18 Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Rambut rontok menjadi momok yang menakutkan bagi siapapun, bukan hanya untuk wanita, termasuk juga pria. Rambut rontok inilah salah satu penyebab kebotakan yang banyak terjadi belakangan ini.

Sebenarnya secara alamiah rambut kita semua mengalami kerontokan apabila sudah tua kemudian mati dan akan digantikan dengan rambut-rambut baru lagi. Namun, bila rambut rontok justru lebih banyak daripada yang tumbuh tentu ini menjadi masalah. Nah, kira-kira bagaimana cara mengatasi rambut rontok ini?

Sebelum kita bahas lebih jauh lagi mengenai cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya kalau kita juga mengetahui penyebab rambut rontok tersebut. Karena bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalau anda sudah terlanjur mengalami rambut rontok, minimal anda meminimalisir keparahannya.

Penyebab Rambut Rontok

Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang harus anda ketahui:

1. Gangguan Hormon

Penyebab rambut rontok yang pertama adalah akibat adanya gangguan hormon. Gangguan hormon menjadi penyebab kerontokan yang terjadi, diantaranya adalah Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata. Rambut rontok bisa terjadi karena gangguan hormon Alopesia Androgenetik.Nah, penyebab kebotakan yang banyak terjadi adalah akibat ganggan hormon Alopesia Androgenetik, dengan angka 70% pada pria dan 40% pada wanita. Kebotakan karena hormon ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT).

2. Pengaruh Gizi dan Vitamin

Selain karena gangguan hormon, penyebab rambut rontok selanjutnya adalah akibat rambut kekurangan nutrisi. Kekurangan asupan nutrisi baik untuk rambut ataupun untuk kulit kepala menyebabkan rambut menjadi lemah dan mudah sekali rontok. Rambut kita membutuhkan protein, vitamin B12, vitamin E dan nutrisi lainnya untuk menjaga kesehatan rambut dari dalam.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Nah, penyebab rambut rontok selanjutnya adalah karena penggunaan zat kimia berlebihan secara terus menerus. Zat kimia bisa saja berasal dari pewarna rambut, sampoo, masker rambut yang tidak alami, proses pelurusan rambut atau rebounding. Perlu diketahui bahwa proses pendiaman rambut selama 30 menit pada pelurusan rambut ini memperparah kerontokan yang akan dialami oleh rambut.

4. Alat Penata Rambut

Selain zat kimia, alat penata rambut seperti catok dan yang lainnya juga dapat menjadi penyebab rambut rontok yang kita alami. Apalagi kalau kita menggunakannya secara terus menerus dan dalam wakt yang lama. Mengeringkan rambut dengan hair dryer dalam waktu yang lama dan terus menerus juga tidak dianjurkan.

Buat anda yang suka mengeritingkan rambut, rambut ang dililitkan pada alat pengeriting dapat menyebabkan akar rambut tertarik sehingga rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang.

5. Efek Samping Obat

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi pemicu kerusakan pada rambut, salah satunya adalah rambut rontok. Ada beberapa obat-obatan yang memiliki efek samping rambut rusak seperti obat-obatan untuk menangani depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi. Kerontokan akan berkurang apabila penggunaan obat dihentikan.

6. Jarang Keramas

Jarang keramas juga menjadi salah satu pemicu rambut rontok. Hal ini disebabkan karena rambut anda akan berminyak dan lembab. Nah ketika rambut terkena paparan sinar matahari maka rambut akan bercampur dengan keringat. Kemudian keringat yang terdapat pada kulit kepala dapat terserap oleh folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Selain itu, pada saat keramas usahan jangan terlalu kencang menggosok kepala. Terlalu keras saat menggosok ketika keramas juga dapat mengakibatkan kerusakan pada folikel rambut, ini juga bisa mengakibatkan rambut rontok.

7. Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Anda terbiasa mengikat rambut? Hal ini sah-sah saja, namun ketika anda mengikat rambut terlalu kencang, inilah yang dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak. Rambut yang diikat dengan kuat menyebabkan akar rambut tertarik. Inilah yang membuat terjadinya kerontokan. Apabila ingin mengikat rambut dengan kuat usahakan tidak lebih dari dua jam. Karena ikatan yang kuat tidak hanya membuat rambut rontok tetapi juga sakit kepala.

8. Penyakit

Selain penggunaan obat-obatan tertentu, penyebab rambut rontok selanjutnya adalah akibat mengidap penyakit tertentu seperti lupus atau diabetes. Serta akibat kemoterapi pada penderita kanker juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut.

9. Kehamilan

Ternyata masa kehamilan dan setelah melahirkan juga bisa menjadi pemicu rambut rontok, penyebab rambut rontok ketika masa kehamilan ini biasanya akan pulih kembali umumnya setelah 3 bulan pasca melahirkan.

10. Stres

Tekanan pikiran yang berat juga dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Apabila beban stres terlalu besar akan mengakibatkan otot syaraf yang ada di kepala menegang. Menegangnya otot syaraf pada kepala ini dapat menyebabkan akar syaraf rambut melemah. Pada saat akar syaraf rambut lemah maka dapat terjadi kerontokan.

11. Paparan Sinar Matahari

Aktivitas yang dilakukan di bawah sinar matari terik dalam waktu yang lama sangat tidak baik untuk kulit dan rambut. Untuk rambut, paparan terik matahari berlebihan dapat menyebabkan keratin rambut menjadi berkurang. Keratin sendiri merupakan protein yang berada di rambut, kuku dan gigi pada manusia. Fungsi keratin untuk rambut adalah untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau.

12. Rok*k

Anda suka merokok? Ternyata  zat adiktif yang ada di dalam rokok dapat mengakibatkan kerusakan pada kesuburan rambut kita, berdasarkan dari penelitian yang baru diterbitkan dalam sebuah jurnal Archives of Dermatology, rokok dapat merusak suplai darah ke folikel rambut.

13. Infeksi

Infeksi tertentu yang terjadi di rambut juga dapat mengakibatkan kerontokan. Misalnya infeksi jamur atau korengan akibat luka, segera obati.

14. Makanan

Satu lagi penyebab rambut rontok yang harus anda perhatikan adalah makanan yang anda konsumsi, misalnya makanan yang pedas dan berminyak. Mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak secara terus menerus dapat menyebabkan minyak kulit kepala berlebih dan mengakibatkan rambut menjadi rontok atau akan bertambah masalah seperti munculnya ketombe.
 
Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Setelah kita mengatahui apa saja penyebab rambut rontok, maka langkah selanjutnya adalah mencegahnya agar tidak semakin parah. Bagi anda yang sudah mengalami masalah rambut rontok, atasi dengan segera. Ada banyak cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Berikut ini beberapa cara mengatatasi rambut rontok secara alami yang sudah terbukti dapat mengatasi rambut rontok anda dengan waktu relatif cepat dari tipscantika. Selain mudah dan aman dilakukan, cara alami juga sangat hemat biaya daripada pergi ke salon mengeluarkan uang pulan hingga ratusan ribu rupiah.

1. Minyak Zaitun/Olive Oil

Cara mengatasi rambut rontok secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memang termasuk langkan dan sulit untuk ditemukan. Dan harganya juga cukup lumayan, manum minyak ini memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya untuk tubuh saja, minyak zaitun ini juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok sera alami.

Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun yaitu, (30 menit sebelum keramas) pertama ambil 1 sdm minyak zaitun, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.

2. Tomat, Minyak Zaitun dan Lidah Buaya

Untuk hasil yang lebih optimal, kita bisa mengkombinasikan minyak zaitun dengan bahan alami lainnya, seperti tomat atau lidah buaya atau kombinasi dari ketiganya.

Cara mengatasi rambut rontok dengan tomat, dan minyak zaitun, yaitu hancurkan 1 buah tomat kemudiantambahkan satu sendok minyak zaitun. Lalu, panaskan campuran ini hingga menjadi terasa lebih hangat dan Anda bisa menggunakannya pada kulit kepala dengan cara dioleskan. Kemudian, diamkan selama kurang lebih setengah jam. Nah, anda bisa juga menambahkan daging lidah buaya pada campuran bahan tersebut.

3. Masker Pisang, Alpukat, Melon dan Semangka

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya bisa anda lakukan dengan memanfaatkan buah-buahan untuk dijadikan masker rambut. Jika anda memiliki banyak stok buah pisang, alpukat, melon  adan semanggka cobalah untuk memanfaatkannya sebagai masker alami.

Selain baik untuk dikonsumsi, buah-buahan tersebut juga sangat baik untuk dijadikan masker untuk mengatasi rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok dengan masker buah tersebut yaitu pertama blender sampai halus ke buah tersebut lalu tambahakan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk sampai merata. Setelah itu oleskan keseluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Kandungan asam sitrat dan antioksidan pada buah-buahan tersebut sangat baik untuk kesehatan rambut. Juga pada buah alpukat dan yoghurt berkhasiat sebagai pelembab untuk rambut. Sedangkan buah pisang, semangka dan melon bisa membuat rambut kamu menjadi lebih berkilau dan sehat.

4. Pijit Kepala Dengan Campuran Teh Hijau & Daun Seledri

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan menggunakan teh hijau dan daun seledri. Siapkan terlebih dahulu  handuk kecil bersih, mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat, serta teh Hijau dan daun Seledri yang telah diseduh.

Nah, cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau dan daun seledri yang pertama adalah ambil 1 handuk kecil bersih tadi lalu rendam handuk tersebut kedalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 2-5 menit. Selanjutnya peras handuk tersebut dan tutup kepada menggunakan handuk yang sudah diperas tadi selama kurang lebih 10 menit.

Setelah 10 menit, teteskan teh hijau dan selendri secara bertahap kepada kulit kepala, kamu bisa memijat kulit kepala kamu agar tetesan tersebut menyerap ke kulit kepala. Terakhir bilas rambut hingga bersih.

5. Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur

Cara mengatasi rambut rontok yang tidak kalah ampuhnya adalah dengan memanfaatkan 3 jenis bahan ini. Bagaimana caranya? Pertama blender halus buah mangga, 1 sendok makan yoghurt serta 2 butir kuning telur. Hasil blenderan kemudian disaring pisahkan dengan serat-serat kasarnya. Ambil yang bagian serat halus kemudian oleskan pada rambut secara merata. Beri sedikit pijatan di kepala. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Minyak Kemiri

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri ini sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, bahkan sudah dilakukan sejak dahulu. Minyak kemiri juga bermanfaa untuk menyuburkan rambut secara alami.

Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan minyak kemiri sangatlah mudah, yaitu, tuangkan minyak kemiri ke telapak tangan secukupnya, lalu usapkan kepada seluruh rambut hingga akar rambut secara merata. Dan diamkan sekitar 1-2 jam sambil memberikan pijatan secara perlahan dikulit kepala. Setelah itu, bersihkan rambut (keramas) hingga bersih dengan shampo.

7. Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan lidah buaya yaitu ambil daging lidah buaya kemudian oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 15-25 menit lalu kamu bisa membersihkan rambut dengan shampo dengan air bersih. Pada saat keramas sangat disarankan untuk menggunakan air yang mengalir.

8. Lidah Buaya dan Madu

Selain dengan menggunakan lidah buaya saja, untuk hasil yang lebih maksimal anda juga bisa menambahkan madu ke dalamnya. Silahkan ambil daging lidah buaya lalu tambahkan dengan sedikit madu kemudian bahan tersebut bisa dioleskan pada rambut Anda. Diamkan hingga 20  menit dan jangan lupa untuk membersihkan rambut Anda dengan menggunakan shampo.

9. Masker Kentang

Selain dengan masker buah-buahan, masker kentang juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Pertama haluskan kentang dengan menambahkan madu serta putih telur sampai halus. Kemudian aplikasikan pada rambut sebagai masker. Diamkan sekitar 30-60 menit setelah itu bilas hingga bersih. Selain menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok, jus kentang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut kering dan beruban.

10. Bawang Putih

Kalau selama ini kita hanya mengetahui bahwa bawang putih itu untuk masak saja, ternyata salah. Ada banyak manfaat bawang putih yang lainnya, salah satunya adalah untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat anti bakteri pada bawang putih.

Jika kerontokan rambut anda diakibatkan oleh infeksi maka cara ini sangat ampuh untuk mengatasinya, caranya yaitu pertama haluskan beberapa siung bawang putih anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak ziatun kemudian aplikasikan pada kulit kepala. Biarkan sekitar 30 menit setelah itu bilas hingga bersih. Selain itu kandungan sulfur pada bawang putih juga mampu memperlancar sirkulasi darah pada folikel rambut. Untuk hasil yang maksimal lakukan kebiasaan ini setiap hari sebelum keramas.

11. Bawang Merah

Selain dengan bawang putih, cara mengatasi rambut rontok yang cukup ampuh yakni dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang tinggi yang menjadikan bawang merah sebagai obat alami untuk mengatasi rambut rontok. Caranya yaitu haluskan bawang merah seperti jus, anda juga bisa menambahkan minyak zaitu beberapa tetes kemudian oleskan pada rambut hingga rata. Setelah 30 menit kamu bisa bilas menggunakan shampo untuk sedikit mengurangi bau yang ditimbulkan oleh bawang merah ini.

12. Santan

Santan juga bisa kita gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Sebenarnya, santan juga berfungsi untuk mengkilaukan rambut secara alami. Cara mengatasi rambut rontok yaitu, siapkan segelas santan kemudian oleskan keseluruh permukaan rambut hingga mengenai kulit kepala hingga merata. Setelah 30 menit kamu bisa langsung bilas dengan shampo dan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu. Rambut anda akan berkilau sehat dan rontok akan teratasi.

13. Jahe

Jahe selama ini lebih dikenal untuk bumbu masak dan wedang penghangat tubuh, ternyata juga dapat kita manfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan Zingeron di dalamnya. Cara mengatasi rambut rontok menggunakan jahe yaitu, sediakan 1 siung jahe kupas kulitnya, cuci bersih kemudian parut jahe tersebut lalu aplikasikan parutan jahe ke kulit rambut hingga rata. Biarkan selama 20 menit agar jahe menstimulasi sel-sel rambut. Setelah 20 menit bersihkan rambut dengan shampo dan air besih.

14. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, nah ternyata jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya yang dapat menjaga kesehatan rambut. Caranya, potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu gosok-gosok potongan jeruk nipis ke rambut. Setelah 15 menit bilas cuci rambut hingga bersih.

15. Minyak Lavender

Minyak lavender juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Minyak ini memiliki antiseptik yang sangat kuat yang berfungsi sebagai desinfektan untuk kulit kepala kita. Untuk mendapat manfaat minyak lavender sebagai obat rambut rontok adalah dengan cara meteteskan sekitar 10 tetes minyak lavender, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial seperti minyak zaitun kedalamnya lalu oleskan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 20 menit lalu berishkan rambut.

16. Jangan Sisir Saat Basah

Salah satu tips mengatasi rambut rontok adalah dengan tidak menyisinya ketika rambut sedang basah. Ditambah lagi jangan tidur pada saat rambut sedang basah, karena akan membuat rambut semakin rontok. Sisirlah rambut dengan gerigi yang jarang.

17. Vitamin B12

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, rambut membutuhkan vitamin B12 . Vitamin B12 akan menjaga sel-sel pada rambut dan juga membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Vitamin B12 dapat membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah sehingga membantu dalam menyediakan oksigen dalam tubuh. Diantara sumber makanan yang memiliki vitamin B12 diantaranya daging, telur, susu, unggas dan jenis makanan lainnya.

18. Protein

Selain vitamin B12, protein juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan rambut kita. Konsumsilah makanan yang mengandung protein seperti daging, berbagai jenis ikan, telur, keju, dan susu sapi.

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan? Rambut rontok bila dibiarkan akan mengakibatkan kebotakan, hal ini tentu saja sangat tidak mengenakan, dan dapat membuat percaya diri kita berkurang.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi rambut rontok secara alami dari kami, semoga bermanfaat untuk anda semua. Baca juga 23 Cara Melebatkan Rambut Secara Alami

Leave a Reply