24 Cara Mengatasi Bekas Jerawat Yang Hitam Secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Hitam – Setelah berhasil dihilangkan, jerawat biasanya akan meninggalkan bekas berupa noda hitam. Terkadang noda hitam ini bisa lebih sulit dihilangkan ketimbang jerawat itu sendiri.

Selain sulit untuk dihilangkan, noda hitam bekas jerawat juga cenderung menyebabkan penampilan wajah menjadi tidak optimal. Banyak orang yang jadi kurang percaya diri hanya karena tumpukan noda hitam bekas jerawat di wajahnya.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, saat ini banyak orang yang mengandalkan berbagai macam produk kosmetik. Padahal, selain membutuhkan biaya yang relatif besar, penggunaan produk kosmetik untuk menghilangkan bekas jerawat juga berpotensi menimbulkan efek samping, terutama jika pemilihan kosmetiknya tidak tepat.

Jika Anda ingin jalan yang lebih aman dan sehat, Anda kami sarankan untuk menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam memakai bahan – bahan alami.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Hitam

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Hitam

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Hitam Secara Alami

Beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah adalah sebagai berikut:

1. Buah Tomat

Buah tomat memiliki kandungan air dan vitamin yang sangat tinggi. Berkat kandungan air dan vitamin yang terdapat di dalam nya, buah tomat diyakini dapat membantu menutrisi dan mengatasi berbagai macam permasalahan di kulit wajah, termasuk salah satu nya adalah permasalahan noda hitam bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam menggunakan buah tomat tergolong cukup mudah, yaitu:

  • Iris buah tomat setengah matang menjadi dua bagian
  • Bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat
  • Olesi seluruh bagian wajah Anda menggunakan potongan buah tomat
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas kembali wajah Anda menggunakan air bersih biasa
  • Lakukan secara rutin setiap hari hingga noda hitam bekas jerawat di wajah Anda memudar

2. Madu

Selain bagus untuk kesehatan tubuh, madu ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alternatif untuk merawat kulit wajah.

Konon, jauh sebelum produk kosmetik banyak bertebaran seperti sekarang ini, madu sudah digunakan sebagai bahan perawatan kulit sejak jaman kerajaan Mesir kuno.

Nah, jika mau, Anda bisa memanfaatkan madu untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam menggunakan madu tergolong cukup simpel. Anda hanya perlu mengolesi seluruh bagian wajah Anda dengan menggunakan madu murni secara rutin setiap hari hingga bekas jerawat di wajah Anda hilang.

3. Bubuk Teh

Teh hijau memiliki kandungan activated carbon yang berguna untuk menarik dan menghancurkan kotoran dan noda hitam yang ada pada wajah.

Jika Anda mau, Anda dapat memanfaatkan bubuk teh hijau bekas untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah Anda.

Cara nya: cukup olesi seluruh bagian wajah Anda menggunakan kantung teh hijau bekas secara rutin setiap hari.

4. Mentimun

Selain dapat menghilangkan garis hitam di bawah mata, buah mentimun ternyata juga bisa digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam.

Buah yang memiliki warna daging putih kehijauan ini diklaim memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, buah ini juga sangat kaya akan air dan magnesium yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan buah mentimun, ada dua cara yang bisa Anda tempuh, yaitu:

  • Dengan menempelkan irisan buah mentimun ke kulit wajah secara langsung
  • Dengan menggunakan masker buah mentimun (dibuat dengan cara menghaluskan buah mentimun)

5. Yoghurt dan Susu

Susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kulit. Tidak hanya itu, susu dan produk turunan nya, juga memiliki pigmen warna putih yang dapat membantu menghilangkan noda dan flek hitam membandel.

Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat menggunakan susu dan yoghurt, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Campurkan dua sendok makan susu / yoghurt dengan dua sendok makan madu murni hingga merata
  • Bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat
  • Keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih
  • Aplikasikan campuran susu / yoghurt dan madu murni yang telah disiapkan sebelumnya ke seluruh bagian wajah Anda
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas kembali wajah Anda menggunakan air bersih
  • Lakukan secara rutin setiap 2 hari sekali hingga noda hitam bekas jerawat di wajah Anda hilang dengan sempurna

6. Jeruk Nipis dan Garam

Selain dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah, jeruk nipis dan garam ternyata juga bisa digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam di wajah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, jeruk nipis memiliki sifat asam dan mengikis. Di lain sisi, garam memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur.

Nah, gabungan ke dua bahan tersebut dapat membantu mengangkat tumpukan kotoran dan noda hitam membandel di kulit wajah.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini:

  • Campurkan tiga sendok makan air jeruk nipis dan satu sendok teh garam
  • Aduk hingga ke dua bahan tercampur dengan merata
  • Bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih
  • Aplikasikan campuran jeruk nipis dan garam yang telah disiapkan sebelumnya ke seluruh bagian wajah Anda
  • Berikan sedikit urutan lembut agar ke dua bahan dapat meresap dengan sempurna ke bagian dalam kulit wajah
  • Diamkan selama 15 – 30 menit, lalu bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara rutin hingga noda hitam bekas jerawat di wajah Anda hilang dengan sempurna

7. Jagung Muda

Jagung muda sangat kaya akan kandungan vitamin. Tidak hanya itu, buah jagung muda juga memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat di kulit wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam menggunakan jagung muda tergolong cukup simpel. Dalam hal ini Anda hanya perlu mengolesi seluruh bagian wajah Anda dengan menggunakan jagung muda yang telah dihaluskan secara rutin setiap beberapa hari sekali.

8. Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein dan asam amino yang sangat tinggi. Ke dua kandungan nutrisi yang terdapat dalam putih telur ini diyakini dapat membantu mengencangkan pori – pori di kulit wajah.

Tidak hanya itu, ke dua kandungan nutrisi bermanfaat tersebut juga diyakini dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit dan menghilangkan noda / flek hitam yang ada pada wajah.

Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat menggunakan putih telur, Anda hanya perlu mengolesi bagian wajah Anda dengan menggunakan putih telur secara rutin setiap hari.

9. Kentang

Selain bisa digunakan sebagai bahan makanan pokok pengganti, buah kentang ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam.

Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat menggunakan kentang, ada dua alternatif cara yang bisa Anda coba, yaitu:

  • Dengan mengoleskan irisan buah kentang secara langsung ke permukaan wajah
  • Dengan menjadikan daging buah kentang yang sudah dihaluskan sebagai masker wajah

10. Menggunakan Baking soda

Siapa sangka ternyata bahan untuk membuat kue ini juga memiliki khasiat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat lo. Baking soda ini bekerja sebagai eksfoliator yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, membantu regenerasi kulit, dan menghilangkan noda hitam dengan cepat.

Namun tidak semua orang cocok menggunakan baking soda. Jika muncul tanda iritasi seperti gatal dan kemerahan, segera hentikan pemakaian.

Jadi jangan heran kalau dengan menggunakan baking soda ini bisa membuat kulit anda bebas noda hitam bekas jerawat.

Bagaimana cara menggunakannya? Pertama sediakan 1 sendok baking soda, campurkan dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Setelah itu, dengan gerakan melingkar, usapkan pasta baking soda sebagai scrub di area bekas jerawat. Lakukan proses ini selama 1 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.

11. Es batu

Es batu yang selama ini dijadikan sebagai tambahan pada minuman ini ternyata juga bermanfaat untuk menenangkan dan menyegarkan kulit, mengurangi peradangan akibat jerawat dan mencegah munculnya kemerahan pada bekas jerawat. Anda bisa memodifikasi es batu dengan mengganti air dengan teh hijau atau campuran jus lemon.

12.  Kayu cendana

Ini bukan keluarga cendana ya, tapi bubuk kayu cendana. Bubuk kayu cendana ini memiliki sifat alami yang bermanfaat untuk melembutkan kulit, mencerahkan, dan menghilangkan noda hitam. Kayu cendana juga bisa menyembuhkan jerawat yang masih bertumbuh.

  • Cara menggunakannya yaitu, pertama silahkan campur bubuk cendana dengan beberapa tetes air hingga membentuk pasta masker.
  • Anda bisa mengganti air biasa dengan air mawar, susu murni, madu, atau minyak zaitun.
  • Oleskan pada bekas jerawat yang hitam, lalu diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.
  • Lakukan perawatan ini maksimal seminggu dua kali hingga bekas jerawat benar-benar hilang.

Melakukan Tindakan Medis

Selain dengan cara alami, anda juga bisa melakukan beberapa perawatan medis guna untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat yang membandel. Berikut ini beberapa perawatan dengan menggunakan teknologi kecantikan yang bisa anda coba:

1. Metode Dermabrasi

Metode yang pertama yaitu demabrasi yang merupakan tindakan medis untuk mengangkat jaringan kulit terluar tempat bekas jerawat yang hitam bersarang.

Metode ini tergolong sebagai operasi kecil yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Jika bekas jerawat tidak terlalu parah, cukup dengan satu kali tindakan saja bekas jerawat yang hitam akan menghilang.

Untuk melakukan tindakan operasi kecil ini, biasanya pasien akan dibius lokal, karena memang cara menghilangkan bekas jerawatnya yaitu dengan mengikis kulit terluar dengan sikat yang bernama dermabrator. Setelah tindakan ini, wajah biasanya akan sedikit bengkak dan memerah selama kurang lebih 1 minggu. Namun setelah itu bopeng, kulit parut, dan lubang bekas jerawat di wajah dijamin menghilang.

2. Metode Mikro Dermabrasi

Selain dermabrasi ada juga yang namanya mikro desmabrasi yang hampir sama, namun lebih ringan dan membutuhkan waktu yang lebih singkat. Tanpa menggunakan alas, wajah Anda hanya disemprot oleh zat mikro kristal kemudian divakum.

Untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel dibutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dibutuhkan perawatan beberapa kali.

3. Metode Chemical Peeling

Cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam berikutnya adalah dengan metode chemical peeling. Metode ini dilakukan dengan menggunakan bahan kimia yang bekerja langsung pada bekas jerawat.

Namun metode ini tidak dianjurkan untuk anda yang memiliki kulit sensitif, karena dapat mengakibatkan kulit sangat memerah.

Untuk mendapatkan hasil optimal anda harus melakukan chemical peeling secara rutin.

4. Metode Mineral Peeling

Cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam berikutnya adalah dengan metoda mineral peeling. Mineral peeling yaitu perawatan dengan menggunakan mineral seperti air, chamomilla recatita, sodium hyaluronate, aloe barbadensis, dan leaf extract.

5. Metode Laser Wajah

Nah kalau anda cukup berduit, maka laser wajah mungkin bisa anda cobain. Laser wajah ini salah satu metode paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dengan aman dan tanpa efek samping. Selain aman dan tanpa efek samping, laser wajah juga tidak sakit.

Salah satu metode laser wajah yang terkenal adalah Blue Light Rays yang dinilai paling aman. Dengan melaser wajah maka akan membunuh bakteri dalam jerawat secara menyeluruh dan merangsang pertumbuhan kolagen di kulit Anda. Selain itu, jika Anda punya masalah dengan kulit berminyak, laser bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah Anda.

Menggunakan Suplemen Kulit

Selain perawatan dari luar, anda juga bisa memudarkan bekas jerawat dengan melakukan perawatan dari dalam. Berikut ini beberapa suplemen kulit yang baik untuk dikonsumsi guna untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat:

1. Mengkonsumsi Tablet Spirulina

Suplemen kulit yang pertama adalah tablet spirulina yang merupakan suplemen untuk kulit yang kaya nutrisi. Selain bisa menghilangkan bekas jerawat yang hitam, spirulina bisa merawat kecantikan kulit dan menjaga kesehatan kulit serta tubuh Anda.

2. Mengkonsumsi Nourish Skin

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nourish skin. Suplemen yang satu ini bermanfaat untuk merawat kesehatan dan keremajaan kulit.

Nourish skin ini kaya akan vitamin E, lycopene, dan rosemary. Ketiga bahan ini akan menghilangkan bekas jerawat yang hitam secara efektif dan cepat. Obat ini juga akan menjaga kelembaban dan elastisitas kulit sehingga membuat kulit tampak awet muda. Wow, banyak sekali ya manfaatnya.

3. Nature E

Nature E, sesuai dengan namanya, produk yang satu ini sangat kaya dengan vitamin E yang memiliki beragam manfaat utuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit kita.

Salah satunya tentu saja untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Nature E sendiri terbut dari biji buah delima dan bermanfaat juga untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kulit wajah menjadi lebih muda dan terhindar dari tanda penuaan dini.

Nature E ini juga bermanfaat untuk anda yang beraktivitas di luar ruangan, suplemen alami ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.

Menggunakan Salep Hitam

Selanjutnya anda juga bias menggunakan salep yang dioleskan langsung ke bekas jerawat yang menghitam. Berikut ini beberapa salep yang bisa anda gunakan:

1. Melanox

Melanox mengandung hydroquinon 2% yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat sekaligus mencegahnya datang kembali, menyamarkan noda hitam bekas jerawat, serta mencegah hyper pigmentasi pada kulit.

Cara menggunakanya yaitu dengan mengoleskan salep ini 2 kali sehari, setiap pagi dan malam hingga bekas jerawat menghilang sama sekali.

2. Vitacid

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan vitacid yang mengandung bahan aktif berupa benzoyl peroxide yang bermanfaat untuk membunuh bakteri. Selain membunuh bakteri, salep ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

3. Dermatix Ultra

Desmatix ultra terkenal dapat menyamarkan bekas luka, selain itu juga ampuh digunakan untuk menghilangkan berbagai noda hitam, baik akibat jerawat maupun tidak, di kulit Anda.

4. Freederm Gel

Freederm gel ini kaya dengan bahan alami berupa nicotinamide, hydrogel, ethanol, dan air.

Cara Mencerah Bekas Jerawat yang Hitam

Selain dengan mengobati atau menghilangkannya, ada baiknya juga anda melakukan tindakan preventif. Seperti:

  • Memperbanyak Konsumsi Vitamin C

Tips yang pertama yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C ini terkenal kaya akan antioksidan yang membuat kulit anda senantiasa sehat secara alami dan terhindar dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas ini juga telah diketahui sebagai pemicu peradangan pada jerawat yang tentu saja kemudian akan meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam.

  • Pakai Masker Saat Bepergian Keluar

Sebaiknya anda menggunakan masker ketika keluar rumah apalagi beraktivitas di bawah terik matahari dan debu serta polusi udara lainnya. Masker wajah ini minimal akan melindungi wajah anda dari kotoran.

  • Cuci Wajah Anda Minimal 2 Kali Sehari

Selanjutnya, cobalah untuk mencuci wajah minimal 2 kali sehari agar debu dan kotoran yang menempel di wajah cepat hilang dan tidak menumpuk.

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam dan sulit untuk dihilangkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Jangan lewatkan juga: 23 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Leave a Reply