25 Cara Menghilangkan Rambut Rontok Secara Alami & Medis

Cara menghilangkan rambut rontok pada dasarnya cukup mudah. Hanya saja, kebanyakan orang biasanya cenderung tidak sabar dalam menjalani prosesnya. Padahal, jika sabar, permasalahan rambut rontok sebenarnya dapat diatasi dengan cukup mudah dan murah.

Tidak dapat dipungkiri, permasalahan rambut rontok cepat atau lambat pasti akan dialami oleh semua orang. Pasalnya, rambut manusia memiliki siklus yang unik.

Di fase anagen dan katagen yang terjadi sekitar 2 – 6 tahun rambut cenderung tidak mengalami kerontokan sama sekali. Sedangkan di fase telogen yang hanya berlangsung selama kurang lebih sekitar 100 hari rambut akan mengalami kerontokan yang parah untuk kemudian digantikan dengan sel rambut yang baru.

Artikel terkait: Ragam Manfaat Santan untuk Rambut Cantik Alami

Jika merujuk pada fakta di atas, maka permasalahan rambut rontok pada dasarnya adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan sama sekali.Bahkan menurut hasil penelitian, permasalahan rambut rontok masih dianggap wajar jika jumlah kerontokan rambut yang terjadi tidak lebih dari 100 helai rambut per hari.

Jika jumlah rambut rontok yang Anda alami setiap harinya sudah lebih dari 100 helai, barulah Anda perlu memikirkan dan mencari alternatif cara menghilangkan rambut rontok yang paling pas untuk Anda.

Cara Menghilangkan Rambut Rontok

Cara Menghilangkan Rambut Rontok

Apa Penyebab Rambut Rontok?

Kira-kira apa saja penyebab rambut rontok berlebihan itu sebenarnya? Secara spesifik, penyebab rambut rontok ini berbeda pada setiap orang. Beberapa diantaranya mungkin saja diakibatkan oleh faktor eksternal misal karena kekurangan asupan nutrisi, masalah kesehatan, at kimia atau karena penataan rambut yang berlebihan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Tipscantika rangkum untuk anda penyebab rambut rontok berlebihan yang sebaiknya anda ketahui:

1. Faktor keturunan

Penyebab rambut rontok berlebihan yang pertama adalah karena keturunan. Biasanya jika orang tua kita mengalami kerontokan pada rambut yang ditandai dengan kebotakan, kemungkinan besar kita juga bisa mengalami hal yang serupa. Untuk kasus ini banyak terjadi pada kamun pria, pada wanita juga menderita alopecia yang diturunkan secara genetik.

2. Perubahan Hormon

Selain faktor keturunan, penyebab rambut rontok berikutnya adalah karena faktor perubahan hormon. Saat hormon di dalam tubuh mengalami perubahan makan dapat mengakibatkan sensitivitas folikel rambut menjadi meningkat, melemahkan akar rambut, dan menyebabkan rambut rontok.

Beberapap kondisi kesehatna tubuh yang berpengaruh terhadap perubahan hormon diantaranya menopause, kista ovarium, hipotiroid, hipertiroid, dll. Kondisi kesehatan ini biasanya dapat mengakibatkan rambut anda menjadi rontok.

Beberapa hormon yang ditengarai menjadi pemicu rambut rontok diantaranya yaitu Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata.

Hormon Alopesia Androgenetik berpengaruh setidaknya 70% pada pria terhadap masalah rambut rontok, dan dan 40% pada wanita. Kebotakan karena hormon ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT).

Khusus pada kaum hawa, kerontokan rambut biasanya terjadi dimulai dari tengah kemudian menyebar ke samping kepala. Sementara untuk pria, pola kerontokan rambut biasnaya terjadi dimulai dari garis rambut yang bergerak atau bergeser naik keatas, hingga akhirnya botak hanya pada bagian atas kepala saja.

Kerontokan tidak hanya terjadi pada orang yang sudah berumur saja, karena ternyata gangguan Hormon Alopesia Areata yang disebabkan oleh penyakit yang disebut autonium. terjadi pada kalangan remaja dan dewasa muda.

Kebotakan yang terjadi biasanya tidak permanen, dan rambut bisa kembali tumbuh selang waktu 1 tahun. Beberapa penyebab penyakit yang dapat emgankibatkan alopesia areata ini seperti diabetes, anemia penyakit tiroid, vitiligo dan persinius. Selain itu penyebab kerontokan pada wanita biasanya pada saat memasuki masa monopouse, masa kehamilan serta pengaruh penggunaan alat kontrasepsi.

3. Kehamilan

Faktor penyebab kerontokan rambut yang ketiga adalah karena proses kehamilan. Kenapa demikian? Biasanya selama wanita sedang atau seetlah hamil akan sering mengalami dehidrasi, kelelahan, dan ketidakseimbangan hormon.

Nah, kondisi ini dapat mengakibatkan peningkatan kepekaan pada folikel rambut. Ini juga menciptakan kondisi kulit kepala yang tidak menguntungkan. Dan semua kondisi ini dapat mengakibatkan rambut rontok yang kronis.

4. Stres Fisik dan Mental

Penyebab rambut rontok selanjutnya adalah faktor internal, yaitu stress atau beban mental.

5. Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Anda sering mengikat rambut dengan kuat? Ternyata kebiasaan mengikat rambut terlalu kuat dalam waktu yang lama juga bisa menjadi pemuci rambut rontok. Hal ini dikarenakan akar rambut tertarik. Inilah yang membuat terjadinya kerontokan.

Bagi anda yang terbiasa mengikat rambut dengan kuat, usahakan untuk tidak terlalu lama ya, jangan lebih dari 2 jam.

5. Infeksi pada kulit kepala

Selanjutnya, penyebab rambut rontok yang sering terjadi biasanya juga diakibatkan oleh infeksi jamur, bakteri, dan virus seperti dermatitis seborrhea dan psoriasis di kulit kepala.

Infeksi ini dapat mengakibatkan akar rambut melemah serta akan merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan penipisan, kerusakan, dan kerontokan rambut.

Nah, jika anda mengalami infeksi di kulit kepada segeralah untuk mengobatinya, karena dapat memperparah kerontokan rambut anda semakin menjadi-jadi. Segera gunakan obat antijamur kerontokan rambut.

6. Alopecia Areata

Selanjutnya, kerontokan yang anda alami bisa saja merupakan kelainan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menganggap rambut sebagai pencemar asing, lalu mulai menyerang folikel rambut, yang akan menyebabkan rambut rontok.

Sejauh ini, belum ada obat untuk kondisi ini dan 10% orang yang mengalaminya menderita kerontokan rambut yang permanen.

7. Pengobatan dan Perawatan

Perawatan medis tertentu juga dapat menjadi pemicu kerontokan. Perawatan kesehatan ini ternata dapat memicu kerusakan folikel rambut sehingga akan mengakibatkan rambut rontok dengan cepat.

Beberapa perawatan medis yang dapat mengakibatkan kerontokan rambut seperti kemoterapi untuk mengobati kanker, steroid, dan pengobatan untuk penyakit tifoid, penyakit jantung, depresi, dan lain-lain.

Selain itu, ada beberapa obat-oabtan yang juga dapat memicu kerontokan, diantaranya yaitu:

  • Anticoagulants
  • Obat pelangsing
  • Pil KB
  • Obat tiroid
  • Aleve atau ibuprofen
  • Gemfibrozil, clofibrate, dan obat kolesterol lainnya
  • Obat bisul seperti ranitidine, famotidine, dll

8. Gangguan Tiroid

Selanjutnya, gangguan tiroid dan obat anti-tiroid juga dapat menjadi pemicu rambut rontok. Bahkan bisa dikatakan hampir semuanya. Nah, untuk pengobatan yang berhasil sering menumbuhkan rambut kembali, namun dalam beberapa kasus terjadi kerontokan rambut yang permanen.

9. Perawatan Rambut yang Berlebihan

Perawatan rambut yang berlebihan ternyata juga dapat memicu kerontokan rambut lo. Perawatan seperti mewarnai rambut, bounding rambut dll biasanya mengharuskan kita untuk menggunakan bahan kimia yang penggunaan dalam waktu lama dapat memicu kerusakan rambut.

10. Alat Penata Rambut

Selain karena perawatan rambut, alat penata rambu yang kita gunakan juga bisa memicu kerontokan rambut, terutama alat catok yang sering digunakan oleh kaum hawa.

Penggunaan alat catok yang sangat dekat dengan kulit kepala akan semakin memperparah kondisi kesehatan akar rambut. Sementara penggunakan alat keriting rambut juga dapat memicu kerontokan.

Selain du alat itu, penggunaan hair dryer juga tidak kalah berbahaya bagi rambut. Penggunaan alat ini yang terlalu sering mengakibatkan rambut menjadi cepat kering dan membuat akar rambut patah sehingga kerontokan menjadi lebih cepat terjadi.

10. Kekurangan Zat Besi

Kurang asupan zat besi juga selain kurang sehat untuk tubu juga tidak baik untuk rambut kita.

11. Sinar Matahari dan Polusi

Terlalu lama berada pada paparan sinar matahari dan polusi juga akan memicu kerusakan rambut kita. Hal ini karena dapat mengakibatkan keratin rambut menjadi berkurang. Nah, keratin ini sendiri merupakan protein yang berada di rambut, kuku dan gigi pada manusia. Fungsi keratin untuk rambut adalah untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau.

12. Diet Tidak Sehat

Terakhir, diet yang tidak sehat juga dapat memicu rambut rontok. Karena tidak hanya tubuh kita yang butuh asupan nutrisi, rambut kita juga membutuhkan asupan nutrisi untuk meregenerasi dan merawat kesehatan rambut dan kulit kepala.

Artikel lain: Apa Penyebab Rambut Rontok dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara Menghilangkan Rambut Rontok yang Ampuh

Secara keseluruhan, ada dua alternatif cara yang dapat digunakan untuk mengatasi atau pun menghilangkan permasalahan rambut rontok. Kedua alternatif cara tersebut adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut siap pakai dan dengan menggunakan bahan – bahan alami yang ada di sekitar kita.

Nah, khusus untuk kesempatan pertama , kami akan membagikan cara menghilangkan rambut rontok dengan bahan – bahan alami saja. Beberapa bahan alami yang terbukti ampuh untuk dijadikan obat rambut rontok adalah:

1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya yang memiliki nama latin aloe vera merupakan salah satu bahan alami yang sangat kaya akan zat nutrisi bermanfaat. Konon, berkat kandungan nutrisi bermanfaat yang dimilikinya, bahan alami yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan baku untuk memproduksi produk – produk perawatan rambut siap pakai.

Menurut hasil penelitian, ketika diaplikasikan pada rambut yang tengah mengalami kerontokan, lidah buaya dapat membantu menutrisi jaringan kulit kepala sekaligus mengoptimalkan proses pertumbuhan sel rambut baru yang baru tubuh dari akar.

Dalam prakteknya, cara menghilangkan rambut rontok menggunakan lidah buaya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu helai daun lidah buaya yang masih segar
  • Bersihkan, lalu iris melintang daun lidah buaya tersebut menjadi dua bagian
  • Bersihkan rambut dan kulit kepala Anda menggunakan air hangat suam – suam kuku
  • Oleskan irisan lidah buaya tersebut ke kulit kepala Anda
  • Diamkan selama 20 – 40 menit, lalu bilas menggunakan air bersih
  • Ulangi secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu

2. Menggunakan Biji Kemiri

Alternatif cara menghilangkan rambut rontok yang selanjutnya adalah dengan menggunakan biji kemiri.

Sama seperti halnya lidah buaya, biji kemiri juga banyak dikenal sebagai bahan alami yang sangat bagus untuk rambut.Menurut hasil penelitian, biji kemiri memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sangat pas untuk menutrisi jaringan rambut dan kulit kepala. Dari mulai zat besi, kalium, hingga kalsium, semuanya bisa didapatkan dari bahan bumbu masakan yang satu ini.

Untuk bisa mengatasi permasalahan rambut rontok menggunakan kemiri, ada dua alternatif cara yang dapat Anda tempuh. Alternatif cara yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kemiri siap pakai yang banyak beredar di pasaran.Sedangkan alternatif cara yang ke dua adalah dengan membuat minyak kemiri sendiri (relatif cukup sulit).

3. Menggunakan Santan

Jauh sebelum produk perawatan rambut ada seperti sekarang ini, santan telah digunakan oleh leluhur dan nenek moyang kita sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, penggunaan santan murni sebagai bahan perawatan rambut mulai ditinggalkan oleh para generasi penerus.

Manfaat Santan untuk Rambut

Manfaat Santan untuk Rambut

Padahal, jika dilihat dari sudut pandang kelengkapan nutrisi, santan cenderung memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang ada pada beberapa produk perawatan rambut siap pakai yang ada pada saat ini.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan rambut rontok menggunakan santan relatif cukup mudah. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan santan segar sebanyak 1 gelas
  • Bersihkan rambut dan kulit kepala Anda menggunakan air bersih
  • Olesi seluruh permukaan rambut dan kulit kepala Anda menggunakan santan segar yang telah disiapkan sebelumnya
  • Agar nutrisi yang ada dalam santan bisa menyerap dengan sempurna, jangan lupa untuk memberikan pijatan dan urutan lembut di sekitar kulit kepala
  • Diamkan selama kurang lebih 60 menit, lalu bilas menggunakan air bersih
  • Ulangi secara rutin 2 – 3 kali dalam seminggu

4. Menggunakan Yoghurt

Alternatif cara menghilangkan rambut rontok yang selanjutnya adalah dengan menggunakan yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Dari mulai mineral alami, probiotik, asam folat, sampai dengan serat, semuanya bisa kita dapatkan dari bahan makanan sehat yang satu ini.

Cara Membuat Masker Yogurt

Cara Membuat Masker Yogurt

Konon, berkat kandungan nutrisinya tersebut, selain dapat melancarkan pencernaan, yoghurt juga dapat digunakan untuk merawat permasalahan kulit dan rambut rontok.

Untuk bisa mengatasi permasalahan rambut rontok menggunakan yoghurt, Anda hanya perlu mengolesi dan membersihkan kulit kepala Anda secara rutin menggunakan yoghurt setiap 2 – 3 kali dalam seminggu.

5. Menggunakan Masker Alpukat dan Kentang

Selain dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam di wajah, masker alpukat dan kentang ternyata juga dapat digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan rambut rontok yang ampuh.

Untuk bisa menghilangkan rambut rontok menggunakan masker alpukat dan kentang, Anda hanya perlu rajin menutrisi dan membersihkan rambut dan kulit kepala Anda menggunakan masker rambut alami yang dibuat dari campuran kentang dan daging buah alpukat (perbandingan 1 : 1) yang dihaluskan.

Nantinya, selain dapat mengurangi rambut rontok, masker alpukat dan kentang juga akan membuat rambut menjadi lebih lebat, lebih lembut, dan juga tampak berkilau.

6. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan rambut rontok dengan menggunakan minyak zaitun tergolong cukup mudah. Dalam hal ini Anda hanya perlu menyediakan minyak zaitun murni dan kemudian menggunakannya untuk menutrisi bagian kulit kepala Anda.

Masker Minyak Zaitun

Masker Minyak Zaitun

Nantinya, ketika diaplikasikan pada jaringan kulit kepala, minyak zaitun akan langsung menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga permasalahan rambut rontok dapat segera teratasi.

Di lain sisi, minyak zaitun nantinya juga akan membuat rambut menjadi lebih lembut, lebih tebal, lebih halus dan juga lebih sehat.

Oh ia, jika Anda mau, agar hasil yang Anda dapatkan bisa lebih optimal, Anda dapat turut menambahkan satu atau dua sendok teh madu ke dalam minyak zaitun yang akan Anda gunakan untuk menutrisi bagian kulit kepala.

7. Memanfaatkan Ramaun Jahe

Cara menghilangkan rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Jahe selama ini dikenal bermanfaat sebagai rempah masakan dan untuk wedang penghangat tubuh ternyata juga bisa kita manfaatkan sebagai ramuan untuk mengatasi rambut rontok.

Jahe mengandung Zingeron yang bermanfaat untuk membantu mengatasi rambut rontok. Caranya yaitu, silahkan anda sediakan satu ruas jahe lalu bersihkan dan kupas kulitnya setelah bersih parut jahe tersebut lalu aplikasikan parutan jahe kebagian rambut yang rontok.

Setelah itu, biarkan sekitar 20 menit agar jahe menstimulasi sel-sel rambut. Setelah 20 menit bersihkan rambut dengan shampo dan air besih.

8. Jeruk Nipis Juga Ampuh Mengobati Rambut Rontok

Selanjutnya, silahkan anda manfaatkan jeurk nipis yang kaya akan vitamin C. Caranya yaitu, portong jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu gosok-gosok potongan jeruk nipis ke rambut. Setelah 15 menit bilas cuci rambut hingga bersih.

Masker jeruk nipis

Masker jeruk nipis

9. Coba Pakai Minyak Lavender

Cara menghilangkan rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak lavender. Minyak lavender yang biasanya digunakan sebagai minyak aromaterapi ini selain memberikan efek menenangkan ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala.

Selain sebagai minyak aromaterapi, minyak lavender ini juga memiliki khasiat antiseptik yang sangat kuat yang berfungsi sebagai desinfektan untuk kulit kepala kita.

Nah, bagi anda yang memiliki rambut rontok, silahkan anda gunakan sekitar 10 tetes minyak lavender, anda juga bisa menambahkan minyak esensial seperti minyak zaitun kedalamnya lalu oleskan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 20 menit lalu berishkan rambut

10. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga bisa gunakan untuk mengobati rambut rontok, meskipun rambut rontok yang anda alami cukup parah.

Bawang putih ini kaya akan antibakteri ini bermanfaat untuk membasmi parasit serta dapat mengobati infeksi pada kepala. Sangat cocok untuk digunakan sebagai obat rambut rontok akibat infeksi bakteri.

Bagaimana caranya? Silahkan anda siapkan beberapa potong siung bawang putih lalu haluskan, sediakan juga minyak ziatun beberapa tetes.

Cuci bersih bawang putih tersebut, kemudian lumat hingga halus. Tambahkan minyak zaitun, lalu aplikasikan ke kulit kepala anda hingga merata.

Biarkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Kandungan sulfur pada bawang putih juga mampu memperlancar sirkulasi darah pada folikel rambut. Untuk hasil yang maksimal lakukan kebiasaan ini setiap hari sebelum keramas.

11. Pakai Bawang Merah juga Bisa

Cara menghilangkan rambut rontok selanjutnya juga bisa anda lakukan dengan menggunakan bawang merah. Hal ini dikarenakan, bawang merah juga kaya akan sulfur yang juga tidak kalah ampuh untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

Caranya? Silahkan anda siapkan beberapa siung bawang merah dan minyak zaitun. Kemudian haluskan bawang merah, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.

Aplikasikan ramuan bawang merah dan minyak zaitun ini pada rambut hingga rata. DIamkan sekitar 30 menit lalu bilas menggunakan shampo untuk sedikit mengurangi bau yang ditimbulkan oleh bawang merah ini.

12. Coabalah Pijit Kepala Anda Menggunakan Teh Hijau & Daun Seledri

Cara mengataasi rambut rontok yang tidak kalah ampuhnya bisa anda lakukan dengan menggunakan teh hijau dan daun seledri.

Bagaimana caranya? Silahkan anda sediakan handuk kecil bersih 1 buah, mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat dan teh hijau dan daun Seledri yang telah diseduh.

Apa langkah selanjutnya? Silahkan anda rendam handuk kecil bersih dengan air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 2-5 menit. Selanjutnya peras handuk tersebut dan tutup kepada menggunakan handuk yang sudah diperas tadi selama kurang lebih 10 menit.

Setelah meresap sekitar 10 menitan, berikan beberapa teteskan teh hijau dan selendri secara bertahap kepada kulit kepala, pijat kulit kepala anda agar ramuan tersebut menyerap sempurna.

Terakhir cuci bersih rambut anda sampai tidak ada minyak yang tersisa pada kulit kepala dan rambut kamu.

13. Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur

Cara menghilangkan rambut rontok secara alami yang terakhir dari kami adalah dengan mengkombinasikan beberapa bahan sekaligus, yakni buah mangga, yoghurt dan kuning telur.

Bagaimana cara mengaplikasikannya? Pertama, haluskan dengan blender beberapa potong buah mangga, tambahkan 1 sendok makan yoghurt serta 2 butir kuning telur.

Setelah halus, silahkan anda saring serat-serat kasar yang masih ada. Jika sudah terpisah, oleskan masker mangga, yoghurt dan kuning telur ke kepala kamu secara merata. Beri sedikit pijatan di kepala. Biarkan sekitar  10-15 menit, terakhir bilas kulit kepala anda hingga bersih.

Cara Menghilangkan Rambut Rontok Secara Medis

Selain perawatan alami di atas, anda juga bisa melakukan perawatan medis untuk menghilangkan rambut rontok anda alami. Perawatan dengan medis tentu saja membutuhkan biaya yang cukup mahal, plus biasanya hasilnya juga lebih cepat kita dapatkan.

Nah, kira-kira apa saja perawatan medis untuk menghilangkan rambut rontok tersebut? Berikut ini diantaranya:

1. Terapi Sinar Ultraviolet

Perawatan medis yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan terapi sinar ultraviolet. Anda yang ingin mendapatkan perawatan dengan terapi ini akan lebih dahulu diberikan obat psoralen yang berfungsi sebagai penambah sensitivitas kulit. Setelah itu barulah mulai terapi terpaan sinar UV A dan UV B pada kulit kepala yang kana mengembalikan pertumbuhan rambut yang rontok atau hilang.

2. Metode Tato

Selain dengan terapi UV, anda juga bisa melakukan terapi dengan metode tato. Metode tato? Ya, metode yang juga dikenal dengan dermatografi ini juga bisa anda pilih sebagai solusi untuk mengatasi rambut rontok yang anda alami.

Metode ini umumnya dilakukan pada rambut atau alis dan hasilnya bisa dirasakan dalam kurun waktu yang cukup singkat. Dengan hasil yang cukup memuaskan ini memang cukup mahal lo sist.

Dengan hasil yang bisa dibilang nyaris sempurna ini juga membutuhkan waktu yang singkat, plus tingkat kegagalannya juga sangat keci.

3. Imunoterapi

Selanjutnya, anda juga bisa mendapatkan perawatan Imunoterapi. Perawatan ini dikhususkan untuk anda yang tingkat kerontokan rambutnya sudah sangat parah.

Imunoterapi adalah krim yang digunakan secara oles yang mengandung diphencyprone atau DPCP. Buat anda yang sudah pitak, maka krim ini adalah salah satu solusinya.

Perawatan imunoterapi ini memakan waktu sekitar 12 minggu untuk bisa melihat hasilnya. Obat Imunoterapi ini cukup sensitif, sehingga jika anda sedang mengaplikasikan krim oles ini, anda disarankan untuk ditutup dengan topi.

Terapi ini biasanya menimbulkan efek samping berupa vitiligo atau perubahan warna kulit, ruam, dermatitis sampai kerontokan rambut yang lebih parah dari sebelumnya jika obat ini berhenti diaplikasikan. Tapi efek samping-efek samping itu hanya terjadi sama kulit yang sensitif saja dan akan bekerja secara normal sama kulit yang tidak sensitif atau normal.

4. Terapi Steroid

Terapi Steroid juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut rontok yang anda derita. Terapi ini dikhususkan untuk anda yang mengalami kerontokan karena masalah sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang akar rambut.

Terapi ini dilakukan untuk menekan kinerja sistem kekebalan tubuh sehingga rambut dapat tumbuh secara normal kembali.

Jadi ketika, sistem imun anda sudah kembali normal, maka anda bisa menghentikan penggunakan terapi steroid ini.Terapi steroid ini bisa dilakukan dengan suntikan dan cara yang kedua adalah dengan olesan pada bagian kulit kepala yang mengalami kerontokan rambutnya.

5. Tablet Finasteride

Bagi pria, rmabut rontok atau lebih parahnya kebotakan bisa terjadi akibat perubahan hormon testoteron menjadi dihydrosetestosterone atau DHT.

Nah untuk mengatasi, anda bisa menggunakan tablet finasteride untuk kembali menumbuhkan rambut karena bermanfaat untuk menghalau perubahan hormon-hormon tersebut.

Penggunaan obat ini bisa saja menimbulkan efek samping seperti kanker prostat, gairah s*x menjadi menurun, disfungsi ereksi hingga hipotensi, namun sangat jarang terjadi.

Silahkan anda kunsultasikan ke dokter mengenai dosis yang disarankan. Namun biasanya anda akan disarankan untuk mengkonsumsi setiap hari dan khasiat dari obat ini dapat dirasakan jauh selama 3 hingga 6 bulan ke depan.

Wanita hamil sangat dilarang mengkonsumsi obat ini. Oh ya, biasnaya ketika konsumsi obat ini dihentikan, ada kemungkinan besar rambut akan mulai rontok kembali pada hitungan bulan.

6. Losion Minoxidil

Berikutnya, anda juga akan dianjurkan oleh dokter untuk menggunakan Loison minoxidil untuk mengatasi rambut rontok yang anda alami. Obat oles bisa mengatasi rambut yang sudah rontok parah sekalipun.

Biasanya anda disarankan untuk mengoleskan sebanyak dua kali dalam sehari. Penggunaan obat oles ini akan bekerja secara efektif selama 12 hingga 16 hari. Jadi, selama hari itu lakukan pengolesan pada kulit kepala yang alami kebotakan dan lihat hasilnya kalau udah 16 hari.

Efek smaping yang mungkin timbu seperti iritasi kulit biasanya gatal-gatal, denyut nadi dan jantung meningkat dan tumbuh rambut halus disekitar wajah dan tangan, namun jarang terjadi.

7. Transplantasi Rambut

Cara menghilangkan rambut rontok secara medis yang terakhir bisa anda lakukan dengan metode transplantasi rambut.

Metode ini sudah banyak dipilih karena terbukti dapat mengembalikan kesuburan rambut anda. Salah satu public figure yang sudah menggunakan metode ini yaitu pemain bola Wayne rooney.

Rooney kini sudah mendapatkan hasil yang bagus, dimana rambutnya kini sudah kembali tumbuh secara normal di bagian atau area kebotakan.

Operasi kecil yang dilakukan yaitu dengan mengambil sebagian kecil kulit kepala yang pertumbuhan rambutnya normal lalu dicanglokkan atau ditanamkan pada bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan. Namun tentu saja, biaya perawatan transplatasi rambut ini terbilang sangat mahal.

Transplatasi rambut ini terkadang juga menimbulkan efek samping meskipun sangat jarang terjadi, seperti pendarahan serta infeksi yang bisa muncul kapan saja nggak pandang bulu.

Cara Mengobati Rambut Rontok dengan Makanan Sehat

Selain perawatan dari luar, mengatasi rambut rontok sebaiknya juga dilakukan dari dalam, yaitu dengan memenuhi kebutuhna nutrisi rambut anda. Beberapa makanan yang sebaiknya anda konsumsi diantaranya:

1. Konsumsi Kacang – kacangan

Pertama, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan mengandung Omega-3 tinggi yang dapat memperkuat akar rambut sehingga membantu mengurangi kerontokan rambut.

Menurut riset yang dipublikasikan oleh Journal of Cosmetic Dermatology yang memberikan bukti 90% wanita yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan Omega-3 tinggi dapat mengalami pemenurunan kerontokan rambut. Konsumsi makanan ini dilakukan selama 6 bulan.

2. Konsumsi Kerang

Selain mengkonsumsi kacang-kacangan, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kerang. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan US National Library of Medicine National Institute of Health membuktikan jika seseorang yang kekurangan asupan zinc atau mineral seng pada tubuhnya akan mendapatkan rambutnya rontok lebih mudah.

Kerang yang kaya akan mineral seng ini zinc ini dapat memperkuat folikel rambut sehingga rambut akan lebih kuat.

3. Konsumsi Ikan Salmon

Selanjutnya, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon yang terkenal kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk memperkuat struktur rambutmu.

4. Mengkonsumsi Susu dan Olahannya

Mengkonsumsi susu atau produk olahannya juga baik untuk menguatkan rambut anda. Kandungan protein tinggi di dalam susu ini dapat memacu keratin rambut sehingga rambut akan lebih kuat dan tidak mudah rontok.

5. Konsumsi Daging Merah

Berikutnya, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi daging merah yang kaya akan protein. Protein ini akan meningkatkan keratin rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat.

Nah, zat besi pada rambut akan membantu dalam mengangkut oksigen terutama ke akar rambut sehingga rambut akan lebih sehat.

**

Selain makan tersebut, beberapa makanan lain juga dapat membantu memulihkan rambut rontok, diantaranya adalah:

  • Tiram 78,6 mg / 100 gram
  • Kepiting 5,5 mg / 100 gram
  • Lobster 6,2 mg / 100 gram
  • Ikan salmon 0,64 (6%)
  • Cumi – cumi 10%

Selain itu, sayuran yang mengandung zinc tinggi namun masih dibawah 1 mg antara lain :

  • Bayam 0,5 mg / 100 gram
  • Kemangi 0,06 mg / 100 gram

Artikel terkait Cara Mencegah Rambut Rontok yang Harus Dilakukan

Tips Mengurangi Rambut Rontok

Ada beberapa tips untuk mengurangi rambut rontok yang sebaiknya anda lakukan, diantaranya yaitu:

  • Pertama, sebaiknya anda jangan mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang terlalu lama
  • Sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan menarik dan memelintir rambut.
  • Hindari juga kebiasaan menggosok rambut dengan kencang saat mencuci rambut agar rambut menjadu lebih lembut.
  • Jangan gunakan kuku ketika menggaruk kulit kepala.
  • Sebaiknya andan menggunakan sisir bergigi jarang.
  • Terakhir, terapkanlah pola makan gizi seimbang setiap hari.

****

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan rambut rontok secara alami dan medis yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya, agar lebih banyak lagi manfaatnya untuk yang lain.

Cek juga: Cara Membuat Shampo untuk Rambut Rontok Sendiri

Leave a Reply