15 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara Menghilangkan Kutil – Kutil merupakan penyakit kulit yang disebabkan virus human papilomavirus yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang terluka dan  tumbuh dibagian atas lapisan kulit. Kutil ini berbentuk seperti daging tumbuh dengan permukaan kasar dan keras.

Meski kutil bukan termasuk penyakit kronis yang mematikan namun keberadaannya sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika kutil sampai membesar dan berkembang biak akan sangat mengganggu penampilan dan kesehatan tentunya.

Kutil memiliki 2 jenis yaitu kutil yang tidak berbahaya yang biasa tumbuh di bagian tangan, kaki, dan wajah. yang kedua adalah kutil yang cukup berbahaya atau sering disebut kutil kelamin yang biasa tumbuh di sekitar anus, pangkal paha, dan alat kelamin.

Melihat jenis kutil tersebut tak heran jika orang melakukan berbagai cara menghilangkan kutil. Memiliki kutil akan menghilangkan rasa percaya diri seseorang tentunya. Anda bisa menghilangkan kutil dengan cara melakukan operasi kecil di dokter namun cara tersebut tentunya membutuhkan biaya yang cukup mahal bukan?

Cara menghilangkan kutil

Cara menghilangkan kutil

Sebaiknya lakukan cara alami untuk menghilangkan kutil di kulit anda. cara ini akan lebih aman tanpa bekas dan tentunya lebih murah.

Cara menghilangkan kutil secara alami

Sebenarnya kutil pada kulit ini bisa hilang dengan sendirinya saat sistem kekebalan tubuh membaik. Namun belum bisa dipastikan jangka waktu yang dibutuhkan tubuh melawan virus tersebut, bisa dalam beberapa minggu, beberapa bulan, serta beberapa tahun.

Sifat dasar manusia yang cenderung tidak sabar inilah yang membuat mereka melakukan berbagai cara menghilangkan kutil. Beberapa cara menghilangkan kutil di bawah ini bisa anda jadikan referensi untuk membantu menghilangkan kutil. Berikut beberapa cara menghilangkan kutil dengan mudah seperti :

1. Perekat

Perekat atau solasi bisa anda gunakan sebagai alat untuk menghilangkan kutil. Cara ini cukup mudah tanpa efek samping. Cara menggunakannya juga sangat mudah. pertama rekatkan solasi pada kutil selama 1 minggu

Setelah itu rendam kutil dalam air hangat dan lepaskan perekat dari kutil. Saat anda merendam kutil anda sambil digosok perlahan menggunakan batu apung. Lakukan cara ini sampai jaringan kulit mati menghilang. Setelah 12 jam ulangi cara ini sampai kutil hilang

2. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Cara terbaik melawan virus ini adalah dengan meningkatkan sistem imun. Saat sistem imun membaik maka sistem imun akan melawan kutil secara alami sehingga kutil akan hilang dengan mudah.

Cara meningkatkan sistem imun adalah dengan olahraga secara teratur, minum air putih sesuai takaran serta mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi seperti roti dari gandum utuh, bawang putih, biji bunga matahari, buah, dan sayuran.

3. Bawang putih

Bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutil. Bawang putih mengandung antivirus, antibakteri dan antibiotik, serta alicin yang dapat melawan virus penyebab kutil. Selain itu bawang putih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang juga dapat melawan virus dari dalam jika anda memakannya

Ambil 1 siung bawang puti lalu kupas. Setelah itu belah bawang putih menjadi 2 lalu gosok-gosokkan bawang pada kutil sesering mungkin. Ulangi cara ini di waktu-waktu senggang sampai kutil benar-benar hilang

4. Larutan garam

Cara menghilangkan kutil secara alami juga bisa menggunakan larutan garam. Kandungan abrasif pada garam dapat menghilangkan sel kulit mati di permukaan kutil. Lakukan secara teratur agar kutil berangsur-angsur menghilang.

Caranya:

  • Pertama siapkan baskom lalu masukkan air suam-suam kuku dan tambahkan garam secukupnya
  • Setelah itu rendam kutil di dalam air garam tersebut selama 15 menit
  • Lalu ambil batu apung dan gosok perlahan kutil perlahan sampai kulit disekitar kutil mengelupas. Cara ini akan membuat area kutil sedikit pedih
  • Setelah itu tekan kutil menggunakan kapas selama 10 menit lalu cuci bersih
  • Setelah gunakan plester untuk menutup kutil tersebut. Ganti plester sampai kutil membaik

5. Baking powder dan minyak kastor

Baking powder mengandung senyawa mineral yang dapat mempercepat pengelupasan kulit. Sehingga sangat baik digunakan untuk mengobati kutil dengan cara mengelupas kutil secara perlahan. Anda bisa menambahkan minyak kastor untuk mempercepat penyembuhan kutil

Caranya:

  • Campuran 1 sendok baking powder dengan 1 sendok minyak kastor
  • Setelah itu oleskan minyak tersebut pada kutil menggunakan kapas
  • Lalu gunakan plester untuk menutup kutil selama semalaman lalu ganti keesokan harinya sampai kutil benar-benar hilang

6. Oles dengan vitamin C dan E

Kedua vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah dan melawan radikal bebas, bakteri, dan virus. Jadi menggunakan vitamin ini dapat membantu melawan virus penyebab kutil. Anda bisa mendapatkan vitamin C dan E dari kapsul dan tablet yang dibeli di apotek.

Caranya:

  • Anda bisa mengkombinasikan tablet vitamin C dan kapsul vitamin E secukupnya
  • Setelah itu tambahkan air hangat
  • Aduk semua bahan sampai berbentuk seperti bubur
  • Setelah itu ratakan pada kutil lalu tutup dengan plester selama 12 jam
  • Setelah itu buka pada malam hari dan biarkan terpapar udara
  • Ulangi cara ini keesokan harinya sampai kutil hilang

7. Pasta gigi

Pasta gigi dapat anda jadikan obat untuk menghilangkan kutil. Cara ini sangat aman tanpa efek samping.  Pasta gigi mengandung asam salisilat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati di permukaan kutil.

Caranya:

  • Oleskan pasta gigi dipermukaan kutil
  • Lalu ambil plester dan tutup bagian kutil tersebut
  • Biarkan semalaman keesokan harinya cuci kutil sampai bersih
  • Ulangi cara ini sampai sampai kulit menghilang

8. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh khasiatnya hampir sama dengan minyak kastol yaitu dapat mengobati kutil dengan mudah. minyak pohon teh bersifat anti virus yang dapat melawan virus penyebab kutil. Selain itu minyak pohon teh juga dapat mencegah kutil menjadi kanker.

Cara menggunakannya juga sangat mudah anda hanya perlu mengoleskan minyak pohon teh pada kutil lalu tutup menggunakan plaster. Ganti plaster secara rutin dengan mengoleskan minyak secara berulang-ulang selama 3 minggu.

9. Potongan lemon

Lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, bakteri dan virus. Menggunakan lemon sebagai obat untuk mengobati kutil merupakan pilihan yang tepat karena lemon dapat melawan virus penyebab kutil dan selain itu lemon juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya:

  • Gosok kutil menggunakan lemon lalu iris lemon menjadi bagian yang lebih kecil
  • Setelah itu letakkan irisan lemon di atas kutil lalu tutup dengan plester
  • Lakukan cara ini selama 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

10. Daun kemangi

Siapa sangka daun yang sering digunakan sebagai lalapan ini mengandung antivirus, dan antioksidan yang dapat mengobati kutil dan melindungi kulit dan tubuh dari berbagai penyakit. Cara menggunakannya sangat sederhana pertama haluskan daun kemangi lalu letakkan di atas kutil lalu tutup dengan plester. Lakukan cara ini sampai kutil benar-benar hilang

11. Minyak zaitun dan wortel

Mengkombinasikan kedua bahan alami ini bisa menjadi obat untuk menghilangkan kutil dari kulit anda. gunakan secara rutin agar kutil yang membandel bisa benar-benar sembuh. Parut wortel secukupnya lalu tambahkan minyak zaitun setelah itu ratakan pada kulit yang berkutil. Diamkan selama 1 jam lalu bilas. Ulangi cara ini setiap hari sampai kutil hilang.

12. Jus nanas

Jus nanas bukan hanya enak diminum tapi juga bisa dijadikan obat kutil yang cukup efektif  karena jus nanas dapat melawan virus penyebab kutil dengan kandungan antibiotik yang dimiliki jus nanas.

Rendam kutil di dalam jus nanas selama 1 jam, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan cara ini setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

13. Cuka apel

Cuka apel biasa dijadikan masker yang dapat merawat kecantikan wajah tapi ternyata bukan hanya itu manfaatnya, cuka apel juga bisa dijadikan obat untuk menghilangkan kutil. Berbagai kandungan zat aktif pada cuka apel dapat melawan virus penyebab kutil.

Anda bisa mengoleskan cuka apel pada kutil menggunakan kapas lalu biarkan kapas tersebut menempel pada kutil lalu rekatkan menggunakan plester sampai kering. Ulangi cara ini sampai kutil sembuh.

14. Kapur sirih

Cara menghilangkan kutil juga bisa menggunakan kapur sirih. Cara ini bisa menyembuhkan kutil dengan cepat tanpa efek samping berbahaya. Caranya juga sangat mudah, ambil kapur sirih secukupnya lalu tambahkan sedikit deterjen setelah itu ratakan pada kulit yang memiliki kutil. Diamkan selama 2 jam lalu bilas. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendaparkan hasil yang maksimal.

15. Kulit pisang

Menggunakan kulit pisang untuk menghilangkan kutil merupakan pilihan yang tepat. Ambil kulit pisang bagian dalamnya dengan cara mengerok lapisan terluarnya. Setelah itu haluskan sampai membentuk seperti pasta.

Oleskan kulit pisang tersebut pada kutil dan biarkan sampai kering lalu bilas. Lakukan cara ini setiap hari sampai kutil benar-benar sembuh.

Itulah 15 cara menghilangkan kutil secara alami yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. semoga artikel ini dapat membantu menghilangkan kutil yang anda alami. Selamat mencoba. Simak juga 15 Cara Menghilangkan Telur Kutu yang Menempel di Rambut Secara Alami

Leave a Reply