16 Tips Mengatasi Panu Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara Menghilangkan Panu – Meski bukan termasuk ke dalam penyakit kronis namun memiliki panu akan sangat mengganggu. Selain dapat merusak penampilan juga dapat mengganggu kegiatan ketika panu mulai menimbulkan rasa gatal.

Panu merupakan becak putih yang disebabkan infeksi jamur, pada satu titik dan bisa menyebar hingga ke kulit lainnya. Cara menghilangkan jamur biasanya dilakukan dengan memberikan obat anti jamur yang banyak dijual di pasaran.

Namun penggunaan bahan kimia dapat berakibat iritasi dan gangguan kulit lainnya. Untuk itu sebaiknya lakukan cara menghilangkan panu secara alami dimana penggunaan bahan alami lebih dikedepankan.

Cara menghilangkan  panu secara alami sangat efektif menghilang panu dalam beberapa kali perawatan. Cara menghilangkan panu secara alami menggunakan bahan alami yang mengandung anti jamur kualitas terbaik.

Cara menghilangkan panu secara alami

Cara menghilangkan panu secara alami

Penggunaan bahan alami juga sangat aman bagi kulit tidak memiliki efek samping berbahaya bagi kulit. Bahan yang digunakan juga sangat sederhana dengan biaya yang sangat murah.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Penggunaan bahan alami dalam menghilangkan panu saat ini menjadi pilihan banyak masyarakat karena sangat aman bagi kulit dan terbukti ampuh menghilangkan panu dengan cepat. Cara membuat dan menggunakannya juga sangat mudah, berikut beberapa cara menghilangkan panu seperti :

1. Bawang putih

Sudah tidak perlu diragukan lagi bawang putih memiliki kandunngan antijamur yang ampuh membunuh jamur yang bersarang di kulit anda salah satunya dapat menghilangkan panu dengan mudah.

Cara membuat dan menggunakannya juga sangat mudah seperti berikut ini:

  • Ambil bawang putih secukupnya lalu kupas
  • Setelah dikupas cuci bersih bawang putih
  • Kemudian potong bawang putih menjadi dua bagian
  • Kemudian gosokkan bawang putih pada kulit yang ditumbuhi panu selama beberapa detik
  • Biarkan beberapa saat hingga bawang putih kering
  • Setelah kering cuci hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini secara rutin hingga panu benar-benar hilang.

2. Lengkuas dan garam

Salah satu bahan alami pembasmi jamur dan bakteri adalah lengkuas. Di dalam lengkuas memiliki kandungan yang sangat penting seperti flavonoid yang merupakan antioksidan tinggi, kuersetin serta amilum yang ampuh menghilangkan panu yang menyerang kulit anda.

Lengkuas sebaiknya beri tambahan sedikit garam agar hasil yang di dapat lebih maksimal. Dalam beberapa kali perawatan dijamin panu akan hilang dengan sempurna. Namun cara menghilangkan panu menggunakan lengkuas dan garam ini akan menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman namun anda tidak perlu khawatir sebab dalam beberapa saat rasa perih akan hilang dengan sendirinya.

Caranya

  • Ambil lengkuas sebesar ibu jari
  • Lalu cuci bersih dan belah tengah
  • Gosokkan lengkuas pada panu selama beberapa saat
  • Kemudian taburkan garam halus pada panu yang telah digosok menggunakan lengkuas
  • Setelah kering cuci bilas kulit menggunakan air hangat

Artikel terkait: Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

3. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Cara menghilangkan panu secara alami juga bisa dilakukan menggunakan belimbing wuluh yang dikombinasikan dengan kapur sirih. Cara ini jika dilakukan secara teraur akan membantu menghilangkan penu dengan cepat dan mencegahnya datang kembali.

Caranya

  • Haluskan belimbing wuluh secukupnya
  • Setelah halus tambahkan sedikit kapur sirih
  • Setelah keduanya tercampur oleskan pada panu
  • Biarkan hingga kering dengan sendirinya
  • Terakhir cuci bersih kulit anda menggunakan air hangat

4. Jeruk nipis dan belerang

Jeruk nipis juga mapuh digunakan untuk menghilangkan panu sebab jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yag merupakan antioksidan tinggi yang ampuh membasmi jamur dan bakteri penyebab panu.

Selain itu khasiat belerang juga tidak perlu diragukan lagi dalam membasmi jamur dan bakteri. Jadi mengkombinasikan keduanya akan menajdi bahan alami pembasmi panu yang sangat efektif.

Haluskan sedikit belerang lalu campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Setelah diaduk dan menjadi seperti krim oleskan pada panu hingga rata. Setelah 10 menit cuci kulit yang ditumbuhi panu hingga bersih.

Simak juga: 10 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Mengatasi Masalah Wajah

5. Jahe

Jahe selain dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan wedang jahe ternyata cukup ampuh membantu mengusir panu dari kulit anda. Jahe memiliki zat aktif yang bisa melawan jamur penyebab panu.

Caranya

  • Pertama siapkan jahe segar secukupnya
  • Lalu kupas dan cuci bersih
  • Geprek jahe hingga sedikit lumat lalu oleskan pada kulit yang ditumbuhi panu
  • Setelah kering basuh hingga bersih

6. Tea tree oil

Kandungan anti jamur di dalam tea tree oil sangat ampuh membunuh jamur penyebab panu. Dengan begitu mengoleskan minyak tea tree oil atau minyak pohon teh pada kulit yang ditumbuhi panu secara rutin akan membantu membasmi panu dari kulit anda dengan mudah.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang berkhasiat menghilangkan panu  dengan cepat. Sebab minyak kelapa memiliki kadungan asam lemak yang dapat membasmi jamur dan menghentikan pertumbuhan jamur.

Oleskan minyak kelapa pada panu secara merata. Tunggu hingga 10 menit. Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mencuci kulit anda hingga bersih menggunakan air hangat.

8. Lidah buaya

Lidah buaya memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan salah satunya adalah dapat menjadi salah satu cara menghilangkan panu dengan mudah. Salah satu kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya yaitu anti jamur dan anti radang sangat efektif membasmi jamur penyebab panu.

Caranya

  • Ambil 1 lembar daun lidah buaya
  • Lalu kupas dan ambil gelnya saja
  • Oleskan gel lidah buaya pada panu selama beberapa menit
  • Setelah kering bersihkan kulit menggunakan air bersih

9. Yoghurt

Oleskan yoghurt tawar pada kulit yang diserang panu hingga rata. Kemidan biarkan yoghurt bekerja selama 10 menit membasmi jamur kulit. Langkah terakhir cuci kulit anda menggunakan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur agar masalah panu dapat teratasi dengan mudah.

10. Minyak esensial oregano

Meski minyak ini terdengar asing namun cara mendapatkan minyak ini cukup mudah yakni bisa dibeli di apotek terdekat. Minyak ini dapat membantu membasmi panu dengan mudah. Kombinasikan minyak ini dengan sedikit minyak zaitun lalu oleskan pada panu hingga rata. Setelah 5 menit bersihkan kulit menggunakan air hangat.

11. Cuka apel

Cuka apel bukan hanya dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit saja namun juga bisa membantu membasmi jamur penyebab panu. Siapkan sedikit cuka apel lalu tambahkan sedikit air hangat. Oleskan pada panu hingga rata setelah kering cuci bersih.

12. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan anti jamur, anti septic dan anti inflamasi yang sangat ampuh menghilangkan panu yang menyerang kulit anda. Ambil sedikit kunyit lalu belah menjadi dua.  Gosok kulit yang ditumbuhi panu menggunakan kunyit. Setelah 5 menit cuci bersih

13. Beeswax

Cara menghilangkan panu secara alami juga bisa anda lakukan menggunakan beeswax yang dikombinasikan dengan sedikit madu dan minyak zaitun lalu diaduk hingga rata. Setelah rata oleskan pada kulit yang berpanu.

14. Konsumsi makanan bergizi

Makanan yang kita konsumsi setiap harinya sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh dan kulit. Jika makanan yang dikonsumsi kurang kandungan nutrisi makan jamur dan bakter penyebab panu juga sangat mudah menyerang kulit anda.

Oleh sebab itu cara menghilangkan panu yang sangat efektif adalah dengan menjaga asupan gizi yang masuk ke tubuh anda.

15. Mengubah pil KB

Alat kontrasepsi seperti pil KB yang digunakan jangka panjang dapat     membasi efek samping buruk bagi kulit yakni dapat memicu pertumbuhan panu. Untuk itu sebaiknya ganti alat kontrasepsi pil KB yang anda gunakan.

16. Hindari pakaian ketat

Pakaian ketat yang sering anda gunakan dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab panu. Apa lagi jika pakaian tersebut tidak meresap keringat maka jamur akan sangat mudah tumbuh pada kulit anda.

Untuk itu sebaiknya hindari penggunaan pakaian ketat untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab panu.

Itulah beberapa cara menghilangkan panu secara alami yang tidak memiliki efek samping berbahaya bagi kulit anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Simak juga: Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami yang Ampuh

Leave a Reply