20 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Secara Alami

Cara menghilangkan rambut bercabang – Rambut bercabang menjadi masalah rambut yang biasa dialami oleh kebanyakan orang.  Rambut bercabang biasa terjadi karna pelindung rambut yang biasa disebut kutikula semakin menipis yang biasa terjadi di ujung rambut  yang mulai berpisah di tengahnya menjadi beberapa helai yang membuat rambut semakin tipis dan rapuh.

Tak heran jika banyak orang melakukan berbagai perawatan, seperti perawatan secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah, sampai perawatan di salon yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, atau hal pertama yang biasa dilakukan adalah menggunting  ujung rambut atau mengganti shampo yang kita pakai demi mendapatkan rambut yang indah berkilau. Rambut yang indah berkilau memang menjadi dambaan setiap orang.

Penyebab Rambut Bercabang

Ada banyak penyebab rambut bercabang yang harus kita hindari, bisa faktor dari dalam karna kurangnya nutrisi yang masuk kedalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi, atau bisa juga faktor dari luar seperti:

  1. Sinar matahari

Berada diluar saat matahari terik tanpa pelindung kepala dapat menyebabkan berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut menjadi kusam, dan rambut bercabang, karna sinar matahari dapat mengikis kutikula atau pelindung rambut. Hindari mataharai terpapar langsung kerambut kita pada saat pukul 10.00 -14.00

  1. Bahan kimia

Bahan kimia yang terdapat pada shampo dan cat rambut juga dapat menimbulkan masalah seperti rambut bercabang. Hindari shampo yang mengandung zat kimia berbahaya seperti MEA(momoethanolamine), TEA(trietanolamina), dan DEA(dietanolamina) yang dapat menyebabkan rambut bercabang, penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker.

  1. Terlalu sering mencatok rambut

Mencatok rambut biasa dilakukan untuk menata rambut agar terlihat lebih rapi. Penggunaan catok rambut yang terlalu sering dapat menghambat pertumbuhan rambut dan membuat rambut bercabang dan pecah karna efek panas yang timbulkan alat pencatok rambut akan mengambil kelembabab rambut.

  1. Kekurangan nutrisi

Kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga dapat membuat rambut kekurangan nutrisa, yang membuat kutikula atau pelindung rambut semakin menipis dantidak dapat bekerja secata optimal melindungi rambut. Akibatnya rambut sulit bersatu yang membuat rambut menjadi bercabang.

  1. Cuaca

Cuaca yang terlalu panas membuat ranbut kita menjadi kering dan kehilangan kelembaban pada rambut. Hilangnya kelembaban rambut akan mengakibatkan rambut rusak dan bercabang.

      6. Kebiasaan kurang baik dalam merawat rambut

Rambut bercabang bisa disebabkan oleh geseka-gesekan kasar yang tetjadi akibat dari kebiasaan kita mengeringkan rambut menggunakan handuk yang  menggosok-gosok secara kasar. Membuat rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang.

Setelah kita mengetahui penyebab dari rambut bercabang kita dapat memilih perawatan yang cocok untuk rambut bercabang. Sebaiknya kita menghindari hal-hal yang bisa membuat rambut kita menjadi bercabang, agar rambut ita lebih sehat dan indah berkilau.

Cara Merawat Rambut Bercabang

Berikut ini beberapa cara merawat rambut bercabang yang bisa kita lakukan sendiri di rumah:

1. Merapikan Rambut

Hindari menyisar rambut secara berlebihan dan kasar karna akan menyebabkan terjadinya kerusakan rambut. Lakukan perlahan agar tidak menyebabkan gesekan yang terlalu kasar saat menyisar rambut. Sering memotong ujung rambut dapat menghilangkan rambut bercabang dan sekaligus dapat merapikan rambut.

2. Konsumsi Makanan  Bernutrisi

Selain melakukan perawatan dari luar mengkonsumsi makanan bernutrisi juga sangat dianjurkan. Makanan kaya akan protein adalah makanan yang baik untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan terhindar dari rambut bercabang.

3. Rajin Mencuci Rambut

Menjaga kebersihan rambut sangat penting dilakukan agar rambut menjadi bersih dan menghilagkan debu yang menempel pada rambut yang dapat mengakibatkan rambut menjadi bau,berketombe dan bercabang. Mencuci rambut dapat dilakukan minimal 3 kali seminggu.

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Secara Alami

Selain melakukan perawatan di atas, ada beberapa cara menghilangkan rambut bercabang secara alami yang bisa kita lakukan sendiri di rumah, tanpa harus ke salon:

1. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah diakui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Berbagai produk kecantikan dibuat dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak yang berasal dari Timur Tengahi ni terbukti ampuh untuk menghilangkan rambut bercabang tanpa harus dipotong.

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Minyak Zaitun

Caranya sangat mudah sekali, silahkan usapkan minyak zaitun merata pada rambut, terutama pada ujung rambut yang rentan mengalami rambut bercabang, tunggu sekitar 10 menit kemudian menggunakan air bersih.

2. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Buah alpukat 

Buah alpukat sangat enak jika dijadikan jus. Selain enak, buah ini ternyata juga dibuat menjadi masker, baik untuk perawatan wajah maupun perawatan rambut, salah satunya adalah untuk perawatan rambut bercabang. Kira-kira bagaimana caranya?

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang dengan buah alpukat

  • Pertama, silahkan sediakan buah alpukat matang.
  • Haluskan buah alpukat tersebut, setelah itu campur dengan putih telur.
  • Setelah halus, aplikasikan masker tersebut pada rambut hingga kurang lebih 15 menit
  • Setelah itu, bilas bersih rambut anda.

Baca juga 16 Manfaat Masker Alpukat Untuk Merawat Kecantikan Wajah, Rambut dan Kulit

3. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Madu, yogurt, dan lemon

Kombinasi ketiga bahan alami ini tebukti dapat mengataasi rambut bercabang lebih cepat. Anda bisa membuatnya sebagai masker untuk perawatan rambut sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang dengan madu, yogurt dan lemon

  • Pertama, silahkan sediaka ketiga bahan tersebut
  • Setelah semau bahan tersedia, peras 1 buah lemon, kemudian campurkan 2 sendok madu, dan  2 sendok yogurt
  • Aduk rata semua bahan tadi
  • Setelah tercampur rata membentu masker, aplikasikan ke rambut sambil dipijat perlahan agar meresap kedalam kulit kepala kira-kira 20 menit. Setelah itu cuci bersih rambut anda.
  • Lakukan minimal 2 kali seminggu agar rambut anda lebih indah, sehat dan terhindar dari rambut bercabang

4. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Cuka Apel

Cara menghilangkan rambut bercabang selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel terbukti memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengembalikan kesehatan rambut secara alami.

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Cuka Apel

  • Pertama, silahkan sediakan cuka apel dan minyak gandum
  • Setelah itu, campurkan campurkan 1/2 cangkir cuka dengan 1 sendok makan minyak gandum,
  • kemudian tambah sedikit air.
  • Basahi terlebih dulu rambut anda kemidian oleskan ramuan cuka pada rambut tunggu 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

5. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Masker Pepaya

Buah pepaya juga bisa dijadikan masker untuk mengatasi rambut bercabang. Campurkan 2 sendok makan yogurt kedalam pepaya yang telah dihaluskan. Oleskan ramuan merata pada rambut. Tutup menggunakan handuk panas kurang lebih 30 menit. Pepaya dapat membuat rambut anda tumbuh dengan sehat, lembab, dan bersinar.

6. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Masker yogurt

Yogurt dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk menjaga kesehatan rambut, kerontokan, dan rambut bercabang. Campurkan 2 sendok makan yogurt dan 2 sendok makan madu. Oleskan campuran kedua bahan tersebut kerambut anda sambil dipijat perlahan. Kemudian menggunakan air dingin.

7. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Madu, yogurt, dan Lemon

Ketiga bahan tersebut memang diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut, dan dapat membantu merawat rambut bercabang. Oleskan pada kulit campuran ketiga bahan tersebut sambil dipijat perlahan selama 10 menit kemidian bilas.

8. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Telur

Telur juga dapat membantu mengurangi rambut bercabang. Tambahkan 2 sdm minyak zaitun dan 2 sdm madu kedalam 1 butir kuning telur. Oleskan pada rambut hingga rata tunggu kira-kira 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

9. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Pepaya

Kandungan protein pada pepaya dapat membantu melembutkan dan merawat rambut agar tidak bercabang. Campurkan pepaya dan yogurt aduk hingga rata. Oleskan pada rambut dan kulit kepala pijat perlahan agar meresap kekulit kepala bagian dalam  selama 30 menit, kemudian bilas air hangat.

10. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Lidah Buaya

Lidah buaya juga dapat membantu merawat rambut bercabang. Kupas lidah buaya lalu cuci daging lidah buaya kemudian haluskan. Oleskan lidah buaya yang telah dihaluskan pada rambut tunggu hingga kering lalu bilas dengan air dingin.

11. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Alpukat Dan Minyak Zaitun

Haluskan buah alpukat lalu campur dengan minyak zaitun lalu oleskan pada rambut gunakan sebagai masker, tunggu hingga kering lalu bilas menggunakan air hangat.

12. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Minyak kemiri

minyak kemiri juga dapat digunakan untuk merawat rambut bercabang. Oleskan minyak kemiri merata pada rambut.

13. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Santan

Santan merupakan perasan dari kelapa yang diparut lembut. Yang memiliki banyak manfaat bagi rambut, salah satunya yaitu dapat membantu merawat rambut bercabang. Oleskan santan pada rambut hingga rata sambil dipijat lembut kira-kira 10 menit.

14. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Daun Teh Dan Madu

Haluskan daun teh secukupnya, kemudian tambahkan 2 sdm madu, lalu oleskan pada rambut hingga rata kira-kira 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

15. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Urang Aring dan susu

Urang aring memang dipercaya mampu menyehatkan , serta membuat rambut hitam berkilau dan dapat juga membantu merawat rambut bercabang. Blenber 20 lembar daun urang aring hingga halus kemidian beri sedikit susu, kemudian oleskan pada rambut tunggu hingga kering lalu bilas dengan air dingin.

16. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Daun seledri

Daun seledri baik untuk kesehatan rambut. Haluskan seledri beri 2 sdm madu lalu gunakan sebagai masker rambut kira-kira 30 menit lalu bilas hingga bersih.

17. Menghilangkan Rambut Bercabang dengan Air kelapa

Selain minyak kelapa dan santan, air kelapa juga dapat digunakan untuk perawatan rambut rontok. Cuci rambut menggunakan air kelapa minimal 2 kali dalam seminggu.

Rambut merupakan aset yang sangat berharga, menjaganya agar tetap sehat menjadi sebuah kewajiban. Bisa melakukan perawatan dari luar maupun perawatan dari dalam. Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut kita menjadi bercabang. Ada baiknya kita menghindari hal tersebut agar rambut kita selalu sehat dan terhindar dari rambut yang bercabang. Itulah sedikit ulasan mengenai cara menghilangkan rambut bercabang secara alami dari kami, semoga bermanfaat.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengan yang lainnya. Baca juga 22 Tips Perawatan Rambut Rontok yang Wajib Anda Lakukan

Leave a Reply