17 Tips Mencegah Rambut Rontok yang Harus Dilakukan

Cara Mencegah Rambut Rontok – Rambut merupakan mahkotanya wanita, tidak hanya untuk wanita saja, tetapi juga untuk laki-laki. Dengan rambut yang bagus dan tertata dengan baik tentu kita akan lebih terlihat cantik atau keren.

Namun, apa jadinya kalau rambut kita mengalami kerontokan? Rontok pada rambut alamiah terjadinya, rambut yang mati lama-kelamaan akan rontok dan digantikan denga rambut yang baru. Namun apabila rambut rontok lebih banyak maka ini merupakan masalah, karena dapat mengakibatkan rambut botak.

Apa anda mengalami masalah dengan rambut rontok? Sebelum rontpk anda lebih parah atau sebelum anda mengalami kerontokan pada rambut (bagi yang belum mengalaminya) ada baiknya agar dicegah terlebih dahulu. Kali ini Tipscantika akan berbagai informasi bagaimana cara mencegah rambut rontok?

Cara Mencegah Rambut Rontok

Cara Mencegah Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok

Namun, ada baiknya sebelum anda mengetahui bagaimana cara mencegah rambut rontok, anda harus tahu lebih dahulu apa penyebab rambut rontok? Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang harus anda ketahui:

  • Gangguan hormon
  • Kekurnagna Nutrisi
  • Penggunaan bahan kimia berlebihan
  • Penggunaan alat penata rambut berlebihan
  • Efek samping obat
  • Jarang keramas
  • Terlalu kencang mengikat rambut
  • Penyakit tertentu
  • Kehamilan
  • Gangguan emosional
  • Paparan sinar matahari dan polusi
  • Rokok, dan
  • Infeksi

Nah, itulah beberapa penyebab rambut rontok yang harus anda kethaui. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara mencegah rambut rontok.

Cara Mencegah Rambut Rontok

Berikut ini beberapa cara mencegah rambut rontok yang bisa anda lakukan:

1. Berhenti merokok

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas bahwa merokok merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa di dalam rokok terdapat banyak zat adiktif yang dapat merusak organ yang ada didalam tubuh seperti paru-paru, jantung dan lain sebagainya.

Tahukah anda, selain dapat merusak organ tersebut zat adiktif tersebut juga dapat merusak kesuburan rambut kita, karna dari sebuah penelitian yang baru diterbitkan dalam sebuah jurnal Archives of Dermatology, rokok dapat merusak suplai darah ke folikel rambut.

Maka dari itu, berhentilah merokok sekarang juga.

2. Jangan Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Terlalu kencang mengikat rambut juga dapat mengakibatkan rambut rontok. Hal ini dikarenakan mengikat rambut yang terlalu kencang dapat mengakibatkan akar rambut menjadi tertarik sehingga hal ini dapat memicu terjadinya kerontokan. Apabila ingin mengikat rambut dengan kuat usahakan tidak lebih dari dua jam. Karena ikatan yang kuat tidak hanya membuat rambut rontok tetapi juga sakit kepala.

Nah, tidak terlalu kencang mengikat rambut merupakan salah satu cara mencegah rambut rontok yang cukup efektif (khusus bagi yang suka mengibat rambut kencang)

3. Hindari Penggunaan Obat-Obatan Berlebihan

Sebisa mungkin hindarilah penggunaan obat-obatan yang dapat mengakibatkan rambut rontok seperti obat untuk depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi. Kerontokan akan berkurang apabila penggunaan obat dihentikan.

4. Minimalisir Penggunaan Alat Penata Rambut

Menata rambut yang bertujuan untuk mempercantik penampilan jika dilakukan terus menerus dan dalam waktu yang lama justru dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak dan rontok. Beberapa peralatan kecantikan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut seperti alat pencatokan dan pengeritingan rambut berdampak buruk bagi rambut. Alat catok digunakan dekat dengan kulit kepala sehingga membuat akar rambut menjadi kering dan rambut menjadi lebih cepat patah.

Untuk alat pengeriting rambut, akan berdampat membuat akar rambut tertarik sehingga rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang. Alat lain yang sering digunakan ialah hair dryer atau pengering rambut. Penggunaan alat ini yang terlalu sering mengakibatkan rambut menjadi cepat kering dan membuat akar rambut patah sehingga kerontokan menjadi lebih cepat terjadi.

Maka dari itu, sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering menggunakan peralatan tersebut.

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Zat Kimia

Pengguanaan zat kimia untuk rambut juga dapat mengakibatkan berbagai kerusakan pada rambut. Pewarna rambut meruapakan yang paling kita gunakan.  Pewarnaan rambut yang terlalu sering dan menggunakan dosis yang berlebihan dapat memicu kerusakan rambut. Oleh sebab itu, telitilah sebelum melakukan pewarnaan pada rambut. Selain itu zat kimia yang digunakan pada proses pelurusan rambut atau rebounding. Proses pendiaman rambut selama 30 menit pada pelurusan rambut ini memperparah kerontokan yang akan dialami oleh rambut.

Boleh-boleh saja menggunakan berbagai zat kimia untuk rambut namun dengan catatan tidak terlalu sering atau berlebihan.

6.Tidur yang cukup

Sebagaiaman yang sudah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab rambut rontok adalah karena stress, maka dari itu tidur cukup juga merupakan salah satu cara mencegah rambut rontok yang bisa kita lakukan. Kurang tidur dapat mengganggu pola makan, kemampuan kerja, dan suasana hati secara keseluruhan, yang selanjutnya dapat menyebabkan rambut rontok akibat stres atau gelisah.

  • Perbaiki gangguan tidur dengan cara membentuk pola tidur yang teratur—yaitu, bangun dan tidur pada jam yang sama setiap hari. Usahakan untuk tidur setidaknya selama 7-8 jam setiap malam.
  • Jangan mengerjakan hal-hal yang terlalu menstimulasi sebelum tidur. Jangan menonton film atau acara TV horor, jauhi layar komputer dan telepon genggam yang terang, dan jangan berolahraga atau makan apa pun. Sebaliknya, bacalah buku atau berendam di dalam air panas.

7. Jalani pola makan yang sehat

Pola makan yangb aik juga akan berdampak positif untuk kesehatan rambut kita. Seperti, makalah tiga kali sehari, jangan melewatkan sarapan pagi karena hal ini dapat mencegah kita untuk ngemil yang tidak sehat sebelum siang. Sebisa mungkin juga hindarilah makanan olahan, bergula, dan kaya akan lemak trans. Sebaliknya, santaplah lebih banyak buah-buahan, sayuran, serealia utuh, protein tanpa lemak, dan makanan yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, seperti avokad, ikan berminyak, kacang-kacangan, dan zaitun.

8. Rutin Berolahraga

Pola hidup sehat seperti rajin berolahraga juga dapat membantu menghilangkan stres serta membuat metabolisme dalam tubuh kita menjadi lebih baik. Saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin—dikenal juga sebagai hormon bahagia—yang membantu Anda merasa lebih tenang dan santai.

9. Kunjungi terapis

Khusus untuk anda yang mengalami stress, mengunjungi terapis bisa menjadi salah satu solusinya. Khusus untuk anda yang mengalami perubahan fisiologis yang besar, seperti operasi bedah, kecelakaan mobil, sakit, atau melahirkan, dapat menjadi hal yang sangat traumatis bagi tubuh, bahkan jika secara mental Anda tidak apa-apa. Itulah mengapa orang-orang sering mengalami rambut rontok 3-6 bulan setelah perubahan fisik yang besar.

10. Makan cukup protein

Mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi juga menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok. Jika rambut anda kekurangna asupan protein maka dapat mengakibatkan pertumbuhan rambut menjadi terhenti.sehingga rambut yang sudah ada mencapai akhir siklus pertumbuhan dan secara alami rontok (dalam proses yang disebut katagen), dapat tampak seakan rambut Anda menjadi lebih sedikit.

Mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein seperti ikan (tuna, salmon, halibut), daging putih yang berasal dari unggas (kalkun, ayam), telur, produk susu (susu, keju, yoghurt), kacang-kacangan (kacang merah, kacang putih, kacang kratok, kacang hitam), daging sapi, daging sapi muda, daging babi, dan tahu.

11. Tingkatkan asupan vitamin B, dan kurangi asupan vitamin A

Selain asupan protein, anda juga harus memenuhi beberapa nutrisi lainnya seperti penuhi vitamin B namun kurangi asupan vitamin A. Kenapa? Konsumsilah ikan, daging tanpa lemak, sayuran berpati, dan buah-buahan selain jeruk yang merupakan sumber vitamin B yang sangat baik. Sementara untuk mengurangi asupan vitamin A, hentikan konsumsi semua suplemen atau obat yang mengandung vitamin A. Ingat, asupan harian vitamin A yang dianjurkan (untuk semua orang yang berusia 4 tahun ke atas) adalah 5.000 IU.

12. Hindari pola makan rendah kalori

Sebaiknya anda juga menghindari diet berlebihan karena makanan yang rendah kaloribiasanya tidak menyediakan banyak vitamin, gizi, dan lemak sehat yang diperlukan tubuh untuk berfungsi dengan baik serta menjaga kesehatan pertumbuhan rambut.

13. Merawat rambut dengan baik

Cara mencegah rambut rontok berikutnya adalah dengan merawat rambut dengan baik. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang bisa anda lakukan:

  • Mulailah dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Rambut kering memerlukan produk pelembap super yang lebih kaya, sedangkan rambut berminyak atau sangat halus memerlukan produk yang lebih ringan yang dirancang untuk penggunaan reguler.
  • Jangan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung terlalu banyak zat kimia. Jangan menggunakan sampo yang mengandung sulfat atau paraben. Sebaliknya, gunakanlah sampo berbahan alami dan organik.
  • Jangan terlalu sering keramas, karena dapat menghilangkan minyak alami rambut, sehingga rambut menjadi kering, getas, dan rentan patah. Setiap 2-3 hari sekali merupakan jadwal keramas yang cocok untuk sebagian besar jenis rambut.
  • Rawat rambut lebih lanjut dengan cara mendapatkan perawatan kelembapan dan kilau rambut di salon terdekat, atau membuat masker rambut alami di rumah. Berbagai macam minyak, seperti kelapa, argan, dan almon, dapat sangat membantu meningkatkan kondisi rambut, sehingga menjadi halus dan lembut.
  • Jaga kondisi rambut tetap baik dengan cara memotong rambut setiap 6-8 minggu sekali. Memotong rambut dapat menghilangkan ujung rambut yang bercabang, serta membantu rambut terasa dan tampak bagus.

14. Jangan menata rambut terlalu berlebihan

Menata rambut itu sangat perlu, namun jika berlebihan tentu saja dapat berakibat tidak baik. Pengeringan rambut dengan suhu panas, serta pelurusan dan pengeritingan rambut dengan alat penata rambut yang menggunakan panas dapat merusak rambut.

  • Jangan terlalu sering memainkan rambut, seperti memilin, menarik, atau mematahkan ujung rambut yang bercabang. Selain itu, hati-hati juga saat mengucir rambut dengan gaya ekor kuda (ponytail)—ikatan yang terlalu erat dapat menyebabkan rambut rontok (traction alopecia). Biarkan rambut tergerai (khususnya pada malam hari) sesering mungkin. Bereksperimenlah dengan gaya rambut seperti kucir ekor kuda rendah dan berbagai jenis kepang. Jangan terlalu sering menyikat rambut.

15. Creambath

Creambath bisa menjadi salah satu solusi untuk memberikan nutrisi pada rambut. Saat melakukan Creambath, dan saat melakukan pemijataan, hal ini dapat membuat anda rilex dan tenang. Manfaat Creambath juga dapat sebagai salah satu cara untuk anda akan lebih rilex dan merasa nyaman.

Berbagai macam fungsi dan manfaat Creambath, Creambath menggunakan lidah buaya dan fungsinya dapat menebalkan rambut dan mencegah rambut rontok secara alami. Creambath menggunaka stroberi, stroberi dapat mengatasi rambut yang pecah – pecah dan juga akan membuat rambut anda segar dan harum. bahan Creambath juga ada yang mengandung asam animo, vitamin B kopleks, Kalsium serta biotin.

16. Hair spa

Selain creambath, hair spa juga sangat baik untuk merawat rambut. Hair spa bertujuan untuk merilexskan rambut, sehingga akan membuat rambut anda lebih sehat dan indah. Hair spa, yang dapa melancarkan dara naik ke kepala. Dan hal ini dapat membuat rambut anda tidak mudah rapuh dan tidak mudah rontok, Saat anda melakukan hair spa anda akan merasa rilex dan merasa tenang.

17. Hair mask

Cara mencegah rambut rontok berikutnya adalah dengan hair mask, atau memaskeri rambut dengan bahan-bahan alami. Anda bisa menggunakan berbagai bahan untuk masker rambut seperti dari buah Alpukat, lidah buaya.

Tips

  • Memeriksa dan mengurangi tuntutan sosial, emosional, dan profesional yang diminta dari Anda, dan juga yang Anda tuntut dari orang lain, dapat membantu menurunkan stres.
  • Pijat tidak hanya meredakan ketegangan otot, tetapi juga meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh, serta membantu mengurangi stres emosional dan mental.
  • Menulis jurnal memungkinkan Anda menyalurkan kejengkelan terpendam.

Baca juga Cara Melembutkan Rambut Kasar Secara Alami

Leave a Reply