25 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Cara menghilangkan bekas luka di wajah – Luka baik itu karena goresan atau karena luka bakar dapat meninggalkan bekas yang dapat mengganggu penampilan apalagi kalau bekas luka tersebut ada di area-area yang nampak di tubuh kita.

Salah satunya adalah apabila bekas luka tersebut ada di wajah kita. Bekas luka di wajah tentu saja dapat mengurangi rasa percaya diri. Bekas luka atau yang juga dikenal dengan istilah codet apabila cukup besar pastilah membuat kaum hawa menjadi minder.

Ternyata menghilangkan bekas luka bakar tidaklah mudah. Butuh kesabaran agar luka bakar bisa hilang atau minimal memudar. Cara menghilangkan bekas luka di wajah bisa dilakukan dengan cara alami atau dengan cara medis.

Tentu saja metode medis membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada banyak cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan medis, seperti teknologi laser, bedas plastik atau penggunaan salep yang ada dijual di apotek di sekitar tempat tinggal kita.

Selain dengan medis, cara menghilangkan bekas luka di wajah bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang bisa kita temukan di sekitar kita. Namun tentu saja membutuhkan kesabaran agar bekas luka tersebut bisa hilang atau minimal memudar.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah

Cara menghilangkan bekas luka di wajah

Cara menghilangkan bekas luka di wajah

Cara menghilangkan bekas luka di wajah secara medis

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan menggunakan obat atau secara medis (non alami) yang bisa anda jalani yang kami kutip dari alodokter:

Menggunakan krim atau gel

Cara menghilangkan bekas luka di wajah yang pertama adalah dengan menggunakan krim atau salep. Krim yang mengandung campuran steroid, vitamin E, dan silikon menjadi pilihan untuk menyamarkan atau menghilangkan bekas luka, baik itu bekas luka karena benda tajam, jatuh atau karena luka bakar.

Biasanya dokter juga memberikan resep obat salep yang mengandung antihistamin pada bekas luka yang gatal, selain yang berbahan steroid tentunya. Jika bekas luka diakibatkan oleh jerawat, maka disarankan untuk meminta nasihat dokter kulit sebelum memakai krim penghilang luka ini.

Menerapkan plester gel silikon

Selanjutnya, khusus untuk bekas luka yang agak timbul,  misal seperti keloid dan jaringan parut hipertropik, juga bisa dibantu dengan plester gel silikon. Palster ini bermanfaat untuk meminimalisir efek kemerahan dan memperkecil ukuran. Cara yang digunakan adalah dengan menempelkan silikon tersebut di atas bekas luka selama 12 jam tiap harinya. Waktu yang dibutuhkan untuk terapi ini biasanya paling sedikit tiga bulan. Pemakaian plester silikon gel misalnya untuk menangani sekaligus mencegah terbentuknya bekas luka yang parah.

Suntik kolagen

Selanjutnya, bekas luka di wajah juga bisa dikurangi atau dihilangkan dengan menyuntikkan kolagen atau pengisi (filler) lainnya. Cara ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan bekas luka yang menimbul, misalnya keloid dan jaringan parut hipertropik. Prosedur ini biasanya bersifat sementara sehingga diperlukan berulang kali untuk mempertahankan efeknya.

Suntik kortikosteroid

Selanjutnya, cara menghilangkan bekas luka di wajah akibat keloid atau hipertrofi juga dapat dilakukan dengan cara menyuntikan kortikosteroid. Suntuikan kecil yang diberikan pada bekas luka dapat membuat bekas luka menjadi rata serta dapat mengurangi terjadinya peradangan. Memang, metode ini tidak dapat menghilangkan bekas luka secara sempurna, namun cukup untuk memperbaiki penampilan secara signifikan.

Bedah plastik

Bedah plastik juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa anda pilih. Khusus untuk anda yang memiliki bekas luka yang timbul, biasanya bedah plastik akan dipadukan dengan suntik kortikosteroid. Sementara untuk jaringan parut hipertrofik, operasi ini bisa dilakukan tanpa digabung prosedur lainnya. Hanya saja, sadarilah bahwa operasi bedah memang efektif dalam menutup bekas luka yang lama, namun efeknya juga bisa menimbulkan bekas luka baru.

Memakai teknologi laser

Teknologi laser juga bisa menjadi metode terbaik untuk mengurangi bekas luka di wajah. Prosedur ini bisa menghilangkan atau mengurangi bekas luka di wajah secara signifikan. Hanya saja kemungkinan untuk dapat hilang total atau mengecilnya bekas luka tergantung kepada seberapa parah bekas luka tersebut.

Radioterapi

Berikutnya, anda juga bisa memilih metode radioterapi untuk menghilangkan atau mengurangi bekas luka keloid dan hipertrofi bekas operasi, radioterapi dalam dosis kecil mungkin bisa membantu. Hanya saja, penggunaan radioterapi ini hanya dikhususkan untuk kasus-kasus yang serius mengingat efek jangka panjangnya yang tidak baik bagi kesehatan.

Teknik skin needling

Metode skin needling mungkin agak sedikit ekstrim, dimana pengobatan dilakukan dengan menggunakan ratusan jarum kecil. Hanya saja hal ini harus dilakukan berulang kali agar hasilnya efektif dan hasilnya bervariasi tergantung kepada tiap individu.

Membalut luka

Metode pengobatan bekas luka di wajah yang satu ini mungkin memakan waktu yang relatif lebih lama, sekitar setengah sampai satu tahun. Metode ini dilakukan dengan membalut bekas luka dengan bahan elastis. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk meratakan dan melembutkan bekas luka. Biasanya, prosedur ini dilakukan pada bekas luka bakar yang besar atau setelah seseorang melakukan cangkok kulit.

Menyamarkan dengan kosmetik

Selanjutnya, anda juga bisa menghilangkan atau menyamarkan bekas luka di wajah dengan menggunakan kosmetik. Meski jenis kosmetik untuk menutupi bekas luka ini bisa diperoleh di apotek, namun disarankan untuk meminta saran dokter sebelum mengaplikasikannya.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Nah, selain cara medis di atas, atau dengan non alami, anda juga bisa melakukan berbagai metode menghilangkan bekas luka di wajah secara alami berikut ini:

1. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Lidah buaya

Siapa sih yang tidak kenal dengan manfaat lidah buaya? Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaaat untuk kecantikan alami. Selain untuk perawatan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi berkas luka. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung lignin dan asam amino yang dapat membuat kulit kita lebih lembut, mencegah peradangan, dan mempercepat regenerasi sel.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya:

  • Pertama silahkan ambil bagian gel lidah buaya secukupnya, pastikan yang masih segar.
  • Setiap selesai mandi oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bekas luka.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 jam sampai meresap, setelah itu bilas air dingin.

2. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Madu

Berikutnya, anda juga bisa menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka di wajah, atau minimal bekas luka menjadi tersamarkan. Madu selain bermanfaat untuk kesehatan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan. Perawatan dengan madu terbukti efektif untuk menghilangkan bekas luka, karena madu efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan madu:

  • Pertama silahkan ambil madu seperlunya,
  • Kemudian bersihkan area luka, lalu oleskan madu tadi secara merata.
  • Diamkan sampai benar-benar meresap dan kering.
  • Bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.

Note: agar hasilnya maksimal kamu bisa mengombinasikan antara madu dan lidah buaya.

3. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Minyak zaitun

Minyak yang berasal dari negeri Arab ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, baik itu untuk kesehatan juga untuk kecantikan, olive oil ini sudah digunakan sejak dahulu sebagai bahan alami untuk berbagai keperluan perawatan keantikan, seperti untuk rambut, wajah dan kulit secara umum.

Nah, ternyata minyak zaitun ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Untuk manfaat lainnya sudah kami ulas pada artikel Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun:

  • Pertama silahkan ambil olive oil secukupnya.
  • Balurkan minyak zaitun setiap hari setelah mandi agar hasil lebih maksimal.
  • Biarkan selama 1 – 2 jam agar minyak zaitun meresap.
  • Jika sudah benar-benar meresap bilas dengan air dingin sampai bersih.

Note: bila perlu, kombinasikan juga minyak zaitun dengan lidah buaya atau madu agar hasilnya lebih maksimal.

4. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Jeruk nipis

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berikutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk yang berukuran kecil dan masam luar biasa ini juga memiliki banyak sekali khasiat untuk perawatan wajah, nah salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas luka. DImana jeruk nipis terbukti efektif untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka dengan nipis:

  • Caranya yaitum silahkan belah 2 jeruk nipis
  • Tambahkan gula, kemudian gosokan belahan ke area bekas luka secara melingkar.
  • Lakukan terus sampai belahan buah tadi kering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

5. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Daun pare

Daun pare? Iya, daun dari sayuran yang terkenal pahit ini ternyata juga terbukti efektif untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Kira-kira, bagaimana caranya?

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun pare:

  • Pertama, silahkan ambil beberapa lembar daun pare kemudian cuci bersih.
  • Lalu haluskan dengan ditumbuk.
  • Setelah halus, peras dan ambil air perasan daun pare tersebut.
  • Campurkan air perasannya dengan tepung beras hingga membentuk pasta.
  • Oleskan secara merata ke bagian bekas luka selama kurang lebih 1-2 jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Note: sebaiknya bahan ini jangan digunakan untuk bekas luka di wajah, karena berisiko mengakibatkan iritasi.

6. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Daun mint

Selain dengan daun pare, daun mint juga terbukti efektif dapat menghilangkan bekas lua di wajah. Daun mint sendiri sudah banyak digunakan sebagai produk herbal seperti pasta gigi, obat kumur, dan juga minyak angin. Nah, anda bisa memanfaatkan daun mint ini untuk menghilangkan bekas luka di wajah secara alami.

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun mint:

  • Silahkan ambil daun mint secukupnya, cari yang masih segar ya.
  • Setelah itu, tumbnuh usahakan agar jangan terlalu halus.
  • Gosokan secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar ke bagian permukaan bekas luka.
  • Lakukan terus selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Note: sama dengan daun pare, sebaiknya hindari penggunaan daun mint untuk mengatasi bekas luka yang ada di wajah.

7. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Mentimun

Mentimun juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Selama ini mungkin mentimun hanya kita gunakan sebagai masker untuk menghaluskan wajah atau untuk mengangkat sel kulit mati. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan menggunakan mentimun.

Cara menghilangkan bekas luka dengan mentimun:

  • Pertama, silahkan ambil mentimun yang masih segar kemudian bersihkan
  • Selanjutnya, haluskan dengan menggunakan blender hingga membentuk masker, sertakan juga kulitnya.
  • Aplikasikan masker mentimun tersebut ke bekas luka di wajah anda sampai rata, biarkan mengering.
  • Terakhir, berishkan.

8. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Teh hijau

Kandungan antoksidan yang tinggi pada teh hijau sangat beranfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Bahkan, kandungan antioksidan di dalam teh hijau 200 kali lebih baik daripada vitamin E dalam hal mencegah peradangan, menghilangkan bekas luka, dan merawat kulit.

Wah, sangat luar biasa sekali bukan? Maka dari itu, teh hijau sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka yang ada di wajah secara alami. Apalagi kalau pemakaiannya dilakukan secara rutin. Anda bisa memanfaatkan teh hijau sebagai toner. Caranya celupkan kapas/handuk ke seduhan teh hijau, lalu usapkan ke bagian bekas luka secara merata. Lakukan rutin setelah selesai mandi.

Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan mengkudu

Memang, buah noni atau mengkudu memiliki aroma yang kurang sedap. Namun dibalik aromanya yang kurang sedap ini terdapat beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Buah mengkudu ini bermanfaat memudarkan bekas luka dengan cepat. Caranya pun sangat mudah sekali, yaitu haluskan mengkudu matang, kemudian oleskan ke bagian bekas luka secara merata.

9. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Minyak biji pangkal bunga mawar

Minyak yang berasal dari dari biji pangkal bunga mawarini bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka menahun. Anda bisa membeli minyak ini di supermarket terdekat atau apotik. Setelah itu oleskan minyak tersebut ke area bekas luka. Jangan lupa pijat atau urut lembut supaya meresap maksimal. Setelah 1-2 jam bilas dengan memakai air dingin.

10. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Kayu Cendana dan Air Mawar

Resep berikutnya untuk membuat ramuan penghilang noda bekas luka pada wajah terbuat dari bubuk kayu cendana dan air mawar. Anda tinggal mencampur kedua bahan hingga merata dan berbentuk pasta kemudian oleskan pada wajah yang bernoda pada malam hari menjelang tidur. Diamkan semalaman lalu bilas keesokan harinya.

11. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Lemon

Selanjutnya, anda juga bisa mengatasi bekas luka di wajah dengan menggunakan buah lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon bermanfaat untuk mempercepat proses regernerasi sel kulit mati.

Caranya yaitu, silahkan ambil 1 buah lemon kemudian belah 2. Tambahkan gula pada bagian dalam potongan lemon, dan bila sudah selesai bisa langsung Anda gosokkan secara pelan ke area kulit yang ada bekas luka. Lakukanlah perawatan ini sampai Anda menemukan potongan buah mengering, barulah dibilas dengan air hangat.

12. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Ekstrak Biji Anggur, Minyak Lavender dan Biji Rami

Caranya yaitu tumbuk biji anggur yang dicampurkan minyak lavender dan minyak biji rami, lalu oleskan langsung ke bagian bekas luka di kulit wajah Anda. Atau, Anda juga bisa secara langsung menerapkan minyak biji rami dan minyak lavender saja ke bagian bekas luka.

13. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Minyak Bawang Putih

Bawang putih selain bermanfaat untuk bumbu masak ternyata juga bisa kita gunakan untuk mengatasi bekas luka di wajah. aplikasikan beberapa tetes minyak bawang putih ke bagian kulit yang ada bekas lukanya. Setelah 15 menit barulah Anda bilas sampai bersih. Cara ini boleh dicoba untuk kulit wajah karena mengandung sifat antibiotik di dalamnya.

14. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Bubuk Cendana

Bubuk cendana juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Carnaya yaituambil bubuk cendana sebanyak 1 sendok teh untuk dicampurkan bersama dengan air mawar atau susu juga boleh. Anda perlu membentuk adonan pasta dari kedua bahan tersebut, lalu pasta inilah yang Anda oles ke wajah, yaitu kulit yang terkena bekas luka. Bilaslah wajah menggunakan air biasa sesudah Anda meninggalkannya selama 1 jam.

15. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Cocoa Butter

Cocoa butter juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Cocoa butter mengandung vitamin E yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk proses perbaikan sel kulit. Caranya yaitu dengan mengoleskan langsung ke bagian bekas luka sambil dipijat-pijat setiap hari, tinggalkan semalaman lalu esok paginya Anda basuh dengan air hangat.

16. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Minyak Vitamin E

Cara menghilangkan bekas luka di wajah yang terakhir dari kami adalah dengan minyak vitamin E. Caranya cukup dengan mengoleskannya di wajah, kemudian tunggu 15-20 menit, setelah itu bwasuh wajah dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah yang kami rekomendasikan semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi.

Baca juga 9 Manfaat Kopi untuk Wajah

Leave a Reply