11 Tips Mengatasi Ketombe dengan Garam Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam Ketombe meski bukan suatu penyakit yang berbahaya, mematikan dan kronis namun keberadaannya sangat mengganggu. Belum lagi rasa gatal yang ditimbulkan menyebabkan kita selalu menggaruk kepala.

Bayangkan jika kita sedang berada ditengah keramaian lalu gatal akibat ketombe tiba-tiba menyerang pasti kita akan panik bukan main. Belum lagi sel kulit mati yang rontok akibat kita garuk akan beterbangan dan mengotori baju yang sedang kita pakai.

Para wanita dan pria merasa sangat terganggu dengan keberadaan ketombe di kepala mereka. Telah banyak cara dilakukan untuk menghilangkan ketombe tersebut namun hasilnya tidak menunjukkan keberhasilan sama sekali.

Dengan berbagai keluhan yang kami dengar itulah sebabnya artikel terbaru terus kami terbitkan dengan penemuan-penemuan terbaru dibidang kecantikan salah satunya yang tengah marak diperbincangkan saat ini yaitu cara menghilangkan ketombe dengan garam.

Penggunaan garam dapur disini banyak menjadi topik perbincangan sebab mereka masih ragu dengan hasil yang diperoleh. Tapi anda tak perlu cemas sebab penggunaan garam telah diuji dengan berbagai penelitian mampu menghilangkan ketombe dengan mudah.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam

Garam yang sudah sejak dulu digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada tangan, kaki, dan saat ini juga bisa anda gunakan pada kulit kepala yang gatal akibat ketombe. Penggunaan garam disini juga akan memberikan banyak manfaat lain bagi kesehatan kulit kepala anda.

Jangan lewatkan juga: 15 Cara Menghilangkan Telur Kutu yang Menempel di Rambut Secara Alami

Penyebab Ketombe

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai cara menghilangkan ketombe dengan garam ada baiknya kalau kita mengetahui apa saja penyebab ketombe sebenarnya. Berikut ini Tipscantika rangkum untuk anda beberapa penyebab ketombe yang mesti anda hindari, minimal anda ketahui:

  • Kulit Kering

Penyebab ketombe yang pertama dan paling umum biasanya adalah karena kulit kepala kering. Bentuk serpihan ketombe yang muncul akibat kulit kepala yang kering biasanya tampak lebih kecil dan kering dibandingkan ketombe lain. Biasanya, kulit yang kering tidak hanya di kulit kepala, tapi juga di tangan dan kaki.

  • Dermatitis Seboroik

Penyebab ketombe selanjutnya adalah karena kulit berminyak. Dermatitis seboroik sendiri dapat mempengaruhi area lain di tubuh yang memiliki kelenjar minyak misalnya alis, bagian samping hidung, ketiak dan selangkangan serta tulang dada. Gejalanya yaitu kulit berminyak berwarna kemerahan dan ada serpihan kulit berwarna putih atau bersisik berwarna kekuningan.

  • Jarang Keramas

Anda malas keramasan? Nah ini ternyata juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya ketombe. Minyak yang menumpuk di kulit kepala dapat mengakibatkan ketombe. Jangan terlalu jarang jangan juga terlalu sering karena dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi kering. Intinya aturlah jadwal cuci rambut setidaknya setiap dua hari sekali untuk menjaga kebersihan rambut.

  • Eksim

Peradangan kronis pada kulit kepala atau eksim juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya ketombe. Semua orang bisa mengalami penyakit eksim, walaupun sebagian besar biasanya terjadi pada anak – anak.

Jangan lewatkan juga: 17 Cara Menyuburkan Rambut Paling Efektif

  • Psoriasis

Penyebab ketombe selanjutnya adalah psoriasis yang merupakan penyakit kulit ketika sel kulit mati yang kering dan kasar menumpuk sehingga menyebabkan kulit bersisik. Penyakit ini memicu banyak sel kulit untuk tumbuh di berbagai bagian tubuh sehingga tampak menumpuk di kulit pada berbagai bagian tubuh termasuk kulit kepala.

  • Suhu Panas

Perawatan rambut menggunakan hair dryer ternyata juga bisa memicu timbulnya jerawat. Selain itu catok rambut, menggunakan kerudung, sering beraktivitas di terik matahari tanpa pelindung kepala, semua hal itu meningkatkan kemungkinan sel kulit di kepala mati dan menyebabkan ketombe.

  • Alergi produk rambut

Alergi karena penggunaan produk perawatan rambut juga bisa menjadi pemicu timbulnya ketombe. Apabila anda merasa kurang cocok menggunakan produk perawatan rambut sebaiknya segera hentikan pemakaian. Biasanya hal ini terjadi karena produk rambut berbahan kimia berbahaya.

  • Jamur

Jamur ternyata juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya ketombe. Adapun jamur yang dapat menyebabkan ketombe di kulit kepala adalah jamur Malassezia. Apabila pertumbuhan jamur sangat cepat maka kulit kepala menjadi gatal dan berketombe. Jamur ini hidup dengan memakan minyak yang ada pada folikel rambut sehingga kulit kepala menjadi kering jika banyak terdapat jamur ini.

  • Kondisi Hormonal

Penyebab ketombe yang terakhir adalah akibat adanya perubahan dalam level hormon di dalam tubuh. Ketombe semacam ini akan hilang ketika level hormon sudah mencapai keseimbangan.

Efek Samping Ketombe

Ketombe yang kita alami dapat mengakibatkan beberapa efek negatif apabila tidak segera diatasi dengan tuntas. Berikut ini beberapa dampak negatif yang akan kita rasakan jika ketombe yang membandel tidak segera kita atasi dengan benar:

  • Masalah Gatal

Masalah yang paling pertama muncul biasanya adalah rasa gatal di kulit kepala yang tidak bisa ditahan. Semakin digaruk akan semakin gatal sehingga tidak jarang juga mengakibatkan luka hingga berdarah, dan ini lama kelamaan akan mengakibatkan kepala kita dipenuhi luka-luka kecil sehingga semakin hari semakin tidak nyaman.

  • Masalah rambut rontok

Selain rasa gatal yang luar biasa, masalah ketombe dapat mengakibatkan masalah rambut lainnya seperti rambut rontok. Hal ini dikarenakan ketombe secara perlahan akan menghilangkan minyak pelindung folikel rambut sehingga akan berakibat pada kerontokan rambut. Rambut yang kehilangan minyak alaminya lama kelamaan akan menjadi kering hingga rapuh dan mudah patah serta rontok.

Artikel terkait: 22 Tips Perawatan Rambut Rontok yang Wajib Anda Lakukan

  • Masalah kulit dengan timbulnya jerawat

Ternyata ketombe juga dapat menyebabkan masalah jerawat. Apabila ketombe sudah cukup lama kita alami maka membuat kepala kita akan dipenuhi dengan kotoran. Nah, kotoran ini akan memancing timbulnya jerawat di wajah pula.

Faktor yang Meningkatkan Resiko Timbulnya Ketombe

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa ketombe saya semakin hari justru semakin parah? Ternyata ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan timbulnya jerawat di kulit kepala kita, seperti:

  • Hal pertama yang perlu diketahui adalah faktor jenis kelamin, dimana laki – laki beresiko terkena masalah ketombe karena masalah yang berasal dari hormon laki – laki.
  • Faktor yang kedua adalah karena stres. Semakin anda memiliki banyak beban pikiran maka dapat memicu datangnya ketombe, karena stres mengganggu keseimbangan hormonal. Begitu pula dengan masalah ketidak seimbangan hormonal lainnya seperti pubertas, kehamilan, menopause atau menstruasi yang bisa meningkatkan resiko ketombe.
  • Saat mulai memasuki usia dewasa biasanya lebih mudah mengalami ketombe di kepala.
  • Faktor makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi, dimana saat tubuh kita kekurangan seng atau zinc, vitamin B atau lemak tertentu maka dapat membuat seseorang rentan mengalami ketombe.
  • Yang terakhir adalah, ketombe juga bisa timbul karena kita menderita penyakit tertentu, misal: HIV atau parkinson, stroke, penyakit jantung, dan lainnya.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam ini juga sangat mudah dan efektif dalam menghilangkan ketombe. Penggunaan garam disini juga bisa anda kombinasikan dengan berbagai bahan alami lain yang juga efektif menghilangkan ketombe, sehingga hasilnya akan lebih sempurna lagi.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam yang Benar 

Sebenarnya menghilangkan ketombe bisa dilakukan dengan berbagai jenis bahan alami. Namun penggunaan garam juga bisa menjadi alternatif pilihan baru dalam merawat kulit kepala anda. Cara ini mampu membantu menghilangkan ketombe secara permanen dan mencegahnya balik lagi. Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan garam seperti :

1. Cuci rambut dengan gram

Cara menghilangkan ketombe dengan garam yang pertama yaitu dengan cara mencuci rambut dengan air garam. Air garam mampu menghilangkan jamur, bakteri, serta kuman penyebab ketombe sebab air garam memiliki kandungan atiseptik.

Selain itu air garam juga mampu membantu menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan ketombe. Selain itu penggunaan air garam juga akan mencegah ketombe datang lagi. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan garam, yaitu:

  • pertama rebus air sebanyak 1 gayung hingga terasa hangat
  • kemudian tambahkan 4 sendok garam
  • setelah garam larut siramkan air tersebut pada kepala
  • beri pijatan lembut pada kulit kepala
  • lalu diamkan selama 10 menit
  • terakhir cuci rambut hingga bersih

2. Garam dan jeruk nipis

Garam yang sangat efektif menghilangkan ketombe ini akan lebih sempurna lagi jika dikombinasikan dengan bahan alami lain salah satunya adalah jeruk nipis. Sama halnya dengan garam, jeruk nipis juga dapat mengatasi masalah ketombe dengan mudah. Sifat asam dan vitamin C pada jeruk nipis akan membantu melawan bakteri penyebab ketombe.

Selain itu kedua bahan alami ini mampu menjadi exfoliator yang dapat mengatasi masalah minyak berlebih pada kulit kepala yang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe.

Caranya

  • siapkan 1 buah jeruk nipis segar
  • kemudian peras dan ambil air perasannya
  • lalu beri 1 sendok garam dapur
  • aduk hingga garam larut
  • kemudian oleskan air tersebut pada kulit kepala sambil dipijat perlahan
  • biarkan selama 15 menit kemudian basuh hingga bersih
  • lakukan perawatan ini seminggu 2 kali agar hasil yang didapat bisa maksimal

Artikel terkait: Obat Penumbuh Rambut Alami yang Mudah Didapat

3. Garam dan minyak zaitun

Selain mengkombinasikan garam dan jeruk nipis, kombinasi dengan minyak zaitun juga sangat baik dalam menghilangkan ketombe. Namun cara ini dianjurkan bagi anda yang memiliki jenis kulit kepala yang kering.

Cara ini akan membuat kulit kepala anda terbebas dari masalah ketombe dan menjadikan rambut lebih lembut dan lembab. Garam yang dapat meresap minyak jika digunakan pada jenis rambut kering ditakutkan akan bertambah kering itulah mengapa penambahan minyak zaitun direkomendasikan untuk mengatasi kedua masalah tersebut.

Caranya

  • Pertama siapkan beberapa bahan alami seperti 2 sendok garam halus dan 3 sendok minyak zaitun
  • Lalu masukkan keduanya ke dalam wadah yang bersih
  • Aduk hingga garam larut sempurna
  • Lalu pijat perlahan kulit kepala menggunakan kombinasi bahan tersebut selama 5 menit
  • Diamkan beberapa saat sekitar 10 menit
  • Langkah terakhir cuci rambut hingga bersih menggunakan air hangat

4. Garam dan cuka

Kedua bahan alami ini bersifat abrasif yang cukup efektif mengatasi masalah ketombe. Kombinasi keduanya akan menjadi sangat sempurna dalam mengatasi masalah ketombe. Namun penggunaan cuka disini jangan berlebihan sebab dapat menyebabkan kulit kepala anda teriritasi.

Penggunaan cuka dan garam dalam sekali perawatan saja akan menunjukkan hasil yang signifikan. Jadi perawatan ini cukup dilakukan beberapa kali saja dengan jarak yang jangan terlalu dekat. Maka ketombe akan hilang secara permanen dari kulit kepala anda.

Caranya

  • Masukkan 2 sendok garam halus ke dalam wadah
  • Lalu beri tambahan cuka secukupnya
  • Aduk hingga keduanya tercampur rata
  • Lalu usapkan campuran keduanya pada kulit kepala sambil diberi sedikit pijatan halus
  • Biarkan garam dan cuka bekerja memperbaiki kulit kepala yang rusak selama 15 menit
  • Terakhir basuh rambut menggunakan air bersih
  • Anjuran perawatan ini hanya sebulan 2 kali selama 3 bulan.

5. Garam dan lidah buaya

Siapa yang tidak mengetahui manfaat penting lidah buaya dalam merawat rambut. Berbagai masalah pada rambut dapat diatasi dengan mudah salah satunya masalah ketombe. Dengan begitu mengkombinasikan garam dapur dengan lidah buaya merupakan pilihan yang tepat.

Keduanya akan bekerja sama dalam mengatasi masalah ketombe. Selain itu kelebihan lain juga akan dirasakan kulit kepala dan rambut anda seperti rambut akan terlihat lebih hitam, lebat, indah dan bercahaya.

Caranya

  • Pertama-tama ambil 1 lembar daun lidah buaya
  • Kemudian kupas dan ambil bagian gelnya saja
  • Haluskan gel lidah buaya tersebut hingga halus
  • Setelah halus tambahkan 2 sendok garam halus lalu aduk
  • Setelah rata oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga rata
  • Biarkan mengering dengan sendirinya
  • Setelah kering cuci kepala menggunakan air hangat

Soba juga: Cara Membuat Masker Rambut Sendiri di Rumah

6. Garam dan santan

Santan menjadi salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Selain itu penggunaan santan juga dapat mengatasi masalah ketombe dengan mudah. Kombinasikan santan dan garam agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal.

Caranya

  • Campurkan garam dan santan secukupnya
  • Lalu aduk hingga rata
  • Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala
  • Diamkan selama beberapa saat kemudian basuh hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu agar masalah ketombe yang anda hadapi cepat teratasi.

7. Larutan garam Dengan Air Lemon

Tips menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan mengkombinasikan larutan garam dengan air lemon.Caranya yaitu:

  • Pertama silahkan ambil 2-5 sendok makan garam dapur.
  • Larutkan kedalam air hangat-hangat kuku (tidak panas namun juga tidak dingin).
  • Gosokan larutan garam tersebut ke kulit kepala menggunakan kedua tangan.
  • Diamkan kurang lebih 15menit sambil memijat perlahan kulit kepala.
  • Basuhlah kulit kepala dengan air untuk menghilangkan sisa sisa garam dan ketombe hingga bersih.

8. Garam Dapur di Kulit Kepala Kering

Cara menghilangkan ketombe dengan garam selanjutnya adalah dengan menggunakan garam dapur plus shampo. Caranya :

  • Pertama silahkan bagi rambut anda menjadi beberapa bagian.
  • Selanjutnya, taburkan beberapa sendok garam pada setiap bagian rambut.
  • Basahi ujung jari dan pijat perlahan selama kurang lebih 10 menit – 15 menit.
  • Cuci rambut dengan air bersih.

9. Garam Dengan Vitamin Shampo

Anda juga bisa mengkombinasikan antara garam dapur dengan shampo untuk mengataasi masalah ketombe yang anda alami. Cara ini terbukti ampuh dapat mengangkat sel kulit mati serta menghilangkan ketombe yang telah tertimbun di kulit kepala. Keuntungan dari cara ini kita dapat menghemat waktu karena dapat dilakukan dengan waktu keramas. Caranya yaitu:

  • Caranya silahkan campurkan garam secukupnya dengan shampo yang berbahan ringan.
  • Campurkan keduanya hingga merata dengan baik.
  • Pijat kulit kepala menggunakan ramuan ini dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.
  • Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

10. Garam Dengan Minyak Kelapa

Selanjutnya, anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa yang kaya dengan vit E untuk mengatasi masalah ketombe yang mengganggu. Cara ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan ketombe namun tetap ingin memberikan vitamin untuk rambut anda. Caranya yaitu:

  1. Pertama silahkan campurkan minyak kelapa dengan garam secukupnya.
  2. Pijat dengan perlahan pada kulit kepala.
  3. Diamkan selama beberapa saat
  4. Bilas menggunakan air bersih atau shampo berbahan dasar ringan untuk menghilangkan sisa minyak dan garam pada kulit kepala.

11. Memijat Kulit Kepala dengan Garam

Cara menghilangkan ketombe dengan garam yang terakhir adalah dengan memijat kulit kepala anda dengan tangan plus dibubuhi garam yang diolah. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama silahkan ambil beberapa sendok makan garam dapur, antara dua sampai lima sendok makan.
  • Larutkan ke dalam air bersuhu biasa, tidak panas dan tidak dingin.
  • Gosokkan air garam ini ke kulit kepala menggunakan kedua tangan.
  • Diamkan sekitar lima belas sampai dua puluh menit sambil memijat kepala dengan lembut.
  • Setelah air garam menyerap, basuhlah lagi dengan air biasa sambil digosok hingga bersih.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan garam yang cukup efektif yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga artikel kali ini dapat membantu mengatasi masalah ketombe yang anda hadapi. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lewatkan juga 21 Cara Ampuh Mengatasi Ketombe dengan Jeruk Nipis

Leave a Reply