25 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Ada berbagai masalah yang kerap muncul pada wajah yang kurang mendapatkan perawatan. Perawatan sebenarnya bukan hanya melulu perawatan mahal di rumah kecantikan atau klinik kesehatan.

Perawatan di rumah juga bisa anda lakukan sebagai pencegahan berbagai masalah yang kerap muncul seperti wajah kusam, wajah berminyak, wajah berjerawat dan yang tak kalah merepotkannya adalah bekas jerawat.

Bekas jerawat bisa berbentuk bintik-bintik hitam yang sulit dihilangkan. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak faktor tapi yang jelas disebabkan kulit tidak mampu meregenerasi sel kulit yang rusak sehingga sel kulit yang rusak melapisi kulit terluar dan berwarna hitam.

Kebiasaan tangan yang sulit dikendalikan ketika muncul jerawat seperti memencet jerawat sebelum jerawat benar-benar matang juga bisa menyebabkan jerawat meninggalkan bekas berupa bintik hitam.

Cara menghilangkan bekas jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat sebenarnya bisa anda lakukan sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Cara membuat dan menggunakannya juga terbilang mudah.

Jangan lewatkan: 24 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Tidak seperti perawatan modern yang membutuhkan banyak biaya tambahan, belum lagi efek samping yang dihasilkan justru bisa merusak kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat

Bahan-bahan alami di bawah ini bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah. berbagai kandungan pada bahan alami tersebut akan membantu menyemarkan noda hitam bekas jerawat yang cukup membandel. Berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat seperti berikut ini:

1. Kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama adalah dengan melakukan perawatan menggunakan kentang. Kandungan pada kentang yang bersifat anti pigmentasi dan beberapa kandungan penting lainnya akan membantu menyamarkan noda gelap bekas jerawat.

Cara membuat

  • Ambil 1 buah kentang kemudian cuci bersih tanpa membuak kulitnya
  • Setelah itu parut ketang tersebut hingga lembut
  • Kemudian balurkan kentang pada wajah hingga rata
  • Biarkan selama 30 menit kemudian bilas
  • Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali agar hasil yang didapat bisa maksimal

2. Daun pepaya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang kedua adalah dengan daun pepaya. Daun pepaya tua memiliki kandungan yang mampu dijadikan bahan alami sebagai penghilang noda hitam bekas jerawat. dengan melakukan perawatan rutin menggunakan daun pepaya tua maka wajah anda akan bersih tanpa noda.

Cara membuat

  • Ambil 1 lembar daun pepaya tua
  • Kemudian jemur hingga layu kekeringan
  • Setelah itu tumbuk daun tersebut hingga halus
  • Beri sedikit air kemudian peras
  • Lalu oleskan air perasan daun tersebut pada area wajah yang memmiliki bekas jerawat
  • Biarkan selama 30 menit
  • Terakhir basuh wajah menggunakan air hangat

3. Lidah buaya

Siapa yang tidak mengenal khasiat lidah buaya? Berbagai kandungan pada lidah buaya seperti kandungan vitamin E-nya mampu mencerahkan kulit wajah yang menghitam akibat jerawat yang membekas.

Cara membuat

  • Ambil 1 lembar daun lidah buaya
  • Kemudian kupas dan ambil bagian gelnya saja lalu basuh
  • Lalu haluskan gel tersebut
  • Ratakan pada wajah sambil dipijat perlahan
  • Biarkan hingga lidah buaya mengering selama beberapa saat
  • Setelah itu basuh wajah hingga bersih
  • Ulangi perawatan tersebut 2 kali seminggu

4. Tomat

Kandungan air dan vitamin C pada tomat dapat membantu mencerahkan kulit wajah. tomat juga mengandung lycopene yang merupakan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk melindungi kulit wajah dari serangan bakteri penyebab jerawat.

Cara membuat

  • Haluskan 1 buah tomat segar
  • Kemudian oleskan pada wajah yang menghitam akibat bekas jerawat
  • Biarkan hingga mengering dengan sendirinya
  • Lau basuh wajah menggunakan air bersih
  • Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali agar mendapatkan hasil yang optimal

5. Kuning telur

Aduk 1 butir telur kuning ayam kampung sambil diberi sedikit kocokkan, lalu ratakan kuning telur tersebut pada wajah. biarkan hingga telur mengering. Setelah kering cuci wajah hingga bersih. cara ini bisa anda lakukan secara teratur agar bekas jerawat cepat menghilang. Selain mendapatkan kulit wajah yang bersih tanpa noda anda juga dapat mencegah munculnya jerawat baru.

6. Minyak zaitun

Minyak alami yang satu ini memang memiliki seribu manfaat bagi kecantikan. Salah satunya dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat. selain itu memakai minyak zaitun ini anda akan mendapat keuntungan lain seperti wajah terlihat segar, lembab, bersih serta kencang.

Anda bisa mendapatkan minyak zaitun di toko kosmetik terdekat. Tuangkan sedikit minyak zaitun pada tangan lalu oleskan minyak tersebut pada wajah sambil diberi pijatan halus. Biarkan selama 30 menit baru setelah itu basuh wajah hingga bersih.

Simak juga ulasan terkait: 19 Cara Membuat Masker Minyak Zaitun dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

7. Bawang putih

Bawang putih juga salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. selain itu bawang putih juga ampuh mencegah tumbuhnya jerawat. tapi menggunakan bawang putih akan memberikan efek rasa sedikit panas dan perih namun hasilnya tidak akan mengecewakan.

Cara membuat

  • Ambil 1 siung bawang putih
  • Kemudian haluskan bawang putih
  • Lalu oleskan pada wajah yang memiliki bekas jerawat
  • Biarkan selama 30 menit
  • Setelah 30 menit berlalu basuh wajah hingga bersih

8. Yogurt

Yogurt merupakan bahan yang terbuat dari susu yang difermentasi sehingga memiliki banyak  kandungan bahkan lebih baik dari ada susu itu sendiri. Anda bisa menghilangkan bekas jerawat dengan melakukan perawatan menggunakan yogurt.

Ambil sedikit yogurt lalu oleskan pada wajah hingga rata dan biarkan mengering dengan sendirinya.setelah kering sebaiknya basuh wajah menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin agar bekas jerawat cepat menghilang.

Simak juga: 15 Cara Membuat Masker Yogurt untuk Perawatan Wajah Cantik Secara Alami

9. Pepaya

Buah pepaya mengandung papain yang baik bagi kulit salah satunya dapat menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Melakukan perawatan menggunakan pepaya secara teratur akan membantu anda mendapatkan kulit wajah yang  cantik berseri, lembab, halus serta cerah.

Haluskan buah pepaya matang secukupnya kemudian basuh wajah terlebih dahulu baru setelah itu oleskan pepaya pada wajah hingga rata. Biarkan sampai pepaya mengering. Langkah selanjutnya basuh wajah menggunakan iar dingin hingga bersih.

Simak juga: 11 Cara Membuat Masker Pepaya untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Wajah Anda

10. Pasta gigi

Jika anda tidak menemukan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat, pasta gigi yang biasa anda gunakan untuk membersihkan gigi ini juga bisa anda gunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Bamun hindari menggunakan pasta gigi yang berbentuk gel. Perhatikan juga bahan yang digunakan sebaiknya anda menggunakan pasta gigi herbal agar tidak berbahaya bagi kulit wajah anda. oleskan pasta gigi pada wajah dan biarkan selama 30 menit lalu basuh.

11. Mentimun

Letakkan irisan mentimun pada wajah yang memiliki banyak bekas jerawat berupa noda hitam, biarkan selama 30 menit lalu cuci wajah hingga bersih. lakukan perawatan ini seminggu 2 kali agar bekas jerawat cepat menghilang.

Selain itu kandungan penyegar alami pada mentimun akan membantu menyegarkan kulit wajah anda. cara ini juga baik dilakukan untuk menghilangkan jerawat serta mengurangi peradangan akibat jerawat batu yang tengah meradang.

Artikel terkait: 11 Manfaat Masker Mentimun untuk Perawatan Kecantikan Kulit Wajah

12. Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat peting. Berbagai kandungan pada madu dapat membantu merawat kesehatan kulit wajah. selain itu madu juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari, virus dan bakteri.

Oleh sebab itu madu telah digunakan sejak dulu untuk merawat kesehatan tubuh dan kulit salah satunya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. oleskan madu pada wajah secara merata kemudian biarkan selama 30 menit lalu basuh.

13. Putih telur

Putih tekur selain dapat dijadikan masker untuk mengencangkan kulit wajah juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Cara membuat dan menggunakannya juga sangat mudah

Cara membuat

  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung
  • Ke,udian ambil bagian putihnya saja
  • Kocok putih telur hingga mengembang sempurna
  • Kemudian bairkan selama 30 menit atau sampai masker mengering
  • Setelah kering basuh wajah menggunakan air dingin

Simak juga: 12 Cara Membuat Masker Telur untuk Perawatan Wajah Cantik Alami

14. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi yang dapat menghilangkan bekas jerawat dengan mudah. dengan begitu kulit anda akan terlihat lebih putih, bersih, lembut dan masih banyak keuntungan lainnya.

Cara membuat

  • Peras 1 buah jeruk nipis
  • Lalu tambahkan sedikit madu
  • Kemudian oleskan jeruk nipis pada wajah yang dan biarkan selama beberapa saat
  • Kemudian basuh wajah menggunakan air hangat

Artikel menarik lainnya: 10 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Mengatasi Masalah Wajah Secara Alami

15. Teh

Teh mengandung kafein yang baik jika diguanakan untuk merawat kulit wajah dari luar. namun berbeda halnya jika anda mengkonsumsi teh secara berlebihan kandungan kafeinnya justru akan merusak keindahan kulit.

Sebaiknya anda melakukan perawatan dari luar menggunakan ampas teh untuk membatu menghilangkan bekas jerawat. selain itu kandungan antioksidan pada teh tersebut akan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Pertama ambil ampas teh secukupnya kemudian oleskan ampas teh tersebut pada wajah yang menghitam akibat bekas jerawat yang membandel. Setelah 30 menit basuh wajah menggunakan air hangat.

16. Jagung yang masih muda

Cara menghilangkan bekas jerawat sebenarnya hampir sama dengan cara menghilangkan jerawat. bahan yang digunakan juga tidak jauh berbeda salah satunya menggunakan jagung yang masih muda.

Cara membuat

  • Ambil 1 buah jagung ayng masih muda yang biasa digunakan untuk membuat sayur asem
  • Setelah itu haluskan dengan cara diparut
  • Lalu oleskan parutan jagung tersebut pada wajah
  • Biarkan selama 30 menit
  • Setelah 30 menit berlalu basuh wajah menggunakan air dingin
  • Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu agar hasil yang didapat bisa maksimal

17. Jus lemon

Jus lemon juga salah satu buah yang kaya vitamin C yang baik digunakan untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat. selain itu anda juga akan mendapat banyak keuntungan lain dengan melakukan perawatan secara rutin menggunakan jus lemon tersebut.

Cara membuat

  • Siapkan jus lemon secukupnya di dalam wadah yang bersih
  • Setelah itu oleskan jus lemon tersebut menggunakan sedikit kapas
  • Setelah jus lemon rata biarkan selama semalaman
  • Keesokan harinya baru cuci wajah hingga bersih
  • Dalam beberapa kali perawatan anda akan melihat hasil yang cukup signifikan

18. Kunyit

Kunyit bahkan telah digunakan di beberapa negara maju seperti india sebagai bahan alami yang digunakan untuk merawat kecantikan kulit salah satunya digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. selain itu kunyit juga bersifat anti inflamasi dan anti pigmentasi sehingga akan membuat kulit terlihat lebih cerah tanpa noda.

Cara membuat

  • Siapkan 100 garm kunyit segar
  • Kupas lalu haluskan dengan cara digiling atau diparut
  • Setelah halus balurkan kunyit pada wajah secara merata
  • Lalu diamkan selama 30 menit
  • Langkah terakhir basuh wajah hingga bersih

19. Bengkoang

Bengkoang merupakan salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. itulah sebabnya bengkuang sangat dianjurkan untuk membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Dengan begitu anda akan mendapatkan kulit wajah yang bebas noda, putih berseri serta cerah. Anda hanya perlu menghaluskan buah bengkuang secukupnya, kemudian ratakan pada seluruh permukaan wajah dan biarkan selama 30 menit lalu basuh hingga bersih.

Artikel terkait lainnya: 10 Cara Membuat Masker Bengkoang dan Manfaatnya untuk Kulit dan Wajah Alami

20. Kulit pisang

Saat anda makan buah pisang sebaiknya janga lagi membuang bagian kulitnya karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan yang sangat baik bagi kulit. Salah satu manfaat pentingnya adalah dapat mengencangkan dan menghilangkan noda hitram bekas jerawat.

Cara membuat

  • Ambil kulit pisang secukupnya
  • Kemudian gosok perlahan kulit pisang pada wajah
  • Biarkan selama 30 menit agar kulit pisang bekerja memperbaiki sel kulit yang rusak
  • Aetelah 30 menit berlalu basuh wajah menggunakan air dingin
  • Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali agar anda mendapatkan hasil yang maksimal

21. Minyak nanas

Anda bisa mendapatkan minyak nanas dari toko kosmetik atau apotik. Minyak nanas ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit salah satunya dapat dijadikan masker untuk membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Ambil sedikit minyak pisang kemudian pijat wajah menggunakan minyak tersebut selama 5 menit, lalu biarkan selama 15 menit. terakhir cuci wajah hingga bersih dan pastikan tidak ada minyak yang tersisa karemna sisa minyak justru akan mengundang jerawat tumbuh di wajah anda.

22. Minyak lobak

Minyak lobak juga cukup ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Anda bisa membuat sendiri minyak lobak dengan cara seperti berikut ini, pertama parut lobak secukupnya kemudian tambahkan sedikit cuka sari apel lalu aduk hingga rata.

Setelah itu oleskan pada wajah yang memiliki bekas jerawat yang membandel dan biarkan selama 30 menit. setelah 30 menit berlalu basuh wajah menggunakan air hangat.

23. Minyak cengkeh

Oleskan minyak cengkeh menggunakan kapas atau cutton but pada wajah yang memiliki bekas jerawat membandel. Setelah rata biarkan selama 40 menit. setelah itu cuci wajah hingga bersih. dengan melakukan perawatan menggunakan minyak cengkeh ini secara teratur maka masalah jerawat dan bekasnya bisa diatasi dengan mudah.

Menarik untuk disimak juga: 40 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dalam 1 Hari

24. Es batu

Es batu dapat membatu mengecilkan pori-pori sehingga kulit akan lebih sehat dan memperlancar proses regenerasi sel kulit yang rusak sehingga masalah bekas jerawat dapat dihilangkan dengan muda.

Oleskan potongan kecil es batu pada wajah yang berjerawat selama 5 menit lalu biarkan sebentar setelah itu baru keringkan wajah menggunakan handuk.

25. Alpukat

Melakukan perawatan secara rutin menggunakan alpukat bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat. cara ini cukup efektif membuat kulit terlihat lebih lembab, lembut serta bebas noda hitam bekas jerawat.

Cara membuat

  • Ambil sedikit buah alpukat matang
  • Kemudian haluskan buah tersebut hingga benar-benar lunak
  • Setelah itu oleskan alpukat tersebut pada wajah hingga rata
  • Setelah kering basuh wajah menggunakan air hangat

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa membantu anda mengatasi masalah bekas jerawat yang tengah anda hadapi. Selamat mencoba, semoga berhasil. Karena ini cara alami, maka membutuhkan usaha lebih agar bisa berhasil, dan tentu saja kelebihannya tanpa efek samping. Simak juga 29 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Leave a Reply