Cara Membuat Wajah Mulus & Cantik Bersinar

Cara Membuat Wajah Mulus – Memiliki wajah mulus nan cerah bersinar tentu menjadi idaman semua wanita. Namun kadangkala itu hanya angan saja karena banyak sekali permasalahan kulit yang dialami kaum hawa hingga sering menimbulkan ketidakpercayaan diri.

Mulai dari noda bintik hitam, jerawat, hingga warna kulit yang tidak merata. Hal ini juga bergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi kulit wajah, mulai dari produk perawatan hingga faktor genetik.

Tidak hanya produk kimia saja, ternyata produk alami juga memiliki banyak manfaat. Bayangkan apabila penggunaannya digabungkan. Wah, pasti dobel keuntungan, bukan?

Untuk itulah mengapa sekarang ini banyak wanita yang berbondong-bondong melakukan perawatan wajah dengan bahan alami. Selain untuk kulit putih dan mulus, bahan alami juga minim biaya dan bisa mudah ditemukan di sekitar rumah.

Lalu kira-kira bagaimana cara membuat wajah mulus bersinar? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Cara Membuat Wajah Mulus

Cara Membuat Wajah Mulus via Kataemak

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemulusan Kulit Wajah

Kadang kala, banyak wanita yang tidak sadar jika aktivitas atau kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari bisa merusak kulit wajah dan membuatnya tidak mulus. Umumnya pula, mereka memilih jalan pintas dengan perawatan di dokter kulit agar kulit kembali indah.

Tetapi asal tahu saja, cara seperti itu juga tidak akan bertahan lama apabila perawatanmu di rumah tidak bisa mengimbanginya.

Nah, selain kebiasaan buruk di rumah, kira-kira apa saja faktor yang mempengaruhi kemulusan kulit wajah wanita? Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Memakai Produk yang tidak Sesuai dengan Jenis Kulit

Langkah preventif paling bagus untuk mencegah kerusakan kulit adalah dengan memakai produk yang sesuai dengan jenis kulit itu sendiri. Contohnya saja, jika kulit wajahmu berminyak, maka kamu bisa memakai produk perawatan yang memang ditujukan untuk kulit berminyak.

Hal sama berlaku untuk jenis kulit berjerawat, kering, normal, dan lainnya. Pokoknya girls, sangat penting lho untuk mengetahui jenis kulit kamu. Pasalnya jika sudah tahu, kamu bisa memutuskan produk kecantikan mana yang kamu akan gunakan.

Daripada menerka-nerka apa sih jenis kulitmu, lebih baik langsung saja periksakan kepada ahlinya, yakni ke dokter spesialis kulit.

2. Memakai Produk yang Sudah Masuk Masa Kadaluarsa

Sangat penting untuk memperhatikan masa kadaluarsa produk kecantikanmu, girls. Hal ini karena produk akan digunakan langsung ke tubuh sehingga jika sudah kadaluwarsa, maka bisa merusak kulit. Jadi, hati-hati ya melihatnya!

3. Pemakaian Produk yang tidak Konsisten

Apapun hal yang dikerjakan dengan tidak konsisten maka tentu hasilnya tidak akan baik. Benar, bukan? Maka dari itu, kamu bisa menggunakan produk kecantikan secara konsisten ya. Jangan setengah-setengah atau bahkan berganti-ganti perawatan. Selain akan memperparah kerusakan kulit, pemakaian produk yang tidak konsisten juga bisa menimbulkan masalah baru.

4. Jarang Mencuci Wajah

Bagi mereka yang pemalas pasti sering mengalami masalah kulit. Hal ini karena mereka jarang mencuci wajah kala selesai beraktivitas di luar ruangan. Padahal, di area terbuka kuman dan bakteri sangat banyak dan mudah menempel di kulit.

Bayangkan jika kamu memakai make up dan beraktivitas di luar selama beberapa jam lalu pulang dan langsung tidur tanpa mencuci muka? Waaah, bisa-bisa wajahmu kusam, berjerawat, dan terkena masalah-masalah lainnya. Pasalnya selain bakteri dan kuman, ada pula keringat, debu, dan kumpulan kotoran lainnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Wajah Kusam Secara Alami

5. Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Bahaya menyentuh wajah terlalu sering adalah karena dapat menambah kotoran di wajah. Pasalnya, tangan kita menyimpan banyak kotoran yang sangat lembut dan tidak terlihat di mata. Kotoran ini tentu mengandung banyak bakteri yang akan berdampak tidak baik di kulit wajah.

Jadi, usahakan sentuh wajah kala sudah mencuci tangan sehabis memegang apapun. Jika sulit, maka usahakan untuk jarang menyentuh wajah saja.

6. Mengalami Stres Kronis

Mereka yang jarang mengalami stres atau beban pikiran berlebih pasti akan memiliki kulit bersih nan mulus. Hal ini sangat lumrah karena kondisi pikiran memang mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat kondisi pikiran santai dan jika memungkinkan, sesekali berilah refreshingagar otak dan tubuh segar kembali.

7. Memaksakan Produk yang tidak Cocok

Meskipun aneh, tapi ada lho girls beberapa wanita yang sudah ngefans berat dengan satu produk dan tidak mau pindah ke lain produk padahal di kulit wajahnya tidak cocok. Hati-hati, ini berbahaya banget. Pasalnya, kamu bisa mengalami kerusakan wajah permanen jika memberi asupan buruk pada kulitmu terus-menerus. Tidak mau, kan?

Ini Dia Cara Membuat Wajah Mulus & Cantik Bersinar!

Jika kulitmu saat ini bermasalah, jangan iri. Kamu juga bisa memiliki kulit wajah yang putih bersih mulus. Caranya? Ikuti aja ulasan dibawah ini. Check this out!

1. Tentukan Jenis Kulitmu

Apakah jenis kulit wajahmu kering? Ataukah malah berminyak? Atau bahkan normal? Nah, kamu perlu menentukannya lebih dulu. Silahkan ke dokter kulit. Tapi jika kamu tidak punya waktu, maka kamu bisa melakukan tes sederhana ini. Seperti apa?

Pertama, cuci wajahmu dan keringkan tanpa apapun, termasuk handuk atau sentuhan tangan. Diamkan selama 1 jam. Setelahnya, periksa wajah dengan tisu yang diusap di T-Zone, yakni spot antara hidung dan pipi.

Untuk kulit normal, kamu tidak akan mendapati minyak atau sisik kulit yang mengelupas. Malah, kulit tetap lembut dan halus. Maka beruntunglah kalian yang memiliki kulit wajah ini, girls. Sedangkan untuk kulit berminyak, maka tisu akan ditandai dengan adanya minyak. Orang-orang berkulit wajah ini umumnya juga memiliki pori-pori besar dan wajah selalu mengkilap.

Lain lagi untuk kulit kering. Wajah mungkin akan terasa kencang lantaran kulit terikat erat dengan pori-pori wajah yang umumnya berukuran kecil. Maka dari itu, sangat penting memakai pelembab bagi pemilik jenis kulit ini. Terakhir, untuk kulit kombinasi, kamu bisa menemukan ketiga ciri-ciri diatas, tergantung dominan yang mana.

2. Pakailah Cleansing Wash, Toner, hingga Scrub yang Cocok

Tentunya sebelum memakai produk-produk make up, kamu harus mengujinya lebih dulu ya agar tidak terjadi iritasi. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan pelayan yang ada di counter tempat kamu membeli make up dan perawatan kulit lainnya.

Tentunya, saat ini banyak sampel-sampel make up yang pasti bisa digunakan untuk pengujian pemakaian. Jika memungkinkan juga, cobalah untuk mendapatkan produk make up yang noncomedogenic. Artinya, carilah produk yang tidak akan menyumbat pori-pori sehingga akan menyebabkan jerawat.

3. Beli Sunblock yang Mengandung SPF 15 +

Untuk daily make up, carilah sunblock yang mengandung SPF 15+ agar wajahmu terlindung dari UVA dan UVB. Cari pula sunblock yang tidak mengandung minyak atau parfum.

Selain membuat kulit bersih, produk ini bisa membantumu mencegah kanker kulit dan kerusakan jaringan lainnya akibat paparan sinar matahari. Nah, lantaran saat ini sudah banyak sunblock yang mengandung pelembab, maka kamu bisa sekaligus menggunakannya untuk melembabkan kulit.

4. Gunakan Sabun  Cuci Muka Setiap Hari

Menggunakan sabun cuci muka setiap hari dengan menggunakannya seminggu sekali pasti akan terlihat perbedaannya. Jangan lupa, gunakan pula scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati.

Cucilah wajah dengan tangan. Jangan menggunakan waslap atau bahan abrasif lainnya.Hal ini karena waslap bisa menyebabkan iritasi. Untuk hasil terbaik, cuci wajah 1x di pagi hari dan 1x di malam hari.

Cara ini bagus untuk kulit wajah apapun, apalagi yang sangat berminyak dan berjerawat. Jangan lupa… Lembabkan wajah sehabis dicuci agar selalu lembab dan terhidrasi.

5. Bersihkan Riasan Secara Rutin

Pastikan untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur dari segala kotoran yang ada. Cucilah dengan air dan make up remover, lalu cuci kembali dengan cleanshing wash. Setelahmya, ulangi apa yang ada di poin 4 agar wajahmu selalu sehat terawat.

6. Lakukan Exofiliating

Untuk membersihkan secara menyeluruh, lakukan exfoliator ringan dari bahan exfoliator alami, seperti :

#Yogurt

Bahan ini mengandung asam laktat dan alphahidroksiacid yang biasanya ditemukan di produk perawatan kulit. Lantaran sangat baik untuk wajah, maka gunakan sekitar 20 menit dengan cara menggosok-gosokkannya secara lembut dan halus untuk kemudian dibersihkan dan dibilas.

#Gula Pasir

Siapa sangka, bahan pemanis ini bisa untuk wajah. Ternyata, gula mengandung asam glikolat dan Alphahidroksi yang bagus untuk meningkatkan kemampuan kulit agar dapat mempercepat produksi sel baru.

Cara penggunaannya, cukup setengah cangkir saja lalu ditambahkan minyak zaitun secukupnya. Aduk bahan tersebut hingga membentuk pasta. Jika sudah, oleskan di wajah dengan pijatan lembut dan gerakan melingkar. Diamkan 10 menit lalu basuh dengan air hangat.

#Pepaya

Bahan satu ini sangat bagus untuk mengelupas sel kulit mati dan menyamarkan bintik hitam serta bekas luka. Pasalnya, pepaya mengandung papain sehingga kala dioleskan ke tubuh, maka hasilnya kulit akan halus dan lembut.

#Pisang

Pisang juga bisa dijadikan sebagai exofiliator lho. Caranya, tumbuk pisanghingga halus dan campuri dengan apel plus madu. Setelah itu, gosokkan bahan ke wajah selama kurang lebih 2 menit lalubilas menggunakan air hangat.

7. Terapkan Toning untuk Mengencangkan Kulit

Merawat wajah secara natural bisa dengan memanfaatkan toning ya girls. Kalau kamu sudah merasa kulit wajahmu kendor, maka kamu bisa mencoba memakai toner sesuai jenis kulit. Pasalnya, toner sangat bermanfaat dalam membersihkan kotoran setelah mencuci wajah. Selain itu, toner juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan melembabkannya.

8. Pakai Natural Skin Pack

Untuk menggunakan skin pack, tidak perlu membeli mahal. Cukup pakai saja bahan-bahan alami di kulit, seperti kulit pisang dan soda kue. Kulit pisang bisa melawan tanda-tanda penuaan dini, misalnya saja keriput, paparan sinar matahari, hingga menghilangkan kantung mata.

Cara menggunakannya cukup dengan menggosok-gosokkan bagian dalam kulit pisang ke seluruh bagian wajah dan biarkan hingga mengering sekitar 30 menit. Hal ini bertujuan agar kulit bisa menyerap vitamin dan nutrisi yang ada di kulit pisang.

Sementara itu, soda kue berguna untuk mengatasi jerawat, menyamarkan noda, dan memutihkan kulit. Untuk menggunakannya, kamu cukup mencampur soda kue dengan madu untuk dijadikan masker. Jika sudah, diamkan selama 10 menit dan bilas.

9. Cuci Wajah dengan Kain Lembut

Bukan hanya bergantung pada produknya saja, cara mengelap wajah pun juga akan mempengaruhi kemulusan kulit lho. Pasalnya, menggosok wajah secara kasar akan merusak lapisan kulit hingga menyebabkan wajah kehilangan kelembutannya.

Perlakukan wajahmu layaknya barang berharga yang mahal dan rentan sehingga harus dilap dengan hati-hati.Cukup lap dengan pelan, jangan memberikan terlalu banyak tekanan dan membuat kapiler kulit wajah rusak. Selain itu, terlalu banyak tekanan juga akan membuat kulit meregang dan kemerah-merahan.

10. Makan dengan Benar

Makanan sehat tentu akan memberikan gizi yang cukup pada tubuh sehingga akan memberikan kecantikan dari dalam. Lalu apa menu makanan sehat yang baik? Dalam satu hari, kamu setidaknya harus makan buah dan sayur minimal 3 porsi. Hindari pula makanan berkafein, berminyak dan juga menu daging merah.

11. Jangan Sampai Dehidrasi

Agar tubuh kuat, kamu harus minum setidaknya 8 gelas per hari. Hindari pula minuman ringan yang banyak memiliki gula dan kafein. Lebih baik minum minuman yang mengandung antioksidan tinggi, seperti teh hijau.

12. Berolahraga

Olahraga sangat disarankan karena akan melancarkan metabolisme tubuh. Kamu bisa jogging, berenang, atau bahkan berjalan-jalan saja agar metabolisme tubuhmu terjaga sehingga kulit tetap sehat. Selain itu, dengan berolahragamaka kamu akan mengurangi stres.

13. Tidur yang Cukup

Standar tidur yang baik adalah tidur selama 8 jam dengan pulas. Jika kamu tidur 8 jam tapi tidak lelap itu juga sama saja. Tubuh akan cepat lelah dan kulit kusam. Sebaliknya, tidur nyenyak akan membuatmu segar kembali dan mampu menjalani rutinitas sehari-hari.

Tips Agar Kulit Wajah Mulus Bersinar

Untuk tips, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar mendapat kulit mulus, yaitu :

  • Berikan kulit dan tubuh perhatian ekstra
  • Berhentilah merokok karena selain merusak kesehatan, merokok dapat mempercepat penuaan dini dan membuat kulit kusam
  • Pastikan untuk menggunakan make up remover agar riasan luruh semua
  • Oleskan minyak zaitun setelah membersihkan riasan agar mengurangi dampak buruk penggunaan bahan kimia di kulit dan mencegah jerawat
  • Gunakan make up yang tidak menimbulkan jerawat, misalnya BB Cream atau alas bedak bermineral yang ringan
  • Gunakan minyak nimba atau minyak teatree untuk mengobati jerawat agar kulit yang sedang sensitif tidak semakin bermasalah
  • Lakukan exofoliasi menggunakan AHABHA atau bahan alami lainnya
  • Jagalah kulit tetap sehat dengan memakai tabir surya ber SPF
  • Pakai pelembab kala tidak mengenakan make up agar kulit tetap lembut

Harap diingat, untuk mendapatkan wajah mulus tidak perlu perawatan mahal. Cukup carilah bahan alami agar kulitmu tetap cantik, terawat, dan terjaga.

Namun dalam pemilihannya, lakukan dengan ekstra hati-hati agar mendapat bahan-bahan berkualitas dan tidak berbahaya.Apalagi jika kulit wajahmu merupakan jenis yang sensitif, wah bisa-bisa salah memilih kosmetik akan memperburuk keadaan masalah kulitmu.

Nah, karena bahan-bahan juga mudah dijumpai, maka kamu bisa banget nih merawat wajah di rumah. Cari bahan alami dan coba lakukan perawatan sederhana. Jangan lupa lakukan testing sebelum menggunakan make up, apalagi untuk kulit sensitif.

Testing bisa dilakukan di bagian-bagian yang tersembunyi tubuh, seperti kulit belakang telinga, kulit tangan, atau siku. Jika tidak ada reaksi apapun, baru deh make up bisa kamu coba di seluruh wajah.

****

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat wajah mulus bersinar yang bisa kami uraikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel terkait: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah Cantik Alami

Leave a Reply