Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Aman

Pada kesempatan kali ini Tipscantika akan membagikan sedikit informasi mengenai cara menghilangkan panu dengan cepat. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup banyak dialami oleh manusia.

Panu memang bukan termasuk penyakit yang berbahaya. Namun begitu, keberadaan panu biasanya akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Tidak hanya itu, panu terkadang juga akan menimbulkan rasa gatal yang sangat menyiksa. Itulah kenapa panu yang muncul di kulit harus segera diatasi.

Jangan lewatkan juga: Cara Membuat Masker Madu

Penyebab Timbulnya Panu pada Kulit

Sama seperti halnya penyakit – penyakit kulit yang lainnya, timbulnya panu di kulitjuga bukan tanpa alasan. Alasanmunculnya panu di kulit adalah karena serangan jamur Malassezia.

Saat menyerang kulit, jamur ini akan menimbulkan tanda berupa bercak putih di lapisan terluar kulit. Bila dibiarkan begitu saja, bercak putih yang ditimbulkan oleh jamur ini biasanya akan melebar. Hal ini disebabkan oleh perkembangan jamur Malassezia yang tidak terkendali.

Menurut hasil penelitian, jamur Malasseziapada dasarnya memang sudah ada di jaringan kulit semua orang.Saat populasinya meningkat, maka secara otomatis panu akan langsung timbul di jaringan kulit kita.

Beberapa faktor yang dapat memicu peningkatan populasi jamur Malassezia adalah sebagai berikut:

  • Tingkat kebersihan kulit yang tidak terjaga
  • Produksi minyak berlebih pada kulit
  • Perubahan hormon
  • Tingkat kekebalan tubuh yang rendah
  • Produksi keringat yang berlebihan
  • Suhu udara yang lembab / panas, dll
Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Untuk menghilangkan panu di kulit, ada dua alternatif cara yang bisa digunakan. Alternatif cara yang pertama adalah dengan menggunakan obat panu siap pakai, sedangkan alternatif cara yang kedua adalah dengan menggunakan bahan – bahan alami yang ada di sekitar kita.

Nah, agar tidak terlalu lebar, pada kesempatan kali ini kami hanya akan membagikan cara menghilangkan panu dengan cepat menggunakan bahan – bahan alami saja.

1. Coba Gunakan Minyak Kelapa

Menurut hasil penelitian, saat diaplikasikan pada jaringan kulit, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan jamur, virus, dan juga bakteri.Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena kandungan asam lemak dalam buah kelapa yang cukup tinggi.

Untuk bisa menghilangkan panu dengan menggunakan minyak kelapa, Anda hanya perlu mengolesi bagian kulit Anda yang berpanu dengan menggunakan minyak kelapa murni secara rutin setiap hari.

2. Coba Baluri dengan Tea Tree Oil

Cara menghilangkan panu dengan cepat yang ke dua adalah dengan menggunakan teatree oli. Pohon teh merupakan jenis tanaman yang sangat kaya akan zat antiseptik. Berkat kandungan antiseptiknya yang sangat tinggi, pohon teh sering digunakan sebagai bahan dasar untuk memproduksi produk penyembuh luka.

Berkat kandungan zat antiseptiknya yang tinggi, pohon teh diyakini dapat membantu mengatasi serangan bakteri, virus, dan juga jamur.

Nah, jika mau, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengatasi permasalahan panu di kulit Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 sendok teh teatree oil, 1 sendok teh minyak lavender, dan 2 sendok teh minyak kelapa
  • Campurkan semua bahan tersebut ke dalam satu wadah, lalu aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata
  • Balurkan campuran minyak teatree oil tersebut ke bagian kulit Anda yang berpanu dengan menggunakan kapas steril atau pun cuttonbud

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi secara rutin langkah di atas dua kali sehari hingga permasalahan panu di kulit Anda bisa hilang dengan sempurna.

3. Coba Gunakan Cuka Apel

Cuka Apel memiliki kandungan zat anti mikroba yang cukup tinggi. Berkat kandungan zat anti mikroba yang dimilikinya tersebut, cuka apel sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan panu.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan panu dengan cepat menggunakan cuka apel tergolong sangat simpel. Dalam hal ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Siapkan 1 sendok makan cuka apel murni
  • Larutkan cuka apel tersebut dengan menggunakan 2 sendok makan air hangat
  • Oleskan larutan cuka apel yang telah Anda siapkan ke bagian tubuh Anda yang berpanu dengan menggunakan kapas steril atau cuttonbud
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat
  • Ulangi secara rutin setiap hari hingga permasalahan panu di kulit Anda bisa hilang dengan sempurna

4. Coba Gunakan Yoghurt

Cara menghilangkan panu dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan yoghurt.

Yoghurt memiliki kandungan probiotikyang cukup tinggi. Kandungan probiotik yang ada dalam yoghurt ini diyakini dapat digunakan untuk mengendalikan proses perkembangan jamur penyebab panu di kulit.

Untuk bisa menghilangkan panu dengan menggunakan yoghurt, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan satu sendok yoghurt murni
  • Oleskan pada bagian kulit Anda yang ditumbuhi panu
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih

Satu hal yang harus Anda ingat, jika Anda ingin menghilangkan panu dengan cara ini, jenis yoghurt yang Anda gunakan harus yoghurt tawar.

Jika yoghurt yang Anda gunakan adalah yoghurt manis (mengandung gula), alih – alih terkendali, proses perkembangan jamur penyebab panu di kulit Anda malah berpotensi menjadi semakin cepat.

5. Kombinasikan Jeruk Nipis dan Belerang

Cara menghilangkan panu dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran jeruk nipis dan belerang.

Jeruk nipis mengandung zat flavonoid dan asam sitrat yang berfungsi sebagai zat anti oksidan untuk melawan bakteri dan jamur. Di lain sisi, belerang memiliki zat senyawa aktif bernaka keratolitik yang tidak disukai oleh jamur dan virus.

Jika mau, Anda dapat menggunakan campuran dua bahan ini untuk menghilangkan panu di tubuh Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan belerang bubuk
  • Letakkan ke dua bahan tersebut ke dalam satu wadah
  • Aduk hingga ke dua bahan tercampur dengan merata dan berubah menjadi pasta
  • Oleskan pasta tersebut ke bagian kulit Anda yang berpanu
  • Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat
  • Ulangi secara rutin 1 hari sekali hingga panu di tubuh Anda hilang dengan sempurna

6. Coba Manfaatkan Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan zat allicin yang tidak disukai oleh bakteri dan jamur. Jika mau, Anda dapat menggunakan bahan bumbu masakan yang satu ini untuk menghilangkan panu di kulit Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Ambil satu siung bawang putih
  • Iris menjadi dua bagian
  • Tempelkan irisan bawang putih tersebut ke kulit Anda yang berpanu
  • Diamkan selama 5 menit, lalu lepaskan
  • Ulangi secara rutin 2 kali sehari

7. Menggunakan Lidah Buaya

Cara menghilangkan panu dengan cepat selanjutnya bisa anda coba memakai lidah buaya. Selama ini lidah buaya mungkn sudah sangat terkenal seabgai bahan alami untuk perawatan rambut, untuk melebatkan, menebalkan hingga untuk menghitamkan rambut.

Teryata bukan hanya untuk rambut saja lo, anda bisa mengatasi panu di kulit dengan menggunakan lidah buaya. Caranya yaitu olesi bagian tubuh Anda yang terserang panu dengan jel yang ada pada bagian daging tanaman lidah buaya secara rutin setiap hari.

8. Menggunakan Kunyit

Anda juga bisa menggunakan kunyit sebagai bahan alami untuk mengobati panu. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung zat anti biotik dan anti septik yang sangat tinggi. Ketika diaplikasikan pada bagian tubuh yang terserang panu, kunyit diyakini dapat membasmi tumpukan jamur dan bakteri penyebab panu yang ada di area tersebut.

Cara menghilangkan panu dengan cepat menggunakan kunyit:

  • Pertama, sediakan kunyit beberapa rimpang yang masih segar, lalu haluskan menggunakan blender
  • Bersihkan kulit Anda yang terserang panu dengan air bersih, lalu keringkan
  • Aplikasikan kunyit halus yang telah disiapkan sebelumnya ke bagian kulit Anda yang terserang panu
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas bagian tersebut dengan air bersih
  • Ulangi secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari

9. Oleskan Minyak Oregano

Cara menghilangkan panu dengan cepat selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengaplikasikan minyak oregano. Minyak ini terbuat dari bahan alami tumbuhan oregano ini dimanfaatkan pada bagian daun dan bunganya.

Di dalam minyak oregano ini memiliki kandungan senyawa carvacrol yang bermanfaat untuk membunuh atau mengurangi infeksi bakteri, infeksi jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal ini dikarenakan carvacro bekerja sebagai penangkal atau anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

Cara menggunakan minyak ini hanya dengan mengoleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena panu. Diamkan hingga kering dengan sendirinya.

10. Manfaatkan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh bisa kita manfaatkan untuk mengobati panu yang kita alami dengan cepat. Ternyata belimbing wuluh ini kaya akan nutrisi, diantara kandungan nutrisi belimbing wuluh yaitu glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.

Siapa sangka belimbing wuluh yang biasanya dijadikan sebagai bahan untuk masak ini memiliki kandungan sangat banyak, bahkan belimbing wuluh ini juga memiliki sifat anti jamur.

Cara perawatan panu dengan belimbing wuluh juga cukup mudah, silahkan anda cuci belimbing wuluh 1 buah saja, kemudian potong menjadi 4 bagian. Usapkan potongan belimbing wuluh tersebut pada bagian panu yang anda alami sekitar 5 menit. Biarkan mengering. Terakhir cuci bersih.

11. Manfaatkan Lengkuas

Cara cepat menghilangkan panu selanjutnya yaitu dengan menggunakan lengkuas. Ternyata lengkuas ini juga kaya akan nutrisi di dalamnya. Diantaranya yaitu sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi.

Wah, siapa sangka ternyata rempah yang biasanya digunakan sebagai penyedap ini banyak nutrisinya. Tahukah anda, berdasarkan penelitian dari ahli Korea mendapatkan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Lengkuas pun bisa Anda gunakan sebagai obat alami panu.

Bagaimana caar menghilangkan panu dengan cepat menggunakan lengkuas? Pertama ambil lengkuas serimpang saja atau secukupnya. Kemudian bersihkan dan kuas, setelah itu potong-potong lalu usap-usapkan pada panu, lakukan selama 5 menit. Lakukan ini dua kali sehari.

Kandungan flavonoid, amilum, dan kuersetin yang ada dalam lengkuas akan membasmi jamur penyebab panu.

Selain dengan cara di atas, anda juga bisa membuat salep dari lengkuas. Silahkan anda haluskan 2 ruas jari lengkuas dengan 1 sdt garam, lalu oleskan pada panu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

12. Pakai Jahe Juga Bisa

Selain dengan menggunakan lengkuas, anda juga bisa memanfaatkan jahe untuk mengobati panu yang anda derita. Jahe mangandung zat anti jamur yang bisa membantu membunuh panu hingga ke akarnya.

Caranya sangat mudah, silahkan anda kupas dan potong jahe kemudian oleskan pada are kulit yang berpanu. Lakukan perawatan secara rutin kurang lebih 2x calam sehari.

13. Manfaatkan Daun Pare

Berikutnya, jika di dekat rumah anda ada tanaman pare, coba anda manfaatkan daun pare untuk membasmi panu di kulit anda.

Caranya yaitu, silahkan cuci bersih daun pare kemudian tumbuk hingga menjadi halus lalu ditambahkan dengan kapur sirih secukupnya kemudian dioleskan pada area yang berpanu. Biarkan beberapa saat lalu basuh dengan air hangat atau air yang bersih.

14. Beeswax

Cara menghilangkan panu dengan cepat selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan beeswax yang dikombinasikan dengan sedikit madu dan minyak zaitun lalu diaduk hingga rata. Setelah rata oleskan pada kulit yang berpanu.

15. Pakai Produk Anti Jamur

Cara menghilangkan panu dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan produk anti jamur. Nah, kira-kira di bagian tubuh mana jamur tumbuh?
Anda bisa menggunakan krim, losion, atau sampo yang memuat label anti-jamur untuk menyembuhkan jamur atau panu yang anda derita. Obat panu ini bisa anda dapatkan di apotek dengan mudah.
Jika anda mencari obat panu di apotek, silahkan perhatikan komposisinya, cari salep yang mengandung Ciclopirox, Clotrimazole, Miconazole, Terbinafine, Ketoconazole, atau Selenium sulfide.
Selain pakai salep, anda juga bisa mencari sabun anti jamur, nah, silahkan cari sabun panu yang memiliki kandungan Zinc pyrithione. Gunakan secara teratur untuk menghilangkan panu dengan cepat.
Peting untuk diperhatikan, saat hendak menggunakan krim, salep, atau losion, maka anda harus membersihkan area yang terinfeksi panu tersebut, kemudian keringkan.

16. Konsumsi Obat Panu

Selain obat luar panu, anda juga bisa mengkonsumsi obat panu berupa pil atau tablet. Obat panu berupa pil atau tablet biasanya yang mengandung Fluconazole atau Itraconazole.
Biasanya, obat panu yang dikonsumsi ini jika kondisi panu yang telah cukup parah dan yang sudah hilang kemudian timbul lagi, dan lagi.
Untuk obat minum panu ini hanya digunakan dengan menggunakan resep dokter. Perlu anda ketahui bahwa, mengkonsumsi obat panu meskipun berhasil namun warna kulit tetap belum bisa kembali seperti semula. Umumnya, butuh waktu beberapa minggu atau bulan agar warna kulit dapat kembali normal.

17. Hindari Pakaian Ketat

Sebaiknya, hindari penggunaan pakaian ketat dalam waktu yang lama, karena dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab panu. Terutama pakaian ketat yang tidak meresap keringat maka jamur akan sangat mudah tumbuh pada kulit anda.

18. Konsumsi Makanan Bergizi

Terakhir, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

***

Itulah sedikit informasi mengenai cara menghilangkan panu dengan cepat yang bisa kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diingat, setelah panu di tubuh Anda berhasil dihilangkan, agar panu tersebut tidak muncul kembali, Anda harus bisa menghindari faktor – faktor yang dapat memicu timbulnya panu di kulit.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Jangan lewatkan juga: 21 Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Cepat dan Aman!

Leave a Reply