Cara Membuat Scrub Bibir Alami & Aman

Scrub Bibir – Memiliki bibir hitam seringkali bisa membuat kita minder dan tidak percaya diri. Bagaimana tidak, ketika sedang berbicara dengan orang lain, bibir kita lah yang akan menjadi pusat perhatian.

Jika bibir kita tidak indah lagi baik dari segi tekstur maupun warnanya, kita bisa merasa rendah diri. Hal ini akan berbahaya bagi kejiwaan kita.

Jika Anda ingin mengembalikan keindahan bibir, maka silahkan baca artikel “Cara Membuat Scrub Bibir : Solusi Alami Untuk Bibir” ini hingga tuntas.

Scrub Bibir Alami

Scrub Bibir Alami via Popbela

Apa itu Scrub Bibir?

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang produk perawatan bibir seperti lipstik, lipgloss, lipbalm, ataupun lipbutter. Namun pernahkah Anda mendengar tentang lipscrub?

Scrub bibir adalah sebuah produk perawatan kulit bibir yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menutrisi kulit bibir, serta membantu melembabkan kulit bibir seperti kulit bayi.

Kita sebagai wanita mungkin sangat sering mengoleskan kosmetik pada bibir. entah itu berupa lipstik, lipgloss, lipbalm, lipbutter, dan lain sebagainya. Memang produk berbahan kimia seperti itu bisa membuat bibir nampak indah dalam waktu yang cepat.

Namun perlu diketahui bahwa senyawa kimia yang terkandung di dalam produk-produk tersebut bisa membahayakan kulit jika dipakai terus-terusan dalam waktu yang lama.

Istilah scrub bibir berkaitan erat dengan istilah eksfoliasi. Apa itu eksfoliasi bibir?

Eksfoliasi bibir adalah tindakan membersihkan bibir dengan cara menggosok bibir dengan bahan-bahan khusus yang bisa mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Proses eksfoliasi bibir ini bisa dilakukan dengan atau tanpa scrub. Sebenarnya tindakan eksfoliasi bisa dilakukan hanya dengan menggosok bibir dengan jari telunjuk, atau dengan sikat yang lembut.

Bisa juga dengan menggosokkan kain yang telah dilumuri air hangat. Yang terpenting dalam proses eksfoliasi ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati yang terdapat dalam bibir.

Namun jika proses eksfoliasi ini dilakukan tanpa menggunakan cairan tertentu, maka proses akan terhenti hanya pada pengangkatan sel kulit mati pada bibir. hal ini tentu kurang efektif. Kita perlu untuk menggunakan bahan yang dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus dapat menutrisi dan mencerahkan warna kulit.

Sebelum kita melangkah ke bagian cara membuat scrub bibir, ada baiknya jika kita mengetahui apa yang menyebabkan bibir membutuhkan scrub, dan hal-hal yang berkaitan tentang itu semua.

Mengapa Bibir Membutuhkan Proses Eksfoliasi?

Bibir adalah organ yang terletak di luar mulut kita. Bibir memiliki banyak fungsi, diantaranya fungsi linguistik dan sebagai alat makan.

Fungsi linguistik artinya bibir sangat berguna sebagai alat komunikasi kita. Bibir sangat berguna dalam pelafalan kata, pengucapan kalimat, dan semua fungsi lain yang berkaitan dengan komunikasi.

Sedangkan di samping itu fungsi bibir adalah sebagai alat makan. Jika kalian hendak makan, tentunya kalian akan memasukkan makanan melewati bibir dan kemudian mengatupkan bibir untuk menghindari jatuhnya makanan dari mulut kita.

Coba bayangkan jika mulut kita tidak dilengkapi oleh adanya bibir. Akan terlihat menakutkan sekaligus merepotkan, bukan?

Sebagai organ terluar tubuh dan sering terkena radiasi sinar matahari secara langsung, bibir berpotensi untuk menghitam. Mengapa hal yang demikian terjadi?

Sinar UV adalah sinar ultraviolet atau sinar ungu yang merupakan sinar matahari yang dipancarkan ke bumi. Sinar matahari dalam kadar tertentu baik dan memiliki manfaat sebagai bagian dari proses fotosintesis. Serta dapat membuat kulit kita sehat karena mengandung unsur vitamin D.

Namun belakangan ini penelitian menyatakan bahwa lapisan ozon pada atmosfer bumi kian menipis karena tingginya polusi udara. Polusi udara yang disebabkan oleh tingginya konsentrasi asap kendaraan serta banyaknya penggunaan freon pada kulkas dan pendingin ruangan bisa menimbulkan lubang pada lapisan ozon kita.

Lapisan ozon yang seharusnya berfungsi untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari yang terpancar berlebihan akan menjadi kehilangan fungsinya jika sudah memiliki lubang. Sinar matahari yang masuk melalui lapisan ozon tidak akan berbahaya bagi tubuh.

Yang berbahaya adalah jika sinar matahari terjun bebas ke permukaan bumi. Hal ini dikarenakan sinar matahari mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kulit apabila tidak lebih dahulu terkonversi.

Sudah banyak kasus kanker kulit yang disebabkan oleh pancaran sinar ultra ungu. Kebanyakan orang-orang yang lanjut usia dan tidak melakukan perawatan pada kulitnya akan memiliki kulit yang menghitam disertai bintil-bintil. Tak jarang juga ada yang memiliki rona hitam pada kulit wajahnya dikarenakan oleh radiasi sinar UV.

Dalam rangka mensyukuri nikmat yang tekah Tuhan berikan untuk kita, kita harus sering-sering merawat dan melindungi kulit kita kemanapun kita pergi.

Hal ini dikarenakan jika bukan kita yang melindungi tubuh kita mulai sekarang, maka kita akan mengalami kesulitan di kemudian hari.

Bagian bibir dan wajah yang selalu terkena sinar matahari secara perlahan dapat mengalami kerusakan pada jaringannya. Terlebih lagi kulit wajah termasuk kulit yang bertekstur tipis dibandingkan dengan kulit bagian lain dari tubuh kita.

Jika kita tidak melindungi bagian wajah dengan masker atau tabir surya, bisa jadi usia kulit akan menjadi lebih pendek dan kulit dapat mengalami penuaan dini. Tak hanya itu saja, resiko kulit terjangkit kanker pun tidak bisa terelakkan.

Baca juga: Masker Bibir Alami yang Ada di Sekitar Kita!

Cara Melakukan Proses Eksfoliasi Dengan Baik

Setelah mengetahui apa itu eksfoliasi serta alasan mengapa bibir perlu diberi perlakuan eksfoliasi, sekarang kami akan membahas tentang cara melakukan proses eksfoliasi bibir dengan baik. Berikut ini adalah cara-cara melakukan eksfoliasi bibir :

  1. Persiapkan scrub yang akan digunakan untuk proses eksfoliasi.
  2. Bersihkan wajah dan bibir Anda untuk menjaga agar kulit tetap bersih dan tidak menimbulkan jerawat.
  3. Oleskan secara perlahan scrub pada bibir, lalu gosok perlahan ke permukaannya.
  4. Lakukan gerakan menggosok dan memijat bibir selama beberapa menit.
  5. Lalu setelah dirasa cukup, bilas bibir dengan menggunakan air hangat. Hal ini membantu kulit untuk membuka pori-pori dan agar scrub mudah dibersihkan.

Penggunaan scrub bibir dalam proses eksfoliasi dapat meregenerasi sel kulit bibir kita yang mati akibat radiasi sinar matahari. Hal ini bisa langsung dilihat efeknya pada bibir kita jika kita rutin melakukan proses eksfoliasi.

Proses eksfoliasi memang terbukti ampuh untuk meluruhkan sel kulit mati dari bibir indah kita. Namun siapa sangka jika kita melakukan proses eksfoliasi bibir secara berlebihan, hal ini justru akan menambah kerusakan pada jaringan bibir.

Pantangan Saat Melakukan Eksfoliasi Bibir

Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dihindari ketika melakukan eksfoliasi bibir :

1. Hindari melakukan scrub bibir terlalu sering

Bibir memiliki jaringan kulit yang sangat tipis dan sensitif sehingga jika terkena tekanan dapat mengakibatkan cedera pada kulit bibir. Melakukan scrub bibir memang baik, namun hanya jika proses tersebut dilakukan dalam rentang waktu yang agak berjauhan.

Untuk menghasilkan bibir yang indah dengan proses ini, tidak perlu melakukannya setiap hari. Cukup lakukan seminggu sekali dan lihat hasilnya.

2. Terlalu keras ketika menggosok bibir

Proses eksfoliasi melibatkan gerakan menggosok dan memijat bibir menggunakan jari telunjuk kita. Dalam proses ini, kita bertujuan untuk meresapkan cairan scrub sekaligus merontokkan sel kulit mati yang terdapat pada jaringan kulit bibir.

Apabila gerakan menggosok terlalu keras, dapat mengakibatkan cedera pada kulit bibir. kulit bibir yang cedera akan menimbulkan bekas dan mempersulit proses pencerahan kulit bibir karena akan terasa sangat perih.

3. Menggunakan air dingin atau air yang terlalu panas

Penggunaan air dingin setelah melakukan scrub tidak terlalu efektif. Dan juga air yang memiliki suhu terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kulit bibir melepuh.

Oleh sebab itu, gunakan air yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas ketika ingin membasuh scrub yang menempel pada bibir kita. Suhu air yang hangat juga bisa memperlancar aliran darah menuju bibir, serta bisa membuat bibir lembab tahan lama.

Bahan Alami Yang Bisa Digunakan Sebagai Scrub Bibir

Saat ini sudah ada banyak produk perawatan bibir termasuk lipscrub yang dijual di pasaran. Namun kebanyakan dari produk-produk tersebut adalah mengandung bahan-bahan kimia yang jika dikonsumsi secara terus menerus oleh kulit akan menimbulkan dampak yang negatif.

Memang penggunaan scrub bibir yang dijual di pasaran sudah dijamin dengan adanya sertifikat Halal dari BPOM. Namun akan lebih baik jika kita mengonsumsi produk yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Sebenarnya apa yang kita butuhkan sudah disediakan sebagian besar oleh alam. Kita bisa langsung mengambilnya serta menyulapnya menjadi bahan-bahan yang berguna bagi tubuh kita. Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi produk berbahan dasar bahan-bahan alami adalah tidak adanya bahan pengawet yang dikandung oleh sebagian besar kosmetik.

Berikut ini adalah contoh bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan dasar scrub bibir :

1. Madu murni

Madu murni telah diakui khasiatnya oleh jutaan orang sejak jaman dahulu. Madu dianggap sebagai cairan mulia karena di dalamnya terkandung berbagai macam protein yang dapat menutrisi tubuh. Selain itu, madu bisa membantu kita mempertahankan kekebalan tubuh serta meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh dalam mengusir penyakit dalam tubuh kita.

Sebagai cairan yang memiliki banyak sekali khasiat, para ahli kecantikan pun berbondong-bondong melakukan penelitian dan mengembangkan berbagai macam produk berbahan dasar madu.

Kita juga sebaiknya ikut merasakan khasiat madu melalui scrub bibir. kita bisa menjadikan madu sebagai sarana menutrisi bibir. scrub madu bisa dicampur dengan bahan apa saja, asakan tidak dicampur dengan bahan yang bersuhu tinggi karena akan merusak kandungannya.

2. Gula pasir

Gula pasir adalah pemanis makanan dan minuman yang terbuat dari sari-sari tebu. Gula pasir memiliki tekstur kasar. Sehingga jika dicampur degan bahan lain maka akan menghasilkan scrub yang tidak terlalu halus. Justru tekstrus yang tidak halus inilah yang akan mampu merontokkan sel-sel kulit mati pada bibir.

Untuk menambah khasiatnya, campur gula dengan madu atau bahan lainnya sehingga membentuk pasta. Tekstur scrub yang seperti pasta ini tidak terlalu kental dan juga tidak terlalu cair.

3. Lemon

Buah berwarna kuning terang ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kulit selain membutuhkan vitamin D dan E, juga membutuhkan persediaan vitamin C. Jika Anda ingin mengeksfoliasi bibir sambil mencerahkan warna bibir sekaligus, maka lemon adalah jawaban yang tepat. Beberapa tetes cairan lemon memiliki segudang manfaat bagi kulit.

Selain menutrisi kulit, lemon juga bisa menjadi antibakteri yang bisa menghindarkan bibirmu dari infeksi. Selain itu, lemon bisa mencerahkan warna kulit setingkat lebih cerah dibandingkan warna sebelumnya. Oleh karena itu banyak produk kecantikan yang menggunakan lemon sebagai bahan utamanya.

Jika kita ingin mendapat manfaat lemon melalui proses eksfoliasi, kita bisa mencampurkan beberapa tetes lemon dalam scrub bibir. atau bisa juga kita langsung mengoleskan air lemor ke bibir, namun akan lebih terasa khasiatnya jika lemon dicampur bahan lain seperti madu dan gula.

4. Minyak zaitun dan peppermint

Minyak zaitun juga sudah terkenal di kalangan pecinta produk kecantikan. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Vitamin E berfungsi untuk menghindarkan kulit dari penuaan dini.

Penggunaan minak zaitu sebagai scrub bibir bisa melalui pengolesan langsung pada bibir, namun bisa juga ditambah dengan peppermint sebagai aroma dan bau-bauan. Gunakan rutin scrub dari minyak zaitun ini untuk memperoleh tekstur bibir yang kenyal nan segar.

5. Minyak kelapa

Jika membicarakan tentang kelapa, mungkin Anda akan teringat tentang simbol Pramuka. Lembaga ke permukaan di seluruh negara di dunia menggunakan tunas kelapa sebagai simbolnya. Hal ini menganut filosofi bahwa semua bagian dari pohon kelapa sangat bermanfaat bagi manusia.

Dan memang benar adanya, mulai dari tunas, daun, buah, akar, dan bagian-bagian lain dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Begitu juga dalam bidang kecantikan, kita bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai masker atau scrub bibir.

Kandungan minyak kelapa dapat menutrisi kulit bibir. untuk penggunaannya, kita bisa mencampur minyak kelapa agar tekstur scrub tidak terlalu halus dan dapat digunakan untuk meluruhkan sel kulit mati.

6. Bubuk cokelat

Buah cokelat sarat akan kandungan magnesium, zinc (zat besi), vitamin C, kromium, dan lain sebagainya. Buah cokelat lebih terkenal sebagai buah yang digunakan untuk bahan dasar membuat berbagai jenis olahan makanan. Akan tetapi, ternyata buah cokelat juga mampu berkontribusi di bidang kecantikan. Saat ini sedang marak penggunaan buah cokelat sebagai bahan dasar masker wajah.

Dan tentu saja itu berarti buah cokelat bisa digunakan sebagai bahan dasar scrub bibir. penggunaan buahh cokelat dicampur dengan madu atau gula dapat membuat sel kulit mati pada bibir secara perlahan terangkat dan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih cerah warnanya.

Cara Membuat Scrub Bibir

Dari serangkaian informasi di atas, kita sudah mengetahui seluk beluk tentang scrub bibir dan bahan apa saja yang baik dan dapat digunakan sebagai scrub. Sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat scrub bibir. Cara membuat scrub bibir sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Persiapkan wadah scrub.
  2. Persiapkan bahan-bahan untuk membuat scrub.
  3. Haluskan bahan-bahan tersebut.
  4. Jika bahan yang digunakan lebih dari satu jenis, maka Anda bisa mencampurnya dengan proporsi tertentu sehingga menghasilkan tekstur scrub yang tidak terlalu cair dan tidak terlalu kasar.
  5. Aplikasikan scrub ke bibir Anda, lalu gosok perlahan.
  6. Setelah proses selesai, bilas bibir Anda menggunakan air hangat.

***

Bagaimana, cukup mudah bukan? Anda bisa memasukkan bahan-bahan alami sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa meracik lebih dari satu jenis bahan, agar khasiat yang dirasakan kulit akan lebih terasa.

Perawatan bibir melalui proses eksfoliasi harus dilakukan secara terus menerus agar didapatkan hasil yang maksimal.

Terlebih lagi yang digunakan adalah bahan-bahan alami sehingga proses perawatan kulit tidak berjalan secepat apabila menggunakan bahan kimia. Sekian artikel tentang cara membuat scrub bibir. semoga bermanfaat!

Artikel terkait: Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

Leave a Reply