13 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki – Bekas luka pada salah salah satu bagian tubuh kita membuat kita kurang nyaman dan percaya diri. Terutama jika bekas luka itu berada dibagian wajah, kaki, dan tangan, tentu itu akan sangat menggangu penampilan.

Apalagi jika bekas luka yang kita alami terlihat menghitam dan timbul. Jika anda suka memakai rok atau celana pendek tentunya bekas luka di kaki akan sangat mengganggu penampilan anda. Tak heran jika kebanyakan orang akan berusaha untuk menghilangkan bekas luka di kaki dengan berbagai perawatan.

Hal  utama yang sering dilakukan yaitu memberi salep penghilang bekas luka di kaki. Bahkan ada yang melakukan bedah plastik untuk menghilangkan bekas luka dengan biaya yang tidak sedikit dan ada juga yang menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bekas luka di kaki.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Ilustrasi: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Jenis-Jenis Bekas Luka

Ada beberapa macam bekas luka yang sering kita alami seperti:

  1. Bekas luka hipertrofik

Infeksi dan kurangnya imobilisasi pada luka dapat mengakibatkan terjadinya hipertrofik yang membuat kulit menebal dan tampak timbul pada area bekas luka.

  1. Koloid

Sama seperti hipertropik bekas luka yang cenderung timbul, koloid juga bekas luka yang timbul. Tak hanya timbul koloid akan tumbuh setelah luka sembuh karna berlebihnya produksi jaringan penghubung.

  1. Bekas luka atrofik

Bekas luka atrofik biasanya terjadi akibat kurangnya produksi jaringan penghubung sehingga membuat bekas luka mengempis atau cekung. Bekas jerawat dan cacar air biasanya akan cenderung menjadi bekas luka atrofik.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka, bisa dengan cara alami atau dengan dengan cara medis. Dengan cara yang berbeda dengan kelebihan masing-masing tapi memiliki tujuan yang sama yaitu menjadikan kulit kita lebih cantik dan halus dengan menghilangkan bekas luka yang mengganggu.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami

Menghilangkan bekas luka dengan cara alami biasanya tidak memiliki efek samping yang berlebihan dibanding meggunaka produk yang sudah tercampur bahan kimia yang belum tentu aman bagi kulit kita.

Salah memakai produk yang sudah tercampur bahan kimia berbahaya bukannya mengobati justu akan memperparah bekas luka.  Menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita selain murah tentunya mudah didapat. Beberapa bahan ini baik untuk membantu menghilangkan bekas luka di kaki.

1. Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Madu

Simanis yang satu ini memang dipercaya emiliki segudang manfaat, salah satunya menghilangkan bekas luka, membantu merangsan  regenerasi sel dan menghilangkan nyeri. Panaskan madu kemudian oleskan pada kulit yang mengalami bekas luka, tunggu kira-kira setengah jam lakukan minimal 3 kali dalam 1 minggu agar hasil dapat optimal.

Jangan lewatkan juga Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu

2. Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Daun pare

Tanaman yang memiliki rasa pahut yang satu ini, ternyata daunnya juga sangat efektif membantu menghilangkan bekas luka. Caranya giling daun pare kemudian peras airnya campurkan dengan sedikit tepung beras, kemudian oleskan pada bekas luka tunggu sekitas 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

3. Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Putih telur

Putih telur sangat baik untuk meregenerasi kulit pada bekas luka putih telur memiliki kandungan protein tinggi. Terutama telur yang berasal dari ayam kampung. Tambahkan sedikit madu pada putih telur kemudian oleskan pada bekas luka di kaki, tunggu hingga kering kemudian bilas hingga bersih.

4. Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan tanaman yang baik untuk membantu menghilangkan bekas luka di kaki. Caranya juga cukup mudah, kupas lidah buaya kemudian cuci hingga bersih, dan tempelkan gel ini  pada kaki yang mengalami bekas luka.

5. Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Minyak zaitun

Selain untuk kesehatan ternyata minyak zaitun juga sangat daik untuk menjaga keindahan kulit. Minyak zaitun juga dapat membantu menghilangkan bekas luka di kaki, melembabkan, dan menngencangkan kulit. Oleskan minyak zaitun pada kulit yang mengalami bekas luka.

6. Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Lemon

Lemon tinggi akan vitamin c yang angat baik untuk membantu mencerahkan kulit anda. Dengan mengoleskan lemon kebekas luka yang menghitam akan membantu mencerahkan kulit yang berangsur-angsur memudarkan bekas luka.

7. Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Teh hijau

Teh hijau tinggi akan anti oksidan yang lebih baik bari Vitamin E dalam merawat kulit. Dapat juga membantu mengurang hormon pembentuk jerawat, mengontrol minyak berlebih, dan menghilangkan bekas luka. Teh hijau juga dapat dijadikan sebagai toner atau biasa disebut pencerah. Seduh teh hijau menggunakan air hangat, gunakan kapas untuk mengoleskan seduhan teh hijau ke bagian tubuh yang mengalami bekas luka.

8. Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Minyak biji pangkal mawar

Mawar merupakan tanaman berduri yang memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas luka. Biji pangkal bunga mawar juga dapat dijadikan minyak yang juga sangat baik dalam membantu menghilangkan bekas luka. Beri pijatan-pijatan kecil pada bekas luka di kaki menggunakan minyak biji pangkal bunga mawar kurang lebih 15 menit secara minimal 1 kali dalam sehari.

Bahan-bahan tradisional yang  sederhana ternyata memiliki segudang manfaat, terutama untuk menghilangkan bekas luka di kaki. Tidak membutuhkan cara khusus untuk mengobati bekas luka, dapat dilakukan di rumah di waktu senggang. Itulah beberapa bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas luka di kaki. Selain cara alami dapat juga menggunakan cata modren atau medis untuk menghilangkan bekas luka. Antara lain:

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki Dengan Cara Medis

Menghilangkan bekas luka di kaki juga dapat dilakukan dengan cara medis. Biasanya cara ini dilakukan untuk menghilangkan bekas lukan yang cukup serius atau tergolong parah. Tidak seperti menggunakan bahan alami yang cenderung memakan waktu yang cukup lama untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 Biasanya cara medis sudah menunjukkan sedikit hasil dalam sekali perawatan. Tapi tak cukup juga hanya sekali perawatn ada beberapa kali perawatan tapi tak selama perawat secara alami. Beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan cara medis:

Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Suntik Kolagen

Sebenarnya tubuh kita dapat menghasilkan kolagen sendiri tapi semakin bertambah usia produksi kolagen semakin berkurang. Mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu seperti ceker ayam juga bisa membantu produksi kolagen. Kolagen berfungsi mengencangkan kulit dan awet muda.

Ada cara instan yang dapat dilakukan untuk memproduksi kolagen yitu suntik kolagen yang juga dapat membantu memudarkan bekas luka yang timbul seperti koloid dan hipertropik. Butuh penyuntikan berulang-ulang untuk menghasilkan hasil yang optimal karna prosedur ini bersifat sementara.

Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Bedah Plastik

Bedah plastik juga dapat membantu menghilangkan bekas luka yang cukup serius. Bedah plastik juga cocok untuk bekas luka seperti koloid dan hipertropik. Cara memang sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka dikaki. Tapi juga dapat menimbulkan bekas luka baru akibat proses pembedahan.

Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Teknik skin needling

Tehnik ini sedikit menyeramkan, menggunakan ratusan jarum kecil tapi memiliki khasiat yang baik untuk menghilangkan bekas luka. Untuk hasil yang maksimal diperlukan pengulanga secara bertahap.

Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan krim

Menggunakan krim yang memiliki kandungan vitamin E, steroid, dan silikon juga dapat membantu menghilangkan bekas luka di kaki. Sebelum memilih krim ada baiknya konsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu agar krim yang kita pakai aman, dan tidak mengandung bahan berbahaya, yang justu dapat memperparah bekas luka yang kita alami.

Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan teknologi laser

Menghilangkn bekas luka menggunakan laser juga dapat dilakukan.  Untuk hasil yang maksimal butuh beberapa kali proses pelaseran. Tergantung seberapa serius bekas luka yang anda alami.

Itilah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki yang bisa anda lakukan baik secara alami maupun medis. Semoga bermanfaaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya. Supaya lebih bermanfaat lagi. Baca juga 18 Cara menghilangkan stretch mark

Leave a Reply