12 Tips Menghilangkan Daki di Leher Secara Alami yang Ampuh!

Cara menghilangkan daki di leher pada dasarnya cukup mudah. Jika Anda mau, ada banyak bahan alami di sekitar Anda yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan daki di sekitar leher.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang paling rentan berdaki. Pasalnya, area tersebut cenderung tidak mendapatkan perhatian yang intens seperti halnya wajah atau pun tangan dan kaki.

Padahal, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang terlihat / tampak secara langsung.Oleh karena nya, ketika leher dipenuhi tumpukan daki, maka secara otomatis nilai penampilan akan menurun secara drastis.

Salah satu penyebab utama yang menimbulkan tumpukan daki di leher adalah karena tumpukan kotoran yang bercampur dengan keringat.

Karena leher merupakan bagian tubuh yang terbuka, maka leher cenderung lebih berpotensi terpapar kotoran dan polusi udara. Nah, ketika paparan kotoran tersebut tercampur dengan keringat, maka kotoran akan menumpuk dan melekat kuat di permukaan kulit. Jika sudah begini, maka daki akan menjadi sulit untuk dihilangkan.

Cara Menghilangkan Daki di Leher

Cara Menghilangkan Daki di Leher

Penyebab Leher Hitam

Sebelum kita kupas bagaimana cara menghilangkan daki di leher, ada baiknya juga kalau kita mengetahui apa saja penyebab leher berdaki. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Faktor Keturunan 

Penyebab yang pertama adalah karena faktor keturunan. Acanthosis nigricans merupakan suatu keadaan dimana leher hitam sejak  lahir. Kondisi ini bisa bertambah parah seiring dengan bertambahnya usia dan berat badan.

Kelainan kelenjar endokrin juga dapat menjadi penyebab mengapa kulit leher menjadi hitam. Kelainan endokrin dapat meningkatkan nafsu makan yang berlebih sehingga pada akhirnya akan menyebabkan obesitas dan menghitamnya kulit pada leher.

2. Karena Penyakit Diabetes

Penyebab leher menghitam selanjutnya adalah karena faktor penyakit diabetes. Jika anda menderita penyakit diabetes, maka kulit anda akan mengalami resistensi terhadap insulin, sehingga akan menyebabkan poliferasi, serta warna kulit luar leher menjadi hitam.

3. Mengalami Penyakit Addison

Penyebab daki di leher berikutnya adalah karena faktor menderita penyakit addison. Penyakit ini akan menimbulkan perubahan warna kulit menjadi gelap, termasuk pada bagian leher. Penyakit ini banyak dialami oleh mereka yang ada pada rentang usia 30 – 50 tahun.

4. Gejala Penyakit Hypothyroidism

Jika anda menemukan leher anda hitam, bisa jadi itu merupakan gejala pnyakit hypothyroidism yang merupakan salah satu jenis dari penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Gejala penyakit ini bisa ditunjukkan dari menghitamnya bagian kulit, bahkan kulit pun menjadi kering. Selain itu, gejala lainnya dari penyakit ini yaitu sembelit, mudah lelah, sakit otot, rambut rontok dan menstruasi tidak teratur.

5. Faktor Gaya Hidup

Gaya hidup juga bisa menjadi faktor penyebab leher hitam berdaki.  Beberapa gaya hidup yang buruk seperti jorok, jarang mandi dan malas membersihkan kulit leher dapat menjadikan kulit leher hitam karena terdapat kotoran  yang menempel.

6. Paparan Sinar Matahari

Penyebab daki di leher berikutnya adalah karena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari saat kita beraktivitas di luar tanpa penutup ini dapat mengakibatkan kulit leher hitam dibandingkan dengan bagian kulit yang lainnya.

Ragam Cara Menghilangkan Daki di Leher yang Ampuh

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, jika tahu caranya menghilangkan daki di leher bukanlah perkara yang sulit. Nah, untuk Anda yang saat ini sedang berupaya untuk bisa menghilangkan tumpukan daki di sekitar leher, berikut merupakan beberapa alternatif cara menghilangkan daki di leher menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba:

1. Menggunakan Madu dan Kacang Almond

Madu merupakan salah satu bahan alami yang sangat kaya akan nutrisi bermanfaat. Berkat kandungan nutrisi bermanfaat yang terdapat di dalamnya, madu diyakini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada tubuh, termasuk salah satunya adalah permasalahan tumpukan daki di leher.

Secara keseluruhan cara menghilangkan daki di leher menggunakan madu tergolong cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan madu murni dan beberapa buah kacang almond yang masih segar
  • Haluskan kacang almond, lalu campurkan dengan beberapa tetes madu
  • Aduk hingga ke dua bahan tercampur dengan merata
  • Bilas leher Anda menggunakan air hangat, lalu keringkan
  • Aplikasikan campuran madu dan kacang almond yang telah disiapkan sebelumnya ke bagian leher Anda, lalu diamkan selama beberapa menit
  • Setelah kurang lebih 10 menit, gosok leher Anda menggunakan jari dan telapak tangan selama kurang lebih 5 menit
  • Terakhir, bilas leher Anda menggunakan air bersih
  • Ulangi setiap hari hingga tumpukan daki di leher Anda benar – benar hilang dengan sempurna

2. Menggunakan Daging Buah Pepaya

Daging buah pepaya memiliki kandungan serat dan enzim papain yang sangat tinggi. Berkat ke dua kandungan nutrisi tersebut, daging buah pepaya diyakini dapat memberikan efek mengikis pada jaringan terluar kulit.

Nah, karena kemampuan yang dimilikinya tersebut, daging buah pepaya benar – benar sanga pas untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan daki di leher.

Caranya:

  • Siapkan daging pepaya yang masih segar, lalu haluskan menggunakan blender
  • Bilas leher Anda menggunakan air hangat, lalu keringkan
  • Gosok bagian leher Anda menggunakan daging buah pepaya yang telah disiapkan sebelumnya memakai jari dan telapak tangan selama kurang lebih 10 menit
  • Jika sudah selesai, Anda tinggal membilas leher Anda menggunakan air bersih

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mengulangi langkah di atas secara rutin setiap hari hingga tumpukan daki di leher Anda benar – benar hilang dengan sempurna.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya selama ini cenderung lebih banyak dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Padahal, selain untuk merawat rambut, lidah buaya juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan lainnya, termasuk salah satunya adalah sebagai bahan alami untuk menghilangkan daki di leher.

Cara menghilangkan daki di leher menggunakan lidah buaya tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menggosok bagian leher Anda yang dipenuhi tumpukan daki dengan menggunakan gel lidah buaya.

Nantinya, jika tumpukan daki di leher Anda sudah terkikis, Anda tinggal membilas bagian leher Anda menggunakan air bersih.

4. Menggunakan Kulit Jeruk

Alternatif cara menghilangkan daki di leher yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk.

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C dan zat asam yang cukup tinggi. Berkat kandungan vitamin C dan zat asam yang terdapat di dalam nya, jeruk nipis diyakini dapat memberikan efek mengikis yang cukup kuat.

Nah, jika mau, Anda dapat memanfaatkan sifat mengikis yang dimiliki kulit jeruk untuk mengikis jaringan sel kulit mati atau pun untuk mengikis tumpukan daki yang ada di kulit leher.

Untuk menghilangkan daki di leher menggunakan kulit jeruk, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Keringkan kulit jeruk tanpa menjemurnya secara langsung di bawah terik sinar matahari
  • Jika sudah kering, giling kulit jeruk tersebut hingga menjadi bubuk
  • Setelah menjadi bubuk, tambahkan susu bubuk dan beberapa tetes air ke dalamnya
  • Aduk menggunakan sendok hingga semua bahan tercampur dengan merata dan berubah menjadi pasta
  • Bilas leher Anda menggunakan air hangat, lalu keringkan menggunakan handuk
  • Oleskan pasta kulit jeruk yang telah disiapkan sebelumnya ke bagian leher Anda
  • Gosok bagian leher Anda menggunakan jari dan telapak tangan
  • Bilas menggunakan air bersih
  • Ulangi secara rutin setiap hari hingga tumpukan daki di leher Anda hilang dengan sempurna

5. Menggunakan Beras

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang percaya bahwa air cucian beras dapat digunakan untuk menghilangkan daki di leher. Ya meskipun bisa, namun effort yang dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut tergolong cukup besar.

Jika Anda mau, dari pada cuma sekedar air cucian beras saja, Anda dapat menggunakan tepung beras untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan daki di leher yang ampuh.

Caranya, pertama – tama Anda harus menyangrai beras terlebih dahulu. Setelah disangrai, Anda dapat menumbuk beras tersebut hingga menjadi tepung. Setelah itu, Anda dapat mencampurnya dengan air jeruk nipis (perbandingan 3 : 1).

Terakhir, Anda tinggal menggosok leher Anda menggunakan pasta dari campuran tepung beras dan air jeruk nipis yang telah Anda siapkan sebelumnya hingga tumpukan daki di leher Anda bisa hilang dengan sempurna.

6. Menggunakan Stroberi

Alternatif cara menghilangkan daki di leher yang selanjutnya adalah dengan menggunakan buah stroberi.

Untuk menghilangkan daki di leher menggunakan buah stroberi, Anda hanya perlu menggosok leher Anda menggunakan campuran madu dan buah stroberi yang telah dihaluskan sebelumnya.

Berkat kandungan enzim bermanfaat yang terdapat dalam buah stroberi, nantinya tumpukan daki di leher Anda akan menjadi jauh lebih mudah untuk dihilangkan / dibersihkan.

7. Oat Scrubs

Cara menghilangkan daki di leher selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal selain dimanfaatkan untuk sarapan sehat, ternyata juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai perawatan wajah dan kulit.

Nah, sebagai hasil olahan gandum, oatmeal ini terbukti ampuh untuk memutihkan kulit kita secara alami. Tidak hanya itu oatmeal ini juga berkhasiat untuk mlembutkan kulit serta menghilangkan iritasi.

Lalu bagaimana cara menghilangkan daki di leher dengan oatmeal? Berikut ini panduan untuk membuat scrubnya:

  • Pertama silahkan sediakan 2 sdm oatmeal, kemudian 1 buah tomat
  • Hancurkan tomat, kemudian campurkan kedua bahan ini.
  • Setelah tercampur rata, balurkan pada leher hingga merata
  • Biarkan sekitar setengah jam, lalu basahi leher dengan sedikit air sembari memijit daerah leher ini agar nutrisinya diserap oleh kulit.
  • Terakhir, bersihkan dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silahkan lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

8. Cara Menghilangkan Daki di Leher dengan Baking Soda

Cara menghilangkan daki di leher berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Tahukah anda, bahan untuk membuat kue ini ternyata sangat baik untuk exfoliant alami bagi kulit dan bagus juga untuk membersihkan kulit yang berwarna gelap atau warna yang tidak merata.

Campuran antara air dan baking soda ini terbukti ampuh untuk mengatasi hyper-pigmentation yang terjadi di sekitar leher. Bagaimana caranya? Sangat mudah sekali, ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama, sediakan baking soda secukupnya dan air
  • Campurkan air dan baking soda dengan perbandingan, 3 bagian baking soda dan 1 bagian air.
  • Aduk rata campuran tersebut sampai membentuk pasta.
  • Setelah itu, silahkan anda olesi pada leher yang berdaki hingga mengering.
  • Setelah sekitar 15-20 menit, silahkan anda bersihkan
  • Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan silahkan lakukan perawatan ini 2 kali seminggu

9. Dengan Menggunakan Kentang

Kentang yang kaya karbohidrat ini juga bermanfaat untuk memutihkan leher berdaki selanjutnya. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan enzim catecholase yang akan membantu kulit anda menjadi lebih terang, dan menghilangkan noda-noda pada kulit.

Sebenarnya bukan hanya untuk menghilangkan daki saja, perawatan dengan masker kentang ini juga bermanfaat untuk memutihkan kulit lho. Bagaimana caranya? Silahkan simak panduannya berikut ini:

  • Pertama, ambil kerang secukupnya, kemudian kupas
  • Potong pipih, kemudian cuci
  • Usapkan pada leher anda setiap hari selama 5-10 menit
  • Lakukan terus selama 2 hingga 3 bulan.

Cara kedua bisa anda jadikan sebagai masker kentang. Silahkan anda haluskan kentang, bisa dengan cara diblender atau diparut, kemudian tambahkan aplikasikan pada leher anda, dan diamkan selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air bersih.

10. Lulur dengan Kopi

Cara menghilangkan daki di leher berikutnya adalah dengan luluran menggunakan kopi. Kopi bubuk ini selain dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan perawatan wajah ternyata juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan daki yang membandel. Caranya yaitu dengan menyeduh bubuk kopi dengan sedikit air hangat sehingga membentuk pasta. Kemudian aplikasikan pada leher anda.

Diamkan beberapa saat hingga mengering, sekitar 20-30 menit. Kemudian cuci bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

11. Usap Gula Pasir

Selain dengan menggunakan kopi, kita juga bisa memanfaatkan si manis ini untuk mengatasi daki bandel di leher. Caranya sangat mudah sekali, silahkan anda basahi leher yang berdaki, kemudian usap sejumput gula ke leher.

Gosok dengan lembut tapi konsisten agar daki pada kulit terangkat. Lakukan secara rutin tiap kali sebelum mandi, dijamin daki yang mengganggu akan sirna.

12. Pakai Jeruk Lemon

Cara menghilangkan daki di leher yang terakhir dari kami adalah dengan menggunakan jeruk lemon. Jeruk lemon yang kaya vitamin C ini terbukti ampuh membersihkan sekaligus membantu pengelupasan sel-sel kulit yang mati. Untuk itu, jika daki tak kunjung hilang bahkan ketika kamu sudah coba membersihkannya maka pakailah air lemon.

Caranya sangat mudah, pertama silahkan potong dua lemon, kemudian taburkan sedikit garam di atasnya. Oleskan lemon tersebut pada bagian kulit leher yang berdaki dan berikan sedikit pijatan ada kulit. Cara ini akan membuat daki menjadi lebih lunak, sehingga mudah untuk disingkirkan.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menerapkan salah satu dari beberapa alternatif cara menghilangkan daki di leher yang kami sampaikan di atas?

Jangan lewatkan juga ya: 18 Tips Menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami

Leave a Reply