Cara Memerahkan Bibir dengan Kunyit Secara Alami

Cara Memerahkan Bibir dengan Kunyit – Memiliki warna bibir merah alami tentunya menjadi idaman bagi setiap perempuan. Bahkan, tak jarang pria juga menginginkan bibir dengan warna merah alami yang begitu menawan. Selain memberikan kesan alami, warna bibir ternyata juga dapat memberi tanda pada tubuh Kamu ketika Kamu sedang kurang sehat.

Salah satu cara memerahkan bibir secara alami adalah dengan menggunakan bahan kunyit. Sebelum mengetahui bagaimana cara memerahkan bibir dengan kunyit, ada baiknya bagi Anda untuk mengenal arti warna bibir yang menunjukkan kondisi kesehatan. Lantas, bagaimana ciri-ciri warna bibir yang mencerminkan kesehatan atau kondisi tubuh? Yuk, simak penjelasan berikut!

Cara Memerahkan Bibir dengan Kunyit via Youtube

Cara Memerahkan Bibir dengan Kunyit via Youtube

Ini Dia, Ciri-Ciri Warna Bibir Alami Yang Sehat

Menurut beberapa penelitian, kondisi kesehatan dari badanmu dapat dilihat melalui warna pada bibirmu. Tentunya, warna merah alami disini bukan karena lipstik atau zat lainnya ya.Nah, berikut ini adalah beberapa warna bibir alami dan artinya masing-masing:

1. Warna merah super terang

Memiliki warna bibir yang alami dan berwarna merah tentunya dapat menjadi indikator tubuh Kamu yang artinya kondisi dari tubuhmu sehat.

Namun, jika warna merah yang dihasilkan terlalu terang, Kamu harus cukup waspada. Pasalnya hal tersebut karena dapat menunjukkan reaksi dari liver atau limpa yang sedang kurang baik. Hal lain dari kondisi ini juga memungkinkan terjadi sebab nafsu makan Kamu yang cukup besar sehingga menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Warna Keunguan atau Agak Hijau

Pada saat kondisi disekitar Kamu memiliki cuaca yang cukup dingin, maka warna bibir akan cenderung pucat dan keunguan. Namun saat cuacanya normal tetapi kemudian bibirmu berwarna keunguan atau bahan agak condong ke warna hijau, ada baiknya Kamu memeriksakan kondisi kesehatanmu. Hak ini karena warna tersebut dapat mengartikan mengenai masalah penyakit jantung atau pernapasan.

3. Warna Merah Jambu

Warna bibir yang baik dan memiliki kondisi tubuh yang juga baik biasanya dicerminkan dengan warna bibir berwarna merah jambu. Tentunya, ini menjadi kabar baik yang cukup melegakan bagi Kamu yang memiliki bibir berwarna merah jambu.

4. Warna Merah Gelap dan Cenderung Hitam

Pemilik warna bibir ini biasanya adalah mereka yang merokok, warna ini dihasilkan karena adanya zat-zat di dalam rokok sehingga menimbulkan warna merah gelap dan bahkan cenderung hitam.

Namun, jika Kamu buka seorang perokok tetapi memiliki warna bibir sedemikian rupa, sepertinya Kamu sedang mengalami masalah dengan pencernaanmu.

Kemungkinannya adalah pencernaanmu sedang bekerja terlalu berat atau bahkan sedang tidak berfungsi baik seperti biasanya. Untuk mengatasi hal ini, Kamu perlu untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat dan banyak minum air putih hangat.

5. Warna Merah Gelap atau Bergaris Keunguan

Warna ini pada bibir adalah memiliki kemungkinan dari tubuh yang sedang kurang sehat atau kurang fit. Ada baiknya agar Kamu mengatur pola makanmu dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet buatan.

Sebelum Kamu memutuskan untuk bertindak lebih jauh, ada baiknya Kamu mengunjungi dokter untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatanmu. Hal ini juga dimaksudkan agar Kamu mendapatkan perawatan yang tepat dan tidak asal-asalan.

Cara Membuat Campuran Kunyit Untuk Bibir

Bagaimana cara mendapatkan warna bibir yang merah dengan cara yang alami? Jawabannya adalah menggunakan kunyit yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya. Sejak lama, kunyit telah dikenal sebagai bahan alami yang dapat membantu mencerahkan warna bibir agar menjadi lebih indah.

Selain menjadi bumbu dapur yang dapat melezatkan rasa masakan, kunyit dipercaya memiliki banyak manfaat lain, selain mampu menghilangkan bau amis pada daging.Kunyit dapat dijadikan sebagai bahan-bahan dasar didalam merawat kecantikan.

Meski perkembangan zaman sudah semakin modern, namun kunyit masih banyak dijadikan bahan kecantikan seperti masker wajah hingga dapat pula dijadikan sebagai pemerah bibir secara alami.

Cara kerja dari tumbuhan herbal yang satu ini adalah karena di dalam kunyit mengandung banyak khasiat yang dapat bermanfaat bagi tubuh termasuk kulit. Kunyit juga diketahui dapat mencerahkan warna pigmen pada kulit, mengurangi pembengkakan pada kulit hingga menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada kulit.

Bahan aktif yang terdapat pada kunyit dipercaya dapat mencegah anti inflamasi dan kaya akan kandungan antioksidan yang dapat meresap langsung pada lapisan kulit.

Dengan itu menggunakan kunyit langsung di atas kulit tentunya juga disarankan yang tak hanya untuk dikonsumsi semata khususnya untuk mencerahkan warna bibir Kamu. Kunyit juga dapat dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya agar hasilnya lebih maksimal misalnya minyak zaitun dan madu.

Minyak zaitun adalah sebuah bahan alami yang dipercaya dapat melembabkan dan melembutkan kulit dan bibir, adanya minyak zaitun telah sejak zaman dahulu digunakan untuk bahan-bahan kecantikan. Bahkan para perempuan-perempuan arab juga sering menggunakan bahan alami yang satu ini.

Panduan Cara Memerahkan Bibir dengan Kunyit

Lalu, bagaimana caranya membuat campuran masker bibir alami dari kunyit? Simak penjelasan berikut ini:

1. Kombinasikan dengan Minyak Zaitun

Untuk campuran pertama yang digunakan adalah menggunakan minyak zaitun, begini cara membuatnya:

  • Siapkan kunyit segar, kemudian bersihkan dari kulit-kulitnya. Lalu haluskan kunyit tersebut dengan pelumat seperti blender atau parutan. Usahakan Kamu mendapatkan hasil yang halus ya.
  • Pisahkan kurang lebih seperempat dari kunyit yang sudah Kamu haluskan, kemudian tambahkan kurang lebih 1 sendok teh berisi minyak zaitun, aduk secara perlahan hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  • Setelah proses diatas selesai, oleskan sedikit demi sedikit campuran kunyit dan minyak zaitun ke atas bibir Kamu sambil dilakukan pijatan halus secara melingkar agar memudahkan bahan-bahan tadi meresap lebih baik. Lakukan pijatan halus seperti sebelumnya hingga kurun waktu kurang lebih 3 hingga 5 menit ke depan, setelah itu diamkan campuran kunyit dan minyak zaitun tersebut agar meresap selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah 20 menit berlalu proses selanjutnya adalah membersihkan area bibir dengan air yang hangat. Bersihkan hingga tidak tersisa kunyit-kunyit yang menempel, kemudian keringkan area bibirmu dengan handuk atau tissue.
  • Lakukan cara di atas dengan rutin selama kurang lebih seminggu untuk menghasilkan hasil yang di inginkan atau dengan waktu yang Kamu tentukan sendiri sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Itu dia. Langkah-langkah membuat masker pencerah bibir dari bahan alami kunyit dengan campuran minyak zaitun. Sangat mudah dibuat bukan?

2. Campuran Kunyit, Susu dan Lemon

Selain menggunakan minyak zaitun, bahan lain yang dapat Kamu gunakan untuk mencampur kunyit agar mendapatkan hasil yang memuaskan adalah dengan mencampurkan susu dan lemon.

Kandungan dari dalam susu dipercaya dapat mencerahkan, membersihkan bahkan melembutkan area kulitmu termasuk juga untuk melembutkan bibir. Untuk kandungan dari  lemon dipercaya dapat mencerahkan karena kandungan vitamin c nya begitu baik dan tinggi.

Hal ini tentu akan menjadikan kombinasi yang bagus jika kedua bahan tersebut dicampurkan dengan kunyit untuk mendapatkan tampilan bibir yang sempurna. Lantas, bagaimana cara membuat campuran dari ketiga bahan tersebut? Ikuti petunjuk berikut ini.

  • Siapkan satu buah kunyit yang sudah Kamu bersihkan dan haluskan, kurang lebih Kamu dapat menggunakan 1 sendok teh, jika Kamu ingin yang lebih mudah, Kamu juga dapat menggunakan bubuk kunyit yang kini telah terjual di pasaran.
  • Siapkan 1 sendok teh susu murni dengan tambahan setengah sendok teh air lemon kedalam sebuah wadah. Campurkan dan aduk rata kunyit, susu murni dan lemon hingga membentuk adonan seperti pasta.
  • Aplikasikan adonan tadi ke atas permukaan bibirmu dengan meratakannya sembari dilakukan pijatan ringan secara merata agar lebih mudah meresap.
  • Diamkan proses sebelumnya selama kurun waktu 20 menit hingga kering dan kemudian baru dilakukan pembilasan dengan air hangat yang kemudian disusul dengan mengeringkan.
  • Lakukan cara diatas dengan rutin satu kali sehari selama kurang lebih satu minggu atau lebih sesuai dengan kebutuhanmu.

Itulah caranya. Sangat mudah bukan? Nah, bahan lain yang dapat digunakan untuk mencerahkan dan melembutkan tekstur bibir adalah madu.

3. Kombinasikan dengan Madu

Madu dipercaya dapat dijadikan obat segala obat, bahkan tak jarang yang menggunakan madu untuk kecantikan dengan mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Berikut adalah cara membuat campuran kunyit dan madu untuk mendapatkan warna bibir cantik dan terbaik:

  • Siapkan kurang lebih seperempat kunyit yang sudah dibersihkan dari kulitnya atau Kamu juga dapat menggunakan bubuk kunyit dengan takaran yang sama.
  • Masukan kunyit kedalam wadah bersih
  • Tuangkan cairan madu murni sedikit demi sedikit dengan takaran kurang lebih setengah sendok teh atau lebih jika Kamu ingin mendapatkan pasta yang lebih kental.
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga menjadi adonan yang dapat diaplikasikan ke bibirmu.
  • Aplikasikan campuran dari kunyit dan madu ke atas permukaan bibir yang telah dibersihkan sebelumnya. Kemudian lakukan pijatan ringan selama kurang lebih 5 menit untuk memungkinkan semua bahan meresap dengan sempurna makan diamkan campuran tadi di atas bibirmu selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah semua prose telah selesai, bersihkan are bibirmu menggunakan air hangat lalu kemudian keringkan menggunakan handuk bersih atau tissue.
  • Lakukan step-step diatas dengan rutin selama seminggu atau lebih sesuai dengan kebutuhanmu.

Demikian itulah langkah mudah membuat masker bibir alami menggunakan kombinasi kunyit dan madu. Dengan melakukan perawatan rutin menggunakan kedua bahan alami bermanfaat tersebut, Kamu pastinya akan segera memiliki bibir merah alami yang cantik dan menawar.

Cara Mudah Membuat Masker Kunyit Untuk Wajah

Selain dapat digunakan sebagai masker pemerah bibir secara alami,kunyit juga bisa digunakan sebagai masker untuk wajah. Berikut penjelasannya:

1. Masker kunyit dan yoghurt

Tak hanya dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajahmu, kedua campuran ini juga dapat membuat wajahmu bercahaya, kenyal dan terasa lebih halus. Terlebih jika digunakan pada wajah yang memiliki bekas-bekas jerawat membandel. Sifat alami antiradang dan antibakteri yang terkandung di dalamnya mampu membantu mengurangi bekas luka dan jerawat yang ada di mukamu.

2. Masker Kunyit dan Pepaya

Masker dari buah pepaya ini umumnya dibuat untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun dapat mengaplikasikan pada mukanya.

Pepaya mengandung zat papain yang sangat bermanfaat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajahmu. Manfaat lain dari dua zat ini adalah dapat mengembalikan keelastisan kulit wajah yang mulai kendur.

3. Masker kunyit dan kasturi

Kandungan dari kasturi yang dipercaya dapat mengecilkan pori sekaligus membuat jerawat-jerawat yang ada pada wajah mengempes dan hilang. Kandungan antibakteri pada katsuri juga dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat yang akan timbul akan dibasmi oleh kandungan dari kasturi.

4. Masker Kunyit dan Yoghurt

Kedua kandungan dari campuran kunyit dan yoghurt dapat melembabkan sekaligus mengaluskan tekstur kulit. Ini sangat baik untuk Kamu yang kulitnya mungkin sedang jerawatan atau bruntusan.

5. Masker Kunyit dan Madu

Selain dapat digunakan pada bibir. Kedua campuran bahan ini juga dapat digunakan pada wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan bersinar. Bahkan dapat mengecilkan pori dan membuat jerawat kempes.

6. Masker Kunyit dan Air Mawar

Campuran antara kedua bahan ini dapat membuat permukaan kulit anda menjadi lebih halus dan lembut. Serta kandungan dari air mawar dapat membuat jerawat di muka menjadi kempes.

Cara-cara diatas tentunya adalah cara yang terbilang mudah dan murah. Apalagi bahan-bahan yang digunakan terbilang mudah untuk didapatkan dan juga menggunakan bahan alami yang bebas dari zat-zat kimia berbahaya.

Mengenal Aneka Manfaat Kunyit Lainnya

Manfaat dari kunyit juga tidak hanya untuk kecantikan saja. Berikut manfaat lain dari kunyit yang mungkin belum Kamu ketahui:

1. Meredakan peradangan

Zat aktif dari kunyit sangat kaya akan kandungan antioksidan yang mengadung efek antiradang. Dalam satu sendok kunyit mengandung kurang lebih 200 miligram kurkumin. Kurkumin sendiri dipercaya dapat memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab dari inflamasi di dalam tubuh.

Kandungan kurkumin juga bekerja untuk mengurangi peradangan dengan cara menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi dari hormon kortison alami di dalam kelenjar adrenal.

2. Meredakan nyeri datang bulan

Di indonesia kunyit begitu familiar untuk meredakan rasa nyeri yang timbul saat datang bulan. Biasanya,kunyit diolah menjadi sebuah jamu kunir asem oleh penjual jamu keliling, bahkan semakin pesatnya perkembangan zaman, jamu ini juga telah tersedia dengan versi bubuknya sehingga semakin memudahkanmu untuk mendapatkan segelas jamu kunir asem.

Kandungan dari kurkumin kunyit memiliki efek alami pereda nyeri (analgesik) yang bekerja dengan cara melemaskan kontraksi di rahim penyebab perut terasa kram. Selain itu kurkumin juga mengurangi ion kalsium yang masuk pada sel-sel epitel rahim dan juga mengurangi produksi dari hormon prostaglandin yang dapat menimbulkan rasa sakit dan peradangan.

3. Mengontrol gula darah

Jika Kamu memiliki penyakit diabetes, kunyit dapat digunakan untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil. Kunyit dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah sehingga jika Kamu mengonsumsi kunyit kadar darah dalam tubuhmu akan lebih terkontrol.

4. Mengurangi rasa mual

Ketika kunyit dicampurkan dengan lada hitam campuran dari dua zat ini dipercaya dapat mengurangi rasa mual yang Kamu rasakan.

5. Mengatasi perut kembung

Kandungan dari kunyit dipercaya dapat membantu otot-otot pada organ pencernaan agar dapat bergerak lancar dan mengurangi tekanan gas di dalam perut.  Kunyit juga membantu aktivitas lambung untuk menghentikan produksi daro asam yang berlebihan dan menyebabkan perut Kamu kembung.

6. Menurunkan berat badan

Kurkumin kunyit memiliki peran untuk menekan respons pada peradangan sel tumbuh  termasuk dari sel-sel pankreas, lemak, dan juga otot. Reaksi tersebut dapat membantu mengurangi resistensi insulin , menurunkan kadar gula darah hingga kadar kolesterol dalam tubuh.Dengan mengkonumsi asam jawa yang dicampur dengan kunyit dipercaya dapat membuat berat badan Kamu menurun.

****

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika kunyit memiliki banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kunyit sendiri termasuk kedalam salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di indonesia.

Umumnya, orang-orang menggunakan kunyit untuk bumbu dapur, jamu, bahkan obat dan dunia kecantikan. Yuk, gunakan tips-tips cara memerahkan bibir dengan kunyit. Melakukan perawatan kecantikan secara rutin menggunakan kulit pastinya akan membuat bibir dan wajah Kamu semakin cerah dan indah.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Memerahkan Bibir dengan Kunyit yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Baca juga: 11 Khasiat Kunyit untuk Wajah Cantik Alami

Leave a Reply