18 Cara Menghilangkan Keriput di Wajah

Cara Menghilangkan Keriput di Wajah – Memiliki wajah halus dan cantik tentu menjadi dambaan setiap wanita. Pada usia 20 – 30 tahun, wajah wanita biasanya masih sangat halus dan mulus bahkan terlihat lebih bercahaya ketimbang saat usia belasan tahun.

Namun, ketika menginjak usia 40an tahun wajah mulai menampakan kerutan sedikit demi sedikit. Kerutan di wajah tentu saja tidak bisa dicegah, namun bisa ditunda. Ternyata, ada juga wanita yang baru menginjak usia 20an tahun sudah muncul kerutan tanda penuaan dini. Tentu ini menjadi masalah besar.

Jika kerutan sudah muncul ketika usia 20 atau 30an tahun, maka kita membutuhkan treatment khusus untuk menghilangkannya. Ada banyak cara menghilangkan keriput di wajah secara alami yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Cara menghilangkan keriput di wajah

Cara menghilangkan keriput di wajah

Sebelum kita bahas apa saja cara menghilangkan keriput di wajah, ada baiknya kalau kita mengetahui apa saja penyebab kerutan di wajah? Terutama pada usia yang masih terbilang cukup muda.

Penyebab Kerutan di Wajah

Berikut ini penyebab kerutan di wajah yang harus anda ketahui:

Penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat

Penyebab kerutan di wajah yang pertama adalah karena kesalahan dalam memilih produk kosmetik. Karena saat ini ada banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan berbagai kelebihan dan keunggulannya ditambah lagi dengan iklan yang sangat menarik.

Namun, ternyata setelah kita menggunakannya tidak cocok untuk kulit kita. Pastikan produk kecantikan yang kita gunakan tidak mengandung zat kimia berbahaya dan pastikan juga sudah melalui uji klinis dan terdaftar di BPOM.

Pola hidup tidak sehat

Penyebab kerutan di wajah yang ketiga adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan yang tidak sehat dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, keriput dan tidak sehat. Misal seperti kebiasaan kurang minum air putih, kebiasaan merokok, kurang konsumsi vitamin dan mineral dan stress.

Kurang minum air putih dapat mengakibatkan kulit menjadi stress kulit, kering dan kusam.

Kebiasaan Buruk

Salah satu kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari adalah menggosok area di sekitar mata. Apalgagi kalau menggosoknya dengan keras, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan jaringan kulit di sekitar mata. Selain menggosok di sekitar area mata, terlalu sering mengkerutkan dahi juga bisa mempercepat timbulnya kerutan di dahi. Kebiasaan mengerucutkan bibir yang terlalu sering juga menyebabkan keriput di sekitar daerah mulut.

Paparan sinar matahari

Penyebab kerutan di wajah berikutnya adalah karena terkena paparan terkena sinar matahari terutama yang  di atas jam 09.00 pagi, hal ini dapat menyebabkan timbulnya garis – garis halus pada kulit. Garis halus tersebut jika bertambah terus akan membentuk keriput.

Cara Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami

Berikut ini Tipscantika bagikan beberapa cara menghilangkan keriput di wajah secara alami yang bisa anda lakukan sendiri di rumah:

1. Cuci wajah dengan minyak zaitun

Cara menghilangkan keriput di wajah yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun terkenal sebagai minyak super yang memiliki banyak sekali manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kecantikan, baik itu untuk wajah, rambut, bibir dan lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan kandungan asam linoleat yang ada di dalam minyak zaitun yang bermanfaat agar kulit tetap selalu terhidrasi, sehingga mampu mengurangi efek dari kerutan. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak wortel yang notabenya mengandung asam linoleat cukup tinggi.

Baca juga Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Cara menghilangkan kerutan dengan minyak zaitun:

  • Pertama, silajkan campur 2 sdt (10ml) minyak olive oil atau minyak zaitun dengan 2 tetes minyak wortel. Apabila tidak ada minyak wortel, kamu bisa menggunakan perasan air wortel
  • Berikutnya, gunakan minyak tadi untuk memijat wajah selama kurang lebih 30 detik. Kemudian diamkan selama 30 menit agar meresap
  • Langkah terakhir, cuci bersih dengan menggunakan air hangat hingga bersih total

2. Gunakan air lemon balm

Cara menghilangkan keriput di wajah yang berikutnya adalah dengan menggunakan air lemon balm. Apa itu lemon balm? Lemon balm merupakan  ramuan dari keluarga tanaman mint. Tanaman yang satu ini mengandung senyawa yang bersifat astrigen. Senyawa tersebut bisa menghilangkan keriput dengan cepat, namun sifatnya hanya sementara.

Cara menghilangkan kerutan dengan lemon balm:

  • Tambahkan lemon balm secukupnya kedalam 2 gelas air yang mendidih
  • Gunakan air tersebut untuk membasuh wajah setiap hari sebelum beraktivitas

3. Kentang dan bengkoang

Anda juga bisa menggunakan kombinasi kentang dan bengkoang untuk menghilangkan kerutan di wajah. Kedua umbi-umbian ini bermanfaat untuk  mengecilkan pori-pori dan menghaluskan kulit wajah anda. Cara penggunaannya cukup mudah. Pertama pilihlah bengkoang dan kentang yang masih segar. Selanjutnya haluskan keduanya dan gunakan sebagai masker wajah sebelum tidur. Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat saat keesokan harinya.

4. Menggunakan masker semangka

Siapa yang tidak suka makan semangka, selain segar dan manis, ternyata semangkaj uga bermanfaat untuk mengatasi kerutan di wajah. Caranya tumbuk halus buah semangka, kemudian peras dan ambil airnya. Simpan air perasan di dalam kulkas selama 24 jam. Oleskan secara rutin air semangka pada daerah kerutan.

5. Oleskan krim atau serum mata

Mengoleskan krim dan atau serum mata juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan di sekitar mata. Sebaiknya anda mengoleskan krim malam sebelum tidur dan  gunakan serum secara rutin minimal seminggu sekali saja. Serum sangatlah bermanfaat untuk mengencangkan kulit, sehingga sangat baik untuk menghilangkan keriput dibawah mata.

6. Minyak Zaitun dan Lemon

Selain dengan minyak zaitun saja, anda juga bisa menambahkan lemon untuk mengatasi kerutan di wajah dengan cepat. Kombinasi kedua bahan alami ini bermanfaat untuk mempercepat meregenerasi kulit serta membuat kulit bersih, cerah dan berseri. Lakukan minimal satu hari sekali, maka hasil yang anda dapatkan pasti memuaskan. Campurkan 2 bahan ini secukupnya kemudian oleskan di wajah sekitar kerutanm lakukan secara rutin 2 atau 3 kali seminggu.

7. Pisang

Selanjutnya, anda juga bisa mengatasi kerutan dengan menggunakan pisang. Buah pisang selain menyehatkan juga bermanfaat untuk berbagai keperluan kecantikan. Silahkan hancurkan pisang terlebih dahulu hingga benar-benar halus, hingga menyerupai krim. Selanjutnya gunakan untuk masker wajah seperti biasanya. Terapkan selama 15 – 30 menit, selanjutnya bersihkan wajah anda.

8. Menggunakan lap basah

Cara mudah menghilangkan kerut di wajah bisa dilakukan dengan menggunakan lap basah.  Caranya basahi kain lembut dengan air hangat, kemudian tepuk-tepuk di bagian bawah mata ataupun dahi. Usahakan bagian keriput semuanya sudah ditepuk-tepuk secara merata. Cara ini sangat efektif dilakukan sebelum kamu tidur dan setelah bangun pada pagi harinya.

9. Menggunakan masker pepaya

Masker buah pepaya juga terbukti efektif untuk mengatasi kerutan di wajah. Pertama silahkan sediakan bahan berupa papaya, oatmeal mentah, madu. Caranya yaitu pertama haluskan buah papaya, campur dengan oatmeal mentah dan madu secukupnya. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit. setelah selesai, bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan rutin selama seminggu sekali.

10. Konsumsi banyak air putih

Mengkonsumsi air putih juga dapat menjaga agar kulit tetap kencang dan sehat. Dengan mengkonsumsi air putih, anda kulit anda juga akan menjadi lembab dan terhindar dari kekeringan.

11. Susu dan madu

Kandungan senyawa humektan di dalam madu bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban kulit, sehingga bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan mengatasi munculnya keriput. Ditambah lagi susu yang mengandung asam laktat yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat jauh di dalam pori kulit. Akibatnya, kolagen pun bisa disekresikan secara optimal.

Cara menghilangkan kerutan dengan susu dan madu:

  • Pertama, silahkan campur sekiranya 1 sdm (15ml) madu dengan 1/2 sdm (7,5ml) susu organik atau susu tawar. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata
  • Selanjutnya, pijat aplikasikan campuran tadi ke bagian wajah yang mengalami keriput sembari memijatnya.
  • Diamkan sampai meresap sekiranya 30 menitan
  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

12. Menggunakan masker tomat

Anda juga bisa memanfaatkan masker tomat plus madu untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya pertama sediakan tomat dan madu secukupnya lalu bersihkan dan potong – potong tomat kemudian peras. Tambahkan dengan sedikit madu, campur rata. Oleskan pada wajah. Lakukan secara rutin.

13. Eksfoliasi dengan jus lemon dan gula

Kandungan asam sitrat di dalam lemon yang cukup tinggi berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab keriput di wajah. Selain itu, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat bertindak meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah.

Sementara untuk gula, kandungan glikolat ini berkhasiat untuk memperbaiki kerusakan sel kulit. Nah, jika kedua bahan ini dicampurkan, maka akan bermanfaat sebagai bahan eksfoliasi atau scrubing keriput di wajah.

Cara menghilangkan keriput dengan lemon dan gula:

  • Silahkan campur 1 sdt (5ml) gula organik mentah dengan 2 sdm (30 ml) air perasan lemon segar
  • Selanjutnya oles dan pijatkan campuran tersebut secara merata pada bagian keriput
  • Terakhir diamkan selama 10 menitan, apabila sudah meresap bilas dengan air dingin.

14. Masker putih telur

Kandungan protein yang cukup tingi pada putih telur bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mengalami kerusakan. Sehingga sangat baik untuk mempercepat regenerasi sel kulit baru. Sifat astrigen pada putih telur dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan terbebas dari masalah keriput. Bahkan dalam penggunaan 1 s.d 2 kali saja kamu sudah bisa menikmati hasilnya.

Cara menghilangkan kerutan dengan putih telur:

  • Pertama, pisahkan kuning dan putih telur, ambil bagian putih telurnya saja kemudian kocok dengan mixer sampai mengeluarkan busa memuncak
  • Setelah itu aplikasikan putih telur tersebut ke seluruh bagian kulit wajah yang mengalami keriput
  • Terakhir biarkan selama 20 menit agar masker bekerja optimal. Jika sudah terasa kaku di wajah bilas dengan menggunakan air dingin.

15. Nanas

Buah nanas juga dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan enzim aktif yang dikenal sebagai bromelain, yang merupakan anti inflamasi dan bentuk alami asam alpha hidroksi yang dapat membantu mengurangi kerutan. Nanas juga membantu dalam pengelupasan kulit mati.

Bagaimana cara menggunakan nanas untuk menghilangkan kerutan di wajah? Pertama haluskan buah nanas matang kemudian aplikasikan merata ke wajah atau di sekitar keriputan di wajah. Biarkan selama dua puluh menit dan lalu cuci dengan air bersih. Jus nanas membantu dalam mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah anda.

16. Mentimun

Anda juga bisa menggunakan mentimun untuk merawat keriput di wajah, caranya yaitu dengan menempelkan irisan timun segar di sekitar kulit keriput. Pertama, siapkan irisan mentimun dingin yang sebelumnya anda simpan dalam lemari es. Lalu tempatkan irisan tersebut di bawah mata dan biarkan selama 15 menit setiap hari.

17. Alpukat

masker alpukat juga bisa kita gunakan untuk merawat wajah keriput. Caranya yaitu, pertama haluskan alpukat secukupnya, kemudian aplikasikan ke wajah atau skeitar keriput secara merata. Biarkan selama lima belas menit. Selama merapkan alpukat, lakukan pijatan lembut pada area bawah mata, sehingga minyak alami meresap melalui kulit dan menutrisi kulit, agar membantu proses menghilangkan garis-garis keriput dan lingkaran hitam di bawah mata. Bilas dengan air bersih lalu keringkan.

18. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni sangat bermanfaat untuk menghilangkan kulit kering yang merupakan penyebab utama keriput di wajah. Caranya yaitu hanya dengan mengoleskan minyak kelapa murni di sekitar keriput di wajah.  Pastikan minyak kelapa yang anda gunakan adalah yang murni tidak ditambahi zak kmia lainnya.

Tips Mencegah Kerutan Dibawah Mata dan Wajah

Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati. Namun untuk anda yang sudah mengalami keriput ada baiknya untuk mencegah agar tidak semakin parah lagi. Berikut ini ada beberapa cara mencegah keriput di wajah yang mudah untuk dilakukan:

  • Pertama, usahakan untuk tidak heratad i terik sinar matahari dalam waktu yang lama. Kalau anda beraktivitas di baha terik matahari gunakanlah sun block atau anda juga bisa menggunakan kaca mata.
  • Stop merokok sekarang juga, selain dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, juga dapat mengakibatkan kerutan muncul dan tanda penuaan dini.
  • Penuhi kebutuhan air harian anda, minum 8 gelas sehari minimal.
  • Pastikan juga untuk istirahat cukup.
  • Hindari stress, kelelahan, diet yang buruk dan tekanan yang berlebihan pada mata (terlalu lama di depan TV atau komputer). Jika kita menghadapi situasi ini yang kita butuhkan adalah untuk mengubah gaya hidup anda, mulailah pola hidup sehat dan meredakan stres dengan kegiatan-kegiatan positif, misalnya pergi berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga.
  • Konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, seperti ikan salmon yang kaya protein, konsumsi juga makanan yang mengandung omega tiga dan asam lemak.

Itulah beberapa cara menghilangkan keriput di wajah secara alami yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat. Baca juga 21 cara mengatasi penuaan dini

Leave a Reply