Cara Membuat Masker Kefir Sendiri di Rumah, Praktis dan Mudah!

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri – Menjaga kecantikan kulit wajah merupakan suatu keharusan bagi sebagian wanita. Menggunakan kosmetik untuk mempercantik wajah juga dapat dilakukan. Namun anda juga harus memperhatikan kesehatan dan keindahan alami wajah.

Mengkonsumsi buah dan sayur serta minum air putih secukupnya dapat membantu merawat kulit wajah anda dari dalam. Lakukan juga perawatan dari luar menggunakan masker alami. Masker alami menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin merawat wajah karena memiliki banyak kelebihan dibanding masker berbahan kimia.

Masker alami juga dapat anda buat sendiri dirumah dengan bajet yang cukup terjangkau. Salah satu masker yang baik merawat kulit wajah anda adalah masker kefir. Masker kefir adalah masker yang dibuat dari susu kambing atau susu sapi yang difermentasi.

Seperti susu yang memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh dan kulit terutama kulit wajah, maka masker kefir juga sangat ampuh merawat kulit wajah, bahkan manfaatnya lebih banyak dari pada susu itu sendiri.

Cara membuat masker kefir sendiri via halo terong

Cara membuat masker kefir sendiri via halo terong

Cara membuat masker kefir sendiri juga sangat mudah. Anda dapat membuat sendiri masker kefir dirumah dengan berbagai bahan yang mudah dijumpai disekitar kita. Sebelum kita membahas cara membuat masker kefir sendiri, mari kita lihat gizi dan manfaat masker kefir.

Coba juga: 15 Cara Membuat Masker Susu Sendiri di Rumah

Manfaat masker kefir

Kefir memiliki rasa yang cukup masam. Meski memiliki rasa yang asam, kefir aman bagi lambung. Di kawasan Kaukasia, kefir menjadi salah satu produk makanan yang sering dikonsumsi, bahkan di negara Rusia minuman ini sangat populer.

Susu akan diberi bibit kefir setelah itu difermentasi. Aktivitas asam laktat heterofermentasi dan kamir alkoholik menyebabkan perubahan biokimia dari substrat. Rasa asam pada kefir merupakan asam laktat yang aman dikonsumsi. Serta akan terjadi penurunan PH samapi di bawah 3,0, dan akan terbentuk karbon dioksida.

Kefir memiliki kandungan gizi hampir sama dengan gizi yang terdapat pada susu bahan kefir. Kelebihan kefir adalah dapat disimpan dalam waktu yang lama karena asam yang terbentuk dapat mencegah mikroorganisme pembusuk tubuh pada susu yang difermentasi, jadi menyimpan kefir dalam waktu yang cukup lama dijamin aman.

Kefir sangat baik dikonsumsi karna mengandung asam laktat yang dapat menjaga usus dari pertumbuhan bakteri jahat. Yang bersifat antimikroba. Yang terdiri dari berbagai senyawa baik seperti bakteriosin, hidrogen, peroksida, dan berbagai antibiotik.

Asam laktat juga baik dikonsumsi karena akan mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya seperti infeksi saluran kencing, kanker, tumor, menurunkan kolesterol jahat, mencegah jantung koroner, membentuk sistem imun, dan melancarkan buang air besar.

Info terkait: 9 Manfaat Masker Lumpur untuk Kulit Wajah serta Cara Membuat dan Menggunakannya dengan Benar

Masker kefir juga memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah seperti, mengencangkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, anti baketri, melembabkan kulit wajah, membantu merawat kelebihan minnya, mengobati jerawat, mencerahkan wajah serta banyak manfaat lain.

Cara membuat masker kefir sendiri

Setelah kita mengetahui banyak manfaat kefir bagi tubuh dan kulit, mari kita melihat bagai mana cara membuat masker kefir sendiri di rumah. Masker kefir atau kefir itu sendiri dibuat dari susu yang diberi bibit kefir.

Bibit kefir merupakan bagian terpenting dari pembuatan kefir. Bibit kefir berbentuk butiran yang dapat tumbuh selama inkubasi. Susu penuh dan susu krim yang telah dinetralkan dapat membantu tumbuhnya bibit kefir.

Jangan lewatkan juga: 10 Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Mengatasi Masalah Wajah Secara Alami

Sebaiknya anda menggunakan masker kefir secara langsung atau meminumnya secara langsung, jangan memanaskannya terlebih dahulu karna akan membunuh mikroorganisme baik di dalamnya.

Mari kita lihat cara membuar masker kefir sendiri:

Alat yang dibutuhkan 

  1. Siapkan sebuah wadah plastib bersih
  2. 1 buah saringan
  3. Siapkan toples untuk menyimpan susu, sebuah spatula, serta kulkas yang ada pembekunya atau freezer

Bahan yang dibutuhkan 

  1. 1 liter susu sapi atau susu kambing murni
  2. 50 gram bibit kefir yang bisa didapatkan di pasar

Proses Pembuatan

Setelah menyiapkan bahan alat yang dibutuhkan untuk membuat masker kefir sekarang kita akan melihat bagai mana cara membuat masker kefir sendiri.

  • Pertama-tama ambil toples kaca yang telah dibersihkan sebelumnya
  • Lalu masukkan 1 liter susu murni kedalam toples kaca
  • Setalah itu tambahkan 50 gram bibit kefir
  • Aduk menggunakan spatula kedua bahan tersebut sampai benar-benar tercampur
  • Setelah kedua bahan tercampur tutup toples kaca menggunakan kain bersih dan simpan di dalam ruangan gelap tunggu selama 24 jam
  • Setelah itu buka tutup toples kemudian aduk lagi hingga rata jika anda menemukan bibit-bibit lendir anda harus membuangnya.
  • Setelah itu simpan lagi selama 12-24 jam
  • Setelah itu masukkan kedalam wadah penyaringan
  • Setelah kefir disaring kemudian masukkan kedalam kulkas pembeku atau freezer sampai siap digunakan.
  • Anda dapat menggunakan masker kefir secara langsung atau menambahkan bahan alami lainnya.

Demikianlah panduan cara membuat masker kefir sendiri di rumah dari kami. Ternyata cukup mudah ya. Semoga ulasan diatas dapat membantu anda merawat kulit wajah dengan masker alami yang dapat anda sendiri dirumah.  Dan tak perlu membeli masker kefir dengan harga yang cukup mahal. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi.

Simak juga 24 Masker Alami Untuk Jerawat yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

Leave a Reply