Siap sangka ternyata sayur kentang juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati stretch mark pada bagian kulit, paha, perut, dan bagian lainnya secara alami.

Cara mengatasi stretch mark dengan kentang cukup mengirisnya tebal dan mengoleskan secara merata pada bagian stretch mark.

10. Menghilangkan Strech Mark dengan lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark sera alami. Hal ini dikarenakan vitamin C bermanfaat untuk mengoptimalkan produksi kolagen dalam regenerasi sel-sel kulit baru pada kulit. sehingga lemon sangat mujarab untuk membantu menghilangkan stretch mark.

Caranya sangat mudah, siapkan 1 buah lemon yang masih segar, belah 2. Lalu oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata, biarkan mengering dan meresap selama 30 menitan. Setelah itu bilas dengan air hanyat.

11. Menghilangkan Strech Mark dengan Gula

Anda juga bisa menggunakan gula untuk menghilangkan selulit di tubuh anda, caranya yaitu dengan menjadikan gula sebagai iscrub. Caranya yaitu dengan mengcampurkan gula plus madu dan gosokan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi.

12. Menghilangkan Strech Mark dengan Wortel

Wortel juga bermanfaat untuk menghilangkan selulit, baik itu di perut, paha atau bagian tubuh lainnya.  Caranya, silahkan haluskan wortel secukupnya, kemudian campur dengan sedikit madu lalu oleskan pada bagian tubuh yang berselulit. Diamkan selama setengah jam lalu bilas. Pemakaian secara teratur bisa membantu menghilangkan stretchmark dengan cepat.

13. Menghilangkan Strech Mark dengan Pelembab Harian

Berikut ini beberapa masker atau pelembab alami yang bisa anda gunakan secara untuk menghilangkan stretch mark secara alami. Berikut ini beberapa cara dan bahan untuk pelembab alami:

  • Campurkan bubuk coklat dengan minyak zaitun hingga menjadi pasta. Terapkan secara langsung hingga merasa ke bagian strecth mark. Kemudian bersihkan dengan air hangat setelah bahan pelembab mengering pada kulit.
  • Campurkan minyak zaitun, gel lidah buaya dan tepung gandum hingga menjadi pasta. Kemudian terapkan ke kulit secara langsung. Setelah kering bersihkan dengan air dingin. Cara ini bisa mengurangi stretch mark yang terlalu parah.
  • Campurkan gel lidah buaya dengan minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni mengandung vitamin E yang bisa mengurangi stretch mark dan melembabkan kulit. Kemudian terapkan ke kulit secara langsung lalu bersihkan dengan air hangat setelah mengering.

14. Menghilangkan Strech Mark dengan Masker Madu dan Garam

Campuran antara madu dan garam juga terbukti ampuh untuk mengetasi selulit, caranya yaitu ambil beberapa sendok madu dan letakkan dalam mangkuk kecil. Kemudian tambahkan satu sendok teh garam kasar. Campur kedua bahan hingga menjadi pasta dan terapkan secara langsung pada kulit yang terkena strecth mark. Setelah itu bersihkan dengan air hangat untuk menghilangkan madu yang lengket pada kulit.

Cara Mencegah Strech Mark

Berikut ini beberapa cara mencegah stretch mark yang bisa anda lakukan:

  • Pertama, hindari mengkonsumsi obat yang mengandung kortikosteroid dalam jangka panjang.
  • Cara kedua yaitu dengan melakukan diet sehat dan jangan biarkan tubuh anda mengalami kenaikan ataupun penurunan berat badan secara drastis
  • Sebisa mungkin hindari pertumbuhan otot yang berlebihan
  • Untuk ibu hamil, sebisa mungkin pakailah stagen
  • Gunakan lotion agar kulit selalu lembab dan elastis.
  • Lakukan perawatan setelah anda melahirkan. Pakailah krim yang mampu mengurangi strechmark
  • Jangan menggaruk kulit secara berlebihan
  • Pakailah body scrub sebelum anda mandi
  • Pakai minyak zaitun saat hamil setiap hari
  • Melakukan olah raga
  • Menjaga pola makan agar tetap seimbang
 Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan stretch mark secara alami yang bisa kami bagikan kepada anda plus penyebab dan cara mencegahnya, mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga Cara mengobati kaki pecah pecah

Leave a Reply