Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju Ampuh

Cara menghilangkan noda oli di baju terkadang memang cukup sulit. Terlebih jika noda oli tersebut sudah mengendap terlalu lama. Dalam kondisi tertentu, noda oli yang sudah terlalu lama bahkan tidak bisa dihilangkan sama sekali (tanpa menimbulkan efek samping / kerusakan pada pakaian tersebut).

Seperti yang telah kita ketahui bersama, dalam kondisi tertentu, pakaian acap kali terpapar berbagai macam noda. Beberapa jenis noda ada yang mudah dibersihkan. Sebaliknya, beberapa jenis noda ada yang benar – benar sulit untuk dibersihkan.

Salah satu jenis noda yang agak sulit untuk dibersihkan adalah noda oli. Biasanya, ketika terkena noda oli, terutama yang sudah kotor dan tercampur dengan gemuk pelumas, serat kain akan terlihat hitam.

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan noda oli di Baju yang benar?

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Berikut merupakan beberapa alternatif cara yang bisa Anda coba terapkan untuk menghilangkan noda oli di pakaian Anda:

1. Langsung Bersihkan dengan Deterjen

Penting untuk diketahui, semakin lama noda oli tinggal di pakaian Anda, maka semakin sulit pula noda oli tersebut untuk dihilangkan.

Bahkan, seperti yang telah kami sebutkan di atas, dalam beberapa kasus noda oli yang sudah terlalu lama tinggal di pakaian terkadang tidak dapat dibersihkan lagi (tanpa menimbulkan efek negatif pada pakaian tersebut).

Untuk itu, jika memungkinkan, begitu terkena noda oli, segera bersihkan pakaian Anda dengan menggunakan air dan detergen.

Jika tidak memungkinkan untuk segera membersihkan noda oli tersebut dengan detergen, minimal langsung bersihkan baju Anda begitu Anda dapat melakukannya.

Dengan begitu, noda oli di baju Anda tidak akan menyerap ke dalam serat pakaian dan bisa dibersihkan dengan lebih mudah.

2. Gunakan Minyak Tanah / Bensin

Cara menghilangkan noda oli di baju yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak tanah.

Sebagian orang biasanya akan merasa sangat terbebani ketika harus menghilangkan noda oli di celana jeans. Alasannya sederhana, yaitu karena celana jeans susah untuk dikucek.

Nah, ke depannya, jika celana jeans yang Anda kenakan terpapar noda oli, coba manfaatkan minyak tanah untuk menghilangkannya.

Caranya, cukup olesi area celana jeans Anda yang terpapar noda oli dengan minyak tanah / bensin, lalu tunggu beberapa saat (kurang lebih 5 – 10 menit). Biasanya noda oli tersebut akan segera pudar.

Setelah nodanya pudar, rendam celana jeans Anda dengan larutan detergen, lalu cuci seperti biasa.

Insya Allah noda oli di celana jeans Anda pasti akan hilang.

3. Manfaatkan Bedak Bayi

Cara menghilangkan noda oli di baju berkain tipis harus dibedakan dengan cara menghilangkan noda oli di pakaian berkain tebal.

Pasalnya, pakaian berkain tipis cenderung lebih “ringkih” dan mudah rusak. Penggunaan bahan yang kurang tepat beresiko merusak pakaian Anda.

Nah, agar pakaian tipis Anda tidak mudah rusak, coba manfaatkan bedak bayi untuk menghilangkan noda oli di pakaian tersebut.

Caranya, cukup taburkan bedak bayi pada area pakaian Anda yang terpapar oli.

Jika olinya sudah meresap, rendam pakaian Anda dalam air detergen, lalu cuci seperti biasa.

Sangat mudah bukan?

4. Manfaatkan Tisu Kasar

Cara menghilangkan noda oli di baju yang satu ini sangat pas untuk dijadikan sebagai pertolongan pertama saat terkena noda oli namun Anda tidak dapat langsung membersihkannya.

Dalam prakteknya nanti, untuk menggunakan teknik ini, Anda hanya perlu menempelkan tisu kasar yang dapat menyerap minyak makanan ke area pakaian Anda yang terkena oli.

Satu hal yang harus Anda ingat, yang perlu Anda lakukan adalah menempelkan tisu kasar tersebut, bukan menggosoknya.

Jika Anda menggosoknya, alih – alih terserap, noda oli yang ada pada pakaian malah akan menjadi lebih luas.

5. Manfaatkan Mentega

Selain dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat kue, mentega ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan noda oli di baju yang ampuh lho!

Caranya, Anda hanya perlu mengolesi pakaian Anda yang terpapar noda oli dengan menggunakan mentega. Diamkan beberapa saat, lalu rendam pakaian tersebut menggunakan larutan detergen.

Terakhir, cuci pakaian tersebut seperti biasa, dan tada… noda oli di baju Anda pun akan langsung hilang seketika.

6. Manfaatkan Sabun Cuci Piring

Cara mengatasi noda oli di baju yang selanjutnya adalah dengan mencucinya memakai sabun cuci piring.

Oli memiliki karakteristik yang mirip dengan minyak goreng.

Nah, karena sabun cuci piring didesain secara khusus untuk mengatasi minyak yang ada di piring dan peralatan makan lainnya, maka kita bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan noda oli yang notabene memiliki karakteristik yang sama dengan minyak goreng.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan sabun cuci piring tergolong cukup mudah. Dalam hal ini Anda hanya perlu mengolesi area baju Anda yang terpapar oli menggunakan sabun cuci piring. Diamkan beberapa saat, lalu rendam pakaian Anda dengan larutan detergen biasa. Terakhir, cuci pakaian Anda seperti biasa.

7. Pakai Baking Soda Juga Bisa

Selain dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi permasalahan gigi kuning dan karang gigi, baking soda ternyata juga ampuh untuk dijadikan sebagai bahan penghilang noda oli di baju lho.

Caranya, pertama – tama Anda harus membuat pasta baking soda terlebih dahulu. Untuk membuat pasta ini sendiri, Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan air dan cuka (perbandingan 2 : 1 : 1).

Jika pastanya sudah jadi, oleskan pasta tersebut ke area baju yang terpapar noda oli. Diamkan beberapa saat, lalu rendam pakaian ke dalam larutan detergen. Terakhir, cuci pakaian tersebut seperti biasa.

Oh ia, dalam prakteknya nanti, Anda juga dapat turut mencampurkan baking soda ke dalam larutan detergen untuk merendam pakaian yang sudah lama terpapar noda oli (noda olinya sempat mengering).

8. Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan minyak kayu putih tergolong sangat mudah.

Anda hanya perlu mengolesi area pakaian Anda yang terpapar noda oli menggunakan kapas lembut yang dibasahi dengan minyak kayu putih.

Setelah itu, Anda tinggal mencuci pakaian Anda menggunakan detergen seperti biasa.

9. Menggunakan Terpentin

Selain dapat dijadikan sebagai bahan bakar, terpentin yang berasal dari getah pohon pinus ternyata juga bisa dijadikan sebagai penghilang noda membandel pada pakaian lho.

Caranya, Anda hanya perlu mengoleskan terpentin secara langsung ke area pakaian Anda yang terpapar noda oli. Diamkan beberapa saat, lalu cuci pakaian Anda menggunakan detergen seperti biasa.

Sangat mudah bukan?

***

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan noda oli di baju yang bisa Anda coba untuk praktekkan.

Penting untuk diingat, beberapa bahan yang kami sebutkan di atas adalah bahan yang berbahaya. Jika Anda memiliki anak kecil, Anda harus lebih waspada dalam menyimpannya. Dengan begitu, anak Anda akan terhindar dari bahan – bahan berbahaya tersebut.

Akhir kata, selamat mencoba alternatif cara menghilangkan noda oli di baju di atas, dan semoga berhasil ya! Baca juga yuk: Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup

Leave a Reply