Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air  – Hampir semua orang sudah familiar dengan penyakit cacar. Penyakit cacar disebut juga varrisella dan dalam bahasa inggris dikenal dengan chicken pox. Penyakit ini sudah ada sejak dahulu kala dan merupakan penyakit yang penularannya mudah dan cepat sekali. Apalagi jika keluarga anda ada yang terkena penyakit cacar, akan sangat mudah penularannya karena anda akan berhubungan langsung dengan salah satu keluarga anda tersebut.

Disamping itu ada bekas cacar yang berlubang  dan biasanya bekas ini timbul karena menggaruk cacar air hingga pecah sehingga bekas cacar air ini tentu akan memburuk penampilan. Solusinya anda harus mencari cara menghilangkan bekas cacar air dengan cepat.

Ada banyak bahan alami yang di sekitar kita yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bintik-bintik atau spot hitam bekas cacar air. Berikut ini kami informsikan beberapa cara menghilangkan bekas cacar air di tubuh anda dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami

Silahkan sipakan bahan-bahan berikut ini untuk menghilangkan noda hitam bekas cacar air baik itu di wajah, tangan, kaki, badan dan anggota tubuh lainnya yang berhasil Tipscantika rangkum untuk anda:

1. Lidah buaya

Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama ALOE VERA ini bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam atau ruam merah kulit. Selain itu kulit lidah buaya juga dapat berfungsi untuk memulihkan bekas cacar yang berlubang ataupun tidak. Cara penggunaannya cukup  mudah yakni ambil lidah buaya atau gel nya kemudia oleskan pada bekas cacar. Diamkan selama beberapa menit hingga mongering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa terlihat maksimal.

2. Madu

Siapa sangka madu murni dapat menghilangkan bekas cacar air hanya cukup dengan mengoleskan madu pada bekas cacar secara rutin, laama kelamaan bekas cacar tersebut akan memudar dan memnghilang. Apliksaikan madu pada bekas cacar air di wajah maupun area tubuh lainnya yang telah terkena cacar air.

3. Buah Mengkudu

Siapkan buah mengkudu yang setengah masak. Cara membuat ramuanya cuci bersih mengkudu yang disiapkan lalu buatlah jus atau dapat juga di parut . kemudian setelah itu ambil airnya dan minumlah 2x sehari.

4. Buah Lemon

Cara membuat ramuannya siapkan buah melon yang masak lalu dikupas kemudian cuci buah lemon potong-potong dan buatlah jus lemon. Setelah itu oleskan pada area bekas cacar. Diamakan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin.

5. Jagung muda

Bahan alami lainnya dapat digunakan untuk mengatasi bekas cacar adalah jagung muda. Hanya dengan memarut jagung muda hingga halus dan menjadikannya sebagai masker atau lulur bekas cacar air akan hilang dengan sendirinya.

6. Kacang hijau

Bahan yang disiapkan adalah kacang hijau. Cara membuat ramuan rendamlah kacang hijau didalam air dingin selama kurang lebih dari 7 jam. Lalu, tumbuklah kacang hijau yang telah direndam. Tambahkanlah sedikit air agar teksturnya menjadi seperti cream. Setelah jadi oleskan ke bagian kulit yang terdapat bekas cacar. Biarkanlah hingga mengering lalu bersihkan hingga bersih.

7. Buah Mentimun

Cara menghilangkan bekas cacar air selanjutnya adalah dengan menggunakan buah mentimun. Varanya sangat mudah sekali, pertama potong kecil-kecil buah mentimun lalu haluskan dengan blender. Setelah terbentuk masker, oleskan ke seluruh bagian bekas cacar di tubuh anda pada pagi atau ketika hendak tidur. Lakukan secara rutin hingga bopeng dan bekas cacar hilang. Bisa juga dengan cara cukup memotong dalam ukuran kecil-kecil, lalu ditempelkan ke bagian bopeng atau bekas luka cacar, lakukan secara rutin hingga berangsur-angsur hilang.

Baca juga: Cara Membuat Masker Wajah Alami

8. Menggunakan daun pare

Cara menghilangkan bekas cacar air selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan daun pare, caranya ypertama silahkan sediakan beberapa helain daun pare, remas-remas sampai halus, bisa juga dengan cara blender atau mixer, campur dengan air hangat dan kemudian diperas. Campurkan juga tepung beras, aduk sampai merata. Oleskan pada bagian bekas luka.

9. Menggunakan air teh hijau

Anda juga bisa memanfaatkan air teh hijau untuk menghilangkan bekas cacar air. Caranya: oleskan air teh hijau yang sudah diseduh pada handuk kecil atau kapas.

10. Air Kelapa

Gunakan air kelapa untuk membasuh muka atau bagian tubuh yang terdapat bekas cacar airnya. Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal lakukanlah sesering mungkin tentu dengan konsisten agar hasilnya sempurna.

11. Daun Sirih

Selain sering digunakan untuk perawatan miss v, daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas cacar air. Caranya yaitu siapkan 3 helai daun sirih, lalu campur dengan temu sore dan daun dlingo beserta jintan dan bangle haluskan semua bahan itu kemudian beri air sedikit dan peras airnya, jangan suka masukan satu pinang muda. Bila sudah siap minumlah perasan air itu. Ramuan ini akan membantu mempercantik dan meghilangkan bekas cacar dari dalam

12. Menggunakan tomat

Buah yang kaya akan vitamin  E dan C ini bermanfaat untuk menyingkirkan bakteri serta mengembalikan keseimbangan kulit. Tomat juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas cacar air. Haluskan tomat yang sudah matang, baluri pada bagian tubuh yang terdapat bekas cacar air. Biarkan kering. Atau bisa dengan cara membelah tomat kemudian diolekan langsung pada wajah dan tunggu sampai kering. Jika sudah kering bilas menggunakan air. Lebih dianjurkan air hangat.

13. Pepaya

Manfaatkan buah pepaya ini untuk menghilangkan bekas cacar air. Buah pepaya bermanfaat untuk menghaluskan kulit serta mengangkat sel kulit mati. Haluskan pepaya yang sudah matang, jadikan sebagai masker untuk area tubuh yang terdapat bekas cacar air.

14. Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E ini bermanfaat untuk menyamarkan noda serta menghaluskan kulit dari dalam. Kita bisa mendapatkan minyak vitamin E di apotek terdekat. Cara menggunakannya juga sangat mudah, CUkup dengan mengoleskan vitamin E pada bekas cacar air dengan sedikit pijatan. Teknik memijat ini akan meningkatkan sirkulasi darah, yang selanjutnya akan meningkatkan proses penyembuhan jaringan parut sehingga menjadi lembut dan normal kembali. Gunakan minyak vitamin E ini dua kali sehari, oleskan merata di semua daerah kulit di mana bekas cacar air berada.

15. Makanan Kaya Vitamin K

Selain vitamin E, anda juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K tinggi. Tujuannya yaitu untuk merawat kulit dari dalam serta mengangkat sel kulit mata. Makanan tersebut seperti hati, lobak hijau, kubis, brokoli, tomat, bayam, produk susu dan daging tanpa lemak.

16. Jintan

Beberapa bahan alami berikut ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam akibat bekas cacar air:

  • 1 sendok makan jintan
  • 1 buah dlingo
  • Setengah bangle
  • 1 buah pinang muda
  • 3 helai daun sirih
  • 1 temu sore

Cara membuat ramuannya cuci semua bahan yang sudah sobat persiapkan. Haluskan semua bahan kemudian ambil sarinya dengan diperas. Gunakan ramuan tadi untuk diminum

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Medis

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas cacar air secara medis yang bisa anda tempuh, tentu saja harganya lebih mahal:

1. Foto Laser

Cara pertama adalah dengan menggunakan sinar laser. Sinar laser ini bermanfaat untuk memecah pigmen (warna hitam bekas car air) dan mendorong pertumbuhan kolagen dalam lapisan kulit yang lebih rendah untuk membantu menghilangkan bekas luka cacar air.

2. Microdermabrasion

Cara yang kedua adalah dengan microdermabrasion. Yaitu pengobatan non-invasif yang membantu regenerasi kulit yang telah rusak, termasuk bekas cacar air. Melalui teknik ini dokter akan menghapus (menggunakan sikat mikro) lapisan kulit yang rusak (jaringan parut bekas cacar air) hingga menemukan kulit sehat dibawahnya sehingga pertumbuhan berasal dari kulit yang sehat.

3. Eksisi

Selanjutnya anda bisa juga dengan menggunakan teknik eksisi, yang Merupakan teknik yang ideal untuk bekas cacar air yang membandel yang belum teratasi dengan pengobatan lain. Dokter bedah akan menghapus jaringan parut, meninggalkan tanda yang jauh lebih kecil dan kurang terlihat.
Nah, kira-kira anda akan memilih cara yang mana? Silahkan tentukan sendiri, apakah mau dengna cara alami yang relatif lebih lama namun aman dan murah atau dengan cara medis yang relatif lebih cepat namun lebih mahal?
Demikianlah beberapa cara menghilangkan bekas cacar air yang bisa kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat. Baca juga 21 Cara Mengatasi Penuaan Dini Secara Alami dan Tips Mencegahnya

Leave a Reply