Cara Menghilangkan Lemak Di Paha

Cara menghilangkan lemak di paha sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, banyak orang yang tidak sabar melalui prosesnya. Kebanyakan orang biasanya ingin bisa mendapatkan paha yang ramping dalam kurun waktu yang super singkat.

Padahal, proses penumpukan lemak di paha mereka berjalan dalam kurun waktu yang lama. Bagaimana bisa lemak di area tersebut hilang dalam waktu yang singkat? Sudah pasti dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa menghilangkannya.

Penyebab Tumpukan Lemak di Paha

Ada dua penyebab utama yang menimbulkan permasalahan tumpukan lemak di paha. Penyebab yang pertama adalah karena pola makan yang tidak terkendali, dan penyebab yang ke dua adalah karena malas berolahraga.

Bagian paha adalah salah satu bagian tubuh yang tidak banyak bekerja. Selain untuk berjalan, praktis otot sekitar paha tidak banyak digunakan untuk aktivitas lainnya. Itulah kenapa bila tidak sering dilatih, paha akan rentan ditumpuki lemak.

Pola makan yang kurang sehat juga memiliki andil yang cukup besar terhadap penumpukan lemak di area sekitar paha. Logikanya amat sangat tidak mungkin tubuh Anda berlemak jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak.

Gorengan, junk food, makanan bersantan merupakan beberapa jenis makanan utama yang menimbulkan permasalahan tumpukan lemak di tubuh Anda.

Cara Menghilangkan Lemak di Paha

Cara Menghilangkan Lemak di Paha

Cara Menghilangkan Lemak di Paha

Cara menghilangkan lemak di paha tidak jauh berbeda dengan cara menghilangkan lemak di perut atau pun di bagian – bagian tubuh yang lainnya. Ada tiga alternatif cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menjaga pola makan, dengan berolahraga secara rutin, atau dengan menggunakan tindakan medis.

Khusus untuk tulisan ini, kami hanya akan membahas cara menghilangkan lemak di paha menggunakan metode menjaga pola makan dan metode olahraga saja.

1. Coba Gerakan Side Lurge to Crossover Tap

Gerakan side lurge to crossover tap merupakan gerakan olahraga yang berguna untuk membantu mengikis tumpukan lemak yang ada di area sekitar paha bagian dalam, depan, belakang, serta area sekitar glutes.

Untuk melakukan gerakan olahraga ini, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Pertama – tama Anda harus berdiri tegak dengan posisi lengan lurus ke bawah
  • Lebarkan kaki kirimu ke arah samping, lalu tekut bagian kaki kiri
  • Dorong pinggul mengarah ke belakang hingga posisi punggungmu menjadi rata dan tatapan mata Anda menjadi lurus ke arah depan
  • Posisikan tangan Anda hingga menyentuh area lantai dan jaga posisi tersebut selama 10 detik
  • Setelah 10 detik, dorong bagian kaki kiri Anda hingga posisi Anda kembali seperti semula sembari mengangkat ke dua tangan Anda ke arah atas
  • Ulangi untuk sisi sebelahnya dengan repetisi untuk masing – masing sisi sebanyak 15 kali repetisi

2. Gerakan Runner’s Lunge to Balance

Cara menghilangkan lemak di paha yang selanjutnya adalah dengan menerapkan gerakan runner’s lunge to balance. Gerakan ini berfungsi untuk membakar lemak dan membuat area paha bagian belakang menjadi lebih kencang.

Cara melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut:

  • Jongkok dengan posisi kaki kanan menekuk (membentuk sudut 90 derajat) ke arah depan dan kaki kanan lurus ke arah belakang
  • Posisikan tangan ke arah bawah dan pandangan lurus ke depan
  • Dorong kaki kanan Anda peralahan ke arah atas dan angkat bagian kaki kiri Anda dalam posisi lurus hingga tubuh Anda membentuk posisi letter T dengan tumpuan kaki kiri
  • Tahan posisi tersebut selama 10 detik, lalu ganti ke kaki sebelah
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali repetisi untuk masing – masing sisi kaki

3. Gerakan Diagonal Lunge

Gerakan diagonal lunge dapat memberikan banyak manfaat, seperti membakar tumpukan lemak yang ada di area sekitar paha, membantu mengencangkan paha bagian atas, belakang, dalam, dan area glutes.

Cara melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama – tama Anda dapat berdiri dengan posisi kaki rapat dan ke dua tangan diangkat ke arah atas
  • Gerakkan kaki kanan Anda ke arah depan selebar yang Anda bisa dan posisikan kaki kiri Anda tetap berada di posisi awal. Buat langkah selebar mungkin hingga kaki kanan Anda menekuk dan kaki kiri Anda lurus ke arah belakang
  • Posisikan tubuh Anda lurus ke arah depan hingga bagian dada menyentuh bagian lutut dan ke dua telapak tangan Anda berhasil menyentuh lantai
  • Pertahankan posisi tersebut selama 10 detik, lalu pindah ke kaki sebelah
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali repetisi untuk setiap bagian kaki

4. Gerakan Plie Slides

Alternatif cara menghilangkan lemak di paha yang selanjutnya adalah dengan menggunakan gerakan Plie Slides. Gerakan Plie Slides berguna untuk mengencangkan aea sekitar paha bagian dalam dan luar.

Untuk melakukan gerakan ini, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Pertama – tama Anda dapat berdiri tegak posisi kaki menyerong ke arah samping sekitar 45 derajat dan posisi tangan di pangkal paha
  • Dorong tubuh Anda ke arah bawah, lalu lebarkan jarak antara ke dua kaki Anda hingga posisi paha Anda menjadi tegak lurus dengan posisi betis dan badan
  • Tahan posisi tersebut selama 10 detik, lalu ulangi kembali sebanyak 15 kali repetisi

5. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan zat katekin yang cukup tinggi. Berkat kandungan zat katekin yang terdapat di dalamnya, teh hijau diyakini sangat pas untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif cara menghilangkan lemak di paha yang ampuh.

Cukup konsumsi satu gelas teh hijau secara rutin di pagi hari, tumpukan lemak di tubuh Anda nantinya akan berkurang secara perlahan. Tidak hanya di area paha, namun juga di area – area tubuh yang lainnya, seperti perut, lengan, dan area – area yang lainnya.

6. Banyak Makan pisang

Alternatif cara menghilangkan lemak di paha yang selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi buah pisang setiap hari. Buah pisang memiliki kandungan vitamin dan kalium yang sangat tinggi.

Ketika dikonsumsi, buah pisang dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran lemak di tubuh menjadi energi bisa berjalan dengan lebih cepat dan juga lebih efektif.

7. Banyak Makan Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang sangat tinggi. Kandungan lemak sehat yang terdapat dalam buah alpukat ini diyakini dapat membantu mengurangi jumlah lemak tidak sehat yang ada pada tubuh.

Cukup konsumsi buah alpukat tanpa tambahan apa pun secara rutin setiap hari, tumpukan lemak di paha dan bagian tubuh Anda yang lain nantinya akan berkurang secara perlahan – lahan.

Penting untuk diingat, bila Anda ingin menurunkan lemak menggunakan buah alpukat, konsumsilah buah alpukat tanpa tambahan apa pun sama sekali. Pasalnya, bila buah ini dikonsumsi dengan tambahan gula atau pun susu, alih – alih mengurangi tumpukan lemak, buah ini malah berpotensi membuat tumpukan lemak di tubuh Anda menjadi semakin parah.

8. Kurangi Karbohidrat

Cara menghilangkan lemak di paha berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat.
Karbohidrat yang kita konsumsi ini akan di transformasikan menjadi glikogen, ini akan disimpan melalui air di hati dan otot.
Bisa anda bayangkan jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbihidrat maka akan semakin banyak air yang disimpan dalam tubuh.
Menurut Moskovitz, kita direkomendasikan untuk mengkonsumsi sekitar 75-100gram karbohidrat per hari. Memang, setiap orang akan berbeda-beda kebutuhan karbohidratnya, tergantung dari aktivitas, berat badan dll.
Anda juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi biji-bijian utuh karena baik untuk mengisi tubuh, serta jangan melewatkan konsumsi serat, folat, zat besi, magnesium, antioksidan, dan fitonutrien.

9. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat dan Protein

Cara membakar lemak di paha berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat serta berprotein.

Makanan berserat dan berprotein ini akan membuat kita kenyang lebih lama. Bahkan protein secara khusus penting untuk membangun otot yang akan membuat kaki kita tampak lebih indah. Moskovitz merekomendasikan untuk mengkonsumsi 25-35 gram serat dan 75-100gram portein setiap harinya, dari sayuran, buah, biji-bijian utuh, dan daging tanpa lemak.

10. Jangan Lupa Sarapan

Kenapa mesti sarapan?

Ternyata dengan sarapandapat membuat sistem metabolisme aktif kembali sehingga dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Namun yang harus diperhatikan adalah makanan yang akan kita makan. Pastikan anda tidak mengkonsumsi makanan manis ketika sarapan. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan serat, atau karbohidrat kompleks.

Jadi sumber energi anda justru dari protein bukan karbohidrat. Konsumsi protein ini juga dapat membantu membentuk otot tubuh. Sementara karbohidrat kompleksnya akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tetap berenergi.

11. Perhatikan Asupan Garam

Terakhir, anda sebaiknya memperhatikan asupan garam yang anda makan. Karena garam dapat menahan jumlah air yang membuat seluruh tubuh membesar, termasuk bagian pinggul dan paha.
Rekomendasi Asosiasi Jantung Amerika Serikat, setiap orang membutuhkan sekitar 2.300mg sodium per hari. Namun, banyak dari kita yang mengonsumsi jauh lebih banyak dari itu. Kurangi konsumsi makanan yang olahan seperti saus, sayuran kaleng dan sup yang mengandung banyak sodium.
******

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan lemak di paha yang bisa Anda coba untuk terapkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga sukses ya! Jangan lewatkan juga: Tips Menghilangkan Lemak di Pipi yang Mudah Dilakukan

Leave a Reply