36 Tips Mengatasi Bau Mulut Kronis Tak Sedap

Cara menghilangkan bau mulut – Bau mulut menjadi salah satu hal yang ditakuti banyak orang. Bau mulut akan membuat lawan bicara kita terganggu. Jika hal itu terjadi maka secara otomatis orang enggan berbicara dengan kita.

Aroma yang keluar dari mulut alangkah baiknya kalau berbau wangi. Namun terkadang hal tersebut sulit diwujudkan. Sebenarnya kunci mulut segar adalah menjaga kebersihan mulut. Kebersihan mulut yang kurang terjaga akan membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak disana.

Selain kondisi mulut yang kotor bau mulut juga bisa disebabkan berbagai hal lain seperti sariawan, infeksi, nanah serta mengidap suatu penyakit tertentu seperti diabetes, tipes dan masih banyak lagi. Kebiasaan merokok dan gigi berlubang juga bisa menyebabkan bau mulut.

Terkadang seseorang tidak sadar ketika mulutnya bau. Bau mulut memang sulit dideteksi diri sendiri. Bau mulut hanya bisa dicium oleh lawan bicara kita. sebaiknya segera lakukan cara menghilangkan bau mulut agar rasa percaya diri kita kembali.

Cara mendeteksi bau mulut sebenarnya sangat mudah pertama anda coba jilat telapak tangan kemudian biarkan hingga kering. Setelah air liur kering coba cium tangan anda. jika aromanya kurang sedap berarti nafas anda juga beraroma kurang sedap.

Cara menghilangkan bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut pada artikel kali ini sangatlah simpel. Bahan yang digunakan juga bukan bahan yang berbahaya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Menjaga kebersihan mulut dan gigi merupakan kunci mendapatkan bau mulut yang wangi. Menjaga kebersihan gigi. namun terkadang orang cenderung malas merawat gigi dan mulut lalu hasilnya mulut akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap serta gigi berlubang.

Selain menjaga kebersihan mulut anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bau mulut lainnya seperti berikut ini:

1. Rutin menggosok gigi

Hal yang paling umum dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi adalah rajin menggosok gigi. Biasakan menggosok gigi 30 menit setelah makan. Lalu gosok gigi juga setiap pagi dan malam menjelang tidur.

Cara ini akan membantu anda mendapatkan bau mulut yang segar. Kesegarannya juga akan terjaga sepanjang hari. Gosok gigi anda secara perlahan agar tidak merusak email gigi. atau pelindung gigi

2. Gunakan benang gigi

Jika menyikat gigi sudah anda lakukan maka hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membersihkan gigi secara sempurna adalah menggunakan benang gigi. benang gigi akan membantu membersihkan sela-sela gigi.

Jika makan yang tertinggal disela-sela gigi tidak dibersihkan maka akan menjadi sarang kuman dan bakteri dan menyebabkan bau mulut. Sebaiknya bersihkan gigi anda menggunakan benang gigi minimal seminggu sekali agar bau mulut bisa menghilang.

3. Gunakan obat kumur anti bakteri

Cara menghilangkan bau mulut juga bisa anda lakukan dengan menggunakan obat kumur. Pastikan anda menggunakan obat kumur yang mengandung anti bakteri agar kuman dan bakteri penyebab bau mulut bisa hilang dengan sempurna.

Gunakan obat kumur sesuai anjutran pakai. Cara ini sangat efektif untuk memberikan aroma segar pada mulut.

4. Mengangkat kotoran dan bakteri pada lidah

Permukaan lidah yang ditutupi lapisan berwarna putih bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Lapisan tersebut akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Sebaiknya selain menjaga kebersihan gigi anda juga harus menjaga kebersihan lidah.

Anda bisa membersihkan lidah menggunakan alat khusus atau bisa juga menggunakan sikat gigi.

5. Hindari rokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan mulut anda beraroma kurang sedap. Sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan merokok sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut. Meski sedikit sulit namun dengan tekat yang kuat anda pasti bisa menghentikan kebiasaan merokok. Lakukan juga secara perlahan jika terasa sulit melakukannya sekaligus.

6. Permen karet bebas gula

Mengunyah permen biasanya dilarang untuk melindungi gigi. namun cara menghilangkan bau mulut anda justru dianjurkan mengunyah permen karet. Permen karet dipercaya mampu membuat aroma mulut anda menjadi lebih segar.

Tapi bukan sembarang permen karet. Kunyahlah permen karet bebas gula. Cara ini cukup efektif melindungi gigi dari asam plak penyebab bau mulut dan kerusakan gigi.

7. Perbanyak konsumsi air putih

Dehidrasi dan panas dalam bisa menjadi salah satu penyebab babu mulut. Untuk menghindari bau mulut ada baiknya anda mencegah tubuh anda mengalami dehidrasi dan panas dalam. Salah satu mencegah hal tersebut adalah dengan perbanyak konsumsi air putih.

Konsumsilah air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas perhari untuk membentengi mulut anda dari aroma tidak sedap.

8. Bersihkan kawat gigi secara teratur

Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini khusus pengguna kawat gigi. penggunaan kawat gigi berpotensi meningkatkan sisa makanan tertinggal di mulut anda. sisa makanan yang terselip di antara kawat gigi akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Sebaiknya anda menggunakan kawat gigi untuk alasan medis bukannya karena mengikuti trend. Sebab kawat gigi yang kurang terjaga kebersihannya bisa menyebabkan berbagai masalah pada mulut seperti bau mulut, gigi kuning, serta masih banyak masalah lainnya. Tapi jika anda terlanjur menggunakan kawat gigi sebaiknya bersihkan kawat gigi anda secara rutin untuk menghindari bau mulut tak sedap

9. Rawat kesehatan gusi

Gusi yang bermasalah bisa menjadi penyebab bau mulut. Masalah pada gusi biasa disebut periodontal. Masalah ini terjadi akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan secara menyeluruh. Kemudian bakteri akan menginfeksi gusi dan menyebabkan penyakit gusi

Sebaiknya rawatlah gusi anda sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut. Sebaiknya jika anda mengalami penyakit gusi segeralah konsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkankan penanganan yang tepat.

10. Cabut gigi berlubang

Salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah mengatasi penyebab bau mulut salah satunya gigi berlubang. Maka dari itu untuk mendapatkan bau mulut yang segar adalah dengan mencabut gigi berlubang atau anda juga bisa menempelnya.

Sebab gigi yang berlubang akan membuat sisa makanan menumpuk lalu akan menjadi tempat bersarang kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

11. Kunjungi dokter gigi

Jika berbagai cara telah anda lakukan namun mulut anda masih mengeluarkan aroma yang kurang sedap sebaiknya anda kunjungi dokter ahli gigi. sebenarnya kunjungan ke dokter gigi telah dianjurkan pemerintah setiap 6 bulan sekali. Dokter gigi akan memberikan solusi yang tepat untuk menghilangkan bau mulut

12. Kumur dengan air perasan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang mengandung anti bakteri sehingga sangat ampuh jika digunakan untuk menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Cara ini akan memberikan nafas segar

Cara membuat

  • Siapkan ½ gelas air putih
  • Lalu tambahkan 5 sendok air perasan jeruk nipis
  • Aduk keduanya sampai tercampur rata
  • Setelah itu gunakan air tersebut untuk berkumur
  • Lakukan cara ini setiap pagi dan malam menjelang tidur

Artikel terkait: 10 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Mengatasi Masalah Wajah Secara Alami

13. Air sirih

Siapa yang tidak tahu jika daun sirih mengandung antiseptik? Kandungan antiseptik-nya mampu membantu menghilangkan bau mulut yang kurang sedap. Daun sirih bukan hanya baik digunakan untuk menghilangkan bau mulut tapi juga baik digunakan untuk menghilangkan bau lainnya seperti bau badan dan bau kaki.

Cara membuat

  • Rebus 5 lembar daun sirih
  • Gunakan air secukupnya
  • Setelah air mendidih angkat dan biarkan
  • Saat air menjadi hangat berkumurlah menggunakan air tersebut

14. Konsumsi buah strawberry

Apa hubungannya ya makan buah dengan menghilangkan bau mulut? Tentu saja ada hubungannya. Ada penjelasan ilmiahnya lo! Buah strawberry yang kaya antioksidan bisa melindungi mulut anda dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

Selain itu buah strawberry juga mengandung antibakteri sehingga sangat ampuh membunuh bakteri tersebut. Makanlah minimal 2 buah strawberry setiap pagi agar nafas anda menjadi segar

15. Buah pir

Selain buah strawberry, buah pir juga masuk ke dalam deretan buah pengusir nafas tak sedap. Tekstur buahnya yang sedikit kasar akan membantu menghilangkan karang gigi yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Kunyah secara merata agar karang gigi bersih seluruhnya

16. Minum green tea

Teh hijau termasuk salah satu minuman kaya manfaat. Teh hijau biasa diminum saat diet. selain ampuh membakar lemak, teh hijau juga biasa digunakan untuk merawat kecantikan. Selain beberapa manfaat tersebut ternyata teh hijau juga bisa membantu menghilangkan bau mulut.

Kandungan antioksidan tinggi pada teh hijau bisa melindungi mulut dari kuman dan bakteri. Minumlah segelas teh hijau di pagi hari, tapi jangan tambahkan gula, karena penggunaan gula justru akan merusak gigi.

17. Perbanyak konsumsi vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C  bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. Sebaiknya gunakan vitamin C yang berasal dari bahan alami seperti jeruk, strawberry, melon, jambu biji serta masih banyak makanan lain.

Konsumsilah makanan yang kaya vitamin C secara rutin untuk menghilangkan bau mulut yang menyengat. Maka anda akan mendapatkan nafas yang lebih segar

18. Minum air ketumbar

Ketumbar merupakan rempah yang digunakan untuk memasak ternyata mempunyai sifat antibakterial yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu ketumbar juga biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis.

Cara membuat

  • Ambil 1 genggam ketumbar
  • Lalu rebus dengan air secukupnya
  • Angkat air setelah mendidih
  • Minum air rebusan ketumbar segelas perhari

19. Kayu manis

Kayu manis memiliki aroma yang cukup wangi sehingga bisa digunakan untuk melawan nafas yang kurang sedap. Caranya juga sangat mudah masukkan 1 lembar kayu manis ke dalam gelas, lalu tambahkan air hangat.

Kemudian minum selagi hangat. Caranya mudah bukan? Hampir sama dengan menyedu teh tapi hasilnya tidak perlu diragukan lagi.

20. Jeruk nipis dan madu

Peras 1 buah jeruk nipis lalu masukkan ke dalam gelas, kemudian beri 2 sendok madu murni. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata. Langkah selanjutnya minum ramuan tersebut secara rutin untuk membantu menghilangkan bau mulut.

Kedua bahan alami tersebut mengandung sifat antibakterial sehingga sangat ampuh menghilangkan bakteri yang bersarang di mulut.

21. Kencur

Cara menghilangkan bau mulut juga bisa dilakukan dengan menggunakan kencur. Kencur memang sudah sejak dulu digunakan untuk menghilangkan berbagai macam bau seperti bau amis, bau menyengat dan bau busuk.

Cara membuat

  • Siapkan beberapa bahan berikut pinang, 10 gram kencur, tanaman adas, 5 lembar daun sirih, temu ros dan air secukupnya
  • Cuci bersih semua bahan
  • Lalu rebus dengan air secukupnya
  • Biarkan hingga mendidih
  • Setelah itu angkat, tunggu hingga dingin lalu minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas

22. Apel

Apel termasuk ke dalam buah pembersih gigi, dengan kata lain mengkonsumsi apel akan membantu menghilangkan sisa makanan yang tersangkut di gigi. makanan tersebut akan menjadi tempat bersarang kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Makanlah 1 buah apel setiap habis makan. agar sisa makanan tidak menempel di mulut. Lalu nafas anda juga akan segar

23. Hindari Permen Manis

Sebisa mungkin anda menghindari mengkonsumsi permen manis, karena kandungan gula di dalamnya dapat menimbulkan kuman dan bakteri di dalam mulut. Kalau pun anda tetap mengkonsumsi permen, sebaiknya langsung berkumur atau menyikat gigi.

24. Spa Gigi

Spa gigi? Wah ternyata gigi juga ada spa lo. Nah, salah satu tujuan spa gigi adalah untuk membersihkan gigi secara total dari berbagai macam kuman dan bakteri. Spa gigi ini bisa anda lakukan selama dua bulan sekali.

25. Hindari Makan Berbau Menyengat

Makanan berbau menyengat juga tidak baik kita konsumsi terlalu banyak. Apabila makanan ini mengendap terlalu lama di mulut kita maka dapat mengakibatkan bau mulut kronis. Berikut ini beberapa makanan berbau tajam itu bawang putih, petai, jengkol, durian dan masih banyak lagi lainnya.

26. Kumur-kumur

Salah satu cara menghilangkan bau mulut yang cukup sederhana adalah dengan rajin kumur-kumur. Saat berkumur bisa membuang dan menghilangkan kuman dan bakteri di dalam mulut, meskipun memang tidak seefektif dengan gosok gigi. 

27. Sarapan Teratur

Usahakan agar anda sarapan secara teratur, karena sarapan teratur setiap pagi bisa memproduksi air liur yang cukup dibandingkan dengan orang yang tidak pernah sarapan setiap paginya. Air liur yang kurang bisa membuat seseorang terkena bau mulut.

28. Susu Kental Manis

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam susu kental manis bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. 

29. Lengkuas

Tahukah anda? Aroma dari lengkuas juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah dengan merebus lengkuas dan meminum air rebusannya.

30. Air Perasan Lemon

Air perasa lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap yang kita alami. Hal ini karena kandungan vitamin C di dalam lemon yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga akan membunuh bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut kita.

Caranya yaitu siapkan air bersih, lalu campurkan dengan perasan air lemon ( 2 buah lemon ). Gunakan untuk berkumur sebanyak dua kali sehari. Lemon kaya akan vitamin C, sehingga air perasannya bisa digunakan untuk mencegah berbagai macam kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Lainnya:

Selain melakukan beberapa cara menghilangkan bau mulut di atas anda juga bisa melakukan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut. Seperti berikut ini:

  • Saat bepergian sebaiknya anda siapkan permen mint di dalam tas atau saku celana. Cara ini terdengar aneh tapi efektif lo menghilangkan bau mulut kamu. Permen mint akan membuat nafas kamu lebih segar
  • Konsumsi yoghurt. Jangan lupa untuk mengkonsumsi yoghurt tanpa rasa dan gula setiap pagi untuk membantu memulai harimu dengan nafas segar
  • Konsumsi keju. Tapi pilihlah keju rendah karbo, tinggi kalsium agar kesehatan mulut dan gigi senantiasa terjaga. Kandungan pada keju juga bisa meningkatkan produksi air liur yang mengandung antibakterial
  • Kunyah sedikit beras ketika anda selesai makan. terutama jika anda mengkonsumsi makanan yang baunya menyengat seperti jengkol dan pete. Beras akan menghilangkan bau sisa makanan tersebut
  • Kunyah kemangi, sudah jelas bukan namanya saja daun kemangi berarti daun yang berbau wangi. Wangi dari kemangi akan membantu mengusir aroma nafas yang kurang sedap
  • Hentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkoh*l dan rokok

Itulah 28 cara menghilangkan bau mulut, semoga bisa membantu anda yang sedang bermasalah dengan aroma nafas yang kurang sedap. Berbagai cara di atas akan membantu anda mendapatkan nafas segar.  Selamat mencoba. Simak juga 28 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply