15 Cara Ampuh Menghilangkan Selulit Secara Alami

Cara Menghilangkan Selulit – Selulit merupakan salah satu permasalahan kulit yang banyak menyita perhatian kaum wanita. Ya, sama seperti hal nya permasalahan – permasalahan kulit yang lain nya, selulit juga sangat diperhatikan oleh kaum wanita, terutama oleh mereka yang hobi mengenakan celana pendek.

Menurut penelitian, hampir 90 persen wanita yang ada di seluruh penjuru dunia pernah mengalami permasalahan selulit. Permasalahan ini biasa nya timbul di area sekitar tangan, perut, dan paha.

Jika dilihat sekilas dari kejauhan, selulit biasa nya akan terlihat seperti permukaan kulit biaya yang tidak rata. Hanya saja, jika diperhatikan secara lebih mendetail, terutama dengan cara dicubit / ditekan, baru lah selulit kelihatan seperti guratan – guratan luka yang membekas di permukaan kulit.

Perbedaan Antara Selulit dan Stretch Mark

Apa perbedaan antara selulit dan stretch mark?

Perbedaan Selulit dan Stretchmark

Ilustrasi: Perbedaan Selulit dan Stretch Mark

Selama ini mungkin kita menyamakan saja antara keduanya. Padahal antara selulit dan stretch mark itu berbeda. Dalam dunia medis sendiri kedua istilah ini juga berbeda maknanya. Perbedaan tersebut mulai dari ciri, kenampakan sampai gejala yang timbul akibatnya.

Untuk selulit sendiri merupakan sebuah timbunan lemak yang ada pada bagian lapisan kulit, sedangkan stretch mark adalah sebuah guratan-guratan putih yang muncul akibat dari adanya peregangan.

Jika kita perhatikan sekilas selulit tidak terlihat sama sekali, kecuali kita tekan pada bagian timbunan lemak tersebut. Tetapi untuk stretch mark, terlihat sangat jelas guratan-guratan berwarna putih. Bahkan jika stretch mark sudah parah akan menimbulkan guratan berwarna merah atau hitam disertai rasa nyeri.

Penyebab Timbulnya Selulit pada Kulit

Muncul nya selulit pada kulit dapat ditengarai oleh berbagai macam hal, seperti:

  • Perubahan berat badan secara drastis yang membuat kulit mengalami pelonggaran dan pengetatan secara tiba – tiba;
  • Efek samping dari aktivitas diet yang salah;
  • Metabolisme tubuh yang kurang baik;
  • Malas berolahraga;
  • Dehidrasi;
  • Ketidakseimbangan susunan hormon dalam tubuh;
  • Terlalu banyak pikiran / stress;
  • Kulit yang terlalu tipis;
  • Efek samping pengonsumsian bahan makanan tertentu;
  • Efek samping merokok; dll
Cara Menghilangkan Selulit dengan Ampas Kopi

Cara Menghilangkan Selulit dengan Ampas Kopi

Cara Menghilangkan Selulit yang Ampuh

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, selulit dan stretch mark berbeda, jadi membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Nah, khusus untuk selulit, cara mengatasi nya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Krim Anti Selulit

Cara menghilangkan selulit yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin segera mendapatkan hasil tanpa perlu menunggu dalam waktu yang lama.

Saat ini sudah ada banyak produk krim anti selulit siap pakai yang bisa didapatkan dengan mudah dan dengan harga yang relatif cukup murah.

Namun begitu, perlu diingat, jika Anda ingin menggunakan krim anti seluit siap pakai, Anda harus berhati – hati dalam memilih produk yang akan Anda gunakan. Sebisa mungkin gunakan lah produk krim anti selulit yang sudah terdaftar di BPOM.

Selain itu, sebelum Anda menggunakan nya secara langsung ke seluruh bagian kulit Anda yang mengalami selulit, Anda sebaik nya menguji coba nya terlebih dahulu di bagian kulit yang lain.

Jika nanti nya kulit Anda tidak mengalami alergi, Anda dapat melanjutkan penggunaan produk tersebut. Sebaliknya, jika ternyata di uji coba tersebut Anda mengalami alergi, penggunaan krim tersebut sebaik nya segera Anda hentikan.

2. Menggunakan Teknik Mesotherapy

Cara menghilangkan selulit yang selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik meso therapy.

Teknik mesotherapy pertama kali ditemukan dan dikembangkan di Benua Biru eropa. Di awal penemuan nya, teknik ini hanya diterapkan untuk membantu mengatasi permasalahan radang yang terjadi pada kulit.

Belakangan, setelah dikembangkan, teknik ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit yang lain nya, termasuk salah satu nya adalah permasalahan selulit.

Dalam praktek nya, teknik mesotherapy akan dijalankan dengan cara menyuntikkan berbagai macam zat nutrisi bermanfaat seperti mineral, asam amino dan vitamin ke jaringan bawah kulit.

Nanti nya, zat – zat bermanfaat tersebut akan bekerja dengan cara memecah struktur lemak penyebab timbul nya selulit di lapisan bawah kulit Anda.

Meski pun teknik ini sudah terbukti ampuh, namun dalam praktek nya, teknik ini terkadang dapat menimbulkan berbagai macam efek samping, seperti alergi, pembengkakan, infeksi, perubahan kontur kulit, dll.

3. Menggunakan Teknik Wrap

Cara menghilangkan selulit di paha yang selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik wrap.

Sama seperti teknik mesotherapy, teknik wrap hanya bisa dilakukan di klinik kecantikan tertentu saja.Teknik ini biasa nya dijalankan dengan menggunakan bantuan pembungkus khusus yang berguna untuk mengurangi tumpukan cairan dan tumpukan lemak penyebab selulit pada kulit.

Sayang nya, sampai saat ini masih belum ada studi ilmiah yang bisa membuktikan keampuhan teknik ini. Namun begitu, jika Anda mau mencoba nya, kemungkinan besar teknik ini akan membuahkan hasil.

4. Menyikat Bagian Tubuh yang Mengalami Selulit

Meski pun terkesan kurang masuk akal, namun menyikat tubuh dalam keadaan kering telah terbukti dapat membantu mengurangi dan menghilangkan tumpukan selulit yang ada pada kulit.

Ketika bagian tubuh yang mengalami selulit disikat, maka secara otomatis peredaran darah di area sekitar bagian kulit tersebut akan berjalan dengan lebih lancar. Disamping itu, tumpukan lemak yang ada di sekitar nya juga akan bergeser, sehingga selulit yang merusak penampilan pun akan hilang secara perlahan – lahan.

5. Menggunakan Cabe Rawit

Selain dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, cabe rawit ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan selulit secara alami.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, cabe rawit telah terbukti dapat membantu memperlancar peredaran darah dan menaikkan suhu panas tubuh.

Nah, ketika dikonsumsi oleh orang yang mengalami selulit, cabe rawit diyakini dapat membantu memperlancar peredaran darah di sekitar area kulit yang mengalami selulit.

Jika Anda ingin mencoba nya, Anda hanya perlu mengkonsumsi cabe rawit dalam jumlah yang sedikit lebih besar dari biasa nya. Dalam hal ini, Anda bisa mengkonsumsi nya sebagai lalapan makan, atau sebagai sambal untuk menemani aktivitas makan besar harian Anda.

6. Menggunakan Minyak Jintan

Minyak jintan sudah terbukti dapat membantu mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada tubuh, termasuk salah satu nya adalah permasalahan selulit.

Cara menghilangkan selulit dengan minyak jintan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan empat sendok makan minyak zaitun murni, lalu tambahan lima tetes minyak jintan ke dalam nya
  • Aduk menggunakan sendok agar ke dua bahan tersebut bisa tercampur dengan merata
  • Setelah ke dua bahan minyak tersebut tercampur dengan merata, Anda dapat mengaplikasikan nya pada bagian kulit Anda yang mengalami selulit sembari memberi pijatan dan urutan lembut
  • Agar hasil nya bisa lebih maksimal, ulangi cara di atas secara rutin dua kali dalam sehari

7. Menggunakan Ampas Kopi

Khusus untuk Anda yang hobi mengonsumsi kopi, ke depan nya jika Anda menyeduh kopi, bubuk nya jangan langsung dibuang ya!Bubuk tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan selulit di paha dan bagian tubuh yang lain nya.Cara nya:

  • Campur seperempat gelas ampas kopi murni dengan tiga sdm gula dan tiga sdm minyak kelapa murni
  • Aduk hingga merata
  • Aplikasikan pada bagian kulit Anda yang mengalami selulit
  • Berikan pijatan dan urutan lembut, lalu diamkan selama 30 menit
  • Setelah mengering, Anda tinggal membilas nya dengan air bersih
  • Lakukan secara rutin setiap hari

8. Cara Menghilangkan Selulit dengan Lidah Buaya

Cara menghilangkan selulit berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini selama ini lebih dikenal bermanfaat untuk rambut, seperti untuk menghitamkan, melebatkan serta menyehatkan untuk rambut.

Ternyata tidak terbatas pada rambut saja, lidah buaya ini ternyata juga memiliki segudang khasiat lainnya, salah satunya adalah untuk mengobati selulit secara alami.

Caranya yaitu cukup potong daun lidah buaya yang tebal. Ambil gel nya. Lalu oleskan merata pada selulit di kulit Anda sambil dipijat secara perlahan. Selain menggunakan lidah buaya, campuran kopi dengan minyak zaitun (olive oil) juga efektif untuk menghilangkan selulit pada kulit.

9. Cara Mengobati Selulit dengan Cuka Apel

Selanjutnya anda juga bisa mengatasi selulit yang membandel dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel ini mengandung zat potasium, magnesium, kalsium, dan mineral yang sangat baik untuk menghilangkan selulit.

Dengan adanya zat tersebut, maka akan membantu tubuh untuk menghilangkan racun-racun dan juga retensi air di sekitar paha dan perut. Selain membantu untuk menghilangkan selulit, cuka apel juga dapat digunakan untuk mengatasi kembung dan juga menurunkan berat badan.

Bagaimana cara menghilangkan selulit dengan cuka apel? Berikut ini pandunannya:

  • Pertama silahkan tambahkan air pada cuka apel secukupnya kemudian tambahkan juga madu 1 sendok ke dalamnya. Gosokan ramuan tersebut ke atas kulit yang terkena selulit. Lakukan perawatan ini 2 kali sehari sampai selulit anda hilang;
  • Selain dengan cara di atas, anda juga bisa mencampurkan cuka apel dengan air. Gosokan pada bagian yang terkena selulit lalu tutup bagian tersebut dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Diamkan sselama 1 jam lalu anda boleh melepasnya. Lakukan cara ini sehari sekali saja;
  • Cara lainnya lagi, anda bisa mencampur 2 sendok makan cuka apel dengan 1 sendok teh madu. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari sampai selulit anda hilang.

10. Tips Menghilangkan Selulit dengan Tanah Liat Hijau

Tips menghilangkan selulit selanjutnya adalah dengan menggunakan tanah liat hijau. Tanah liat hijau? Ya, tanah liat hijau ini ini bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah, menyerap kotoran-kotoran dan lemak dari dalam tubuh, mengangkat sel-sel kulit yang telah mati, dan juga memperkuat penghubung jaringan di dalam tubuh.

Bagaimana cara perawatannya? Silahkan anda ikuti pandunnya di bawah ini:

  • Pertama, ambil setengah sendok makan tanah liat hijau, satu setengah sendok makan rumput laut, satu seperempat sendok makan jus jeruk nipis, 3 sendok makan air panas, dan 1 sendok makan madu asli!
  • Aduk rata bahan tersebut, kemudian gosokkan ke area yang terkena selulit dengan gerakan melingkar. Tutup dengan plastik lalu diamkan selama 30 menit dan jika sudah bilas dengan air hangat!
  • Untuk hasil optimal, silahkan lakukan perawatan di atas seminggu sekali sampai anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

11. Gunakan Lemon Segar untuk Mengobati Selulit

Selanjutnya, anda juga dapat menggunakan buah lemon untuk menghilangkan selulit yang anda alami. Buah yang memiliki rasa masam ini mengandung vitamin, mineral, antioksidan, anti-inflamasi, dan masih banyak lagi.

Kandungan abrasif dalam lemon juga mampu meresap dan membakar lemak berlebih di area sekitar kulit. Sehingga kamu bisa menghilangkan selulit dengan lemon. Bagaimana caranya? Berikut ini panduannya: 

Cara menghilangkan selulit dengan lemon:

  • Pertama, ambil 1 buah lemon yang masih segar
  • Belah 2 buah lemon tersebut, kemudian gosok-gosokan potongan lemon tersebut pada selulit beberapa menit
  • Kemudian biarkan sampai air lemonnya mengering pada bagian kulit.
  • Untuk membilasnya, kamu dapat menggunakan air hangat dan bila sampai bersih.

12. Minyak Zaitun dan Madu

Anda juga dapat memadukan antara minyak zaitun dan madu untuk mengatasi selulit yang anda alami. Bagaimana caranya? Berikut ini panduannya:

  • Pertama sediakan minyak zaitun dan madu sebanyak 3 sendok makan
  • Campur kedua bahan ini sampai rata
  • Bersihkan bagian selulit dengan air hangat, setelah itu, oleskan campuran madu dan zaitun tersebut secara merata keseluruh bagian yang bermasalah.
  • Biarkan hingga kering, terakhir cuci bersih dengan air hangat  hingga bersih.

13. Menghilangkan Selulit dengan Rajin Berolahraga

Apakah selama ini anda jarang berolahraga? Ternyata berolahraga selain bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh juga dapat menghilangkan selulit lo.

Dengan berolahraga maka timbunan lemak di tubuh kita akan terbakar, termasuk di bagian paha atau perut kita yang mengalami selulit tersebut. Anda cukup berolahraga ringan saja, asalkan rutin. Bisa berjalan kaki selama 30 menit sehari atau jogging 3 kali seminggu saja lemak pada selulit tersebut bisa dibakar secara maksimal.

14. Terapkan Diet Sehat

Untuk membakar lemak selain dengan dengan berolahraga, diet sehat juga sangat menunjang pemkaran lemak di tubuh lo. Untuk lebih jelasnya ada beberapa tulisan kami yang mengulas mengenai pola diet sehat, diantaranya:

15. Konsumsi Makanan Sehat, Batasi Makan Berlemak

Selain kita bakar yang sudah ada, sebaiknya kita juga membatasi konsumsi makanan berlemak. Mulailah untuk memilah dan memilih makanan yang akan kita konsumsi.

Pilihlah makanan yang sehat, bernutrisi tinggi. Karena mengkonsumsi makanan berlemak tentu akan membuat timbunan lemak di tubuh kita semakin tidak terkontrol, sehingga akan mengakibatkan selulit akan semakin parah lagi. 

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi mulai dari buah, sayuran, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

***

Itu lah sedikit informasi mengenai cara menghilangkan selulit yang dapat kami bagikan ke pada Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengan yang lainnya ya. Baca juga: 18 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis

Leave a Reply