33 Tips Ampuh Mengecilkan Betis Tanpa Ribet

Cara Mengecilkan Betis – Memiliki berat badan berlebih akan membuat rasa percaya diri berkurang serta menumpuk berbagai penyakit kronis. Naiknya berat badan akan diikuti dengan membesarnya seluruh anggota tubuh termasuk bagian betis.

Betis yang besar seiring dengan naiknya berat badan akan membuat kita kesulitan. Kesulitan itu akan muncul ketika hendak memilih gaun mini, rok mini serta celaan pendek yang kerap melanda kaum wanita.

Memiliki betis yang besar akan mengurangi daya tarik seorang wanita, tak heran jika berbagai cara mengecilkan betis dilakukan untuk mendapatkan bentuk betis yang ramping, kecil dan seksi guna meningkatkan rasa percaya diri dan memudahkan pemilihan busana yang diinginkan.

Cara mengecilkan betis secara alami

Cara mengecilkan betis secara alami

Namun saat ini tidak perlu cemas lagi karena dalam artikel kali ini saya akan membahas bagai mana cara mengecilkan betis dengan mudah dalam waktu yang relatif singkat.

Cara mengecilkan betis

Saat ini sebenarnya banyak perawatan medis dan salon kecantikan yang menjanjikan bentuk tubuh yang ideal serta bentuk betis seperti yang kita inginkan namun semua itu tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit serta tingkat keberhasilannya tidak bertahan lama.

Sebaiknya anda melakukan cara alami yang tidak memiliki efek samping serta tidak membutuhkan biaya yang mahal. Cara ini juga terjamin ampuh mengecilkan betis dengan sempurna. Berikut beberapa cara mengecilkan betis tanpa ribet seperti berikut ini:

  • Coba merubah cara berjalan

Kebiasaan jalan yang salah juga bisa meningkatkan resiko membesarnya betis kaki. Sebaiknya hindari berjalan dengan menumpukan tubuh pada bola betis. Sebaiknya ketika berjalan letakkan tumpuan pada tumit dengan sempurna.

Pijakkan tumit anda ke tanah sebelum melangkah serta hindari berjalan terburu-buru yang membuat tumit tidak menempel ke tanah dengan sempurna. Sebaiknya rubahlah kebiasaan berjalan yang salah agar tumit anda tidak membesar. Kebiasaan berjalan yang benar juga akan mengurangi resiko terserang sakit pinggang. Cara ini bukan hanya dianjurkan bagi kaum wanita saja namun juga baik dilakukan kaum pria.

  • Berlari

Salah satu olah raga sederhana yang kaya manfaat adalah olah raga lari. Berlari secara teratur dianggap dapat membuat ukuran betis membesar namun itu adalah persepsi yang salah karena berlari dapat membakar lemak dan mengencangkan otot betis yang kendur,

Oleh sebab itu berlari dapat membuat ukuran betis mengecil dan seksi. Olahraga yang satu ini tentunya tidak hanya mengecilkan betis dengan sempurna tapi juga membakar seluruh lemak yang menumpuk di tubuh sehingga bentuk tubuh juga akan ideal. Tanpa timbunan lemak yang berarti.

  • Hindari penggunaan kekuatan betis berlebihan

Kekuatan otot betis yang terlalu berlebihan akan membuat ukurannya membesar sehingga secara otomatis ukuran betis juga ikut membesar dan melebar. Sebaiknya gunakan kekuatan dari betis secukupnya saja terutama ketika anda mengangkat barang, berolahraga serta berlari agar ukuran betis tidak semakin membesar. Gunakan saja kekuatan tumit ketika anda melakukan aktivitas yang berlebihan untuk membantu mengecilkan betis anda.

  • Hindari kegiatan melompat ketika berolahraga

Kegiatan melompat akan membuat otot betis naik kemudian turun kembali sehingga otot tersebut juga akan membesar. Meski sepertinya sepele namun kegiatan melompat ketika beraktivitas atau berolahraga memiliki dampak yang besar terhadap ukuran betis anda.

Sebaiknya pilih aktivitas atau olahraga yang menggunkan gerakan melompat agar ukuran betis tidak semakin membesar dan melebar. Serta pilihlah kegiatan yang menumpukkan kekuatan pada otot  tumit.

  • Hindari kebiasaan jongkok

Ketika anda sedang melakukan kegiatan sebaiknya hindari berada pada posisi yang kurang nyaman salah satunya jongkok. Posisi itu akan membuat betis terimpit dalam waktu yang lama hal tersebut akan berakibat pada ukuran betis.

Selain akan membuat betis terimpit, posisi jongkok juga akan membuat tumpuan pada kaki terutama otot betis secara berlebihan sehingga membuat ukuran betis semakin membesar. Sebaiknya pilihlah posisi yang nyaman terutama ketika posisi dilakukan dalam waktu yang cukup lama seperti posisi duduk.

  • Berenang

Cara mengecilkan betis juga bisa anda lakukan dengan melakukan olahraga berenang. Berenang secara rutin selama 30 menit akan membantu mengecilkan betis dengan mudah. dengan melakukan olahraga renang tentunya akan membantu membakar lemak yang menumpuk di tubuh sehingga bentuk tubuh juga menjadi lebih ideal.

  • Bersepeda

Kegiatan yang menyenangkan yang satu ini cukup ampuh mengecilkan betis dengan cepat. bersepeda umumnya melatih kekuatan otot kaki sehingga bentuk kaki juga akan sempurna termasuk bentuk betis.

Selain mendapatkan bentuk betis yang kecil dan ramping, bersepeda juga akan menguatkan tulang dan menyehatkan tubuh.

  • Hindari makanan berlemak

Ukuran betis yang membesar juga bisa disebabkan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya berat badan, oleh sebab itu sebaiknya hindari makanan yang dapat menaikkan berat badan agar ukuran betis juga tidak membesar seperti hindari makanan yang mengandung lemak jahat.

Lemak yang masuk ke tubuh akan sangat sulit dicerna sehingga akan menumpuk di tubuh dan membuat berat badan meningkat.

  • Hindari makanan berkalori tinggi

Salah satu makanan yang dapat membesarkan ukuran tubuh dan ukuran betis adalah makanan yang mengandung kalori tinggi. Bukannya dilarang mengkonsumsi makanan berkalori tinggi namun patut anda batasi jumlah komsumsinya.

Sebab makanan berkalori juga dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Sebaiknya batasi jumlah konsumsi kalori tinggi agar bentuk tubuh dan betis anda kecil, ramping serta seksi.

  • Hindari konsumsi makanan yang digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan  minyak trans seperti minyak kelapa sawit merupakan musuh bagi tubuh, karena makanan yang digoreng dapat membuat tubuh menjadi gendut dan menumpuk berbagai penyakit.

Bukan hanya tubuh yang berubah bentuk tapi ukuran betis juga akan membesar dan melebar. Jika anda menginginkan bentuk betis yang ideal, serta ramping sebaiknya jauhi makanan yang diolah dengan cara digoreng

  • Hindari camilan keripik

Camilan biasa dikonsumsi saat waktu luang. Namun jika camilan yang anda konsumsi tidak sehat justru akan menimbulkan masalah baru yaitu berat badan menjadi kurang terkontrol. Salah satu camilan yang wajib dihindari adalah keripik.

Camilan ini memang sangat enak serta dapat meningkatkan suasana hati namun jika dikonsumsi justru dapat menaikkan berat badan dan memperbesar ukuran betis.

  • Konsumsi sayuran hijau

Salah satu cara menjaga berat badan serta mempertahankan bentuk tubuh ideal adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau kaya serat. Dengan rajin mengkonsumsi sayuran hijau anda juga akan menjaga bentuk betis agar selalu kecil dan ramping.

Beberapa sayuran hijau kaya serat yang dianjurkan dikonsumsi seperti bayam, kangkung, buncis, selada, serta masih banyak sayuran lain yang akan membantu membakar lemak yang menumpuk di betis.

  • Mengatur porsi makan

Mengkonsumsi makanan yang sesuai kebutuhan dan memperhatikan nilai gizi dari makanan tersebut bisa menjadi salah satu cara mengecilkan betis. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan akan membuat lemak menumpuk di tubuh salah satunya betis sehingga betis akan dipenuhi lemak yang membuatnya terlihat lebih besar.

Sebaiknya perhatikan porsi makan anda agar bentuk betis tetap ideal. Jangan lupa makan sehari tiga kali dengan jumlah dan gizi yang tepat.

  • Camilan sehat

Sebagian orang berpendapat bahwa mengemil dapat membuat tubuh menjadi gemuk serta betis menjadi besar namun pendapat itu tidak sepenuhnya benar karena mengemil diperbolehkan namun dengan  mengkonsumsi camilan sehat seperti buah serta jus.

Beberapa buah yang dianjurkan seperti apel, pir, melon, semangka, pepaya serta masih banyak buah lainnya. Buah juga akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga tubuh akan menjadi sehat dan ramping

  • Berjalan

berjalan 10.000 langkah setiap hari sangat dianjurkan untuk mencegah osteoporosis. Selain itu berjalan secara rutin setiap hari juga dapat menyehatkan jantung dan memperlancar proses pembakaran lemak.

Jika lemak yang menumpuk di dalam tubuh dapat dibakar dengan maksimal maka anda juga kan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal termasuk bentuk betis anda juga akan kecil dan ramping serta seksi. Berjalan juga akan membantu mengusir berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, serta masih banyak penyakit kronis lainnya.

  • Lakukan perenggangan betis setiap pagi

Ketika anda bangun tidur biasanya saat betis anda mengandung banyak lemak hal pertama yang kita rasakan adalah betis terasa berat, panas serta kurang nyaman. Tapi hal tersebut juga bisa menunjukkan adanya indikasi kolesterol serta peredaran darah yang kurang lancar.

Untuk mengatasi semua hal tersebut sebaiknya anda melakukan perenggangan setiap kali bangun tidur. Caranya adalah dengan menjadikan paha sebagai tumpuan utama lalu tarik betis ke kanan dan ke kiri selama 20 detik.

  • Lakukan pilates

Gerakan pilates menjadi salah satu gerakan yang bisa mengecilkan dan mengencangkan otot betis. Cara ini sudah banyak membuktikan hasil yang efektif mengencangkan tubuh dan betis salah satunya.

Gerakan pilates yang menyeimbangkan gerakan otot dan perenggangan sehingga sangat efektif mengecilkan betis dengan cepat. Gerakannya yang perlahan dan seimbang membuat seluruh tubuh menjadi lebih lentur dan kencang.

  • Lakukan latihan gerakan betis

Gerakan betis juga bisa anda lakukan untuk mengecilkan ukuran betis. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah pertama ambil ambil posisi duduk dengan sangat santai kemudian angkat kedua kaki hingga kaki lebih tinggi dari kepala dan rebahkan sedikit posisi punggung anda kemudian tahan beberapa detik lalu lepaskan kembali. Ulangi cara ini setiap pagi agar betis anda cepat mengecil.

  • Latihan gerakan penari balet

Penari balet sangat sering melakukan gerakan berjinjit sambil menari dan membuat tumpuan berada di ujung jari, hal tersebut adalah rahasia keindahan kaki penari balet. Jika anda juga menginginkan bentuk kaki dan betis seperti penari balet lakukan gerakan yang sama dengan yang sering dilakukan penari balet.

Lakukan gerakan ini secara rutin namun jangan memaksakan kaki anda lakukan secara santai dan hentikan jika merasa kaki anda sudah tidak kuat lagi.

  • Lakukan latihan melompat dengan sangat lembut

Salah satu hal yang bisa membuat betis menjadi besar adalah melompat namun lompatan kecil justru dapat mengecilkan betis yang membesar. Lakukan lompatan lambat dan lembut ke samping  dengan merenggangkan kaki beberapa kali dan gunakan tumit sebagai tumpuan saat anda melompat. Gerakan ini bisa anda lakukan beberapa kali guna mengecilkan tumit dengan cepat.

  • Yoga

Yoga merupakan olahraga santai yang biasa dilakukan untuk menenangkan pikiran. Namun gerakan pada yoga yang terbilang santai dan seimbang juga bisa menjadi cara mengecilkan betis yang cukup efektif.

Olahraga yoga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menenangkan pikiran, melenturkan tubuh, menguatkan otot, mengecilkan betis serta membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

  • Gerakan memutar tumit

Cara mengecilkan betis memang berkaitan erat dengan olahraga yang ditujukan pada bagian tumit. Salah satu gerakan tumit yang dapat membantu mengecilkan betis adalah gerakan memutar tumit.

Caranya

  • Anda bisa melakukan gerakan ini dengan ambil posisi duduk di atas kursi
  • Luruskan bagian punggung
  • Kemudian angkat tumit kaki kanan lalu putar tumit searah jaru jam selama 15 menit
  • Lalu ulangi gerakan tersebut pada kaki kiri
  • Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal
  • Lakukan latihan beban

Ketika berat badan naik maka seluruh anggota tubuh juga kan mengalami pembesaran termasuk bagian betis. Membesarnya anggota tubuh juga diikuti dengan mengendurnya otot tubuh, oleh sebab itu latihan beban ringan juga dianjurkan untuk membantu menguatkan otot tubuh serta otot betis. Maka dalam beberapa kali latihan anda akan merasakan hasil yang cukup signifikan.

  • Konsumsi makanan tinggi kalium

Makanan tinggi kalium juga dibutuhkan tubuh untuk membantu mengembalikan bentuk ideal tubuh. Kebutuhan kalium yang terpenuhi setiap harinya akan membantu menyerap natrium atau garam yang ada di dalam tubuh

Penyerapan yang maksimal akan membantu mengecilkan tubuh serta betis. Selain mampu menyerap garam , kandungan kalium juga membantu pengolahan lemak dan air yang menjadi salah satu penyebab kegemukan dan pembesaran betis.

Kalium yang dianjurkan adalah yang berasal dari makanan alami seperti pisang, bayam, alpukat, jamur sitake serta dada ayam tanpa kulit.

  • Beri bantal di kaki saat tidur

Posisi tidur juga bisa mempengaruhi ukuran betis. Itulah mengapa memilih posisi yang nyaman sangat dianjurkan. Salah satu cara membuat tubuh merasa aman ketika tidur adalah dengan mengganjal kaki menggunakan bantal. Posisi ini juga akan membuat betis berada di posisi yang lebih tinggi dari pada kepala sehingga akan mencegah penumpukan cairan pada betis.

  • Minum cukup air

Memenuhi kebutuhan cairan juga sangat penting untuk membantu melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak juga bisa berjalan dengan baik. jika lemak mampu dibakar dengan baik maka tubuh juga akan bebas lemak sehingga bentuk tubuh jug a menjadi ideal begitu juga dengan bentuk betis juga akan ramping dan cantik.

Sebaiknya penuhi cairan harian tubuh dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral 8 sampai 10 gelas perhari.

  • Lakukan perenggangan sebelum tidur

Melakukan gerakan perenggangan memang menjadi salah satu kunci betis langsing dan kecil. Anda juga bisa melakukan gerakan perenaggangan pada bagian kaki menjelang tidur agar bentuk betis anda menjadi indah.

Cara melakukan gerakan ini juga sangat mudah pertama tempatkan tubuh anda pada posisi duduk di tepi ranjang kemudian putar pergelangan kaki sebanyak 5 sampai 10 kali setiap malam menjelang tidur.

  • Hindari memijat betis menjelang tidur

Setelah seharian melakukan aktivitas biasanya ketiak malam hari tubuh akan merasa pegal terutama dibagian kaki atau betis, biasanya untuk menghilangkan kepenatan kita akan memijat bagian kaki terutama betis.

Namun penelitian membuktikan cara tersebut akan membuat ukuran betis membesar. Sebaiknya oleskan saja minyak kayu putih atau minyak yang lain untuk membuat kaki lebih nyaman dan menghilangkan kepenatan yang tengah anda rasakan.

  • Hindari olahraga memanjat

Kegiatan memanjat atau biasa dilakukan para pendaki gunung sebenarnya akan membuat tubuh menjadi sehat namun hal negatif yang akan kita rasakan adalah membesarnya otot betis sehingga ukuran betis akan terlihat lebih besar.

Oleh sebab itu bagi anda kaum wanita sebaiknya menghindari olahraga yang satu ini serta olahraga lain yang bertumpu pada otot betis untuk mencegah pembesaran betis.

  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi

Menurut para peneliti kesehatan penggunaan sepatu hak tinggi yang terus menerus dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi bentuk kaki serta dapat membuat betis semakin membesar. Penggunaan sepatu hak tinggi akan membuat tubuh tertumpu pada otot betis sehingga otot betis juga akan menjadi besar dan bengkak. Sebaiknya hindari penggunaan sepatu hak tinggi terus menerus agar anda mendapatkan bentuk kaki yang ideal.

  • Kurangi konsumsi garam

Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam atau natrium dapat memicu penumpukan cairan atau retensi air sehingga menyebabkan pembengkakan atau penumpukan cairan yang membuat tubuh semakin membesar. Termasuk bagian betis.

Untuk itu kurangi konsumsi garam agar tubuh serta betis terhindar dari pembesaran dan pembengkakan.

  • Walking lunges

Olahraga yang satu ini sangat mudah dilakukan namun hasil yang didapat akan sangat bermanfaat bagi paha dan betis. Gerakan walking lunges bisa anda lakukan  dengan beberapa tahapan berikut ini:

  • Letakkan kedua tangan di pinggul sambil berdiri tegak lurus
  • Kemudian langkahkan kaki kiri sambil mengencangkan otot perut
  • Kemudian kaki kanan ditekuk sejajar dengan lantai membentuk sudut 90 derajat
  • Kemudian ulangi pada kaki yang sebelahnya
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali
  • Jump squats

Lakukan gerakan jump squats sebanyak 10 sampai 15 kali perhari untuk membantu mengencangkan otot tubuh salah satunya otot betis. Dengan begitu anda akan memiliki bentuk betis seperti yang anda inginkan.

Gerakan ini bisa anda lakukan dengan cara berdiri tegak lurus dengan posisi tangan letakkan dibelakang kepala, kemudian lompat setinggi-tingginya lalu jongkok dan ulangi cara tersebut beberapa set.

Itulah 33 cara mengecilkan betis dengan mudah menggunakan cara alami tanpa resiko berbahaya. Semoga tulisan tersebut dapat membantu anda yang tengah berusaha mengecilkan betis. Semoga berhasil. Simak juga: 35 Cara Meniruskan Pipi Tembem atau Chubby yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply