8 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat terkadang bisa lebih sulit dibandingkan menghilangkan jerawat itu sendiri. Padahal keberadaan noda hitam bekas jerawat di wajah cenderung membuat penampilan wajah menjadi kurang maksimal.

Meski pun sudah berhasil disembuhkan, jerawat biasa nya akan meninggalkan permasalahan baru, yaitu noda hitam dan jaringan parut di wajah.

Biasa nya permasalahan noda hitam dan jaringan parut yang timbul akibat bekas jerawat ini cenderung lebih sulit untuk diatasi dibandingkan dengan permasalahan jerawat itu sendiri.

Dalam beberapa kasus, bekas jerawat yang sudah terlalu parah bahkan tidak dapat disembuhkan sama sekali, kecuali dengan menggunakan metode operasi.

Kebiasaan yang Memicu Timbulnya Jerawat

Sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang kita tidak sadari menyebabkan jerawat semakin parah. Jangan sampai kita sibuk ingin menghilangkan bekas jerawat tetapi masalah utamanya, jerawat, masih belum teratasi secara tuntas. Berikut ini beberapa kebiasaan penyebab timbulnya jerawat yang mesti anda sadari:

1. Penggunaan Kosmetik yang Kurang Cocok

Penyebab jerawat semakin parah yang pertama adalah karena kosmetik yang anda gunakan kurang cocok. Kulit kita berbeda-beda sehingga tidak semua produk kosmetik yang digunakan oleh artis di iklan cocok untuk kulit kita. Apalagi jika kosmetik tersebut memang mengandung zat kimia yang berbahaya, tentu akan semakin parah jerawat anda nantinya.

2. Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah

Kebiasaan menyentuh wajah juga bisa memicu jerawat semakin meradang. Tangan yang kotor dan tidak higenis tentu saja menjadi penyebabnya.

 

Jika tangan kita kotor kemudian memegang wajah maka bakteri dan kuman yang ada di tangan akan menempel di wajah sehingga akan mengundang tumbuhnya jerawat. Hindari kebiasaan tersebut supaya jerawat jarang mampir di wajah anda. Apalagi menyentuh jerawat yang sedang muncul di wajah, hindari hal tersebut.

3. Membiarkan Keringat di Wajah

Oh ya, setelah beraktivitas seharian di luar mungkin akan membuat kita berkeringat. Nah, usahakan agar keringat tersebut jangan sampai kering dengan sendirinya. Biasakan agar keringat tersebut segera dibasuh dengan memakai tissue, ataupun kain yang bersih.

Jangan biarkan keringat tersebut menempel di wajah dalam rentan waktu yang lama, karena bakteri akan semakin kuat serta dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

4. Over Cuci Muka

Kebiasaan mencuci muka tentu memberikan dampak positif untuk wajah kita, namun apabila kita over dalam membasuh wajah justru ini kurang baik, lho.

Kenapa? Karena membasuh wajah yang terlalu sering akan menjadikan produksi kelenjar minyak pada kulit wajah mengalami kenaikan. Maka dari itu, untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah, cukuplah untuk mencuci muka dua kali sehari.

5. Stress

Beban pikiran ternyata juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Apabila kita sedang stres maka produksi hormon stres akan semakin meningkat. Kendalikan stres anda, jangan sampai terlalu over ya. Karena selain berdampak bagi psikis anda, juga akan berdampak bagi kecantikan wajah anda.

6. Sering Begadang

Anda seorang wanita karier? Atau anda pekerja yang aktif?

Sesekali begadang sih tidak terlalu masalah, tetapi jika terlalu sering begadang tentu akan berdampak tidak baik untuk tubuh kita. Selain tidak sehat untuk metabolisme tubuh, ternyata kebiasaan begadang ini juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Tahukah anda, ketika tubuh kekurangan istirahat maka akan memaksakan tubuh untuk meningkatkan produksi hormon insulin. Meningkatnya hormon insulin tersebut akan membuat jerawat pun dengan mudah muncul di wajah anda.

7. Makanan Kurang Sehat

Selanjutnya, mengkonsumsi makanan tidak sehat juga akan memicu timbulnya jerawat. Makanan berminyak, mengandung gula tinggi serta berlemak dapat membuat tumpukan lemak di tubuh semakin menjadi-jadi. Selain tidak sehat bagi jantung, juga dapat memicu timbulnya jerawat.

8. Sisa Make Up Jarang Dibersihkan

Sisa make yang dibiarkan menempel di wajah juga dapat memicu timbulnya jerawat. Apalagi kalau anda membiarkan make up masih menempel ketika tidur. Make up yang dibiarkan ini dapat mengakibatkan pori-pori wajah tersumbat.

Cara Menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Cara Menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat yang Ampuh

Nah, berbicara mengenai noda hitam bekas jerawat, pada kesempatan kali ini tim penulis Tipscantika akan membagikan sedikit informasi mengenai ragam alternatif cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang ampuh.

Pada dasar nya ada beberapa alternatif cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah. Dari mulai yang murah dan aman dengan menggunakan bahan – bahan alami, sampai dengan yang mahal menggunakan prosedur operasi medis, semua nya bisa sudah bisa ditempuh dengan cukup mudah.

Nah, khusus untuk pembahasan kali ini, kami hanya akan membahas mengenai alternatif cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat menggunakan bahan – bahan alami saja:

1. Dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan masker jeruk nipis.

Masker jeruk nipis telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Jika diaplikasikan pada kulit wajah yang dipenuhi dengan noda hitam bekas jerawat, masker jeruk nipis dapat membantu mempercepat proses regenerasi jaringan sel kulit mati di wajah.

Selain itu, masker jeruk nipis nanti nya juga akan membantu membuat wajah tampak lebih cerah, terhindar dari permasalahan kulit wajah belang, dan lain sebagai nya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, langkah – langkah nya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan jeruk nipis yang sudah cukup tua, potong menjadi dua bagian, lalu peras air nya dan tampung menggunakan cangkir
  • Bersihkan kulit wajah Anda, usahakan menggunakan air hangat supaya wajah Anda bisa lebih bersih dan lebih mudah menyerap nutrisi yang ada pada jeruk nipis
  • Ambil kapas steril, lalu basahi kapas tersebut dengan air jeruk nipis yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Olesi seluruh bagian wajah Anda yang dipenuhi noda hitam bekas jerawat dengan kapas, lalu diamkan selama 20 menit
  • Setelah air jeruk nipis di wajah Anda tampak mengering, Anda dapat membilas wajah Anda menggunakan air bersih

Agar noda hitam bekas jerawat di wajah Anda bisa hilang dengan sempurna, Anda kami sarankan untuk menerapkan teknik di atas secara rutin setiap 3 hari sekali.

2. Menggunakan Masker Bengkoang

Selain dapat digunakan untuk memutihkan kulit, buah bengkuang ternyata juga sangat ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah.

Buah bengkoang memiliki kandungan vitamin dan senyawa aktif yang sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah. Berkat kandungan vitamin dan senyawa aktif yang terdapat di dalam nya, buah berwarna putih yang satu ini banyak dimanfaatkan perusahaan kosmetik untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan produk pemutih wajah.

Artikel terkait: 23 Merk Cream Pemutih Wajah yang Aman dan Terdaftar di BPOM

Nah, jika Anda mau, Anda bisa menggunakan buah bengkoang untuk dijadikan sebagai masker wajah penghilang noda hitam bekas jerawat. Cara nya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah bengkoang berukuran sedang, lalu blender hingga halus
  • Bersihkan wajah Anda, lalu aplikasikan buah bengkoang yang sudah dihaluskan sebelumnya ke seluruh permukaan wajah Anda
  • Diamkan selama 20 menit agar zat nutrisi yang ada pada buah bengkoang bisa menyerap dengan sempurna ke dalam permukaan wajah Anda
  • Setelah 20 menit, Anda dapat membilas wajah Anda dengan air bersih

Agar hasil yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal, Anda disarankan untuk menerapkan teknik di atas secara rutin setiap 2 hari sekali.

3. Menggunakan Masker Madu

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker madu.

Madu sangat kaya akan senyawa aktif dan berbagai macam zat nutrisi bermanfaat. Berkat kandungan senyawa aktif yang ada di dalam nya, madu diyakini dapat membantu mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kulit wajah, termasuk salah satu nya adalah menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah.

Untuk bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah menggunakan madu, Anda hanya perlu mengolesi wajah Anda dengan madu. Setelah seluruh bagian wajah Anda berhasil dilumuri madu, Anda tinggal menunggu nya selama 30 menit, dan kemudian membilas nya dengan air bersih.

Dalam praktek nya, aktivitas perawatan wajah menggunakan madu ini harus diterapkan secara rutin minimal setiap 2 – 3 hari sekali.

4. Menggunakan Masker Buah Pepaya

Selain dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kering, buah pepaya ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, buah pepaya sangat kaya akan vitamin dan air. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah pepaya diyakini dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan proses regenerasi jaringan sel kulit wajah.

Selain itu, kandungan air yang terdapat di dalam nya, juga dapat membantu membasi kotoran yang berpotensi menimbulkan jerawat dan noda hitam di wajah.

Cara mengatasi noda hitam bekas jerawat menggunakan buah pepaya tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengolesi wajah Anda dengan daging buah pepaya yang sudah dihaluskan. Setelah itu, Anda tinggal menunggu nya selama 30 menit, dan kemudian membilas nya menggunakan air bersih.

5. Menggunakan Putih Telur

Putih telur sangat kaya akan protein dan multi vitamin. Ketika diaplikasikan pada kulit wajah, putih telur telah terbukti dapat mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kulit wajah, seperti jerawat, iritasi, alergi, komedo, noda hitam bekas jerawat, dll.

Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat menggunakan putih telur, Anda hanya perlu mengolesi permukaan wajah Anda yang dipenuhi noda hitam bekas jerawat dengan menggunakan putih telur secara rutin setiap hari.

6. Menggunakan Masker Teh Hijau

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker teh hijau.

Masker teh hijau sangat kaya akan zat aktivated karbon yang dapat menyerap kotoran dan zat radikal bebas penyebab jerawat dan noda hitam di wajah.

Untuk bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah menggunakan masker teh hijau, Anda hanya perlu mengolesi wajah Anda dengan bubuk teh hijau bekas secara rutin setiap beberapa hari sekali.

7. Memanfaatkan Lidah Buaya

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya tentu saja sudah tidak diragukan lagi khasiat untuk perawatan rambut. Berbagai produk sampho atau conditioner juga sudah banyak yang terbuat dari tanaman ini.

Ternyata bukan hanya untuk rambut saja, berbagai produk perawatan kecantikan kulit juga banyak yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

 

Anda bisa menggunakan produk yang banyak dijual di pasaran, atau dengan cara membuat masker lidah buaya sendiri di rumah.

Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu mengambil lidah buaya seperlunya saja, kemudian mengambil bagian gel lidah buaya tersebut.

Pastikan getah lidah buaya tersebut tidak mengenai gel lidah buaya, karena nanti bisa mengakibatkan gatal pada kulit wajah ketika kita gunakan.

Pastikan anda membersihkan lidah buaya yang sudah anda ambil kemudian, parutlah atau lembutkan gel tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang optimal campur dengan minyak zaitun. jika dirasa lidah buaya dan minyak zaitun telah tercampur maka langkah selanjutnya adalah melumuri. Biarkan sekitar 15 menit. Setelah itu basuhlan wajah dengan air bersih. Lakukanlah langkah ini secara bertahap setiap hari.

Perawatan bekas jerawat dengan gel lidah buaya ini terbukti efektif dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang membandel.

8. Manfaatkan Perasan Air Lemon

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang terakhir dari kami adalah dengan menggunakan perasan air lemon. Perasan air lemon ini terbukti ampuh dapat menyamarkan noda hitam yang ditimbulkan oleh jerawat.

Silahkan anda siapkan lemon secukupnya, kemudian belah. Peras hingga mengeluarkan air, tampung dalam wadah air perasan tersebut. Gunakan kapas halus untuk mengolesi perasan air lemon tersebut ke wajah yang terdapat bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit, lalu basuhlah wajah dengan air.

Perawatan dengan menggunakan perasan air lemon ini akan mengangkat sel kulit mati dan akan memicu pertumbuhan sel kulit baru yang kemudian noda bekas jerawat di wajah akan semakin samar.

Selengkapnya, baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Hitam Secara Alami

Cara Mencegah Bekas Jerawat yang Hitam

Berikut ini beberapa cara mencegah bekas jerawat agar tidak menghitam:

  • Memperbanyak Konsumsi Vitamin C

Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C bisa mencegah jerawat membekas di kulit wajah anda. Vitamin C ini terkenal kaya akan antioksidan yang membuat kulit anda senantiasa sehat secara alami dan terhindar dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas ini juga telah diketahui sebagai pemicu peradangan pada jerawat yang tentu saja kemudian akan meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam.

  • Pakai Masker Saat Bepergian Keluar

Biasakan menggunakan masker ketika keluar rumah apalagi beraktivitas di bawah terik matahari dan debu serta polusi udara lainnya. Masker wajah ini minimal akan melindungi wajah anda dari kotoran.

  • Cuci Wajah Anda Minimal 2 Kali Sehari

Jangan lupa juga untuk mencuci wajah minimal 2 kali sehari agar debu dan kotoran yang menempel di wajah cepat hilang dan tidak menumpuk.

***

Bagaimana? Ternyata sangat banyak sekali bukan cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara alami yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya, agar semakin banyak lagi orang yang bisa merasakan manfaatnya.

Simak juga: 29 Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Secara Alami

Leave a Reply