17 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat yang Ampuh!

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat terkadang bisa jauh lebih susah dari menghilangkan jerawat itu sendiri. Bahkan, bila sudah terlalu parah, lubang bekas jerawat terkadang tidak bisa dihilangkan sama sekali. Bila sudah begini, satu – satunya cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan lubang bekas jerawat di wajah adalah dengan metode operasi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ketika sudah hilang, jerawat biasanya akan meninggalkan bekas berupa noda hitam dan lubang alias bopeng. Walaupun keberadaan noda hitam dan lubang bekas jerawat ini tidak berbahaya, namun hal tersebut sangat mengganggu penampilan. Itulah mengapa banyak orang yang berusaha mencari tahu tentang cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang ampuh.

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat

Ilustrasi: Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat

Penyebab Lubang Bekas Jerawat

Lubang bekas jerawat pada dasarnya tidak timbul secara otomatis begitu saja. Walaupun kondisi jerawat di wajah Anda parah, bila jerawat tersebut Anda biarkan begitu saja, wajah Anda kemungkinan besar tidak akan dipenuhi oleh lubang bekas jerawat.

Lantas apa sih penyebab lubang bekas jerawat?

Biasanya penyebab utama timbulnya lubang bekas jerawat adalah kebiasaan memegang dan memencet jerawat. Ketika dipencet, jerawat akan dipaksa keluar. Dampaknya, jaringan kulit akan robek. Bekas robekan jaringan kulit tersebut lah yang nantinya akan berubah menjadi lubang bekas jerawat.

Bila Anda tidak ingin wajah Anda dipenuhi dengan lubang bekas jerawat, satu – satunya hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan tidak memegang apalagi memencet jerawat.

Lantas, bagaimana bila lubang bekas jerawat sudah terlanjur ada di wajah? Satu – satunya langkah yang bisa diambil hanyalah dengan menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Secara Alami

Untuk menghilangkan lubang bekas jerawat di wajah, Anda dapat menggunakan beberapa alternatif cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang ampuh di bawah ini:

1. Menggunakan Masker Putih Telur

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengetahui jika putih telur memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kulit. Ya, putih telur memiliki kandungan vitamin dan protein yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Ketika diaplikasikan pada kulit wajah yang dipenuhi dengan lubang bekas jerawat, putih telur akan bekerja aktif mendorong jaringan sel kulit untuk melakukan regenerasi dengan lebih cepat. Hasilnya, jaringan sel kulit akan beregenerasi dengan cepat dan lubang bekas jerawat pun akan tertutupi dengan jaringan sel kulit yang baru.

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat menggunakan putih telur tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengolesi wajah Anda dengan putih telur secara rutin setiap hari.

Selengkapnya simak: 21 Cara Membuat Masker Putih Telur

2. Menggunakan Madu

Sama seperti putih telur, madu juga sudah banyak dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk wajah. Bahan alami yang dihasilkan oleh lebah ini telah terbukti dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kulit, termasuk salah satunya adalah permasalahan lubang bekas jerawat.

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat memakai madu tergolong sangat simpel. Anda hanya perlu menggunakan masker madu murni secara rutin setiap hari. Nantinya, ketika diaplikasikan pada kulit wajah yang dipenuhi dengan lubang bekas jerawat, madu akan bekerja secara aktif untuk merangsang proses regenerasi sel kulit baru.

Tidak hanya itu, ketika diaplikasikan pada kulit wajah, madu juga akan membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat, membantu mengencangkan kulit, membantu mencerahkan kulit, serta mengatasi berbagai macam permasalahan kulit wajah lainnya.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Ketika diaplikasikan pada jaringan kulit wajah yang dipenuhi dengan lubang jerawat, lidah buaya akan bekerja aktif untuk membasmi zat radikal bebas yang menghambat proses regenerasi jaringan sel kulit.

Di lain sisi, lidah buaya juga memiliki kandungan zat giberelin yang tidak kalah tinggi. Zat ini berguna untuk mempercepat dan mengoptimalkan proses pertumbuhan jaringan sel kulit baru. Ketika zat ini telah bekerja, lubang jerawat yang ada di kulit wajah Anda nantinya akan tersamarkan dan hilang secara perlahan.

Untuk bisa menghilangkan lubang bekas jerawat menggunakan lidah buaya, Anda hanya perlu mengolesi wajah Anda secara rutin menggunakan gel lidah buaya. Bila memungkinkan, Anda bisa turut menambah gel lidah baya yang hendak Anda gunakan dengan bahan alami bermanfaat lainnya, seperti putih telur atau pun madu.

4. Menggunakan Buah Tomat

Buah Tomat memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap. Dari mulai vitamin A, C, B, K dan E, semuanya bisa didapatkan dari buah berwarna merah yang satu ini.

Berkat kandungan vitaminnya yang sangat lengkap, buah tomat dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kulit, termasuk salah satunya adalah permasalahan lubang bekas jerawat.

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat menggunakan buah tomat tergolong cukup mudah. Secara keseluruhan, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah tomat yang masih segar, lalu bersihkan menggunakan air bersih
  • Blender buah tomat tersebut hingga halus
  • Bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat, lalu keringkan menggunakan handuk bersih
  • Aplikasikan daging buah tomat yang telah dihaluskan sebelumnya ke seluruh bagian permukaan wajah Anda
  • Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih
  • Ulangi langkah di atas secara rutin 2 kali dalam seminggu

5. Menggunakan Baking Soda

Baking soda memiliki sifat mengikis yang cukup tinggi. Karena itu, baking soda sangat pas untuk digunakan sebagai bahan peeling (pengikis kulit) alami pada jaringan kulit wajah.

Di lain sisi, baking soda juga dapat memicu jaringan kulit untuk memproduksi kolagen, yaitu rangkaian protein yang berguna untuk meratakan dan menghaluskan jaringan kulit.

Karena kemampuan yang dimilikinya tersebut, baking soda sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan alami penghilang lubang bekas jerawat.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan lubang bekas jerawat menggunakan baking soda adalah sebagai berikut:

  • Campurkan satu sendok teh baking soda murni dengan beberapa tetes air
  • Aduk kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta
  • Bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat, lalu keringkan
  • Oleskan pasta baking soda yang sudah Anda siapkan sebelumnya ke bagian wajah Anda yang dipenuhi dengan lubang bekas jerawat
  • Diamkan selama 15 sampai dengan 20 menit, lalu bilas wajah Anda menggunakan air bersih

Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk menerapkan langkah di atas secara rutin setiap beberapa hari sekali. Satu hal yang harus Anda ingat, jumlah takaran baking soda yang digunakan tidak boleh terlalu banyak alias berlebihan.

6. Menggunakan Masker Buah Nanas

Selanjutnya anda bisa memanfaatkan buah nanas yang asam manis ini untuk mengatasi lubang bekas jerawat yang membandel. Caranya cukup mudah, silahkan anda kupas buah nanas, kemudian bersihkan seperti akan kita konsumsi.

Setelah itu, cuci bersih. Silahkan anda haluskan sebagian buah nanas ini dengan menggunakan blender. Selebihnya bisa kita konsumsi. Setelah halus, silahkan oleskan ke seluruh area wajah kemudian diamkan kurang lebih 20 menit. Terakhir bilas dengan air dingin.

7. Pakai Jagung Muda yang Kaya Akan Vitamin E

Cara  menghilangkan lubang bekas jerawat secara alami selanjutnya bisa kita lakukan dengan menggunakan jagung muda. Jadung muda ini ternyata kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit lebih cepat.

Bagaimana cara perawatannya? Silahkan anda ambil jagung muda 1 buah saja, kemudian parut hingga halus, semabri tambahkan sedikit saja air. Aplikasikan parutan jagung muda ini ke wajah hingga mengering setiap malam selama 20 menita saja. Terakhir cuci bersih ya.

8. Manfaatkan Daun Sirih

Selanjutnya, anda juga bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Caranya cukup mudah, pertama silahkan bersihkan sekitar 10 lbr daun siri. Kemudian haluskan dengan menumbuknya, tambahkanj uga sedikit air. Aplikasikan ke seluruh area wajah yang memiliki lubang bekas jerawat. Biarkan sekitar 20 menitan. Lalu bersihkan wajah anda.

9. Manfaatkan Masker Kentang

Berikutnya, coba manfaatkan kentang untuk mengatasi bopeng di wajah anda akibat jerawat yang mengganggu penampilan anda. Kenapa kentang bisa bermanfaat untuk mengatasi lubang bekas jerawat? Hal ini dikarenakan:

  • Pertama, ketang kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang akan menghaluskan kulit Anda dengan cepat. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan semakin cepat tersamarkan.
  • Selain vitamin C, kentang juga mengandung fosfor, kalium, dan sulfur. Mineral ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi elastin yang akan bermanfaat untuk mengecangkan kulit. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan semakin tersamarkan juga.

Cara Mengatasi Lubang Bekas Jerawat dengan Kentang

  • Pertama silahkan kupas 1 buah kentang, kemudian cuci bersih.
  • Setelah bersih, silahkan parut atau blender hingga halus
  • Setelah halus, aplikasikan masker kentang ini ke wajah terdapat bekas jerawat berlubang.
  • Biarkan sekitar setengah jam, lalu bersihkan.
  • Lakukan perawatan ini secara teratur setiap hari untuk hasil yang optimal

Simak juga: 24 Cara Mengatasi Bekas Jerawat Yang Hitam Secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Secara Medis

Berikut ini beberapa pilihan jalan medis yang bisa anda tempuh untuk mengatasi lubang bekas jerawat:

10. Menggunakan Teknik Punch

Cara menghilangkan lubang bekas jerawat secara medis yang pertama adalah dengan menggunakan teknik punch. Teknik ini memiliki 3 jenis perlakuan yang digunakan oleh ahli dermatologis saat melakukan teknik punch, masing-masing adalah punch excision, punch grafting, dan punch elevation.

Teknik-teknik tersebut bermuara pada satu tujuan, yakni meratakan permukaan kulit Anda seperti sedia kala, sehingga teknik ini akan bermanfaat sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

  • Punch Excision: Teknik yang pertama ini bertujuan untuk mengangkat bekas jerawat, kemudian luka pada kulit akan ditutup sehingga nanti akan memicu kulit untuk memproduksi sel-sel kulit baru. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan menghilang.
  • Punch Grafting: dengan teknik ini, bekas jerawat di angkat lalu mengisi cekungan bekas jerawat tersebut dengan potongan kulit dari bagian tubuh yang lain. Bagian potongan kulit yang paling sering diambil untuk mengisi cekungan bekas jerawat adalah bagian belakang telinga.
  • Punch Elevation: Terakhir, teknik ini akan mengangkat bekas jerawat yang berlubang dengan metode medis, sehingga nantinya cekungan pada lubang bekas jerawat akan terangkat dan sejajar dengan permukaan kulit lainnya. Hasilnya, kulit Anda akan menjadi halus dan merata.

11. Perawatan Laser

Selain dengan teknik punch, anda juga bisa mencoba perawatan dengan laser. Perawatan ini sangat amapuh dan teruji dapat mengatasi lubang bekas jerawat dalam waktu relatif singkat. Namun tentu saja metode ini cukup mahal.

Perawatan dengan laser ini akan mengangkat sel-sel kulit mati, debu menyebabkan jerawat, kotoran, dan bakteri yang menempel di pori-pori kulit, sekaligus akan menembakkan sinar laser untuk menghaluskan kulit. Proses penembakkan laser sendiri bisa dibedakan jadi 2, yaitu laser ablatif atau non ablatif.

  • Laser Ablatif: Yang pertama, kulit yang memiliki lubang bekas jerawat akan diberi sinar laser sehingga permukaan kulit Anda akan menjadi rata.
  • Laser Non-Ablatif: Kemudian, teknik ini bertujuan untuk merangsang kulit untuk memproduksi kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat dan bekas jerawat adalah sebagai protein kulit yang akan membuat kulit menjadi halus dan mulus.

12. Filler Injection

Teknik filler injection ini memang dikhususkan bagi Anda yang memiliki bekas jerawat yang berlubang. Fill atau dalam bahasa Indonesia isi. teknik ini memang bertujuan khusus mengisi bagian lubang bekas jerawatsehingga permukaan kulit Anda pun akan kembali halus dan merata. Biasanya, setelah melaukan metode ini kulit Anda akan memerah, namun hal tersebut akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

13. Dermabrasi

Terakhir, anda juga bisa memilih teknik dermabrasi. Teknik ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sikat khusus atau bahkan sinar laser, sehingga ketika Anda ingin menggunakan teknik ini, maka yang menangani Anda haruslah ahli dermatologi yang sudah profesional.

Teknik dermabrasi ini akan mengangkat bagian sel kulit terluar dengan tujuan agar proses regenerasi sel kulit akan berlangsung lebih cepat. Dengan begitu, maka nantinya akan dihasilkan permukaan kulit yang rata dan juga lebih halus dibandingkan dengan sebelumnya. Nah, setelah menggunakan teknik ini, maka kulit Anda nantinya akan memerah dan membengkak, namun hal itu adalah hal yang wajar dan keadaan tersebut akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Tips Perawatan Bekas Jerawat Berlubang

Untuk menunjang semua usaha di atas yang akan kita lakukan, ada baiknya juga kalau kita melakukan beberapa tips perawatan bekas jerawat berlubang, diantaranya seperti:

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat.
  • Batasi Paparan Sinar Matahari.
  • Jika Ada Jerawat, Jangan Dipencet.
  • Konsumsi Suplemen Vitamin E.

****

Itulah beberapa cara menghilangkan lubang bekas jerawat secara alami dan medis yang bisa jadikan alternatif. Penting untuk diingat, cara alami memang biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, bila Anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus bisa bersabar dalam menjalani proses yang dibutuhkan, atau dengan menyiapkan budget khusus untuk melakukan perawatan di rumah sakit kulit atau tempat perawatan kecantikan yang ada.

Artikel terkait: 8 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Leave a Reply