21 Tips Mengatasi Kerutan Dibawah Mata Secara Alami

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata –Keriput dan kerutan sejatinya merupakan hal yang wajar terjadi, terutama di usia senja. Namun apa jadi nya jika kerutan sudah mulai muncul di usia yang masih tergolong cukup muda?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kulit manusia cenderung akan mengalami keriput seiring dengan pertambahan usia. Normal nya, semakin tua usia seseorang maka akan semakin keriput pula kondisi kulitnya.

Namun begitu, dalam beberapa kasus terkadang ada yang sudah mulai mengalami kerutan meski pun usia masih berada di rentang 30 – 40 an tahun. Hal ini tentu nya bukan lah hal yang wajar dan menakutkan, terlebih jika kerutan nya terjadi di sekitar area wajah seperti di daerah bawah mata dan pipi.

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata

Ilustrasi: Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata

Penyebab Kerutan Dibawah Mata

Ternyata selain karena faktor usia, ada banyak lagi yang dapat menyebabkan kerutan dibawah mata cepat muncul. Berikut ini beberapa penyebab kerutan dan garis halus di bawah mata cepat muncul yang patut anda waspadai:

Pola makan tidak sehat

Penyebab kerutan dibawah mata yang pertama adalah akibat faktor makanan. Makanan yang tidak sehat seperti junk food, fast food, dan sejenisnya akan mempercepat proses penuaan. Agar tidak terjadi penuaan dini, sebaiknya anda mulai membatasi konsumsi makanan cepat saji atau makanan ‘sampah’ tersebut, mulailah mengkonsumsi makanan sehat yaitu makanan yang kaya akan akan vitamin dan mineral, seperti buah-buahan dan sayuran.

Faktor keturunan

Selain karena makanan, faktor keturunan juga menjadi penyebab terjadinya penuaan dini.

Faktor usia

Nah, ini dia faktor yang tidak bisa dihindari, yakni faktor usia, namun tentu saja anda bisa memperlambatnya.

Rokok

Anda perokok aktif? Nah, ternyata asap rokok ini bisa memberikan dampak yang tidak baik baik kesehatan dan kecantikan. Tahukah anda ternyata asap rokok dapat mengerutkan pembuluh darah sehingga hanya sedikit saja darah yang dapat melaluinya. Selain perokok pasif, sebisa mungkin hindari juga berada di dekat orang yang sedang merokok, karena anda akan menjadi perokok pasif, anda tidak merokok tapi menghirup asap rokok.

Mimik wajah

Ternyata mimik wajah juga dapat berpengaruh lo, tahukah anda mengedipkan mata, tertawa, serta mengerutkan dahi dapat memperbesar resiko munculnya kerutan di bawah mata.

Paparan sinar matahari

Akibat paparan sinar matahari yang terjadi terus menerus dapat mengakibatkan kulit bagian bawah mata kering. Anda direkomendasikan untuk menggunakan sunblock atau bisa juga mengenakkan kaca mata hitam anti radiasi.

Kurang perawatan

Kerutan dan garis halus dibawah mata ternyata juga dapat timbul karena kurangnya mendapatkan perawatan.

Ragam Alternatif Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata

Setidaknya ada tiga alternatif pilihan yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerutan di bagian bawah mata. Ke tiga alternatif cara tersebut adalah melalui prosedur operasi, dengan menggunakan kosmetik, dan dengan memanfaatkan bahan – bahan alam yang ada di sekitar kita.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh bahan alami yang bisa dipakai sebagai bahan untuk menghilangkan kerutan dan keriput dibawah mata:

1. Menggunakan Es Batu

Alternatif cara menghilangkan kerutan dibawah mata yang pertama adalah dengan menggunakan es batu.

Es batu dapat memberikan efek dingin pada kulit wajah. Efek dingin yang ditimbulkan oleh es batu ini diyakini dapat membantu mengembalikan tingkat kekencangan kulit.

Untuk menghilangkan keriput dibawah mata menggunakan es batu, Anda haya perlu menggosok bagian bawah mata Anda dengan es batu secara rutin setiap hari.

2. Menggunakan Madu

Madu sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan wajah. Ada banyak sekali manfaat madu untuk wajah yang bisa didapatkan, seperti salah satunya adalah untuk menghilangkan kerutan yang muncul di sekitar wajah.

Untuk menghilangkan kerutan di bawah mata menggunakan madu, Anda hanya perlu mengolesi bagian wajah yang berkerut dengan madu murni dan membiarkan nya selama 30 menit.

Setelah 30 menit, Anda dapat membasuh nya dengan air bersih.

3. Menggunakan Alpukat

Alternatif cara menghilangkan kerutan dibawah mata yang berikutnya adalah dengan menggunakan alpukat.

Alpukat memiliki kandungan vitamin C dan lemak nabati yang sangat tinggi. Berkat kandungan vitamin C dan lemak nabati nya yang tinggi, selain dapat menyehatkan tubuh, buah alpukat juga bisa dipakai untuk menutrisi kulit wajah agar bisa terhindar dari penuaan dini.

Caranya: siapkan buah alpukat yang sudah masak, lalu haluskan daging buahnya dengan menggunakan blender. Setelah halus, aplikasikan daging buah alpukat tersebut ke seluruh permukaan wajah Anda. Biarkan selama 30 menit, lalu basuh kulit wajah dengan air bersih.

4. Menggunakan Mentimun

Ada dua alternatif cara menghilangkan kerutan dibawah mata menggunakan buah mentimun. Alternatif cara yang pertama sekaligus yang paling umum dilakukan adalah dengan menempelkan irisan buah mentimun sebagai penutup mata. Sedangkan alternatif yang ke dua adalah dengan mengoleskan buah mentimun yang telah dihaluskan sebelumnya ke bagian bawah mata.

5. Menggunakan Campuran Susu Bubuk dan Madu

Timbulnya kerutan di bagian bawah mata dapat mengindikasikan bahwa kulit wajah tengah mengalami kekurangan cairan. Untuk mengatasi nya, Anda harus selalu menjaga tingkat kelembaban kulit wajah Anda, salah satu nya adalah dengan menggunakan campuran susu bubuk dan madu.

Untuk menggunakan nya Anda terlebih dahulu harus membuat ramuan masker wajah dari susu bubuk dan madu dengan cara mencampurkan 4 sendok makan susu bubuk, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan air hangat.

Setelah ke tiga bahan tercampur dengan merata, Anda tinggal mengoleskan nya pada bagian wajah Anda yang keriput.

6. Menggunakan Campuran Tomat dan Madu

Alternatif cara menghilangkan kerutan dibawah mata yang berikutnya adalah dengan menggunakan campuran tomat dan madu.

Tomat memiliki zat asam dan zat antioksidan yang tinggi, sedangkan madu sangat kaya akan nutrisi bermanfaat yang bagus untuk wajah.

Jika ke dua bahan tersebut diaplikasikan pada wajah, ke dua nya diyakini dapat memberikan banyak manfaat, termasuk salah satu nya adalah untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Untuk menghilangkan kerutan dibawah mata menggunakan campuran tomat dan madu, pertama – tama Anda dapat memotong tomat menjadi dua bagian. Setelah itu, oleskan madu murni ke atas nya (di bagian daging tomat yang dipotong). Terakhir, Anda tinggal menggosokkan potongan tomat yang sudah diolesi madu ke bagian wajah yang mengalami kerutan.

7. Menggunakan Minyak Kelapa

Selain dapat digunakan untuk masak dan minyak urut, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai masker wajah untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Cara nya, Anda hanya perlu mengolesi bagian wajah yang dipenuhi kerutan dengan minyak kelapa secara rutin, sampai kerutan di wajah menghilang.

8. Menggunakan Kulit Semangka

Alternatif cara menghilangkan kerutan dibawah mata yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit semangka.

Jika Anda suka mengonsumsi semangka, mulai sekarang kulitnya jangan langsung dibuang ya!

Sebab kulit semangka memiliki kandungan zat asam yang dapat membantu mengencangkan kulit wajah.

Untuk mengencangkan kulit wajah menggunakan kulit semangka, Anda hanya perlu menggosokkan kulit semangka ke bagian wajah Anda  yang mengalami kerutan.

9. Menggunakan Kantong Teh Celup

Ada satu lagi bahan sisa yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan dibawah mata, bahan tersebut adalah kantong teh celup.

Bubuk teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Ketika diaplikasikan pada wajah, kadar antioksidan yang terdapat dalam bubuk teh bekas dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini, termasuk salah satunya adalah kerutan.

Maka dari itu, jika Anda suka mengonsumsi teh, ke depan nya kantung teh celup bekas nya jangan langsung dibuang ya!

Anda dapat memanfaatkan nya untuk menghilangkan kerutan yang muncul di sekitaran daerah bawah mata dengan cara menempelkan nya ke bagian mata selama 5 – 10 menit.

10. Putih Telur

Alternatif cara menghilangkan kerutan dibawah mata yang berikutnya adalah dengan menggunakan putih telur.

Untuk menghilangkan kerutan dibawah mata menggunakan putih telur, Anda hanya perlu mengolesi bagian bawah mata serta daerah – daerah lain yang mengalami kerutan menggunakan putih telur secara rutin setiap hari.

11. Eksfoliasi dengan jus lemon dan gula

Anda juga dapat mengusir kerutan dibawah mata dengan menggunakan jus lemon dan gula. Kedua bahan ini terbukti ampuh untuk mengusir keriput.

Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat di lemon ini bersifat abrasif dan bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab keriput di wajah. Selain kandungan asam sitrat, vitamin C di lemon juga dapat bertindak meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah.

Untuk gula, di dalamnya terdapat glikolat yang dapat memperbaiki kerusakan sel kulit. Campuran kedua bahan alami ini bisa menjadi bahan eksfoliasi atau scrubing keriput di wajah. Bagaimana cara membuat maskernya? Silahkan ikuti panduannya berikut ini: 

  • Silahkan campur 1 sdt (5ml) gula organik mentah dengan 2 sdm (30 ml) air perasan lemon segar
  • Setelah membentuk pasta silahkan anda aplikasikan pada area yang timbul kerutan secara perlahan.
  • Berikan pijatan halus, pastikan juga tidak terkena mata.
  • Terakhir, biarkan meresap sekitar 10 menitan, apabila sudah meresap bilas dengan air dingin.

12. Gunakan air lemon balm

Cara menghilangkan kerutan dibawah mata selanjutnya adalah dengan menggunakan air lemon balm. Lemon balm sendiri merupakan tanaman yang mengandung senyawa yang bersifat astrigen. Senyawa tersebut bisa menghilangkan keriput dengan cepat, namun sifatnya hanya sementara.

Cara menghilangkan kerutan dibawah mata dengan lemon balm:

  • Pertama, campur lemon balm secukupnya kedalam 2 gelas air yang mendidih
  • Biarkan dingin, kemudian gunakan air tersebut untuk membasuh wajah setiap hari sebelum beraktivitas

13. Cuci wajah dengan minyak zaitun

Membasuh wajah dengan minyak zaitun bisa menjadi solusi penuaan dini yang anda alami. Minyak zaitun sendiri kaya akan asam linoleat dapat membantu kulit agar tetap selalu terhidrasi, sehingga mampu mengurangi efek dari kerutan. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak wortel yang notabenya mengandung asam linoleat cukup tinggi.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini: 

  • Pertama, silahkan campur 2 sdt (10ml) minyak olive oil dengan 2 tetes minyak wortel atau perasan air wortel
  • Gunakan bahan tersebut untuk memijat wajah selama kurang lebih 30 detik. Kemudian diamkan selama 30 menit agar meresap
  • Langkah terakhir adalah cuci bersih wajah anda 

14. Pijat wajah secara rutin

Ternyata pijatan di wajah yang rutin dapat membuat wajah menjadi lebih rileks bahkan jika pijatan yang kita lakukan itu benar bermanfaat untuk menguras bersih kelebihan berat air di wajah. Sehingga kerutan pun bisa hilang dengan mudah.

Bagaimana cara melakukan pijatan yang benar? Silahkan ikuti panduannya berikut ini: 

  • Pertama, pijat tepat pada bagian kerutan dengan menggunakan gerakan memutar, utamakan memijat hanya dengan jari telunjuk dan jari tengah
  • Selanjutnya, pindah pada bagian bawah telinga, lalu berjalan menuju ke bagian sisi leher menuruni sampai ke bagian selangka
  • Setelah itu gerakan ke bagian bawah dagu kamu, ke bagian bawah tulang rahang, dan ke arah telinga kamu
  • Sekarang pijat bagian dalam mata menuju ke arah bagian luar mata
  • Selanjutnya pindah ke bagian pelipis dan menurun ke kedua sisi wajah kamu
  • Ulangi gerakan pijatan seperti diatas sebanyak lima kali agar hasilnya maksimal.

15. Manfaatkan Buah Nanas

Buah nanas ternyata juga terbukti ampuh dapat menghilangkan kerutan dibawah mata anda. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung enzim aktifnya yang disebut bromelain. Enzim ini bersifat antiradang.

Selain itu, buah nanas juga memiliki kandungan astringent yang dapat merangsang pengelupasan sel kulit mati.

Kira-kira, bagaimana cara memanfaatkan buah nanas ini sebagai zat anti kerutan?

  • Caranya cukup mudah, silahkan anda olesi bagian bawah mata anda dengan air perasan buah nanas.
  • Selanjutnya diamkan sekitar selama 20 menit lalu bilas.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin. 

16. Aplikasikan Minyak Jarak (Castor oil)

Cara menghilangkan kerutan dibawah mata selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan minyak jarak. Minyak jarak ini kaya akan kandungan moisturizer yang dapat dipakai setiap hari untuk melembabkan bagian bawah mata sehingga munculnya kerutan dapat dicegah. Anda cukup membubuhkan minyak secukupnya di bawah mata, lalu diamkan semalaman.

17. Gunakan Minyak Rosemary

Tips mengatasi kerutan dibawah mata selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak rosemary. Silahkan lakukan pijatan ringan di bawah mata anda dengan lembut selama beberapa detik. 

Kemudian anda bisa mengaplikasikan minyak esensial, rosemary ini di area sekitar mata. Setelah mengaplikasikan minyak di bawah mata, pijat perlahan dengan gerakan ke atas, dan lakukan setiap hari selama beberapa menit.

18. Manfaatkan Jahe dan madu

Selanjutnya, anda bisa menggunakan madu dan jahe untuk menghilangkan kerutan dibawah mata anda. Caranya yaitu, silahkan anda campurkan 1 sdt ekstrak jahe dengan ½ sdt madu, lalu gunakan adonan untuk krim pijat. Pijatlah mata selama 10 menit setiap hari, lalu diamkan adonan selama 1 jam sebelum dibilas

19. Menggunakan Buah Alpukat

Selain enak untuk dikonsumsi, buah alpukat ini ternyata juga bisa manfaatkan untuk perawatan kecantikan wajah kita. 

Silahkan iris tipis buah alpukat, kemudian tempelkan pada bagian bawah mata, dan diamkan selama 15 menit. Biarkan minyak alami dalam alpukat menutrisi kulit sekaligus menghilangkan kerutan dan lingkar hitam di sekitar mata. Anda juga bisa melumat alpukat sehingga menjadi pasta lembut, aplikasikan itu ke bawah mata, biarkan selama 20 menit sebelum dibilas.

20. Aplikasikan Air mawar

Anda juga bisa melakukan perawatan wajah untuk mengusir kerutan dengan menggunakan air mawar. Silahkan anda oleskan air mawar di bawah mata, biarkan hingga kering. Lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk mencegah datangnya garis halus dan kerutan

21. Ekstrak biji anggur

Ramuan esktrak biji anggur juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerutan dibawah mata. Caranya yaitu oleskan minyak biji anggur pada kelopak mata yang berkerut lalu diamkan selama 10 – 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air sampai seluruh sisa-sisanya hilang. Anda dapat melakukan cara ini setiap hari sampai kerutan tersebut hilang dari kelopak mata anda.

Minyak Biji Anggur

Minyak Biji Anggur

Itu lah beberapa alternatif cara menghilangkan kerutan dibawah mata yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Selain menggunakan cara di atas, sebenarnya ada banyak trik yang bisa dilakukan untuk menyamarkan kerutan dibawah mata dengan mudah, seperti salah satu nya adalah dengan menggunakan trik makeup.

Dengan menerapkan makeup yang baik, Anda sebenarnya bisa menyembunyikan kerutan yang timbul di sekitar wajah Anda. Ya meski pun hal ini tidak permanen, namun setidaknya trik ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Simak juga: Panduan Cara Memakai Masker Mata yang Benar!

Leave a Reply