Cara Menghilangkan Gigi Kuning Secara Alami

Cara menghilangkan gigi kuning – Siapa sih yang tidak ingin memiliki gigi yang putih dan sehat? Setiap orang normal di seluruh penjuru dunia ini pasti ingin memilikinya. Pasalnya gigi yang putih dan sehat akan membuat penampilan seseorang menjadi lebih optimal. Tidak hanya itu, gigi yang putih dan sehat juga akan turut meningkatkan rasa percaya diri.

Konon, menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh American Dental Association, ditemukan fakta menarik bahwa sekitar 87 % orang cenderung merasa sangat senang ketika melihat orang lain tersenyum, terutama jika orang tersebut memiliki gigi yang putih.

Sayangnya, meskipun ingin, tidak semua orang berhasil memiliki gigi yang putih dan sehat. Karena berbagai macam hal, seperti malas menggosok gigi atau pun kebiasaan mengonsumsi bahan makanan tertentu, terkadang gigi malah menjadi tampak kuning dan tidak sehat.

Cara Menghilangkan Gigi Kuning via Youtube

Cara Menghilangkan Gigi Kuning via Youtube

Penyebab Gigi Kuning

Pada dasarnya, ketika baru tumbuh, gigi manusia akan berwarna putih. Seiring berjalannya waktu, warna gigi akhirnya mengalami perubahan. Perubahan ini dapat terjadi akibat berbagai macam hal, seperti:

  • Karena malas menggosok gigi
  • Karena suka mengonsumsi bahan makanan tertentu (seperti kopi, teh, coklat, rokok, dll)
  • Karena penggunaan obat – obatan tertentu,
  • Karena lapisan enamel gigi yang sudah rusak, dll

Cara Menghilangkan Gigi Kuning yang Ampuh

Jika gigi Anda sudah terlanjur menguning, Anda dapat mencoba beberapa alternatif cara memutihkan gigi di bawah ini:

1. Menggunakan Kayu Siwak

Tahukah Anda bahwa kayu siwak sudah digunakan sebagai bahan untuk membersihkan gigi sejak ribuan tahun yang lalu? Ya, jauh sebelum produk – produk perawatan gigi ada seperti sekarang ini, kayu siwak sudah digunakan sebagai bahan alami pembersih gigi oleh masyarakat Mesir Kuno.

Bahkan Nabi Muhammad SAW sendiri selalu membersihkan giginya dengan menggunakan dahan kayu siwak.

Nah, jika mau, Anda dapat memanfaatkan kayu siwak untuk dijadikan sebagai bahan alami penghilang gigi kuning. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dahan kayu siwak yang bertekstur lembut, lalu jemur hingga kering
  • Tumbuk kayu siwak tersebut hingga menjadi bubuk / hingga halus, lalu tambahkan beberapa tetes air ke dalamnya
  • Aduk kayu siwak hingga membentuk pasta, lalu gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi seperti biasa
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin 1 – 2 kali dalam seminggu

2. Menggunakan Buah Stroberi

Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C dan zat asam ellagic yang cukup tinggi. Berkat kandungan ke dua kandungan nutrisi tersebut, buah stroberi diklaim sangat pas untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan gigi kuning yang ampuh.

Konon, beberapa selebritis ternama hollywood seperti Tyra Banks dan Zeta – Joneskabarnya selalu menggunakan buah stroberi untuk membersihkan dan memutihkan gigi mereka.

Nah, jika Anda mau, Anda bisa mencobanya untuk menghilangkan permasalahan gigi kuning yang Anda alami. Caranya, Anda hanya perlu menggosokkan buah stroberi secara langsung ke bagian gigi Anda yang kuning secara rutin setiap hari.

Nantinya selain akan mengikis warna kuning pada gigi, buah stroberi juga akan membuat gigi menjadi lebih kuat dan tidak mudah berlubang.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Anda pasti tidak mengira bahwa minyak kelapa dapat dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan noda kuning pada gigi. Namun berdasarkan hasil penelitian, minyak kelapa memang terbukti cukup ampuh untuk dijadikan sebagai penghilang noda kuning di gigi.

Untuk bisa menghilangkan noda kuning di gigi menggunakan minyak kelapa, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan minyak kelapa murni secukupnya
  • Oleskan minyak tersebut ke permukaan gigi Anda yang kuning secara merata
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu berkumurlah dengan air hangat
  • Terakhir, silahkan sikat gigi Anda menggunakan pasta gigi seperti biasa

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengulangi prosedur di atas secara rutin 2 – 5 kali dalam sebulan.

4. Menggunakan Garam Dan Lemon

Alternatif cara menghilangkan gigi kuning membandel yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam dan jeruk lemon.

Seperti yang telah kita ketahui bersama garam merupakan salah satu eksfoliator terbaik yang dapat digunakan untuk mengikis jaringan plak dan noda kuning di gigi. Di lain sisi, jeruk lemon sangat kaya akan zat asam yang bermanfaat sebagai zat peluntur noda kuning pada enamel gigi.

Berkat kemampuan tersebut, kita dapat memanfaatkan garam dan jeruk lemon untuk dijadikan sebagai bahan penghilang noda kuning pada gigi. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan beberapa tetes air jeruk lemon dan garam secukupnya
  • Aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur dengan merata
  • Setelah keduanya tercampur dengan merata, gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk menggosok gigi seperti biasa
  • Ulangi langkah di atas secara rutin 1 – 2 kali dalam seminggu

5. Menggunakan Baking Soda

Sama seperti halnya produk soda yang lainnya, soda pengembang kue juga memiliki sifat mengikis yang cukup kuat. Nah, karena sifatnya ini, kita dapat memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai bahan alami penghilang noda kuning di gigi. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan baking soda dengan air (perbandingan 2:1)
  • Aduk hingga keduanya berubah menjadi pasta
  • Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi seperti biasa

Penting untuk diingat, prosedur perawatan gigi menggunakan baking soda sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Pasalnya, jika dilakukan terlalu sering, penggunaan baking soda malah dapat merusak lapisan enamel gigi sehingga membuat gigi menjadi lebih mudah berlubang.

6. Menggunakan Kulit Jeruk

Selain dapat digunakan sebagai bahan pemutih kulit, kulit jeruk ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan gigi kuning.

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, kulit jeruk juga memiliki sifat asam yang berguna untuk mengikis lapisan noda kuning pada gigi.

Jika mau, Anda dapat menggunakan kulit jeruk untuk dijadikan sebagai bahan alami penghilang gigi kuning. Caranya, cukup gosokkan kulit jeruk ke permukaan gigi Anda secara rutin setiap hari.

Nantinya, selain menghilangkan noda kuning, kulit jeruk juga akan membuat gigi Anda menjadi tampak putih dan bersih.

7. Menggunakan Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan gigi kuning menggunakan cuka sari apel tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu berkumur dengan larutan cuka sari apel (dibuat dengan cara mencampurkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam satu gelas air) secara rutin setiap hari.

Nantinya larutan cuka sari apel tersebut akan membantu melunturkan kotoran dan noda kuning yang ada pada gigi. Tidak hanya itu, cuka sari apel nantinya juga akan membantu membersihkan gigi dari berbagai macam organisme jamur dan bakteri yang berpotensi menimbulkan gejala panas dalam dan bengkak pada gusi.

****

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan gigi kuning yang dapat Anda coba untuk terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Jangan lewatkan juga: 16 Manfaat Pasta Gigi untuk Wajah Cantik Alami

Leave a Reply